Strategi Jitu Startup Founder Tahan Banting Hadapi Dinamika Bisnis di 2024

Di era yang makin kompetitif, inovasi menjadi kunci utama bagi pelaku startup untuk dapat bertahan dan berkembang. Menurut laporan Startup Report 2023 dari DSInnovate, pola investasi startup pada 2023 mengalami penurunan drastis jika dibandingkan pada 2022 dalam jumlah deal yang didapat, baik secara kuartal dan rata-rata. 

Adanya penurunan investasi ini menandakan bahwa startup di Indonesia tengah memasuki masa sulit. Para investor dan pelaku startup harus bisa mengatur langkah di lanskap yang lebih menantang dengan kesempatan funding yang semakin langka.

Untuk bisa mengatasi tantangan tersebut, startup founder perlu memiliki kualitas dan kemampuan secara karakter dan kompetensi. Beberapa aspek penting sekaligus menjadi strategi penting bagi seorang startup founder untuk bisa bertumbuh dan tahan banting di era bisnis yang penuh dinamika ini antara lain:

  1. Kemampuan beradaptasi: Mereka harus bisa dengan cepat menyesuaikan diri dengan perubahan pasar, teknologi, dan kebutuhan pelanggan. Fleksibilitas dan ketangkasan menjadi kunci untuk bertahan.
  2. Ketahanan mental: Dalam menghadapi berbagai tantangan dan ketidakpastian, founder membutuhkan mental yang kuat. Mereka harus siap menghadapi kegagalan, tekanan, dan situasi sulit.
  3. Keterampilan memimpin: Founder harus menjadi pemimpin yang bisa mengarahkan startup mereka menuju kesuksesan dan goal yang clear. Mereka harus bisa memimpin dan menginspirasi tim, mengambil keputusan strategis, serta membangun budaya kerja yang positif.
  4. Kemampuan menjalin relasi: Membangun jaringan dan kemitraan strategis adalah hal krusial bagi pertumbuhan startup. Founder harus piawai dalam menjalin hubungan dengan berbagai pihak, seperti investor, mitra bisnis, pelanggan, dan stakeholder.
  5. Visi yang kuat:  Founder juga harus memiliki visi yang jelas dan kuat tentang arah dan tujuan startup-nya. Visi ini akan menjadi kompas yang menuntun setiap langkah dan keputusan yang diambil.

Tak cuma kualitas dan kemampuan, penerapan strategi berikut ini juga sangat penting diterapkan oleh startup founder antara lain:

  • Fokus pada pengembangan produk yang memiliki unique value proposition untuk membangun competitive advantage yang sulit ditiru pesaing.
  • Membangun tim yang solid dan adaptif dengan merekrut dan mempertahankan talenta terbaik, serta menciptakan budaya kerja yang kondusif untuk inovasi dan pertumbuhan.
  • Memanfaatkan teknologi terkini untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas, serta beradaptasi dengan perubahan pasar yang dinamis.

Selain strategi di atas, startup founder juga dapat memperluas jaringan koneksi dengan mengikuti workshop atau konferensi untuk mendapatkan kesempatan berinovasi. Dalam hal ini, mereka bisa dapatkan pengalaman tersebut dengan mengikuti ajang Astranauts 2024, yang tidak hanya membuka peluang perluasan jaringan dan kolaborasi, tetapi juga kesempatan untuk memperoleh exclusive training, mentoring dari Astra secara langsung untuk mengembangkan kompetensi lebih luas lagi.

Astranauts 2024

Dengan berpartisipasi di Astranauts 2024 pula, peserta tidak hanya berkesempatan untuk memenangkan hadiah uang tunai, tetapi juga mendapatkan pengalaman untuk menginspirasi dan memfasilitasi lahirnya inovasi-inovasi baru yang dapat membawa Indonesia menuju masa depan yang lebih maju.

Tahun ini Astranauts 2024 mengusung tema “Technology and Innovation for Today and the Future of Indonesia”. Sama seperti tahun lalu, mereka hadir sebagai platform yang tepat bagi para startup founder dan mahasiswa untuk mengasah kreativitas, menjalin koneksi, dan mendapatkan insights berharga dari para ahli dan pemimpin industri.

Melalui kompetisi inovasi dan konferensi teknologi yang dihadirkan, Astranauts 2024 memberikan kesempatan bagi para peserta untuk berkontribusi dalam memecahkan masalah-masalah besar di Indonesia melalui solusi digital yang berdampak luas. Startup founder dan mahasiswa dapat mengajukan ide dan inovasi mereka dalam delapan kategori, mulai dari Smart Manufacturing, Smart Financial Services, Smart Mining & Energy, Smart Agriculture, Smart Mobility & Logistics, Smart Infrastructure & Property, Smart Technology,  hingga Smart Healthcare,

Bagi para startup founder dan mahasiswa yang ingin mengasah potensi dan berkontribusi dalam memajukan ekosistem teknologi dan inovasi di tanah air, Astranauts 2024 menjadi kesempatan emas yang tidak boleh dilewatkan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai ajang ini, kunjungi tautan berikut ini.