57 Shortcut Keyboard Windows 10 untuk Meningkatkan Produktivitas

Saat ini, sebagian besar orang di dunia mampu mengoperasikan komputer. Tetapi, di antara sebagian besar orang tersebut, tidak banyak yang tahu shortcut keyboard yang dapat digunakan sebagai jalan pintas di Windows 10.

Shortcut keyboard adalah kunci atau kombinasi tombol keyboard yang dapat digunakan sebagai cara alternatif untuk melakukan suatu hal atau perintah di komputer. Seperti namanya, shortcut keyboard berfungsi sebagai jalan pintas untuk memudahkan pengguna komputer dalam menyelesaikan pekerjaan secara lebih cepat.

Shortcut keyboard terdiri atas berbagai macam fungsi dan tujuan. Umumnya, shortcut keyboard diawali dengan tombol perintah seperti Ctrl, Alt, Shift, atau Fn yang dikombinasikan dengan tombol lainnya.

Nah, berikut adalah 57 macam shortcut keyboard di Windows 10 yang dapat kamu gunakan untuk meningkatkan produktivitasmu.

Shortcuts Umum di Windows 10

Keyboard shortcutPerintah
Ctrl + APilih semua item.
Ctrl + C (or Ctrl + Insert)Copy item yang diseleksi ke clipboard.
Ctrl + XCut item yang diseleksi ke clipboard.
Ctrl + V (or Shift + Insert)Paste item yang telah di-copy dari clipboard.
Ctrl + ZMembatalkan perintah terakhir atau undo.
Ctrl + YMengulang perintah yang telah dibatalkan atau redo.
Ctrl + Shift + NBuat folder baru di desktop atau File Explorer.
Alt + F4Tutup jendela Windows yang masih aktif.
Ctrl + D (Del)Hapus item yang dipilih ke Recycle Bin.
Shift + DeleteHapus item yang dipilih secara permanen.
F2Ganti nama pada item yang dipilih.
EscTutup jendela yang aktif.
Alt + TabBeralih pada semua aplikasi yang terbuka.
PrtScnAmbil tangkapan layar.

Shortcuts Desktop di Windows 10

Keyboard shortcutPerintah
Windows key (or Ctrl + Esc)Buka Start menu.
Ctrl + Shift + EscBuka Task Manager.
Ctrl + ShiftGanti layout keyboard.
Alt + F4Tutup jendela yang aktif.
Ctrl + F5 (or Ctrl + R)Refresh jendela window.
Ctrl + Arrow keys (to select) + SpacebarPilih beberapa item di desktop atau File Explorer.
Windows key + MMinimize semua jendela.
Windows key + Shift + MMengembalikan jendela yang di-minimize ke desktop.
Windows key + S (or Q)BukaSearch.
Windows key + IBuka Settings.

Shorcuts File Explorer di Windows 10

Keyboard shortcutPerintah
Windows key + EBuka File Explorer.
Alt + DPilih address bar.
Ctrl + E (or F)Pilih kolom pencarian.
Ctrl + NBuka jendela baru.
Ctrl + WTutup jendela yang sedang aktif.
Ctrl + F (or F3)Mulai pencarian.
Ctrl + Mouse scroll wheelUbah tampilan file dan folder.
Ctrl + Shift + NBuat folder baru di desktop atau File Explorer.
HomeScroll daftar yang paling atas.
EndScroll ke daftar yang paling bawah.

Shortcuts Kotak Dialog di Windows 10

Keyboard shortcutPerintah
Ctrl + TabMaju melalui tab.
Ctrl + Shift + TabMundur melalui tab.
Ctrl + number of tabLompati tab.
TabMaju ke pengaturan.
Shift + TabMundur ke pengaturan.
Alt + underline letterMenjalankan perintah yang digunakan dengan huruf tersebut.
SpacebarMemilih atau mengosongkan kotak centang jika opsi aktif adalah centang.
BackspaceMembuka folder satu tingkat ke atas jika folder dipilih di kotak dialog Simpan Sebagai atau Buka.
Arrow keysPilih tombol jika opsi aktif adalah kumpulan tombol opsi.

Shortcuts Command Prompt di Windows 10

Keyboard shortcutPerintah
Ctrl + APilih semua item pada suatu baris
Ctrl + C (or Ctrl + Insert)Copy item yang dipilih ke clipboard.
Ctrl + V (or Shift + Insert)Paste item yang telah dipilih dari clipboard.
Ctrl + MAktifkan mark mode.
Ctrl + Up arrow keyPindahkan layar ke satu baris atas.
Ctrl + Down arrow keyPindahkan layar ke satu baris bawah.
Ctrl + FBuka pencarian untuk Command Prompt.
Left or right arrow keysPindahkan kursor ke kanan atau kiri baris.
Up or down arrow keysMemindahkan satu baris ke atas atau bawah riwayat perintah.
Page UpPindahkan kursor ke satu halaman atas.
Page DownPindahkan kursor ke satu halaman bawah.
Ctrl + HomeScroll ke paling atas.
Ctrl + EndScroll ke paling bawah.

Nah, itulah 57 keyboard shortcuts di Windows 10 yang dapat kamu gunakan untuk meningkatkan produktivitasmu. Tentunya keyboard shortcuts di atas hanya sebagian dari banyaknya keyboard shortcuts yang ada di Windows 10. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu, dan selamat mencoba!

2 Cara Mengekstrak File Zip dan RAR di HP Smartphone Android, Dijamin Mudah

Kamu mungkin pernah merasa kebingungan ketika mengalami kesulitan saat membuka suatu file. Pasalnya, tidak semua jenis file dapat dibuka dengan cara biasa.

Ada beberapa jenis file yang perlu diekstrak terlebih dahulu untuk membukanya, seperti file yang memiliki ekstensi zip dan RAR. Biasanya, file jenis ini bertujuan untuk memperkecil ukuran file, sehingga tidak memakan banyak ruang penyimpanan.

Lantas, bagaimana cara mengekstrak file zip dan RAR agar bisa dibuka? Simak langkah-langkahnya melalui artikel ini.

Cara Mengekstrak File Zip dan RAR di Smartphone Android

Selain menggunakan komputer, kamu juga bisa mengekstrak file zip dan RAR langsung di smartphone androidmu. Kamu bisa melakukannya dengan dua cara, yakni dengan menggunakan file manager dan bantuan aplikasi tambahan.

Cara Mengekstrak File Zip dan RAR Menggunakan Aplikasi Files by Google

Untuk mengekstrak file zip dan RAR, kamu perlu mendownload dan menginstal aplikasi Files by Google di Google Play Store terlebih dahulu. Jika sudah terinstal, maka kamu perlu memerhatikan langkah-langkah berikut.

©lifewire
  • Buka aplikasi Files by Google, lalu cari lokasi file zip yang ingin kamu ekstrak. Perlu diingat, bahwa file zip memiliki ekstensi .zip.
  • Pilih file yang ingin kamu ekstrak. Kemudian, akan muncul jendela pop up yang berisi file-file yang ada di dalamnya.
  • Pilih Extract untuk mengekstrak file tersebut hingga muncul file zip milikmu yang telah terekstrak.
  • Jika sudah selesai, pilih Done. File yang telah terekstrak akan berada di folder yang sama dengan file zip original.

Perlu diketahui, selain menggunakan Files by Google, kamu juga bisa menggunakan beberapa aplikasi berikut:

ZArchiver

ZArchiver merupakan salah satu aplikasi terbaik untuk mengekstrak file zip di android. Penggunaannya pun cukup mudah dengan mendukung lebih dari 30 jenis tipe file yang berbeda, termasuk zip dan RAR.

WinZip

Tidak kalah populer dengan ZArchiver, WinZip juga dapat digunakan untuk membuka dan membuat file zip. Selain itu, aplikasi ini juga telah mendukung beberapa tipe file lain, seperti ZIPX, 7X, RAR, dan CBZ.

RAR

Sama seperti kedua aplikasi lainnya, RAR juga dapat membuat dan mengekstrak file zip dan RAR di perangkat android. RAR juga telah mendukung file lain, seperti TAR, GZ, BZ2, XZ, 7z, ISO, dan ARJ.

Cara Mengekstrak File Zip dan RAR Menggunakan File Manager

Kamu bisa mengekstrak file zip dan RAR menggunakan file manager yang merupakan fitur bawaan smartphone-mu. Namun, tidak semua smartphone android dibekali dengan fitur ini.

Untuk menggunakannya, kamu cukup membuka file manager di smartphone androidmu. Kemudian, pilih file zip yang kamu inginkan, lalu pilih Ekstrak. File zip-mu akan terekstrak secara otomatis.

Nah, itulah dua cara untuk mengekstrak file zip dan RAR di smartphone android. Perlu diingat, jika kamu memilih untuk menggunakan aplikasi tambahan, pastikan kamu mengunduhnya dari Google Play Store yang sudah dipastikan keamanannya.

Langkah Progresif Menuju Keterhubungan Informasi Data Kesehatan

Pandemi Covid-19 menjadi katalisator penting bagi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk mentransformasi industri kesehatan Indonesia. Bak kereta super cepat, Kemenkes merealisasikan sejumlah langkah yang sangat progresif di sepanjang satu tahun terakhir ini untuk mengawali transformasinya.

