Lebih dari 1 Miliar Pengguna Masih Setia Buka Facebook Setiap Harinya

Jumlah pengguna aktif harian Facebook mencapai 1,01 miliar, naik 17% dari tahun lalu/Shutterstock

Pertumbuhan Facebook tampaknya belum menunjukkan tanda-tanda terhenti, paling tidak sampai dengan 30 September 2015 ini dilaporkan pengguna aktif bulanan Facebook naik 14% dari tahun ke tahun menjadi 1,55 miliar. Menganulir estimasi banyak orang yang meyakini sebaliknya.

Angka di atas memang menunjukkan bahwa Facebook masih jauh dari titik jenuh. Namun untuk merefleksikan seberapa sehat jejaring sosial ini adalah dengan mengukur jumlah pengguna hariannya, dimana jumlah DAU (daily active users) Facebook mencapai 1,01 miliar, naik 17% dari tahun lalu. Data ini sekaligus membuktikan anggapan salah sejumlah orang yang mengatakan Facebook tak lagi atraktif, pada kenyataannya sebagian besar pengguna masih setia membuka Facebook setiap harinya.

Sementara itu sebanyak 894 juta pengguna mengakses Facebook dari genggaman atau mobile setiap harinya. Dan dalam skala bulanan, pengguna aktif mobile menyentuh angka 1,39 miliar atau naik sebesar 23% dari tahun ke tahun.

Selain itu Facebook juga mengklaim bahwa video di layanannya rata-rata mendapatkan 8 milliar views setiap hari oleh 500 juta pengguna. Angka ini dua kali lipat lebih banyak ketimbang statistik di bulan April lalu yang hanya 4 miliar views.

Kemudian jangan lupa, Facebook mempunyai keluarga besar yang terdiri dari berbagai layanan, beberapa di antaranya adalah Instagram dan Messenger.

facebook statistik

Zuckerberg dikutip dari Engadget membeberkan statistik foto yang dibagikan ke Instagram mencapai 80 miliar hanya dalam satu hari dan sebanyak 9,5 miliar foto dikirim lewat aplikasi Messenger.

Angka ini tak bisa ditampik adalah sebuah pencapaian yang mengesankan, tapi investor pastinya lebih peduli dengan profit. Dengan jumlah pengguna dan resource yang sedemikian besar, agaknya mustahil bila Facebook hanya menghasilkan recehan, dilaporkan Facebook membukukan pendapatan sebesar $4,5 miliar dan laba $896 juta di kuartal ini.

Sumber berita Facebook dan gambar header Twin Design/Shutterstock.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *