Amar Bank Beri Fasilitas Kredit untuk Mitra Pembudidaya eFishery

PT Bank Amar Indonesia Tbk (IDX: AMAR) mengumumkan kerja sama strategis dengan eFishery untuk menyalurkan fasilitas kredit kepada UMKM akuakultur atau perikanan budidaya. Fasilitas kredit bersama ini berupa close-loop financing atau pembiayaan ekosistem dengan nilai hingga Rp100 miliar.

Kemitraan ini menjadi salah satu strategi berkelanjutan Amar Bank untuk menjangkau mitra bisnis yang dapat menjembatani penyaluran pendanaan dengan mudah. Adapun, kemitraan tersebut akan membidik pembudidaya ikan yang tergabung dalam program Kasih, Bayar Nanti (Kabayan) dari eFishery.

Program Kabayan diluncurkan pada Januari 2020 dengan tujuan untuk menjembatani para pembudidaya ikan dengan akses finansial yang dapat mendukung perkembangan bisnisnya.

“Amar Bank berkomitmen untuk menjangkau lebih banyak lagi UMKM, dan eFishery adalah mitra yang tepat untuk membantu kami mendorong pertumbuhan UMKM akuakultur di Indonesia,” ujar Digital Banking Service Function Head Amar Bank Benyamin Tampubolon dalam keterangan resminya.

Selain itu, Amar Bank akan menempel layanan keuangan dan perbankan (Embedded banking and finance) ke dalam platform eFishery untuk mendukung usaha pembudidaya ikan mitra eFishery.

Saat ini, Amar Bank melalui produk digital Tunaiku, telah melayani hampir 400 ribu UMKM dan menyalurkan lebih dari 1 juta pinjaman dengan total lebih dari Rp10 triliun.

CFO eFishery Dhianendra Laksmana menambahkan, “Kemitraan ini akan menjadi sebuah langkah yang signifikan untuk mendorong pertumbuhan industri akuakultur di Indonesia, khususnya bagi para pembudidaya ikan agar mereka dapat lebih mudah mendapatkan akses finansial untuk mengembangkan bisnisnya dengan memanfaatkan layanan perbankan digital.”

eFishery sendiri dalam beberapa tahun terakhir juga telah mendapatkan fasilitas kredit dari kemitraannya dengan sejumlah institusi, seperti:

Daftar mitra penyaluran kredit di eFishery / Diolah kembali oleh DailySocial.id

Sebagaimana diketahui, kemitraan pembiayaan untuk modal usaha banyak dilakukan oleh perbankan dengan platform digital untuk memudahkan akses yang selama ini jadi benturan utama pemilik usaha. Tidak hanya dilakukan eFishery, namun juga sejumlah fintech lainnya.

Application Information Will Show Up Here

Published by

Corry Anestia

An ordinary person who aspires to create extraordinary writings.