Sejak akhir 2021 hingga sekarang, agenda besar Kemenkes tercermin dari realisasi peluncuran (1) peta jalan transformasi digital, (2) regulatory sandbox, (3) platform Indonesia Healthcare System bernama “Satu Sehat”, dan—salah satu yang signifikan—(4) peraturan baru tentang penyelenggaraan Rekam Medis Elektronik (RME).

Poin nomor empat menjadi elemen krusial dalam memuluskan agenda transformasi industri kesehatan. Namun, secara keseluruhan, Kemenkes punya visi-misi jangka panjang yang dalam pelaksanaannya harus merangkul banyak pemangku kepentingan (stakeholder).

DailySocial telah mewawancarai sejumlah stakeholder untuk bicara sudut pandang mereka dari aspek industri, regulasi, dan teknologi sebagai enabler dalam menjawab berbagai persoalan di industri kesehatan yang selama ini identik sebagai high-regulated sector karena berkaitan dengan nyawa manusia dan punya kontrol besar terhadap data informasi kesehatan.

Lanskap dan tantangan

Mengutip sebuah studi, industri kesehatan di Indonesia dihadapkan pada sejumlah tantangan utama, seperti tuntutan untuk memperbaiki layanan medis, penyediaan akses informasi tepat waktu, dan tingginya biaya operasional.

Tenaga kesehatan (nakes) tak hanya dihadapkan pada tuntutan untuk memberikan kualitas layanan kepada pasien, tetapi juga beban administratif. Salah satunya adalah proses input data pasien masih dilakukan secara manual.

Di satu sisi, masyarakat khususnya kaum menengah ke bawah menganggap biaya berobat ke rumah sakit masih sangat mahal. Akses terhadap fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) di daerah masih minim apabila memperhitungkan faktor geografis di Indonesia.

Data BPS menyebut rata-rata biaya pengeluaran untuk kesehatan di Indonesia meningkat 8,9% menjadi Rp34.364 pada 2021. Secara proporsi, pengeluaran ini naik menjadi 2,72% dari tahun sebelumnya 2,57%. Sementara, Kemenkes mencatat pada 2020 rasio dokter hanya berkisar 0,38 per 1.000 populasi, sedangkan rasio tempat tidur di rumah sakit 1,2 per 1.000 populasi.

Maka itu, pandemi Covid-19 dinilai telah membuka mata para pemangku kepentingan untuk membenahi industri kesehatan. Pandemi memberi dorongan bahwa teknologi dapat menjadi enabler untuk mengatasi krisis dan mendemokratisasi layanan kesehatan dalam jangka panjang.

Sebetulnya, layanan kesehatan berbasis teknologi atau healthtech di Indonesia sudah ada sebelum pandemi. Kita mengenal Alodokter, Halodoc, Klikdokter, dan Klinik Pintar. Layanan yang ditawarkan mulai dari telekonsultasi, marketplace produk kesehatan, hingga digitalisasi ekosistem kesehatan.

Telekonsultasi menjadi salah satu layanan healthtech yang popularitasnya meroket kala pemerintah mengizinkan penggunaannya untuk urgensi penanganan Covid-19. Halodoc dan Alodokter bahkan sempat mencatatkan lonjakan trafik tinggi di awal pandemi.

Terlepas dari itu, masih banyak inovasi di bidang healthtech yang dapat dieksplorasi sehingga tak terbatas pada layanan telekonsultasi saja. Survei Statista memproyeksi nilai pasar digital health di Indonesia mencapai $1,98 miliar di 2022. Segmen terbesar diproyeksi berasal dari digital fitness dan well-being dengan total proyeksi pendapatan sebesar $1,14 miliar di 2022.

Standardisasi dan keterhubungan data

Peta jalan transformasi industri kesehatan memuat tiga agenda utama, yaitu integrasi dan pengembangan pada sistem data, aplikasi pelayanan, dan ekosistem di bidang teknologi kesehatan (healthtech). Sasarannya mencakup layanan kesehatan primer dan sekunder, ketahanan sistem kesehatan, sistem pembiayaan, hingga SDM. 

Dalam pelaksanaannya, Kemenkes membentuk divisi Digital Transformation Office (DTO), dipimpin oleh Setiaji yang telah memiliki pengalaman karir kuat di bidang IT dan birokrasi pemerintah. Setiaji akan menuntun penyelenggaraan transformasi digital di industri kesehatan selama empat tahun ke depan.

Pertanyaan selanjutnya, transformasi ini dimulai dari mana dulu?

Menurut Chief of DTO Setiaji, standardisasi dan keterhubungan data (interoperability) akan menjadi tulang punggung dalam mengintegrasikan seluruh layanan dan pemangku kepentingan di industri ini. Ini menjadi alasan utama DTO menempatkan standardisasi sebagai pondasi dasar transformasi. Tanpa standardisasi, keterhubungan data tidak akan tercapai.

“Maka itu, kami mendahulukan [transformasi] pada Rekam Medis Elektronik sebagai backbone. Salah satu tantangan besar selama ini adalah setiap rumah sakit atau fasilitas kesehatan lain punya format data sendiri. Transformasi tidak bisa dilakukan jika standardisasi data tidak sama,” ujar Setiaji dalam wawancara dengan DailySocial.id beberapa waktu lalu.

Peta Jalan Transformasi Digital Kesehatan Indonesia 2021-2024 / Sumber: Kementerian Kesehatan

Yang selama ini terjadi, setiap fasyankes beroperasi dengan format dan sistem yang dibangun sendiri-sendiri. Setidaknya, saat ini ada 400 aplikasi di bidang kesehatan, 70 aplikasi puskesmas, dan 50 aplikasi rumah sakit. Karena format dan sistemnya berbeda, sulit untuk mengawinkan dan mengolah data informasi kesehatan.

Standardisasi menyeragamkan seluruh aspek data di industri kesehatan untuk menuju satu data Indonesia sehingga seluruh penyedia dan pengguna layanan kesehatan, baik pasien, fasilitas kesehatan, dan pemerintah dapat saling terhubung dan melakukan pertukaran data. Adapun, standardisasi ini dapat dimanfaatkan seluruh stakeholder terkait pada platform Indonesia Healthcare System (IHS).

Asosiasi Healthtech Indonesia (AHI) menanggapi keputusan yang diambil DTO sudah tepat untuk memprioritaskan standardisasi dan keterhubungan data sebagai langkah awal transformasi. Menurut Wakil Ketua AHI sekaligus Co-founder Zi.Care Jessy Abdurrahman, peta jalan transformasi tersebut juga telah mencerminkan concern dari para pelaku healthtech di Indonesia.

Menurutnya, industri kesehatan selama ini sangat eksklusif jika menyangkut informasi informasi data kesehatan. Maksudnya, fasyankes seolah memiliki kendali besar terhadap informasi data kesehatan. Padahal, Permenkes 269 Tahun 2008 jelas menyebutkan bahwa kepemilikan data ada pada pasien. Karena situasi ini, para pelaku startup sulit untuk melakukan disrupsi di sektor kesehatan.

“Saat itu, kami melihat tidak ada standardisasi pada rekam medis elektronik (RME) sehingga data tidak bisa ‘dikawinkan’ dan diolah menjadi apapun. Hal ini menjadi isu besar ketika Covid-19 terjadi, formatnya berbeda-beda, data tidak akurat, dan proses sampai ke RS menjadi lama karena birokrasi panjang. Peta jalan transformasi ini seharusnya menjadi titik terang bagi industri kesehatan,” ujar Jessy.

Tantangan, implementasi, dan regulasi

Untuk merealisasikan standardisasi ini, Kemenkes meluncurkan platform IHS yang akan dikenal sebagai “Satu Sehat” pada Juli 2022. Satu Sehat adalah Platform-as-a-Service (PaaS) yang akan menghubungkan antar-platform atau aplikasi milik seluruh pelaku industri kesehatan, baik RS vertikal, RS pemerintah, RS swasta, Puskesmas, Posyandu, laboratorium, klinik, hingga apotek. Satu Sehat juga akan terintegrasi pada aplikasi PeduliLindungi.

Kemudian, Kemenkes menerbitkan regulasi baru tentang penyelenggaraan Rekam Medis Elektronik (RME) pada fasyankes; tertuang dalam PMK No. 24 Tahun 2022 tentang Rekam Medis yang merupakan perubahan dan pemutakhiran dari peraturan sebelumnya PMK No. 269 Tahun 2008.

Kedua agenda di atas krusial dalam menciptakan satu data kesehatan nasional dan terpusat dalam satu platform. Beberapa contoh output-nya adalah menekan potensi duplikasi input data, menyelenggarakan RME, dan memudahkan proses rujukan. Satu Sehat telah diuji coba di 41 RS, 9 RS vertikal, dan 32 RSUD di DKI Jakarta, serta uji coba beta di 31 institusi kesehatan dan lab kesehatan.

Pada pemberitaan sebelumnya, peraturan penyelenggaraan RME memuat pasal-pasal terkait kepemilikan dan isi rekam medis pasien, keamanan dan perlindungan data pribadi, hingga pelepasan. Adapun, Kemenkes diberi kewenangan untuk mengolah data kesehatan milik pasien.

Dalam pasal 3, fasyankes wajib mengimplementasi RME, termasuk pada layanan telekonsultasi oleh fasyankes, dan wajib diintegrasikan ke platform Satu Sehat. Pemerintah memberikan masa transisi bagi seluruh fasyankes hingga akhir 2023.

Dalam pelaksanaannya, Setiaji menilai akan ada beberapa tantangan yang dihadapi mengingat masa transisi yang diberikan hanya satu tahun. Tantangan terbesar adalah mengimplementasi penyelenggaraan RME, terutama bagi fasyankes di daerah. Ia menyebut fasyankes di daerah belum melakukan digitalisasi karena tak punya anggaran.

Survei Kemenkes mencatat anggaran digitalisasi RS rata-rata tak sampai 3% dari total anggaran mereka. Faktor ini membuat transformasi digital belum menjadi prioritas. Selain itu, RS juga harus memiliki sistem informasi manajemen yang terintegrasi agar dapat berbagi informasi secara real-time.

Sebagai gambaran, setidaknya ada 22% dari 2.595 RS yang belum punya Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS). Kemudian, dari 2.291 RS yang memiliki SIMRS, implementasi RME di front office baru 24% dan 64% untuk back office. Dari 737 RS, sebanyak 359 belum menerapkan RME, 175 RS baru sebagian, dan 203 RS sudah. Saat ini, terdapat 10.260 Puskesmas, 11.347 klinik (pratama dan utama), 2.985 RS, 5.862 praktik mandiri, dan 1.400 laboratorium.

“Kami harus melakukan integrasi 8.000 aplikasi/platform/sistem dengan harapan digitalisasi tidak hanya terjadi pada sistem, tetapi juga tenaga kesehatan. Dokter juga ikut menginput. Dari 10 ribuan Puskesmas, baru 3.000 yang memiliki sistem. Nanti [fasyankes daerah] seperti Puskesmas akan mendapat anggaran khusus [untuk transformasi digital],” ujar Setiaji.

Untuk memudahkan transisi, penyelenggaraan RME pada fasyankes di daerah juga akan dilakukan secara bertahap mengingat kesiapan SDM, infrastruktur, dan budaya kerja berbeda dengan di perkotaan. DTO mengambil peran lebih dalam dengan melakukan edukasi digital dan uji coba integrasi platform Satu Sehat di fasyankes di berbagai kota.

Setidaknya sampai akhir tahun 2022 ini, Kemenkes menargetkan sekitar 12.000 fasyankes akan terintegrasi dengan platform Satu Sehat.

Mengawal transformasi

Lebih lanjut, Ketua Pengurus AHI dr. Gregorius Bimantoro menambahkan bahwa perlu ada kolaborasi pada lima pemangku kepentingan agar dapat merealisasikan peta jalan tersebut. Di antaranya dari (1) pemerintah, baik pusat dan daerah harus onboard, (2) pimpinan faskes primer dan sekunder, (3) mitra rekam medis dan IT rumah sakit, (4) startup dan developer, dan (5) nakes. Pihaknya berupaya menggandeng kampus/universitas untuk ikut dalam mendorong ekosistem healthtech.

“Kami belum pernah melihat roadmap yang salah satunya memprioritaskan ekosistem healthtech, jadi kami sangat senang dilibatkan dalam kolaborasi ini. Ini berarti pemerintah terbuka dengan [enabling] teknologi dalam mencapai ketahanan di bidang kesehatan. AHI berperan untuk membantu pengembangan ekosistem [healthtech] dengan DTO,” papar dr. Gregorius.

Sementara itu, Co-founder dan CEO Klinik Pintar Harya Bimo mengaku antusias dengan langkah pemerintah. Menurutnya, ini pertama kalinya Kemenkes dan pelaku healthtech memiliki cara berpikir yang sejalan. Ketika penggunaan layanan telekonsultasi diizinkan pada masa pandemi, banyak pihak menyadari perlunya RME untuk memperkaya historical data dari pasien. Sayangnya, saat itu peraturan tentang RME belum ada.

“Struktur roadmap ini bagus karena fokus utamanya dimulai dari keterhubungan data. Namun, roadmap ini harus dikawal bersama untuk memastikan standardisasi tersebut berjalan. Kita bertanggung jawab bagaimana pertukaran data kesehatan terjadi. Bagaimana dari sisi komersial, kami cari use caseDo and don’ts harus dijembatani,” jelas Bimo.

Diakuinya, apa yang dilakukan pemerintah sejauh ini juga sejalan dengan upaya Klinik Pintar untuk mencapai interoperabilitas. Standardisasi dan keterhubungan data memang seharusnya menjadi agenda utama sebelum bicara lebih jauh tentang demokratisasi layanan kesehatan, terutama pada grass root.

Jika melihat riwayat ke belakang, ia menilai tidak mudah bagi pengembang layanan digital untuk beroperasi tanpa produk hukum. Sebetulnya, bisa saja kedua hal tersebut berjalan paralel bagi keduanya. Namun, push back biasanya terjadi ketika ada disrupsi.

Ambil contoh, penggunaan layanan telekonsultasi diperbolehkan ketika pandemi. Pemerintah menerbitkan Surat Edaran (SE) untuk melegitimasi penggunaan layanan tersebut. Namun, SE kurang memiliki kekuatan untuk jangka panjang karena begitu pandemi selesai, telekonsultasi tak diperbolehkan lagi.

“Jadi DTO ibarat sebuah startup yang sedang membangun Minimum Viable Product. Ketika kita ingin menuju goal keterhubungan data, kita perlu membantu meski belum ada produk hukum.”

10 Daftar Orang Terkaya di Dunia 2023

Kekayaan orang terkaya di dunia begitu besar sehingga kita sering menggelengkan kepala. Namun pekerjaan dan bisnis apa yang mereka geluti hingga memiliki kekayaan triliunan rupiah?

Sesuai dengan judul artikelnya, kali ini kita akan fokus pada daftar orang terkaya di dunia dan review perusahaan yang membuat mereka sukses. Terlepas dari cerita hitam putih tentang bisnis mereka, orang-orang ini adalah pengubah permainan yang mengubah dunia, jadi mereka pantas menjadi inspirasi kita.

Melansir Forbes, Kamis (6/1), Elon Musk kini bertengger di pucuk daftar orang terkaya di dunia 2022. Diikuti oleh Bernard Arnault serta Jeff Bezos di urutan kedua dan ketiga. Setelah itu, nama siapa lagi yang sukses masuk kategori ini?

10. Mukesh Ambani

Pixabay

Anything and everything that can go digital is going digital. India cannot afford to be left behind.

Mukesh Ambani adalah seorang pengusaha miliarder India. Sumber kekayaannya berasal dari sebuah perusahaan bernama Reliance Industries Ltd. Menghasilkan omzet Rp 74 miliar. Kekayaannya saat ini bernilai US$90,7 miliar atau sekitar Rp 1.350 triliun.

Nama Perusahaan Reliance Industries Ltd. Ini beroperasi di sektor petrokimia, minyak dan gas, telekomunikasi dan ritel. Kontribusi Mukesh Ambani telah memainkan peran penting dalam perkembangan India menuju kehidupan yang lebih modern.

9. Steve Ballmer

Wikipedia

Great companies in the way they work, start with great leaders.

Orang terkaya ke-9 di dunia pada tahun 2022 adalah Steve Ballmer. Mantan CEO Microsoft, yang menghabiskan 14 tahun mendorong Microsoft menjadi bintang. Kekayaannya saat ini mencapai US$91,4 miliar atau sekitar Rp1.360 triliun. Selain karirnya di Microsoft, dia juga pemilik tim bola basket Los Angeles Clippers.

8. Larry Ellison

flickr

When people start telling you that you’re crazy, you just might be on to the most important innovation in your life.

Orang terkaya kedelapan di dunia saat ini dipegang oleh Larry Ellison, salah satu pendiri dan presiden perusahaan teknologi komputer Amerika Oracle. Kekayaan bersih Larry Ellison saat ini US$106 miliar atau sekitar Rp 1,576 triliun. Selain Oracle, kekayaan Larry Ellison juga berasal dari 98% saham Ranal Island.

7. Sergey Brin

biography.com

Obviously everyone wants to be successful, but I want to be looked back on as being very innovative, very trusted and ethical and ultimately making a big difference in the world.

Seperti yang kamu tahu, Google adalah salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia. Sergey Brin, yang ikut mendirikan dan mengembangkan Google bersama Larry Page, berada di belakang mesin pencari raksasa yang telah menyebar ke berbagai penjuru dunia. Kekayaan Sergey Brin ditaksir mencapai US$107 miliar atau sekitar Rp 1,591 triliun.

Brin adalah presiden perusahaan induk Google, Alphabet, sebelum akhirnya mengundurkan diri. Namun, dia tetap menjadi pemegang saham perusahaan.

6. Larry Page

Biography.com

You never lose a dream; it just incubates as a hobby.

Larry Page merupakan sahabat Sergey Brin yang juga mendirikan Google. Larry Page, pendiri raksasa mesin pencari global, memiliki kekayaan US$111 miliar atau sekitar Rp 1,651 triliun.

Larry Page juga mendirikan PageRank, algoritme peringkat pencarian Google, dan berinvestasi di startup mobil terbang Kitty Hawk dan Opener. Page juga memenangkanThe Marconi Prize bersama Sergey Brin atas jasa dan kontribusinya pada sektor telekomunikasi.

5. Warren Buffet

Harvard Business Review

Rational people don’t risk what they have and need for what they don’t have and don’t need.

Warren Buffett, yang dikenal di media dunia sebagai “The Astrologer” dan “The Sage”. Ketertarikannya dengan bisnis dan investasi sejak kecil ini membuatnya menjadi salah satu investor paling sukses sepanjang masa. Kekayaan Buffett kini mencapai $118 miliar, atau sekitar Rs 1,755 triliun.

Buffett menjadi jutawan pada tahun 1962. Selain berinvestasi, Buffett juga menjalankan Berkshire Hataway, sebuah perusahaan multinasional yang mengawasi GEICO, Duracell, Dairy Queen, dan lainnya.

4. Bill Gates

Gates Foundation

Money has no utility to me beyond a certain point. Its utility is entirely in building an organization and getting the resources out to the poorest in the world.

Bill Gates menempati urutan keempat dalam daftar orang terkaya di dunia. Bill Gates, pendiri Microsoft, perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia, telah masuk dalam daftar orang terkaya di dunia sejak 1987. Total kekayaan Bill Gates saat ini bernilai $129 miliar atau sekitar Rp 1,918 triliun.

Kekayaan Microsoft tidak lantas mengaburkan Bill Gates. Melalui badan amal yang ia dirikan, Bill & Melinda Gates Foundation, salah satu organisasi filantropi swasta terbesar di dunia, ia terlibat dalam pemberian dan kerja filantropi ke berbagai organisasi dan lembaga penelitian.

3. Bernard Arnault and Family

wikipedia

In business, I think the most important thing is to position yourself for long-term and not be too impatient, which I am by nature, and I have to control myself.

Ketiga dalam daftar orang terkaya di dunia adalah seorang pengusaha Perancis bernama Bernard Arnault. Sebagai orang terkaya di Perancis, Bernard Arnault pernah bekerja untuk berbagai brand fashion mewah seperti Christian Dior, Loewe, Marc Jacobs, Sephora, Dom Perignon dan Hennessy. Aset Bernard Arnault ditaksir mencapai US$158 miliar atau sekitar Rp2,354 triliun.

Bernard Arnault memulai awal yang luar biasa sebagai CEO sebuah perusahaan barang mewah. Dia adalah seorang insinyur keluarga dan pengembang real estat. Selain itu, Bernard Arnault memiliki ambisi dan pandangan jauh ke depan terkait merek-merek yang diakuisisinya, sehingga merek-merek tersebut dikenal banyak orang.

2. Jeff Bezos

CEO Amazon Jeff Bezos / Flickr – Dan Farber

I didn’t think I’d regret trying and failing. And I suspected I would always be haunted by a decision to not try at all.

Di urutan kedua adalah Jeff Bezos, salah satu orang terkaya kedua di dunia. Jeff Bezos memulai bisnisnya dari sebuah garasi di Seattle sebelum menduduki posisinya saat ini. Kegigihan Jeff Bezos dalam mengembangkan bisnis e-commerce-nya telah menghasilkan kekayaan yang diperkirakan mencapai US$171 miliar atau sekitar Rp2,548 triliun.

Selain memiliki Amazon dan Washington Post, ia mendirikan layanan manufaktur kedirgantaraan dan menjadi astronot komersial. Bezos juga disebut sebagai “orang terkaya dalam sejarah modern”.

1. Elon Musk

Unsplash

I operate on the physics approach to analysis. You boil things down to the first principles or fundamental truths in a particular area and then you reason up from there.

Elon Musk, orang terkaya di dunia ini berfokus pada pengembangan atau perolehan produk dan layanan teknologi tinggi yang menjanjikan seperti pengembangan SpaceX dan AI. Di Tesla, Elon Musk juga merupakan investor awal produk kendaraan listrik. Saat ini, kekayaan Elon Musk mencapai $219 miliar atau sekitar Rp 3.263 miliar.

Ide-ide cemerlang Elon Musk berkontribusi pada gagasan kemajuan budaya manusia. Musk mempresentasikan konsep pertama untuk SolarCity, penyedia sistem teknologi fotovoltaik, dan membantu mendirikan Neuralink, sebuah startup neuroteknologi.

Itulah daftar sepuluh orang terkaya tahun ini versi Forbes. Tentu tidak ada diantara nama tersebut sebagai seorang pemalas. Jika masih demikian, lihatlah kesungguhan mereka atas mimpi dan kemampuan mereka.

Mengenal Diferensiasi Produk: Kriteria, Strategi dan Manfaatnya bagi Bisnis

Di tengah ketatnya persaingan bisnis saat ini, pelaku bisnis perlu berinovasi menciptakan sesuatu yang berbeda dengan produk kompetitor. Maka dari itu, diferensiasi produk menjadi penting untuk dilakukan oleh pelaku bisnis.

Apalagi, saat ini konsumen memiliki akses yang mudah untuk melihat perbedaan dan memilih yang terbaik di antara beragam jenis produk yang sama melalui e-commerce atau marketplace. Dengan begitu, pelaku bisnis perlu bisa memenangkan hati konsumen di pasaran.

Lantas, bagaimana cara pelaku bisnis dapat mengungguli kompetitornya? berikut penjelasan terkait pengertian diferensiasi produk, beserta kriteria, strategi dan manfaatnya bagi pelaku bisnis.

Pengertian Diferensiasi Produk

Mengutip Jill Griffin (2003), diferensiasi produk diartikan sebagai penciptaan suatu produk atau citra produk yang cukup berbeda dengan produk-produk yang telah beredar, dengan maksud untuk menarik konsumen.

Seringkali, konsumen cenderung lebih tertarik dengan produk yang dianggap berbeda, baik dari segi rasa, warna, bentuk, kemasan produk dan hal lain berkaitan dengan produk dan brand yang disajikan secara unik menurut konsumen.

Tak semata-mata berbeda, pelaku bisnis perlu menciptakan produk dengan nilai guna yang unggul. Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa diferensiasi produk merupakan upaya pelaku bisnis untuk menjadikan produk maupun brand-nya terasa khas dan spesial bagi konsumen.

Kriteria Produk dapat Dikatakan Khas

Suatu produk dapat dikatakan khas dan spesial dalam konteks diferensiasi ini dapat dilihat dari beberapa kriteria sebagai berikut:

  • Sulit Ditiru oleh Kompetitor

Kriteria pertama diferensiasi adalah produk yang sulit ditiru oleh kompetitor. Kalau pun suatu saat akan ditiru, kompetitor akan kesulitan untuk menghasilkan perbedaan agar tidak serupa dengan produk yang telah ada di pasaran.

  • Nilai Guna Sesuai Kepentingan Konsumen

Diferensiasi produk hendaknya menonjolkan perbedaan yang dirasa penting oleh pelanggan. Misalnya, dari segi fitur, manfaat dan kemudahan yang ditawarkan memiliki nilai guna yang unggul dibandingkan produk lain dari pesaing.

  • Terjangkau

Dalam melakukan diferensiasi produk, pelaku bisnis perlu memikirkan strategi agar membuat produk yang khas dan unggul bagi konsumen, namun juga tetap dengan harga yang terjangkau dan realistis.

Strategi Diferensiasi Produk dengan Pemanfaatan Aplikasi

Dalam upaya memenangkan kompetisi pasar, pelaku bisnis perlu memperhatikan dan menerapkan strategi diferensiasi sehingga tak hanya memiliki produk yang khas dan spesial, pelaku bisnis juga tetap mendapat keuntungan yang besar.

Ada pun beberapa strategi diferensiasi dengan pemanfaatan software dan aplikasi digital yang dapat diterapkan oleh pelaku bisnis, di antaranya sebagai berikut:

  • Pahami dan Kelola Konsumen

Pelaku bisnis tentu perlu mengenali dan memahami konsumennya sehingga dapat memberikan produk yang memenuhi kebutuhan dan sesuai dengan kualitas yang diharapkan konsumen. Terkait dengan hal itu, pelaku bisnis dapat menggunakan software atau aplikasi customer relationship manager (CRM) seperti Mekari Qontak, Salesforce, Freshworks, Pipedrive, Hubspot dan masih banyak lagi.

  • Amati Kompetitor

Pelaku bisnis dapat mengamati bagaimana kompetitor membangun produk dan brand-nya. Dengan begitu, pelaku bisnis dapat menemukan hal-hal yang belum dimiliki oleh kompetitor untuk dijadikan sebagai keunggulan bisnisnya. Pelaku bisnis dapat mengobservasi kompetitor dengan memanfaatkan platform e-commerce atau marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, Bukalapak dan lainnya.

  • Jaga Kualitas Produk

Produk yang berkualitas tentu akan digemari oleh konsumen dan unggul di pasaran. Salah satu cara untuk membuat produk unggul adalah dengan memastikan bahan baku produk yang digunakan berkualitas dan terjaga. Pelaku bisnis dapat memanfaatkan aplikasi manajemen bahan baku produk seperti Solubis, Youtap, Pawoon, Majoo dan masih banyak lagi.

  • Lakukan Inovasi Produk

Inovasi produk merupakan bagian dari diferensiasi. Produk yang berinovasi untuk dapat memiliki perbedaan dengan produk kompetitor akan lebih unggul di mata konsumen. Dalam melakukan inovasi, pelaku bisnis dapat menggali ide-ide dengan mendiskusikannya bersama tim di perusahaan melalui aplikasi seperti Microsoft Teams, Notion, Slack, Zoom, Google Meet dan lain-lain.

  • Promosikan Produk dengan Kreatif

Promosi yang kreatif bisa mengundang persepsi dan kepercayaan konsumen terhadap produk dan brand pelaku bisnis. Beberapa platform yang dapat digunakan oleh pelaku bisnis untuk mempromosikan produknya yakni Google Ads, Facebook Ads, Instagram Ads, dan lain-lain.

Manfaat Diferensiasi Produk Bisnis

Diferensiasi produk yang dilakukan oleh pelaku bisnis ini tentu akan berdampak baik bagi kelangsungan bisnisnya. Berikut beberapa manfaat yang dapat diperoleh pelaku bisnis, di antaranya yakni:

  • Konsumen akan lebih udah tertarik dengan sesuatu yang berbeda, sehingga produk bisnis akan lebih mudah diingat.
  • Diferensiasi menciptakan keunggulan tersendiri bagi produk bisnis, jika dibandingkan dengan produk kompetitor.
  • Jika pelaku bisnis menawarkan keunggulannya sebagai diferensiasi, produk bisnis akan memiliki nilai jual yang tinggi.
  • Diferensiasi dapat menciptakan citra produk dan brand yang baik di mata konsumen.
  • Produk yang tampil beda di pasaran akan membangkitkan daya tarik konsumen dan menghindarkan konsumen dari kejenuhan ketika produk di pasar terlalu banyak yang serupa.

Demikian penjelasan terkait pengertian diferensiasi produk, beserta kriteria, strategi dan manfaatnya bagi pelaku bisnis.

Cara Menambahkan Produk dan Metode Pembayaran Pesanan Sebelum Berjualan di Lummoshop

Apakah Anda pengguna baru Lummoshop yang ingin mulai berjualan melalui toko online Anda sendiri di Lummoshop? Jika iya, jangan lupa mencari tahu cara menambahkan produk dan pembayaran di toko online Lummoshop Anda sebelum membagikan link toko Lummoshop Anda. Bagaimana caranya?

Step-step Menambahkan Produk di Lummoshop

Lummoshop merupakan platform yang dapat memudahkan para pemilik bisnis dalam membuat dan mengelola toko online mereka sendiri. Setelah berhasil membuat akun, Anda dapat mulai menambahkan produk Anda ke toko online Lummoshop Anda.

Menambahkan produk ke Lummoshop dapat dilakukan dengan tiga cara, yakni:

  • Menambahkan produk satu per satu secara manual,
  • Mengimpor produk dari marketplace (Shopee, Tokopedia, dan Lazada), dan
  • Menambahkan produk secara massal dari Microsoft Excel.

Pada artikel ini, Anda akan diberikan tutorial menambahkan produk dengan cara pertama dan kedua. Jadi, pastikan Anda menyimaknya dengan baik.

Menambahkan Produk Satu Per Satu

Berikut adalah langkah-langkah menambahkan produk satu per satu secara manual ke toko online Lummoshop Anda:

  • Login ke Dashboard Lummoshop.
  • Lalu, masuk ke menu Katalog > Produk.

  • Di halaman Katalog Produk, klik tombol Tambah Produk > Tambah Produk ke Lummoshop.

  • Setelah itu, Anda akan masuk ke halaman tambah produk untuk mengisi berbagai informasi produk.

  • Selanjutnya, tambahkan foto produk, informasi nama produk, kategori produk, harga produk, deskripsi, berat, variasi, dan stok.

  • Apabila semua informasi telah terisi, klik Simpan Produk.

  • Selesai. Ulangi cara di atas untuk menambahkan produk lainnya.

Impor Produk dari Marketplace ke Lummoshop

Jika Anda tidak ingin menambahkan produk satu per satu, Anda dapat mengimpornya sekaligus dengan menghubungkan akun marketplace yang Anda miliki (Shopee/Tokopedia/Lazada) ke Lummoshop. Bagaimana caranya? Berikut adalah tutorialnya:

  • Login ke Dashboard Lummoshop dan masuk ke menu Katalog > Produk.
  • Kemudian, klik tombol Tambah Dari Marketplace.

  • Selanjutnya, klik Hubungkan pada salah satu marketplace.

  • Lalu, Anda akan dialihkan untuk login ke akun marketplace tersebut.
  • Selesai. Semua produk akan secara otomatis ditambahkan ke toko online Lummoshop Anda.

Cara Mengatur Metode Pembayaran

Untuk pembayaran, Anda dapat mengaktifkan sistem pembayaran dengan virtual accounts dan e-wallet, serta sistem COD (Cash on Delivery). Simak panduannya berikut ini:

  • Login ke Dashboard Lummoshop dan masuk ke menu Pengaturan > Pengaturan Pembayaran.

  • Lalu, untuk mengaktifkan fitur COD, Anda harus mengaktifkan satu atau lebih ekspedisi yang menyediakan fitur COD. Klik toggle di samping nama ekspedisi hingga berubah menjadi hijau.

  • Kemudian, klik toggle pada Link Pembayaran hingga berwarna hijau untuk mengaktifkan metode pembayaran dengan virtual accounts dan e-wallet.

  • Selesai.

Itu dia cara menambahkan produk dan mengatur metode pembayaran di Lummoshop. Anda dapat menambahkan produk atau mengatur pembayaran baik dari browser maupun aplikasi Lummoshop. Selamat mencoba!

Makalah : Pengertian, Struktur dan Cara Membuatnya

Makalah akademik sering ditulis untuk mewakili pengetahuan yang telah dipelajari para akademisi secara rinci di bidangnya masing-masing. Baik di sekolah atau perguruan tinggi, hampir semua akademisi mengetahui pekerjaan rumah tangga.

Makalah sendiri biasanya digunakan sebagai tugas pengembangan diri. Makalah adalah karya ilmiah yang ditulis oleh seseorang. Menulis makalah tidaklah sulit, tetapi tidak hanya membutuhkan kejelian membaca dan menulis situasi dan kondisi, tetapi juga keterampilan menulis yang baik berdasarkan aturan penulisan makalah.

Pengertian Makalah

Makalah adalah karya akademik yang berhubungan dengan topik tertentu yang termasuk dalam bidang pengetahuan. Karya ini memiliki sistem empat bagian: pendahuluan, tinjauan literatur, diskusi, dan kesimpulan.

Makalah juga merupakan salah satu syarat untuk menyelesaikan suatu program studi. Karya tersebut biasanya menunjukkan pemahaman tentang masalah teoretis yang dieksplorasi dalam penelitian.

Kemampuan untuk memahami konten yang diambil dari berbagai sumber informasi yang digunakan, berbagai sumber yang menggabungkan informasi dari makalah menjadi satu kesatuan yang utuh.

Ciri-Ciri Makalah

Makalah memiliki ciri khas yang membedakannya dengan karya tulis ilmiah lainnya seperti paper dan jurnal ilmiah. Ciri-ciri makalah adalah sebagai berikut:

  • Isi dari makalah adalah diangkat dari kajian literatur yang sudah ada sebelumnya. Bisa juga berisi laporan dari pengamatan lapangan.
  • Presentasi makalah adalah dalam bentuk seminar, sidang, atau diskusi.
  • Bagian utama atau struktur makalah yang biasa ada dalam penyusunan makalah adalah terdiri dari pendahuluan, isi, dan kesimpulan.
  • Mempunyai sistematika dan kaidah penulisan EYD yang benar.
  • Sarana untuk mengukur kemampuan pelajar atau mahasiswa.
  • Menunjukkan kemampuan dalam merangkai berbagai sumber informasi sebagai satu kesatuan yang utuh.

Jenis-Jenis Makalah

Berdasarkan jenis kajiannya, jenis makalah dibagi menjadi 3. Jenis makalah adalah sebagai berikut:

Makalah Deduktif

Makalah yang dikaji berdasarkan kajian teoritis yang berhubungan dengan topik permasalahan. Jadi, makalah deduktif menelaah sesuatu dari teori yang bersifat umum digunakan pada permasalahan yang dibahas (bersifat khusus).

Makalah Induktif

Induktif diartikan sebagai sesuatu yang khusus ke umum. Jadi, makalah induktif adalah menggunakan data empiris yang bersifat objektif dari lapangan kemudian dihubungkan dengan permasalahan yang dibahas.

Makalah Campuran

Makalah yang dibuat berdasarkan kajian teoritisnya dan data empiris yang didapatkan dari lapangan.

Makalah campuran kemudian dapat dibagi lagi menjadi 6 jenis. 6 jenis makalah adalah sebagai berikut:

  • Makalah ilmiah: makalah yang ditulis berdasarkan studi ilmiah berdasarkan penelitian dan pemikiran yang logis. Makalah ilmiah memiliki bentuk laporan sederhana yang berisi permasalahan dan pembahasan. Pada makalah ilmiah harus disertai sumber kutipan.
  • Makalah kerja: makalah yang berasal dari hasil penelitian yang di dalamnya terdapat argumentasi dari penulis sehingga memuat opini penulis yang bersifat subjektif. Makalah kerja disebut juga sebagai makalah non ilmiah. Dalam makalah kerja juga perlu ada masalah dan hipotesis yang nantinya akan didiskusikan pada bab pembahasan.
  • Makalah kajian: makalah yang menjelaskan tentang sesuatu dan memberikan solusi terhadap topik yang menjadi isu dan kontroversial. Makalah kajian biasa dibacakan dalam suatu seminar.
  • Makalah posisi: makalah yang dibuat berdasarkan atas permintaan seseorang sebagai alternatif pemecahan masalah yang juga kontroversial.
  • Makalah analisis: isinya bersifat empiris dan objektif.
  • Makalah tanggapan: merupakan makalah yang dibuat untuk memberikan respon terhadap suatu permasalahan. Biasanya makalah tanggapan dijadikan tugas untuk menanggapi suatu bacaan mata kuliah tertentu.

Struktur Makalah

Struktur makalah terdiri dari cover, kata pengantar, daftar isi makalah, bab 1 pendahuluan, bab 2 pembahasan, dan bab 3 penutup, serta daftar pustaka. Penjelasan struktur makalah adalah sebagai berikut:

Cover

Cover adalah halaman depan atau muka dari sebuah makalah. Cover makalah memuat informasi penting. Umumnya contoh cover makalah adalah berisi nama penulis yang ditulis secara lengkap, logo lembaga/institusi, tempat dan tahun terbit. Berikut adalah beberapa keterangan contoh cover makalah pada perguruan tinggi:

  • Judul makalah.
  • Nama penulis disertai NIM.
  • Nama dosen pengampu.
  • Logo kampus.
  • Nama jurusan.
  • Nama fakultas.
  • Nama univeristas
  • Tahun dan tempat

Penulisan pada cover makalah harus sesuai dengan format yang berlaku. Contoh sampul makalah berjudul “Pengaruh Orang Tua Terhadap Kepribadian Anak”. Pada penulisan judul harus dikapitalisasi dan dicetak tebal.

Contoh font judul pada sampul karya bisa lebih besar dari font lainnya (biasanya ukuran 14). Hal ini memudahkan pembaca untuk membaca judul karya dan fokus pada judul karya.

Kata Pengantar

Kata pengantar ditemukan tidak hanya dalam struktur karya, tetapi juga dalam teks yang hampir ilmiah. Kata pengantar adalah salam pengantar penulis kepada pembaca. Kata pengantar ditulis sebelum daftar isi karya tulis.

Kata pengantar ini biasanya memberikan informasi tentang siapa yang berperan dan berkontribusi dalam penulisan karya penulis, menjelaskan struktur utama karya, termasuk ucapan terima kasih, dan menjelaskan teori yang menciptakan judul dan tujuannya, dasar pemikiran harus diuraikan.

Di akhir paragraf pengantar, kamu dapat menambahkan keinginan dan manfaat kepada pembaca dari penulisan makalah milikmu. Kata pengantar diakhiri dengan tanggal pembuatan dan tanda tangan pembuatnya, beserta nama terang.

Daftar Isi Makalah

Daftar isi karya berisi informasi halaman untuk setiap bab dan bagian karya. Oleh karena itu, daftar isi karya itu penting dan harus ada. Fungsi daftar isi karya adalah untuk membantu pembaca menemukan materi yang ingin dibaca.

Selain nomor halaman dan judul bab atau sub-bab, daftar isi suatu karya juga memuat daftar gambar dandaftar tabel. Daftar isi karya harus lengkap, memadai, dan akurat dengan menyusun halaman secara berurutan dari yang paling sedikit sampai yang paling banyak.

Dalam hal suatu karya memerlukan lampiran untuk mendukung isi karya, lampiran tersebut dapat dicantumkan dalam daftar isi karya yang disebut daftar lampiran. Daftar isi karya dapat dilihat pada uraian contoh karya yang benar.

Bab I Pendahuluan

Pada struktur makalah ini merupakan bagian pokok dari makalah yang menjelaskan persolan yang akan dibahas. Di dalam pendahuluan dibagi lagi menjadi 3 poin penting yang menjadi subbabnya yaitu latar belakang, rumusan masalah dan tujuan penulisan. Berikut penjelasannya:

  • Latar Belakang

Berisi hal-hal yang melandasi pemikiran pembuatan makalah sesuai dengan tema yang akan dibahas. Latar belakang menjelaskan secara umum permasalahan dan alasan  mengapa masalah tersebut perlu diteliti.

Penulisan latar belakang disusun secara piramida terbalik dimana pada awal paragraf dijelaskan secara luas tentang fakta-fakta masalah.

Kemudian, barulah mengerucut kepada permasalahan inti, dapat juga menggunakan data penelitian sebelumnya, serta dapat diberikan landasan teori yang relevan untuk mendukung alasan penulis memilih untuk meneliti permasalahan tersebut.

  • Rumusan Masalah

Masalah dirumuskan melalui kalimat tanya atau pernyataan. Rumusan masalah perlu dibuat agar dapat membatasi pembahasan. Hal ini penting supaya masalah dan pembahasan lebih terfokus.

  • Tujuan Penulisan

Tujuan penulisan dari makalah adalah tujuan yang hendak dicapai dari penulisan makalah yang biasanya ditujukan untuk pembaca. Tujuan ini ditulis secara ringkas dengan mendeskripsikan manfaat makalah kepada pembaca.

Tujuan penulisan dibagi menjadi dua yaitu tujuan fungsional dan tujuan individual. Tujuan fungsional berkenaan dengan manfaat penelitian untuk instansi yang terkait.

Sedangkan tujuan individual dalam makalah adalah tujuan untuk personal misalnya menambah ilmu pengetahuan, menambah informasi mengenai suatu permasalahan, solusi dari masalah, serta menambah pengalaman baru terhadap kajian yang belum pernah diteliti sebelumnya.

Bab II Pembahasan

Bagian ini menjelaskan struktur karya serta topik utama dalam penulisan. Karena Bab II berisi uraian mengenai metode penelitian, tujuan penelitian dan hasil penelitian yang dicapai secara kualitatif dan kuantitatif.

Dalam tulisan kualitatif, pembahasannya cenderung mencakup karya teoretis yang dibahas dalam bahasa sendiri daripada hasil yang disalin dari sumber lain. Data untuk makalah kualitatif berbeda dan eksklusif karena dapat diperoleh dari wawancara dan metode diskusi pendukung lainnya.

Penelitian teoritis dan struktur pembahasan harus didiskusikan dengan perbandingan minimal 1: 2 dibanding teori. Jika kamu mengutip teori dalam diskusi, kamu harus mengutip sumbernya. Hal ini penting karena informasi yang digali dari kertas tersebut adalah otentik dan tidak sembarangan.

Jika data bersifat kuantitatif, buatlah tabel gambar untuk memudahkan pembaca memahaminya. Kamu juga dapat membuat bagan dan grafik untuk menunjukkan peningkatan atau penurunan data menggunakan variabel tertentu, sehingga lebih mudah dilihat. Data yang telah diolah akan didiskusikan untuk menjawab pertanyaan yang diajukan.

Dari pembahasan ini muncul landasan teori, tinjauan teori yang dapat berupa mendukung atau menyangkal penelitian sebelumnya, hasil penelitian, dan jawaban atas pertanyaan penelitian.

Bab III Penutup

Struktur makalah pokok yang terakhir adalah penutup yang terdiri dari kesimpulan dan saran. Kesimpulan adalah makna yang diberikan penulis dari pembahasan yang telah dibuatnya. Ciri-ciri kesimpulan dalam makalah adalah:

  • Memuat makna secara meyeluruh dari isi yang ada dalam bab pembahasan.
  • Kesimpulan bukan rangkuman dari isi, tapi jawaban dari masalah yang dikemukakan pada bab I pendahuluan.
  • Kesimpulan harus sesuai dengan tujuan dan rumusan masalah.
  • Kesimpulan juga dapat menerangkan apakah jawaban dari masalah tersebut sesuai dengan hipotesis atau tidak.
  • Penulisan kesimpulan singkat dan jelas.
  • Kesimpulan dapat ditulis dalam bentuk poin-poin (nomer) yang sesuai dengan pertanyaan rumusan masalah atau bisa dalam bentuk esai yang padat.

Sub-bab dalam penutup berikutnya adalah saran. Saran adalah masukan dari penulis dan cenderung ditujukan kepada pembaca. Bagi para pembaca tujuan dari saran ini diharapkan agar pembaca dapat menerapkan secara teoritis maupun praktis di dalam masyarakat.

Saran ini diperoleh dari isi dan kesimpulan makalah untuk dapat dikembangkan, ditindaklanjuti, dan hal-hal yang perlu diperhatikan oleh peneliti selanjutnya.

Saran juga dapat digunakan untuk pembuat kebijakan atau instansi yang berhubungan dengan penelitian untuk dapat mengkoreksi atau melakukan tindakan pencegahan jika ada sesuatu yang tidak sesuai dengan peraturan.

Daftar Pustaka

Daftar pustaka adalah bagian terakhir dari karya yang berfungsi untuk memberikan informasi tentang kepustakaan, khususnya bagian pembahasan Bab II. Halaman bibliografi juga disertakan dalam daftar isi karya untuk ditemukan pembaca. keluar, di mana ia berada. Referensi harus ditulis dalam urutan abjad.

Sebagai aturan umum, mulailah menulis dengan urutan terbalik dari nama penulis, diikuti tahun terbit, judul buku/karya dengan huruf awal kapital, tempat terbit dan nama penerbit.

Referensi menunjukkan bahwa penelitian kamu didasarkan pada kesimpulan dan teori ilmiah yang dijelaskan oleh para ahli dalam buku, jurnal ilmiah, situs web, dll.

Mengunjungi “JID LaunchPad”, Pusat Inovasi Teknologi Berkelanjutan di Singapura

Salah satu lokasi yang saat ini menjadi tempat berkumpulnya komunitas startup dan entrepreneur di Singapura adalah LaunchPad yang terletak di Jurong Innovation District (JID). Lokasi yang sengaja dibangun untuk menjadi area uji coba hingga kolaborasi pembelajaran ini dilengkapi dengan fasilitas hingga peralatan pendukung, untuk mengembangkan starup agritech, deep tech, IoT, dan lainnya.

Fokus kepada teknologi berkelanjutan

Microfactory (mFac) adalah salah satu “studio” di area tersebut yang telah membawa banyak ide startup ke prototipe, kemudian ke produk kerja yang layak. mFac difungsikan sebagai pusat komunitas, memungkinkan para pemula dapat saling belajar, bertukar pengetahuan, dan berkolaborasi dalam proyek tertentu.

Tempat ini juga menawarkan lingkungan yang kondusif bagi para pemula untuk menguji coba dan menyempurnakan solusi mereka. Ruang kerja tersebut dilengkapi dengan mesin 3D scanner, 3D printer, mesin CNC, dan alat teknik lainnya.

Mesin 3D Printer

Dalam situs resminya Managing Director of Mistletoe Singapore Atsushi Taira mengungkapkan, “Tantangan kami selanjutnya adalah memberdayakan masyarakat dengan alat produksi. Kami melakukan ini dengan membuat pabrik mikro di setiap komunitas, memberi orang alat dan perlengkapan untuk membangun apa yang mereka inginkan.”

Selanjutnya ada Mistletoe, sebuah ruang kolektif yang berfokus pada “proyek berdampak” untuk mengatasi tantangan besar yang memengaruhi masyarakat. Didirikan di Jepang dan berkantor pusat di Singapura, Mistletoe memiliki portofolio lebih dari 200 startup berdampak.

Pada bulan September 2019, Mistletoe bermitra dengan Singapura JTC untuk memulai Audacity, taman bermain komunitas untuk inovator. Misi Audacity adalah memberdayakan generasi berikutnya untuk mengembangkan teknologi ground-up baru untuk membuat prototipe kota masa depan.

Fokus kepada teknologi yang berkelanjutan menjadi salah satu misi dari pemerintah Singapura. Dengan mengedepankan teknologi, komunitas startup setempat diberikan platform yang lengkap untuk mengembangkan inovasi yang relevan dan selaras dengan rencana dari pemerintah.

Komunitas “green startup” di LaunchPad JID

Meskipun memiliki beragam kategori startup, namun green startup atau startup yang fokus kepada lingkungan terlihat cukup signifikan di LaunchPad. Ekosistem startup di LaunchPad sendiri telah terkurasi untuk memastikan memiliki akses ke sumber daya yang mereka butuhkan. Lebih dari 40 inkubator, akselerator, dan enabler menjalankan program di LaunchPad.

Salah satu startup asal Singapura yang telah bergabung dalam komunitas tersebut di antaranya adalah Soil Social. Startup yang fokus kepada waste management ini, berfokus kepada pengembangan dan pembaruan tanah berkualitas tinggi untuk menumbuhkan tanaman. Gerakan yang mereka lancarkan adalah, melakukan kompos sampah sendiri di rumah. Setelah diolah nantinya kompos tersebut bisa digunakan untuk menanam tanaman. Soil Social didirikan oleh Jayden dan Ee Peng.

Startup lainnya yang juga terlibat dalam komunitas tersebut adalah Insect Feed Technologies. Dalam hal ini pendiri Sean Tan menyadari potensi Black Soldier Flies (BSF) sebagai alternatif pakan tradisional dan pupuk yang digunakan dalam pertanian.

Startup lainnya yang juga masuk dalam ekosistem LauncPad JID adalah Xinterra. Didukung oleh para pendirinya yang sudah sangat berpengalaman dan pakar dibidangnya, Xinterra menggabungkan artificial intelligence dengan eksperimen untuk mendorong batas-batas inovasi ilmu material. Xinterra menciptakan bahan terobosan dengan kecepatan yang jauh lebih cepat dan lebih terjangkau.

Ketiga startup tersebut secara khusus menghadirkan solusi berkelanjutan yang akan mendukung sektor pertanian dan aquaculture.

Kategori yang memang menjadi fokus dari LauncPad JID. Selain startup yang bisa bergabung dalam komunitas LaunchPad JID, inkubator hingga perusahaan komersial berupa venture capital yang mendukung ekosistem startup juga bisa bergabung dalam komunitas LaunchPad JID Singapura.

Memahami Inventory Control dalam Bisnis: Pengertian, Metode, Aplikasi, hingga Manfaatnya

Dalam menjalankan dan mengelola suatu usaha, kontrol inventaris (inventory control) merupakan salah satu hal paling krusial. Para pelaku usaha mulai dari pengusaha retail multiplatform, grosir, hingga e-commerce perlu memahami aktivitas bisnis satu ini.

Pasalnya, kontrol inventaris merupakan kegiatan bisnis yang berubah-ubah dan cukup sulit untuk dilakukan. Aktivitas ini berkaitan dengan permasalahan tingginya tingkat permintaan konsumen, tekanan dalam meminimalisir biaya, dan juga mempersingkat proses supply chain.

Ingin tahu penjelasan lebih lengkap terkait kontrol inventaris dalam bisnis? Berikut ulasan tentang kontrol inventaris mulai dari pengertian, metode, aplikasi pendukung dan manfaatnya bagi kelangsungan bisnis. Simak selengkapnya.

Pengertian Kontrol Inventaris (Inventory Control)

Kontrol inventaris atau disebut juga sebagai kontrol stok adalah proses mengelola inventaris perusahaan, baik itu yang berada di gudang perusahaan atau tersebar di lokasi lain. Prosesnya dilakukan sejak awal stok dimiliki hingga sampai ke tujuan akhir.

Tujuan akhir inventaris yang dimaksud ada dua jenis, di antaranya secara ideal yakni sampai ke pelanggan dan secara tidak ideal yakni sampai ke pembuangan. Kontrol inventaris ini memantau pergerakan, penggunaan, dan penyimpanan barang.

Secara umum, tujuan utama dari kontrol inventaris adalah memastikan bahwa jumlah optimal setiap produk yang dimiliki perusahaan terjaga. Selain itu, juga untuk melacak pesanan pembelian dan menjaga rantai pasokan secara fungsional.

Berbagai Metode Kontrol Inventaris

Baik buruknya kontrol inventaris yang dilakukan akan berpengaruh besar pada kegiatan operasional perusahaan. Maka dari itu, perusahaan perlu memahami metode terbaik dalam mengelola inventaris. Berikut beberapa di antaranya:

  • Tracking atau Pelacakan Inventaris

Pelacakan inventaris adalah metode kontrol inventaris dengan cara memantau barang persediaan dan mengetahui dimana letak produk satuan disimpan dalam gudang perusahaan. Dalam melakukan pelacakan, real-time tracking menjadi cara ampuh untuk tetap memegang kendali penuh atas inventaris tersebut.

  • Tetapkan Poin Re-order atau Pemesanan Ulang

Poin pemesanan ulang adalah upaya memesan lebih banyak inventaris pada setiap stok atau SKU (stock keeping unit) untuk mencegah terjadinya kehabisan persediaan. Cara ini dilakukan saat perusahaan telah mencapai tingkat stok tertentu untuk setiap produk.

  • Pertahankan Quality Control atau Kontrol Kualitas

Kontrol kualitas sangat bergantung pada kontrol inventaris. Pemantauan kualitas akan sangat bergantung pada kepemilikan informasi mendetail tentang jumlah setiap item dalam stok dan termasuk dalam batch apa. Dengan begini, perusahaan dapat bertindak cepat jika perlu melakukan penarikan kembali produk.

  • Berlakukan Sistem Zonasi di Gudang

Seiring pertumbuhan bisnis efisiensi di dalam gudang perlu semakin dijaga. Dengan metode zonasi di gudang, kontrol inventasis akan dilakukan secara optimal. Caranya dapat dimulai dengan mengelompokkan produk dengan kriteria tertentu di area yang sama dan mudah diakses.

  • Lakukan Audit secara Rutin

Inventory control adalah suatu kegiatan yang mampu memudahkan audit inventaris yang dengan cara yang lebih efisien, sehingga mampu mengidentifikasi dan menangani masalah yang lebih cepat atau bahkan sebelum masalah tersebut hadir.

Aplikasi Pengelola Stok Barang bagi Bisnis

Meskipun kontrol inventaris dapat dilakukan secara manual, kini banyak teknologi yang dapat membantu perusahaan mengelola stok dan rantai pasokan perusahaan. Dengan menggunakan sistem otomatis dari aplikasi atau software, kontrol inventaris dapat dilakukan secara efisien dan akurat minim human error.

Beberapa kegiatan kontrol inventaris yang dapat dibantu oleh sistem, antara lain seperti:

  • Pemindai atau scan barcode yang terintegrasi.
  • Hitung inventaris secara akurat dan lengkap.
  • Melacak inventaris fisik dengan pesanan penjualan dan pembelian
  • Mengidentifikasi informasi detail terkait produk seperti lokasi, hingga riwayat produk.
  • Adanya laporan dan penyesuaian inventaris.

Sedangkan, beberapa software dan aplikasi yang dapat digunakan oleh pelaku usaha untuk melakukan kontrol inventaris, antara lain:

  • Inventory Management App by Zoho

  • POS System and Stock by Kyte

  • eStock

  • Smart Inventory System

  • Stock Count

Manfaat Inventory Control bagi Bisnis

Ada pun manfaat dan keuntungan melakukan kontrol inventaris perusahaan, antara lain:

  • Menjaga Akurasi Perhitungan

Inventory control mampu memberikan nilai yang akurat terkait setiap item dari seluruh unit produk dimiliki oleh perusahaan, melalui pemindaian barcode. Dengan begitu, perusahaan akan memiliki gambaran terkait level persediaan produk dari waktu ke waktu.

  • Menyeimbangkan Penawaran dan Permintaan

Kontrol inventaris yang akurat dapat membantu perusahaan dalam menyeimbangkan penawaran dan permintaan, sehingga menghindari risiko terjadinya kelebihan atau kekurangan stok. Kelebihan stok dapat memakan tempat untuk gudang yang lebih besar, sedangkan kekurangan stok dapat mengganggu pemenuhan pesanan.

  • Membantu Ambil Keputusan

Inventory control adalah kegiatan yang akan membantu perusahaan memprediksi dan mengidentifikasi kegiatan usaha dari hulu ke hilir. Dengan begitu, perusahaan dapat menghindari kemacetan, mempercepat proses, mengidentifikasi barang yang bergerak dengan lambat atau usang, serta membantu mengevaluasi setiap pemasok.

  • Mengurangi Penghapusan Stok

Kontrol inventaris yang akurat membantu mengurangi penghapusan. Jika perusahaan terlalu banyak menimbun produk musiman, kehilangan item karena kontrol inventaris yang buruk, atau mengalami kerusakan stok, perusahaan harus menghapus stok tersebut. Imbasnya, perusahaan akan merugi karena pemborosan.

Demikian ulasan terkait kontrol inventaris mulai dari pengertian, metode, aplikasi pendukung dan manfaatnya bagi kelangsungan bisnis.

6 Cara Cek Kuota Telkomsel Mudah dan Cepat 2023

Cek kuota Telkomsel dapat dengan mudah dilakukan dengan beberapa cara. Tidak perlu memanggil operator atau memasukkan kode. Kamu mungkin dapat saja mengecek sisa kuota internet Tsel menggunakan aplikasi MyTelkomsel, namun itu juga harus menguras kuota.

Kuota internet memang sangat penting dan harus dimiliki oleh masyarakat saat ini. Ini karena kita membutuhkan internet untuk berkomunikasi dan mengakses hiburan digital.

Namun terkadang kita lupa mengecek status sisa kuota. Hal ini tentu saja bisa mengganggu jika tiba-tiba kehabisan kuota. Pemeriksaan rutin dapat meminimalkan hal ini.

Berikut cara-cara yang dapat kamu pilih dalam mengecek kuota internet provider Telkomsel-mu:

Cara Mengecek Kuota Telkomsel Lewat Dial Telepon

Berikut langkah-langkah mengecek sisa kuota melalui dial telepon:

  1. Buka aplikasi Telepon di HP.
  2. Ketik kode dial *888#, tekan tombol Call.
  3. Balas dengan angka yang menunjukkan menu Cek Pulsa & Kuota.
  4. Masukkan angka yang menunjukkan menu Cek Kuota.
  5. Pilih menu Cek Kuota Internet.

Setelah semua langkah di atas selesai kamu lakukan, selanjutnya akan ada SMS dari operator Telkomsel yang memberikan informasi lengkap mengenai jumlah kuota yang tersisa.

Cara Cek Kuota Telkomsel Lewat SMS

Selain melalui dial USSD *888#, kamu juga bisa mengecek kuota paket internet Telkomsel dengan menggunakan SMS.

Berikut langkah-langkah mengecek sisa kuota melalui SMS:

  1. Buka aplikasi Pesan di HP.
  2. Buat SMS baru dengan format UL(spasi)INFO.
  3. Kirim SMS ke nomor 3636.
  4. Tunggu balasan pesan dari operator Telkomsel.

Cara Cek Kuota Telkomsel dengan Aplikasi MyTelkomsel

Berikut langkah-langkah mengecek sisa kuota melalui aplikasi MyTelkomsel:

  1. Download dan install aplikasi MyTelkomsel.
  2. Buka aplikasi.
  3. Masukkan nomor ponsel kamu dan lakukan verifikasi.
  4. Cek kuota di kolom Internet.

Buat kamu yang belum tahu bagaimana tampilan dari aplikasi MyTelkomsel ini, berikut adalah kurang lebih tampilannya. Selain cek kuota, kamu juga bisa mendapatkan cara cek pulsa Telkomsel, termasuk Simpati, kartu Halo, maupun produk Telkomsel lainnya.

Kamu juga bisa mengetahui nomor Telkomsel milikmu lewat aplikasi ini. Lebih mudah dan lengkap dari cara cek kuota Telkomsel via SMS atau telepon yang Jaka bahas sebelumnya!

Bukan hanya sebagai cara cek kuota simPATI saja, kamu juga bisa membeli paket internet Telkomsel melalui aplikasi MyTelkomsel. Jika kamu pengguna provider Telkomsel, kamu harus banget memiliki aplikasi tersebut.

Cara Cek Kuota Telkomsel via Customer Service

Kamu dapat menghubungi customer service Telkomsel dengan melakukan panggilan ke nomor 188. Namun, jika kamu menggunakan cara ini, kamu akan dikenakan biaya tarif sebesar Rp300.

Cara Cek Kuota Telkomsel Lewat Dial UMB

Kamu juga bisa mengecek dan melihat sisa kuota Telkomsel melalui dial UMB. Jadi, kamu tidak perlu repot-repot menggunakan cara lain seperti yang sudah jabarkan di atas.

Berikut langkah-langkah mengecek sisa kuota melalui Dial UMB:

  1. Dial *363#.
  2. Pilih menu Cek Status.
  3. Selesai.
  4. Status sisa kuota kamu akan diinformasikan melalui SMS.

Cara Cek Kuota Telkomsel Pascabayar

Telkomsel memiliki layanan dengan sistem pascabayar dalam produk kartu Halo. Pengguna tidak mengisi pulsa seperti kartu prabayar, tetapi akan menerima ditagihkan sesuai dengan pemakaian atau pemilihan paket di awal.

Berikut langkah-langkah cek kuota Telkomsel pascabayar:

  1. Download dan install aplikasi MyTelkomsel.
  2. Buka aplikasi dan masukkan nomot HP.
  3. Klik menu Internet.
  4. Muncul rincian informasi kuota.

Selain itu, kamu juga bisa melakukannya dengan menghubungi nomor Dial Up atau kode UMB *363#. Nantinya, panggilan tersebut akan menampilkan tulisan nomor Telkomsel dan beberapa menu layanan lainnya.

Berikut Berikut langkah-langkah cek kuota Telkomsel pascabayar:

  1. Buka menu telepon dan ketik kode *363#.
  2. Tekan tombol panggil.
  3. Balas dengan angka di pilihan Cek Pulsa & Kuota.
  4. Masukkan angka yang di menu Cek Kuota.
  5. Pilih menu Cek Kuota Internet.
  6. Muncul notifikasi sisa kuota Telkomsel via SMS.

Pada dasarnya, cara cek kuota Telkomsel pascabayar sama saja dengan jenis layanan prabayar operator ini. Hanya saja, kamu bisa mengecek tagihan atau biaya yang harus dibayarkan setelah penggunaan kuota setiap periodenya.