Memulihkan Foto dan Video yang Terhapus di Android

Saat kita iseng membuka folder ponsel melihat gambar aupun video, mungkin tak sengaja kita menghapus foto tersebut meski sebenarnya tak ingin. Untuk kamu pengguna android dan mengalami hal tersebut, tidak perlu khawatir karena artikel ini dibuat untukmu.

Tahukah kamu bahwa ponsel android juga sudah memiliki sistem pencadangan? Hal ini akan membantu para penggunannya tidak sengaja mengalami insiden menghapus data di ponsel.

Namun, untuk merasakan fitur ini hal pertam ayang harus kamu pastikan adalah kamu telah mengaktifkan layanan Pencadangan & Sinkronisasi, maka foto dan video yang dihapus akan ada di sampah selama 60 hari sebelum terhapus secara permanen.

Memulihkan Foto & Video

Jika kamu menghapus item dan menginginkannya kembali, periksa sampah untuk melihat apakah item tersebut masih ada di sana.

  1. Di ponsel atau tablet Android, buka aplikasi Google Foto .
  2. Di bagian bawah, ketuk Galeri foto > Sampah .
  3. Sentuh lama foto atau video yang ingin kamu pulihkan.
  4. Di bagian bawah, ketuk Pulihkan. Foto atau video akan dikembalikan:
    • Di aplikasi galeri di ponsel kamu
    • Di galeri Google Foto kamu
    • Di album tempatnya semula

Jika tidak ada di sampah, mungkin item tersebut sudah dihapus permanen.

Jika foto atau video yang dihapus tidak ada di sampah, kamu tidak dapat memulihkannya. Kamu tidak dapat memulihkan foto jika:

  • Kamu memindahkannya ke sampah lebih dari 60 hari yang lalu.
  • Kamu memindahkannya ke sampah, lalu mengosongkan sampah.
  • Kamu memindahkannya ke sampah lebih dari 30 hari yang lalu di perangkat Android 11 serta versi yang lebih baru, dan foto tidak dicadangkan.
  • Kamu menghapusnya secara permanen dari sampah.
  • Kamu menghapusnya secara permanen dari aplikasi Galeri di perangkat tanpa mencadangkannya terlebih dahulu.

[Video] Inovasi CrediBook untuk Digitalisasi UMKM

DailySocial bersama CEO CrediBook Gabriel Frans membahas kinerja perusahaan dua tahun ke belakang dan bagaimana fokus bisnis saat ini.

Sebagai platform yang membantu digitalisasi UMKM, CrediBook menghadirkan layanan yang fokus pada pemberdayaan usaha grosir konvensional dengan pendekatan teknologi rantai pasok.

Menurut Gabriel, sektor grosir ini masuk ke dalam kategori agnostik, dalam artian banyak kategori produk yang bisa dijual.

Bagaimana upaya CrediBook untuk mengembangkan bisnisnya di Indonesia? Seperti apa tren perusahaan platform serupa dalam mendukung ekosistem digitalisasi UMKM?

Simak pembahasannya di video wawancara berikut.

Untuk video menarik lainnya seputar strategi bisnis dan kontribusi startup di Indonesia, kunjungi kanal YouTube DailySocialTV di sesi DScussion.

Affiliate Marketing: Pengertian, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangan

Istilah affiliate marketing yang satu ini cukup banyak di dunia pemasaran digital. Affiliate marketing bisa dibilang sebagai salah satu strategi pemasaran yang efektif untuk diterapkan pada saat ini. Selain itu, pemasaran afiliasi ini tidak hanya menguntungkan pebisnis saja, melainkan affiliate marketer juga.

Melalui program ini, kamu bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah dengan mudah, hanya dengan memanfaatkan media sosial saja. Nah, kalau kamu senang bermain media sosial dan membuat konten, enggak ada salahnya lho menjadi affiliate marketer. Berikut artikel lebih lengkap mengenai affiliate marketing, disimak ya!

Pengertian Affiliate Marketing

Lalu affiliate marketing itu apa, sih? Affiliate marketing merupakan salah satu program untuk mempromosikan produk atau jasa dari perusahaan. Nantinya, kamu akan mendapatkan komisi jika ada transaksi jual beli.  Nah, kamu akan mendapatkan besaran komisi yang, mengikuti persentase dan harga jual produk. Biasanya komisi dihitung dari penjualan, tapi ada juga yang menghitungnya dari leads, klik ke website, pengguna free trial, dan download aplikasi.

Strategi marketing ini terbilang cukup efektif untuk meningkatkan penjualan produk. Jika kamu membuka kanal Twitter atau TikTok, pasti kamu bisa menemukan strategi marketing jenis ini dengan mudah. Tentu saja kamu juga bisa menjadi affiliate marketer. Jangan khawatir, menjadi affiliate marketer tidak mengharuskanmu memiliki banyak followers di media sosial, kok.

Cara Kerja Affiliate Marketing

Cara kerja affiliate marketing sebenarnya mudah, hanya membagikan tautan produk ke berbagai media sosial saja. Berikut cara kerja affiliate marketing.

1. Mendaftar Program Afiliasi

Hal pertama yang perlu kamu lakukan jika kamu tertarik menjadi seorang affiliate marketing, yaitu mendaftarkan diri pada program afiliasi. Kamu bisa mendaftar melalui situs web masing-masing perusahaan atau merek suatu produk. Sederhananya, Kamu hanya perlu mengetikkan “affiliate marketing [brand or company]”, akan muncul tautan yang mengarah ke halaman pendaftaran afiliasi. Misalnya, Kamu ingin mendaftar Program Afiliasi Shopee, maka Kamu hanya perlu Google kata kunci ini, Kamu akan menemukan situs web untuk mendaftar.

Setelah mendaftar untuk program afiliasi ini, Kamu akan menerima tautan afiliasi. Setelahnya, ada ID afiliasi yang digunakan untuk mencatat semua transaksi yang berasal dari ID ini. Jadi komisi bisa masuk ke akun afiliasi kamu.

2. Bagikan tautan afiliasi

Setelah kamu mendapatkan tautan afiliasi, kamu dapat membagikan tautan tersebut di situs web atau blog, TikTok, Instagram, Twitter, atau jejaring sosial lain yang kamu miliki. Kamu juga bisamembagikan tautan dengan orang-orang terdekat.

Misalnya di aplikasi TikTok, orang sering mengunjungi konten menarik dan menyediakan tautan produk yang mengarah ke e-commerce tertentu atau toko TikTok itu sendiri. Misalnya, aset di OOTD, di akhir video, pemilik konten membagikan tautan untuk membeli celana, tas, atasan, atau sepatu.

3. Melakukan Transaksi

Setelah tautan affiliatemu tersebar di media sosial, biasanya jika orang tertarik pada produknya akan segera klik tautan tersebut. Jika pengunjung membeli produk dari tautanmu, transaksinya akan tercatat oleh jaringan link afiliasi.

4. Menerima Komisi

Jika proses transaksi jual beli pengguna melalui tautan affiliatemu berhasil, tentu saja kamu akan menerima komisi. Besaran komisi yang kamu terima bisa berbeda-beda mengikuti harga produk yang terjual. Kamu bisa mencairkan komisimu ke rekening secara langsung, namun terdapat jumlah minimal pencairan. Misalnya, komisi bisa dicairkan jika sudah terkumpul sejumlah Rp50.000, maka kamu harus mengumpulkan komisi sampai sejumlah Rp50.000 untuk mencairkannya.

Kelebihan Affiliate Marketing

Affiliate marketing memberikan banyak kelebihan, berikut beberapa kelebihan affiliate marketing.

  • Mudah dilakukan, kamu hanya perlu berfokus pada strategi pemasaran dan tidak terlibat langsung pada penjualan produk termasuk pengiriman produk.
  • Bisa dikerjakan tanpa modal atau gratis.
  • Bisa dijadikan sebagai penghasilan tambahan.
  • Fleksibel, bisa dikerjakan kapanpun dan dimanapun.
  • Bisa mempromosikan banyak produk sekaligus.

Kekurangan Affiliate Marketing

Pada pelaksanaannya, menjadi affiliate marketing juga memiliki banyak tantangan dan kekurangan. Berikut kekurangan affiliate marketing.

  • Besaran komisi tidak bisa diprediksi, sehingga penghasilanmu cenderung berubah dan tidak tetap.
  • Memiliki banyak pesaing, sehingga kamu harus kreatif dalam mempromosikan suatu produk yang kamu tawarkan di media sosial.
  • Memerlukan eros kerja dan kesabaran yang tinggi. Tentu saja kamu harus bersabar, terlebih jika baru memulai merintis karier menjadi seorang affiliate marketing.

Berikut artikel affiliate marketing. Manfaatkan media sosialmu sebaik mungkin untuk mendulang pundi-pundi rupiah dengan cara menjadi affiliate marketing. Semoga artikel di atas bermanfaat, ya!

Hyperlink: Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Cara Membuat

Kamu harus tahu dengan istilah yang satu ini, hyperlink. Hyperlink biasanya digunakan untuk menghubungkan satu file atau dokumen ke file lainnya melalui tautan. Melalui hyperlink, pengguna bisa dengan mudah membuka beberapa file sekaligus dalam waktu yang sama.

Pada beberapa website kamu juga akan menemui banyak hyperlink yang akan menghubungkan kamu dari halaman satu ke halaman lainnya. Pada pelaksanaannya, hyperlink lebih sering dikenal dengan link. Sebenarnya hyperlink itu apa, sih? Berikut artikel lebih lengkap hyperlink.

Pengertian Hyperlink

Sebuah hyperlink juga disebut link. Dengan kata lain, hyperlink adalah metode yang digunakan untuk menghubungkan bagian dalam slide, program, atau halaman situs web ke bagian lain dalam area yang sama.

Hyperlink biasanya digunakan untuk menampilkan lokasi, teks, atau objek dalam presentasi. Hyperlink, juga bisa diartikan sebagai teks yang merujuk penggunanya ke tampilan halaman lain.

Hyperlink memiliki banyak kegunaan bagi penggunanya. Salah satunya memudahkan pengguna berpindah dari satu halaman ke halaman lain dalam waktu cepat. Tentu saja hal tersebut menjadi lebih praktis dilakukan.

Fungsi Hyperlink

Singkatnya, fungsi hyperlink yaitu untuk memungkinkan pengunjung, pembaca web, atau pengguna lain untuk melihat informasi secara mudahdan cepat. Perlu diketahui, hyperlink adalah fitur yang ada di HTML sebagai tautan ke halaman lain.

Kehadiran hyperlink dalam file atau halaman sebenarnya cukup mudah dikenali. Teks yang berisi hyperlink umumnya terlihat berbeda dari teks biasa. Teks berisi karakter seperti biru atau garis bawah yang menunjukkan hyperlink.

Jenis Hyperlink

Terdapat beberapa jenis hyperlink yang perlu kamu ketahui. Berikut jenis-jenis hyperlink.

1. Absolute Address

Absolute address salah satu jenis hyperlink yang memerlukan koneksi internet dalam penggunaannya. Hyperlink jenis ini sering diterapkan pada website atau blog. Biasanya, jenis hyperlink ini digunakan untuk membuat pintasan pada alamat URL dari sebuah website ataupun halaman dari sebuah situs tertentu.

2. Relative Address

Pada pelaksanaannya, relative address sangat mirip dengan absolute address. Bedanya, relative address akan membuat alamat URL tanpa menyebutkan network location ataupun protokol dari halaman website. Relative address hanya akan menampilkan nama file dan path di halaman sebuah situs.

3. Link Section

Nah, kalau kamu terbiasa menggunakan Microsoft Office, patsi kamu pernah menggunakan jenis hyperlink yang satu ini. Link section merupakan salah satu jenis hyperlink yang sering digunakan. Mengingat link section memberikan banyak manfaat dan kemudahan bagi penggunanya.

Contoh Hyperlink

Hyperlink bisa dibuat untuk mendukung kemudahan penggunanya. Misalnya, kamu bisa mengunjungi situs DailySocial.id menggunakan tautan https://dailysocial.id/ atau dengan cara klik di sini.

Nah, dengan dua contoh berikut tentu saja kamu bisa mengenal hyperlink menjadi lebih mudah. Hyperlink memberikan banyak kemudahan bagi penggunanya, sesuaikan saja dengan kebutuhanmu. Semoga artikel di atas bermanfaat, ya!

Apa itu Invoice: Pengertian, Contoh dan Cara Membuatnya

Invoice sendiri sering disebut dengan faktur. Ini adalah lembar yang berisi daftar barang yang dikirim dengan nama, jumlah, dan deskripsi harga. Faktur dibuat oleh penjual dan harus dibayar oleh pembeli atau pelanggan.

Transaksi yang dicatat pada faktur berfungsi sebagai bukti transaksi kredit. Umumnya, faktur diterbitkan dalam rangkap tiga. Itu adalah:

  1. Ketika pembeli membayar faktur.
  2. Arsip departemen penjualan;
  3. Lembar untuk laporan akuntansi.

Keberadaan invoice sangat penting untuk mengetahui barang dan jasa yang dibeli. Faktur juga sangat penting di sektor keuangan karena memungkinkan keuntungan perusahaan dihitung dengan lebih baik.

Untuk referensi kamu, berikut adalah beberapa contoh faktur yang dapat  disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Contoh Invoice Guna Keperluan Bisnis

Invoice  Jasa

Invoice jasa adalah faktur yang dikeluarkan untuk pembayaran sesuatu yang bersifat jasa. Sebagai contoh, faktur ini dibuat untuk jasa penerjemahan, desain, pelatihan, pengiriman dan bentuk jasa lainnya.

Hal-hal yang harus ada pada invoice jasa adalah sebagai berikut:

  1. Identitas penyedia jasa, seperti nama, alamat, nomor kontak dan logo perusahaan.
  2. Identitas pengguna jasa atau klien, yang berupa nama dan alamat atau institusi.
  3. Tanggal invoice dikeluarkan serta tenggat waktu pembayaran.
  4. Detail produk jasa yang diberikan, jumlah (jika ada), harga jasa serta total biaya jasa yang harus dibayar oleh pengguna jasa atau klien.
  5. Catatan tambahan yang dicantumkan di bagian bawah invoice (jika dibutuhkan).

Invoice Penagihan

Faktur atau faktur, seperti namanya, adalah selembar kop surat resmi yang diberikan kepada pelanggan untuk transaksi tertentu. Pembayaran yang terlambat biasanya mengakibatkan penagihan kepada pelanggan.

Penjual kemudian mengirimkan faktur dalam jangka waktu tertentu untuk mendorong pelanggan membayar. Surat ini terdiri dari tiga bagian: awalan, badan surat, dan akhiran. Selain itu, lembar faktur harus berisi logo perusahaan, tanggal, nomor surat, subjek dan alamat.

Invoice Barang

Pada dasarnya, cara membuat invoice barang sama dengan membuat invoice jasa. Namun yang membedakan adalah faktur ini dikeluarkan untuk pembayaran benda atau barang untuk jenis invoice ini.

Invoice Hotel

Ketika seorang tamu ingin check-in, hotel biasanya akan mengeluarkan faktur yang membuktikan bahwa pemesanan hotel telah dilakukan. Setelah menyelesaikan prosedur pembayaran, hotel akan mengeluarkan tanda terima untuk mengonfirmasi bahwa pembayaran telah selesai.

Invoice Travel & Tour

Invoice Travel & Tours adalah invoice yang dibuat oleh jasa travel untuk jasa perjalanan. Dalam invoice ini terdapat kode paket perjalanan yang dipilih, jumlah, serta keterangan harga.

Invoice Tagihan Alat

Invoice tagihan alat adalah lembar tagihan yang dibuat penjual untuk menagih pembeli suatu alat. Dalam invoice ini terdapat deskripsi, harga, jumlah serta keterangan yang diperlukan.

Invoice Penjualan

Invoice atau faktur penjualan sering juga disebut dengan sales invoice. Faktur ini adalah bukti transaksi berupa tagihan yang dikeluarkan oleh penjual kepada pembeli. Dokumen ini biasanya dikirimkan kepada pembeli bersamaan dengan pengiriman barang.

Invoice Melalui Email

Selain diberikan secara langsung dalam bentuk hard copy, saat ini invoice juga dapat dikirim berupa soft copy melalui email. Dalam invoice email, sama seperti invoice umumnya, terdapat informasi mengenai jumlah tagihan, jatuh tempo, dan cara pembayarannya. Saat ini, sudah banyak perusahaan yang mengirimkan invoice melalui email.

Persamaan Dasar Akuntansi: Pengertian, Rumus dan Contohnya

Seringkali pengusaha belum memhami persamaan dasar akuntansi secara utuh. Padahal teori persamaan dasar akuntansi ini merupakan hal yang penting dalam mempengaruhi siklus akuntansi keuangan usaha.

Maka wajib bagi pengusaha maupun akuntan mengerti bagaimana prinsip persamaan dasar akuntansi. Dimana persamaan dasar akuntansi ini merupakan pencatatan transaksi keuangan perusahaan yang biasa disebut dengan pembukuan.

Para pebisnis biasanya mulai mengelola keuangan perusahaannya dengan melakukan pembukuan sederhana. Akuntansi dapat dilakukan dengan mudah berdasarkan ide dasar persamaan akuntansi.

Dengan menggunakan konsep ini, suatu transaksi dapat mempengaruhi posisi keuangan perusahaan.

Prinsip Persamaan Dasar

Untuk menerapkan persamaan dasar akuntansi, kamu perlu memegang prinsip akuntansi. Di mana prinsip tersebut merupakan keseimbangan antara harta dengan kewajiban. Pengaruh persamaan dasar akuntansi adalah untuk menganalisa laporan keuangan dan segala transaksi yang terjadi.

Dalam akuntansi mengenal debit dan kredit di setiap transaksi yang terjadi. Maka  hal ini perlu dikuasai agar prinsip keseimbangan dapat terealisasikan.

Kekayaan atau aktiva adalah assets atau bisa disebut juga dengan harta yang dimiliki perusahaan, dan hak atas harta tersebut disebut hak atas kekayaan (equality).

Hubungan antara harta dengan hak atas kekayaan dapat dinyatakan dengan persamaan sebagai berikut:

Harta (assets) = Hak atas kekayaan (equality)

Secara teori, hak atas kekayaan terbagi menjadi dua berdasarkan asal usulnya yaitu hak yang berasal dari kreditur dan hak yang berasal dari pemilik perusahaan.

Hak dari kreditur atas kekayaan yang dimiliki oleh perusahaan merupakan hutang perusahaan, sedangkan hak dari pemilik perusahaan itu sendiri disebut sebagai modal. Persamaan akuntansi dapat dituliskan sebagai berikut:

Harta = Utang + Modal atau Modal = Harta – Utang

Pentingnya Persamaan Dasar Akuntansi

Sumber Catatan

Dalam hal ini, persamaan dasar akuntansi bisa dipakai menjadi asal catatan untuk mempermudah proses pencatatan transaksi keuangan. Sehubungan menggunakan persamaan tadi memuat keterangan adanya uang masuk atau keluar menurut rekening perusahaan. Dengan demikian, hal ini akan memudahkan proses pelaporan keuangan.

Referensi dalam Pemeriksaan Besaran Saldo

Berikutnya, persamaan ini pun dapat dijadikan alat untuk memeriksa besaran saldo yang masuk ataupun keluar dari rekening perusahaan.  Sebab persamaan ini menyajikan transaksi keuangan secara garis besar, berbeda dengan laporan keuangan yang sangat detail.

Alat Koreksi Saldo

Terakhir, tetapi tidak kalah penting, persamaan ini juga bisa digunakan sebagai alat koreksi saldo pada sisi debit serta sisi kredit. Perhitungan saldo pada kedua sisi idealnya akan menunjukkan angka yang seimbang dalam tabel persamaan dasar akuntansi bila seluruh transaksi telah dilaporkan dengan baik.

Komponen Persamaan Dasar Akuntansi

Aset

Sumber daya yang dimiliki atau dikendalikan oleh suatu perusahaan untuk penggunaan masa depan disebut aset. Dengan kata lain, aset atau aktiva adalah sesuatu yang memberikan manfaat bagi perusahaan.

Misalnya, gedung, kendaraan, uang tunai, dan baik uang tunai maupun cek. Aset ini meningkat seiring dengan pertumbuhan aset perusahaan dan sebaliknya.

Selain itu, aset berupa komoditas seperti mesin memiliki biaya penyusutan. Peralatan dan mesin produksi akhirnya rusak dan menjadi tidak berharga, sehingga harus dihitung penyusutannya. Ini dikenal sebagai depresiasi.

Perusahaan dapat memiliki aset tidak berwujud serta aset berwujud. Hak cipta adalah contoh dari aset tidak berwujud.

Adapun dalam persamaan akuntansi, terdapat beberapa akun aset, antara lain:

  • Aset lancar: kas, piutang, biaya dibayar di muka
  • Aset tetap: bangunan, kendaraan
  • Aset tidak berwujud: paten, hak cipta

Liabilitas atau Kewajiban

Liabilitas atau kewajiban adalah jumlah yang dipinjam perusahaan dari krediturnya dan harus dilunasi dalam jangka waktu yang disepakati oleh kedua belah pihak.

Bentuk kewajiban yang biasa dimiliki oleh suatu perusahaan adalah hutang. Misalnya, jika bisnis membeli barang secara kredit, ini dicatat sebagai kewajiban. Artinya, perusahaan berjanji untuk membayar nilai nominal di kemudian hari.

Akun hutang umumnya dimiliki oleh suatu bisnis, yaitu kewajiban jangka pendek dan jangka panjang. Hutang pajak, hutang gaji, hutang usaha, dan hutang bank adalah contoh kewajiban lancar. Di sisi lain, utang jangka panjang misalnya obligasi.

Ekuitas

Beberapa aset perusahaan biasanya dimiliki oleh pemegang saham atau pihak ketiga, dan ini disebut ekuitas. Seperti disebutkan sebelumnya, bagian ini sesuai dengan rumus dasar persamaan akuntansi.

Pemilik dapat meningkatkan kepemilikannya dengan menginvestasikan dananya di perusahaan. Di sisi lain, modal dapat berkurang ketika pemilik menarik dana dari perusahaan atau mengambil prive.

Selain itu, pendapatan juga dapat meningkatkan ekuitas. Di sisi lain, biaya juga mengurangi modal ekuitas. Seperti komponen lainnya, ada beberapa akun yang umum untuk ekuias, seperti modal pemilik, prive atau penarikan pemilik, laba ditahan, saham siasa dan modal disetor.

Rumus Persamaan Dasar Akuntansi

Rumus dasar persamaan akuntansi ialah harta sama dengan utang ditambah modal. Kamu dapat menghitungnya dengan formula berikut ini.

Harta (Aktiva) = Utang + Modal (Pasiva)

atau

Aset = Kewajiban + Ekuitas

Dari rumus di atas, terlihat bahwa aset setara dengan kewajiban dan ekuitas pemilik. Hal ini tentu sangat logis sebab kewajiban serta ekuitas pada prinsipnya merupakan sumber dana perusahaan untuk membeli aset.

Kemudian, bukan tanpa sebab utang atau kewajiban ditulis lebih awal sebelum ekuitas pemilik. Alasannya, utang kepada kreditur sudah pasti perlu dilunasi terlebih dahulu sebelum pembagian kepada investor ketika perusahaan mengalami kebangkrutan.

Jadi, kewajiban dianggap lebih likuid atau lancar dibandingkan dengan ekuitas. Hal ini terlihat konsisten dengan pelaporan keuangan yang mencantumkan aset lancar (current assets) dan kewajiban lancar (current liabilities) lebih dahulu sebelum aset tetap (fixed assets) serta liabilitas jangka panjang (long-term debt).

Dari formula di atas juga, kita dapat memahami bahwa peningkatan aset akan berbanding lurus dengan peningkatan kewajiban dan ekuitas. Begitu juga sebaliknya.

Biasanya, kondisi tidak seimbang terjadi saat utang meningkat, tetapi aset tidak bertambah. Situasi ini sering kali dipicu oleh adanya transaksi yang tidak transparan atau tidak dilaporkan alias potensi fraud.

Itulah penjelasan mengenai persamaan dasar akuntansi yang semoga dapat kamu pahami.

Jack Ma: Profil, Sejarah dan Bisnis Alibaba Group

Bisa jadi kamu sudah tidak asing lagi dengan sosok yang satu ini, yaitu Jack Ma. Jack Ma adalah seorang pengusaha asal Tiongkok terkemuka yang mendirikan Alibaba Group. Jack Ma lahir di Hangzhou, Zhejiang, China pada 10 September 1964, nama aslinya adalah Ma Yun. Jack Ma memiliki seorang kakak laki-laki dan seorang adik perempuan. Jack Ma memiliki seorang istri bernama Cathy Zhang dan seorang anak bernama Ma Yuankun.

Pada tahun 2015, Jack Ma masuk dalam daftar Forbes Business Media dengan predikat Influential Global Billionaire. Tentu saja, dia adalah salah satu orang terkaya di Tiongkok. Jack Ma telah mendirikan Alibaba, raksasa e-commerce di Hong Kong, tetapi sejak itu mengakuisisi banyak perusahaan terkait lainnya di seluruh dunia.

Sosok Inspiratif Jack Ma

Jack dan saudara-saudaranya tumbuh besar di masa komunis Tiongkok yang sangat terisolasi dari dunia Barat. Bahkan, keluarganya tidak punya banyak uang pada saat itu. Sejak saat itu, kampung halaman Jack Ma menjadi kiblat para turis. Seorang remaja kreatif dengan naluri bisnis, Jack Ma menghabiskan hari-harinya dengan bangun pagi untuk mengunjungi hotel-hotel besar di kota.

Jack Ma kemudian menyediakan pemandu wisata untuk turis dan mengambil pelajaran bahasa Inggris sebagai upah. Julukan “Jack” akhirnya melekat padanya karena hadiah dari turis yang akhirnya berteman dengannya. Pendidikan adalah satu-satunya jalan Jack Ma untuk maju. Setelah sekolah menengah, Ma mendaftar ke perguruan tinggi tetapi gagal dalam ujian masuk dua kali.

Pantang Menyerah dan Pekerja Keras

Tak pantang menyerah meski gagal dua kali, usaha Jack Ma terbayar pada percobaan ketiganya. Jack Ma berhasil melanjutkan studinya di Hangzhou Teachers College, dan dinyatakan lulus pada tahun 1988 dan mulai melamar pekerjaan sebanyak yang disanggupinya.

Sayangnya, Jack Ma harus menerima selusin penolakan, termasuk di restoran KFC setempat. Akhirnya, Jack Ma dipekerjakan sebagai guru bahasa Inggris. Memang Jack Ma terlahir sebagai guru, disukai murid-muridnya dan mencintai pekerjaannya meski bayarannya kecil. Jack Ma mengajar di universitas lokal dan hanya berpenghasilan $12 per bulan.

Jack Ma tidak memiliki pengalaman komputer atau pemrograman sama sekali, tetapi menjadi sangat tertarik dengan dunia Internet pada tahun 1995 ketika Jack Ma dapat menggunakannya untuk pertama kalinya saat bepergian di Amerika Serikat.

Titik Awal Kesuksesan Alibaba

Setelah memulai usaha penerjemahan, Jack Ma melakukan bepergian buat membantu suatu perusahaan Tiongkok pulih. Jack Ma melakukan pencarian online pertamanya, yaitu “minuman memabukan,” namun Jack Ma sangat terkejut menemukan bahwa tidak terdapat minuman memabukkan Tiongkok yang ada pada output pencarian pada internet. Sejak saat itu, Jack Ma memantapkan diri untuk mendirikan perusahaan internet untuk negaranya, Tiongkok.

Selang beberapa lama, layanan internet ini mulai menarik perhatian banyak pengguna di seluruh dunia. Hingga, pada bulan Oktober pada tahun 1999, perusahaan  Jack Ma berhasil mengumpulkan $5 juta dari Goldman Sachs, dan $20 juta dari SoftBank. SoftBank ini adalah perusahaan telekomunikasi Jepang yangg senang berinvestasi bagi perusahaan teknologi.

Hingga pada tahun 2005, Yahoo pun ikut menanamkan modal sejumlah $1  miliar untuk Alibaba lalu ditukarkan menggunakan kurang lebih 40% saham perusahaan. Jumlah ini sangat besat bagi Alibaba yang pada waktu itu sedang mencoba mengalahkan usaha eBay pada Tiongkok. Akhirnya keputusan Yahoo ini sebagai kemenangan telak bagi Yahoo lantaran berhasil hasilkan 10 $ miliar buat IPO Alibaba.

Kemudian, pada 19 September Alibaba mengenalkan dirinya pada dunia.  “Hari ini yg kami dapatkan bukan uang. Yang kami dapatkan merupakan agama berdasarkan orang-orang,” ujar Jack Ma kala itu pada jurnalis CNBC.

IPO senilai $150 miliar ini merupakan penawaran terbesar untuk perusahaan  terdaftar pada Amerika sepanjang sejarah Bursa Efek pada New York. Itulah yang menjadikan Jack Ma orang terkaya pada negara asalnya Tiongkok, dengan perkiraan sejumlah $25 miliar.

Kamu bisa mengikuti jejaknya dengan menjadi sosok pekerja keras dan pantang menyerah!

Siklus Akuntansi: Penjelasan dan Tahap yang Perlu Dilakukan

Siklus Akuntansi pada sebuah perusahaan bisa diartikan menjadi serangkaian aktivitas buat melakukan identifikasi, analisis, sampai merekam setiap perjalanan keuangan selama perusahaan berjalan.

Umumnya, proses tadi dijalankan pada kurun saat satu tahun, kemudian dalam akhir tahun output proses tadi dilaporkan pada perusahaan. Proses akuntansi ini terus berulang menciptakan sebuah alur yang dikenal menjadi Siklus Akuntansi.

Berikut penjelasan lebih lanjut.

Definisi Siklus Akuntansi

Siklus akuntansi secara jelas didefinisikan sebagai proses berulang untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan mencatat semua aktivitas akuntansi dalam suatu organisasi. Siklus kegiatan akuntansi ini berlangsung dalam waktu satu tahun.

Selama periode ini, semua prinsip, aturan, metode, dan teknik akuntansi diterapkan untuk mencatat semua aktivitas akuntansi perusahaan. Sebagai aturan, siklus ini dimulai pada awal tahun ketika buku dibuka dan diakhiri dengan entri penutup.

Proses akuntansi ini akan terus berlanjut dan berulang selama perusahaan masih aktif. Ini mengubah proses menjadi siklus. Adanya siklus ini membantu memecahkan masalah ini bagi pemilik bisnis.

Tahapan Siklus Akuntansi

Sebagai sebuah siklus, proses akuntansi juga memiliki berbagai tahap yang harus dilalui satu demi satu. Tujuan dari siklus ini adalah untuk menyediakan informasi akuntansi yang tepat untuk mendukung proses pengambilan keputusan. Untuk mencapai tujuan ini, fase siklus akuntansi sebagai berikut:

Identifikasi Transaksi

Mengidentifikasi setiap transaksi adalah langkah pertama dalam siklus ini. Pekerjaan identifikasi ini harus dilakukan dengan benar oleh seorang akuntan, dan ini dapat dilakukan dengan mencatat semua transaksi yang terjadi.

Transaksi akuntansi yang dicatat adalah semua transaksi yang secara langsung mempengaruhi perubahan posisi keuangan perusahaan dan dievaluasi secara objektif. Transaksi yang dilakukan juga memerlukan bukti transaksi agar dapat dilakukan identifikasi.

Bukti transaksi ini dapat berupa kuitansi, faktur, nota, atau bukti lain yang dianggap sah dalam dunia akuntansi. Oleh karena itu, transaksi akuntansi harus menggunakan bukti transaksi yang dapat dicatat dan diidentifikasi oleh seorang akuntan, terutama yang berkaitan dengan perubahan posisi keuangan perusahaan.

Analisis Transaksi

Setelah tahap identifikasi, auditor harus menganalisis transaksi dalam hal dampaknya terhadap posisi keuangan perusahaan. Sistem akuntansi perusahaan selalu bekerja dengan pembukuan berpasangan.

Ini berarti bahwa semua transaksi akuntansi mempengaruhi posisi keuangan debet dan kredit dan harus dalam jumlah yang sama. Secara matematis, akuntansi biasanya menggunakan rumus.

Aset = Kewajiban + Ekuitas saat menganalisis dan menghitung transaksi yang terjadi. Sebagai contoh, perusahaan menerima investasi tunai sebesar Rp 1.000.000, peralatan dan perlengkapan sebesar Rp 500.000.

Rp 1.500.000,00 dalam bentuk tunai, perlengkapan dan perlengkapannya, sehingga transaksi tersebut dapat dianalisa. Penambahan ini merupakan peningkatan modal perusahaan sebesar Rp 1.500.000 – karena semua transaksi tersebut merupakan bagian dari modal perusahaan.

Pencatatan Transaksi dalam Jurnal

Setelah bagian akuntansi melakukan analisis transaksi, langkah selanjutnya adalah mencatat semua transaksi dalam jurnal keuangan. Dalam akuntansi, jurnal didefinisikan sebagai catatan deret waktu transaksi yang terjadi. Proses memasukkan informasi ini disebut penjurnalan.

Dalam proses penjurnalan, setiap transaksi dibagi menjadi dua
debet dan kredit. Rekaman ini dapat dilakukan dalam buku harian umum.

Catatan harus berkesinambungan dan lengkap tanpa kehilangan transaksi. Hingga kemudian di akhir memiliki jumlah debit dan kredit yang sama.

Posting Buku Besar

Setelah dicatat dalam jurnal, akuntan menginput semua transaksi ke buku besar. Secara umum, buku besar dapat diartikan sebagai kumpulan akun akuntansi yang berisi informasi tentang aset tertentu yang dicatat selama periode waktu tertentu. Sebuah perusahaan pasti memiliki berbagai daftar akun buku besar.

Setiap akun dalam buku besar diberi nomor kode tertentu. Tujuannya adalah untuk memudahkan proses identifikasi dalam jurnal.

Selain itu, akuntan dapat dengan mudah meninjau atau melihat referensi transaksi yang dicatat dalam buku besar.

Menyusun Neraca Saldo dan Jurnal Penyesuaian

Langkah selanjutnya dalam siklus akuntansi yang dilakukan oleh akuntan adalah membuat neraca saldo dan membuat jurnal penyesuaian. Neraca saldo berisi daftar saldo setiap akun dalam buku besar untuk periode tertentu.

Saat menulis neraca saldo, saldo buku besar harus digabungkan dan tetap sama. Jika dalam keadaan tertentu ternyata transaksi tersebut tidak dicatat atau neraca saldo salah, akuntan wajib membuat jurnal koreksi.

Pembuatan jurnal penyesuaian ini bersifat periodik dan prosesnya sama dengan jurnal umum. Setelah dicatat dalam jurnal penyesuaian, hasil laporan keuangan menjadi nyata.

Penyusunan Neraca Saldo Penyesuaian dan Laporan Keuangan

Tahapan berikutnya dalam siklus akuntansi adalah penyusunan Neraca Saldo Penyesuaian dan Laporan Keuangan. Neraca Saldo Penyesuaian dibuat dengan berdasarkan pada buku Neraca Saldo yang sudah dibuat sebelumnya dengan memperhatikan Jurnal Penyesuaian.

Saldo-saldo tersebut terbagi ke dalam kelompok aktiva dan pasiva sesuai dengan statusnya. Kemudian disusun hingga jumlah saldo keduanya sama besar. Yang perlu diperhatikan dalam penyusunan Neraca Saldo Penyesuaian ini adalah jumlah saldo pada Aktiva maupun Pasiva berjumlah sama besar.

Bila tidak, maka terjadi kesalahan dalam perhitungan dan tidak bisa dibuat Laporan Keuangannya. Laporan Keuangan ini dibuat setelah jumlah saldo Aktiva dan Pasiva pada buku Neraca Saldo berjumlah sama besar.

Dalam Laporan Keuangan disusun beberapa laporan seperti laporan laba rugi, laporan perubahan modal, laporan arus kas, dan neraca yang menghitung likuiditas, solvensi, dan fleksibilitas. Selanjutnya, akuntan masuk ke dalam tahapan terakhir yakni pembuatan Jurnal Penutup.

Menyusun Jurnal Penutup

Tahap akhir dari siklus ini adalah penyusunan jurnal penutup oleh akuntan. Ayat jurnal penutup ini dibuat pada akhir periode akuntansi dengan menutup akun nominal atau laba rugi. Untuk menutup dua akun, caranya bisa dengan membuat nihil nilai rekening tersebut.

Tujuan penutupan akun ini adalah untuk memverifikasi aliran di sumber selama periode penagihan saat ini. Setelah akun tersebut selesai, kamu dapat menggunakan jurnal penutup ini untuk mengukur aktivitas yang terjadi selama periode tersebut.

Periode berikutnya membantu jurnal penutup untuk memulai kembali pada siklus jurnal berikutnya.

Menyusun Nerasa Saldo dan Jurnal Pembalik

Tahapan siklus proses akuntansi periode sebelumnya dapat diselesaikan dengan membuat jurnal penutup. Proses pembuatan neraca saldo dan jurnal pembalik bersifat opsional dan dapat dijalankan atau tidak.

Pada fase ini, neraca saldo berisi saldo akun perpetual dari akun buku besar setelah jurnal penutup. Jurnal pembalik dirancang untuk memudahkan proses pencatatan transaksi tertentu, terutama yang selalu berulang.

Itulah penjelasan sederhana mengenai siklus akuntansi yang harus kamu pahami. Semoga informasi ini membuka wawasan dasarmu!

Jurnal Umum: Pengertian, Fungsi, dan Contohnya

Jurnal umum merupakan salah satu pencatatan dasar dari kegiatan akuntansi. Sebelum mengetahui contohnya kamu juga harus tau maksud dan tujuan dibuatnya jurnal umum bagi perusahaan.

Berikut DailySocial.id akan menjelaskannya secara sederhana padamu!

Pengertian Jurnal Umum dalam Akuntansi

General ledger atau jurnal umum adalah sebuah jurnal yang digunakan untuk mencatat semua jenis bukti transaksi keuangan yang muncul dari semua transaksi keuangan suatu perusahaan dalam periode tertentu.

Secara etimologis kata jurnal berasal dari bahasa Perancis, yaitu Jour yang artinya hari. Jurnal umum ini digunakan untuk mencatat berbagai aktivitas transaksi keuangan secara kronologis sesuai tanggal dengan mencantumkan nama transaksi, kelompok akun, dan nominalnya pada kolom debit atau kredit.

Jadi, pengertian jurnal umum secara singkat adalah sebuah jurnal yang dipakai untuk mencatat semua transaksi keuangan yang terjadi dalam periode tertentu untuk kemudahan pengelolaan keuangan baik bagi pihak internal maupun eksternal organisasi.

Tujuan dari Jurnal Umum

Dengan adanya jurnal ini, maka kita dapat mengidentifikasi dan melakukan hal-hal yang berhubungan dengan transaksi keuangan, diantaranya:

  • Identifikasi terhadap transaksi yang terjadi
  • Penilaian terhadap transaksi
  • Pencatatan dampak ekonomi dari transaksi dalam perusahaan

Selain itu, membuat  jurnal umum juga bertujuan untuk mempermudah proses pemindahan dampak transaksi yang terjadi ke dalam sebuah akun sesuai transaksi.

Prinsip Dasar Jurnal Umum

Dalam akuntansi, ada beberapa prinsip dasar yang harus diperhatikan dalam membuat jurnal umum, diantaranya:

  • Proses identifikasi bukti transaksi keuangan yang terjadi pada suatu perusahaan. Misalnya, memo, kwitansi, nota, invoice (baca: pengertian invoice), dan lain-lain.
  • Menentukan akun yang mengalami pengaruh terhadap transaksi yang terjadi, dan mengklasifikasikannya dalam jenis utang, harta, atau modal.
  • Menentukan apakah terjadi pengurangan atau penambahan terhadap akun yang berhubungan dengan transaksi
  • Memutuskan apakah melakukan kredit atau mendebit akun yang berhubungan dengan transaksi.
  • Membuat catatan transaksi ke dalam general journal berdasarkan bukti transaksi yang ada.

Fungsi Jurnal Umum

Pada praktiknya, jurnal umum memiliki 5 fungsi penting bagi sebuah perusahaan, khususnya perusahaan jasa. Berikut penjelasannya:

Fungsi Historis

Dalam jurnal umum, semua transaksi yang terjadi dicatat berdasarkan tanggal transaksi. Menggambarkan aktivitas suatu perusahaan setiap hari secara berurutan dan terus-menerus. Dengan kata lain, jurnal umum disebut memiliki fungsi historis karena dilakukan secara kronologis dan sistematis.

Fungsi Pencatatan

Semua transaksi yang terjadi pada perusahaan dicatat dalam jurnal umum. Dengan begitu, maka perubahan modal, biaya, kekayaan, dan pendapatan, harus dicatat terlebih dahulu ke dalam jurnal umum agar pembuatan laporan keuangan perusahaan dapat dilakukan dengan baik.

Fungsi Analisis

Semua pencatatan transaksi yang dilakukan dalam jurnal umum adalah hasil analisis transaksi berupa kredit dan debit yang terpengaruh. Proses analisis ini meliputi penggolongan nama akun, pencatatan kredit atau debit, serta jumlah/ besar transaksi.

Fungsi Instruksi

Jurnal umum mempunyai fungsi instruktif dalam proses memasukkan data ke general journal. Proses pencatatan dalam jurnal ini tidak hanya sebatas dokumen transaksi, namun bersifat perintah atau petunjuk kredit atau debit.

Fungsi Informatif

Di dalam jurnal umum juga terdapat informasi dan penjelasan bukti pencatatan transaksi yang terjadi pada perusahaan.

Contoh Kasus Jurnal Umum

Mengumpulkan Bukti Transaksi

  1. Tanggal 5 Januari 2020, pak Hari melakukan investasi ke perusahaannya, PT Hari Mulia Bersama, senilai Rp 500.000.000.
  2. Tanggal 11 Januari 2020, dibayarkan uang senilai Rp20.000.000 untuk keperluan sewa kantor 1 tahun.
  3. Tanggal 15 Januari 2020, membeli peralatan dan perlengkapan kantor dengan nilai masing-masing Rp10.000.000 dan Rp 5.000.000.
  4. Tanggal 20 Januari 2020, menerima pendapatan tunai dari penjualan senilai Rp10.000.000.
  5. Tanggal 31 Januari 2020, membayar gaji pegawai Januari senilai Rp25.000.000.

Analisis atau identifikasi transaksi

  1. Setoran modal investasi menjadikan harta perusahaan kemudian bertambah berupa kas Rp500.000.000 (debit), artinya modal pak Hari bertambah menjadi Rp500.000.000 di sisi kredit.
  2. Harta perusahaan (kas) berkurang senilai Rp20.000.000 (kredit) untuk bayar sewa. Perusahaan memiliki aset yang berupa sewa dibayar di muka senilai Rp20.000.000 (debit).
  3. Aset perusahaan, masing-masing peralatan bertambah senilai Rp10.000.000 dan perlengkapan senilai Rp5.000.000. Namun aset kas perusahaan berkurang senilai Rp15.000.000.
  4. Laba (dari penjualan) menjadikan pendapatan bertambah di sisi kredit senilai Rp10.000.000. Aset perusahaan (kas) bertambah senilai Rp10.000.000 (debit).
  5. Beban gaji Rp25.000.000 (debit). Sementara aset perusahaan (kas) berkurang senilai Rp25.000.000 (kredit).

Itulah penjelasan sederhana mengenai jurnal umum. Semoga informasi ini dapat membantumu memahami dasar dari jurnal umum.

Contoh Laporan Keuangan Sederhana bagi Perusahaan

Laporan keuangan adalah hal yang tidak bisa dihindarkan bagi pelaku usaha. Baik itu usaha kecil sampai besar pasti memerlukan laporan keuangan untuk melihat posisi aktivitas bisnis perusahaannya.

Laporan keuangan ini digunakan sebagai acuan perusahan untuk mengukur kemajuan ekonomi dan pengambila keputusan ke depannya. Khususnya perusahaan besar, laporan keuangan cenderung lebih kompleks ditangani akuntan berpengalaman.

Namun, untuk memberikan gambaran padamu bagaimana laporan keuangan dibuat. DailySocial.id akan memberikan contohnya secara sederhana padamu di bawah ini!

Laporan Neraca

Laporan neraca merupakan laporan yang memperlihatkan kondisi keuangan sebuah perusahaan. Datanya berisi nilai dan posisi aktiva serta pasiva, yang pada akhirnya harus seimbang.

Jika nilainya terhitung tidak seimbang di ujung periode, artinya terdapat masalah pada posisi keuangan perusahaan.

Selain itu, dalam laporan neraca juga memuat catatan utang, modal, dan kewajiban. Contoh laporan keuangan neraca bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

Laporan Keuangan Laba Rugi

Laporan laba rugi atau income statement merangkum data kerugian serta keuntungan sebuah perusahaan.  Apabila jumlah pemasukan terlihat lebih banyak ad alaporan laba rugi, artinya perusahaan tergolong sukses.

Namun sebaliknya, jika angka pengeluaran lebih tinggi dari pemasukan, maka dapat dikatakan perusahaan sedalam dalam kondisi terancam.

Ada dua cara dalam membuat laporan laporan keuangan laba rugi yang pertama adalah secara langsung atau single step. Yaitu dengan merangkum seluruh pendapatan dari awal sampai akhir suatu kelompok.

Rangkuman itu kemudian dikurangi dengan otal biaya periode.

Contohnya seperti di bawah ini.

Cara kedua yaitu membuat laporan laba rugi secara bertahap, atau multiple step.

Cara ini tergolong lebih rumit sebab kamu harus membagi laporan dalam dua bagian, yaitu

  • Pendapatan operasional (kegiatan utama perusahaan)
  • Pendapatan non operasional (pendapatan di luar kegiatan pokok perusahaan)

Berikut contoh laporan laba rugi multiple step.

Laporan Perubahan Modal

Dalam akuntansi, laporan perubahan modal dikenal sebagai statement of changes in equity. Berfungsi untuk melihat kondisi modal perusahaan dan data baru ketika terjadi perubahan modal.

Disini kamu akan menemukan jumlah modal awal dan saldo terkini sebuah perusahaan. Selain itu juga kamu akan menganalisa perubahan saldo modal awal dan akhir periode di ujung laporan.

Agar laporan lengkap, ada beberapa data khusus yang kamu perlukan. Data-data tersebut termasuk modal awal periode, jumlah laba dan rugi, serta pengambilan dana pribadi oleh pemilik bisnis. Maka dari itu, laporan perubahan modal tidak bisa dibuat sebelum laporan laba rugi selesai dihitung.

Berikut adalah contoh laporan keuangan perubahan modal.

Laporan Keuangan Arus Kas

Sebelum membahas laporan keuangan arus kas, kamu harus tau dulu mengenai catatan kas utama.

Membuat laporan keuangan akan sulit tanpa kehadiran buku catatan kas utama. Buku ini merangkum semua pengeluaran dan pemasukan perusahaan, baik itu dalam bentuk uang atau barang. Di sini, kamu bisa melihat seberapa banyak keuntungan atau kerugian yang dialami perusahaan.

Nah, data yang terkumpul di kas utama akan digunakan dalam laporan keuangan yang satu ini. Laporan arus kas atau cash flow statement berfungsi sebagai data arus kas masuk dan keluar.

Laporan keuangan ini memberi tahu kamu berapa banyak uang tunai yang telah ditarik dari bisnismu dan apakah jumlah itu sesuai dengan penghasilan. Data di atas digunakan untuk memperkirakan perputaran keuangan perusahaan di masa depan.

Laporan arus kas juga merupakan bentuk pertanggungjawaban kepada pemangku kepentingan instansi. Untuk melihat arus kas masuk, kamu dapat melihat dua sumber: pinjaman dan pendanaan.

Untuk membuat laporan keuangan arus kas, kamu dapat memeriksanya berdasarkan total pengeluaran perusahaan kamu. Biaya terkait dapat berupa investasi atau kegiatan operasional.

Berikut contoh laporan keuangan arus kas.

Itulah beberapa contoh laporan keuangan secara sederhana. Biasanya semakin besar perusahaan pengerjaan laporan keuangan akan semakin kompleks disesuaikan kebutuhan perusahaan. Pada kebanyakan intitusi bahkan mereka juga menggunakan aplikasi komputer akuntansi sebagai alat mempermudah contohnya MYOB, Zahir, dan Accurate.