Fennec Lengkapi Invasi Mozilla ke Mobile

Mozilla mengumumkan peluncuran Fennec 2.0 versi Alpha  untuk Android dan Maemo. Peramban ini merupakan langkah lanjut Mozilla dalam memasuki pasar mobile, khususnya Android, setelah sebelumnya mencoba merambah iPhone lewat Firefox Home. Seperti halnya peramban Firefox mereka yang superpopuler untuk desktop, Fennec juga akan menghadirkan fitur add-on, di samping teknologi Firefox lainnya.

Fitur Firefox Sync juga terintegrasikan di dalam Fennec, sehingga pengguna akan memiliki pengalaman berselancar yang sama di desktop maupun mobile karena bisa mensinkronisasikan tab yang terbuka, bookmark, password, dan riwayat penjelajahan. Fennec juga mendukung awesome bar-nya Firefox, yaitu address bar pintar yang juga berfungsi sebagai pencari riwayat, yang merupakan salah satu fitur favorit gue.

Fennec yang karena masih berada dalam tahap Alpha belum tersedia di Android Market, dapat diunduh langsung dari tautan ini. Tentu saja handset Androidnya mesti diijinkan untuk menginstal aplikasi di luar dari Market dulu. Versi OS yang kompatibel pun hanya Android 2.2 alias Froyo, versi terbaru saat ini yang belum merata penetrasinya di semua handset.

Kalau mau mengintip lebih jauh lagi, bisa dilihat video yang disediakan oleh Mozilla:

Di platform Android yang ekosistemnya lebih terbuka dibanding iPhone, Mozilla terbilang telat masuk. Sudah banyak aplikasi peramban yang masuk, di antaranya Dolphin yang sudah duluan populer dan juga memiliki fitur add-on, selain peramban-peramban bawaan Android yang juga sudah cukup powerful.

Sama seperti Firefox Home pada iPhone, yang ingin diangkat oleh Mozilla di sini lagi-lagi adalah kesinambungan penjelajahan antara desktop dengan mobile. Saat ini penawaran tersebut memang sah-sah saja mengingat Firefox memiliki market share lebih dari 30%, tapi seiring dengan makin populernya peramban-peramban lain, akan semakin sulit bagi Mozilla untuk menarik pengguna mobile.

One thought on “Fennec Lengkapi Invasi Mozilla ke Mobile”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *