Cara Kirim Otomatis Tagihan Sewa Indekos via WhatsApp di KelolaPro

KelolaPro merupakan aplikasi manajemen indekos atau kos yang menawarkan bantuan bagi pemilik kos untuk mengelola bisnis sewa propertinya. Salah satu layanan yang dimiliki aplikasi ini adalah pengiriman tagihan pembayaran secara otomatis kepada para penyewa kos.

Tak hanya itu, aplikasi yang berdiri sejak 2020 ini juga menawarkan layanan lainnya seperti pengelolaan jumlah properti, manajemen kontak penghuni, pencatatan keuangan, evaluasi bisnis dengan laporan lengkap, hingga transaksi yang dapat dilakukan secara cashless.

Dengan begitu, penggunaan aplikasi manajemen kos satu ini sangat direkomendasikan bagi pemilik kos. Berikut ini penjelasan terkait langkah-langkah mengirim tagihan pembayaran kepada penyewa kos secara otomatis.

Langkah Mengirim Tagihan Sewa Kos Secara Otomatis

Dalam mengelola bisnis kos, pemilik kos sering kali dihadapkan dengan penghuni yang bermasalah. Contoh penghuni yang bermasalah adalah ketika telat bayar sewa kos. Dengan layanan ini, risiko telat bayar dapat diminimalisir.

Ada pun cara pengiriman tagihan otomatis tersebut yakni sebagai berikut:

  • Buka aplikasi KelolaPro.
  • Masuk ke menu ‘Penghuni’.

  • Pilih nama penguni. Jika belum terdapat nama penghuni, silakan tambahkan terlebih dahulu, data penghuni, properti dan nomor unitnya.

  • Lalu, pilih menu ‘Kirim Tagihan’.

  • Setelah itu, pesan akan dikirimkan secara otomatis ke nomor WhatsApp penyewa kos.

Kelebihan Layanan Otomatis Kirim Tagihan bagi Pemilik Kos

Dengan layanan pengiriman tagihan otomatis yang ditawarkan aplikasi manajemen kos, pemilik kos dapat merasakan berbagai keuntungan, antara lain sebagai berikut:

  • Uang Sewa Selalu Lancar

Layanan aplikasi manajemen kos memungkinkan pemilik kos untuk mengirimkan tagihan kos secara otomatis kepada penghuni kos. Dengan begitu, pemilik kos dapat meminimalisir risiko penghuni kos telat bayar sewa.

  • Terhindar dari Penghuni Bermasalah

Layanan aplikasi manajemen kos dapat menghindarkan pemilik kos dari penyewa kos yang bermasalah. Pemilik kos dapat memberikan aturan yang ditandatangani oleh penghuni sebelum melakukan sewa. Dengan begitu, pemilik kos dapat terhindar dari risiko adanya penghuni kos yang bermasalah.

  • Cashflow Terjaga

Adanya layanan pengiriman tagihan otomatis membuat pemasukan pemilik kos menjadi lancar. Dengan begitu, laporan keuangan dan okupansi bisnis pemilik kos menjadi baik. Sebagai informasi, okupansi yang baik adalah di atas 60%. Di bawah itu, berbahaya untuk cashflow bisnis.

5 Rekomendasi Laptop Editing Video Murah, Dijamin Bagus!

Dewasa ini, laptop sudah sangat mendukung kegiatan multimedia. Salah satunya kegiatan mengedit video. Kamu sudah tidak memerlukan komputer lagi hanya sekadar untuk mengedit video saja. Pasalnya, sudah banyak laptop dengan spesifikasi mumpuni yang bisa digunakan untuk mengedit video.

Kamu harus memahami betul detail spesifikasi laptop yang ingin kamu beli untuk keperluan mengedit video. Mulai dari prosesor, kartu grafis, memori RAM, hingga resolusi layar yang digunakan. Pastikan kamu tidak salah memilih laptop, ya. Berikut rekomendasi laptop untuk keperluan editing video.

1. HP 15-bw071ax

Rekomendasi Laptop Editing
HP 15-bw071ax

Spesifikasi laptop:

Layar Monitor : 15,6 inci resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel, TFT LCD dengan HD SVA BrightView WLED backlight

Kartu Grafis : AMD Radeon R7 (IGP) dan AMD Radeon 530 dengan VRAM 4 GB jenis DDR 3 (dedicated)

Memori RAM : 8 GB jenis DDR 4 1866 MHz, Upgradeable to 16 GB jenis DDR 4 

Storage Hardisk : 1000 GB / 1TB rotor 5400 rpm SATA

Processor : AMD A12-9720P quad core 2,7 GHz Turbo Boost maksimal 3,6 GHz 

Chipset : AMD A76 FCH

Sistem Operasi : DOS

Konektifitas : Port USB 2.0, Port HDMI, WiFi, Bluetooth, Port USB 3.1, card reader, DVDRW, dual speakers

Kamera : HP TrueVision HD Webcam

Baterai : 4 cell, 41 WHr lithium ion

Dimensi : 38 cm x 25.38 cm x 2.38 cm

Laptop ini bisa kamu andalkan untuk bekerja maupun melakukan editing video dengan lancar. Mengingat, laptop ini dibekali dengan spesifikasi yang tinggi dan mumpuni. HP 15-bw071ax memiliki RAM sebesar 8 GB, bahkan masih bisa ditingkatkan menjadi 16 GB dengan memanfaatkan 1 slot RAM tambahan.

Namun, HP 15-bw071ax memiliki kekurangan yang perlu kamu ketahui, laptop ini memililiki performa hard disk yang lambat. Jangan khawatir, kamu bisa menyiasatinya dengan mengganti hard disk maupun SSD. Selain itu, daya tahan baterai laptop ini hanya berkisar dua jam, sehingga kurang cocok untuk dibawa bepergian jarak jauh atau digunakan dalam perjalanan.

2. Lenovo IP320-14AST 0RID

Rekomendasi Laptop Editing Video
Lenovo IP320-14AST 0RID

Spesifikasi laptop:

Layar Monitor : 14 inci resolusi 1366 x 768 piksel, Glare Type, 16:9 aspect ratio, TFT LCD dengan LED backlight

Kartu Grafis : AMD Radeon R5

Memori RAM : 4 GB jenis DDR 4 Upgradeable to 8 GB DDR 4-2133 MHz

Storage Hardisk : 1000 GB / 1 TB 5400 rpm

Processor : AMD APU A9-9420 dual core 3 GHz Turbo Core 3,6 GHz

Chipset : AMD

Sistem operasi : DOS

Konektifitas : LAN, WiFi, Bluetooth, Port HDMI, Port USB 2.0, port USB 3.0, DVDRW drive

Speaker : 2 x 1.5W speaker stereo, Dolby Audio

Kamera :HD fixed focus webcam

Baterai : 2 cell, 35 Wh lithium polymer

Dimensi : 338.3 mm x 249.9 mm x 22.7 mm

Berat : 2,1 kg

Kalau budget kamu membeli laptop editing videomu kurang dari Rp5 juta, ini bisa dijadikan pilihan olehmu. Dengan harga standar untuk keperluan editing video, Lenovo IP320-14AST 0RID terbilang bersaing di kelasnya.

Laptop ini didukung dengan fiturnya yang lengkap diikuti dengan kapasitas hard disk sebesar 1 TB.Lenovo IP320-14AST 0RID ini juga sudah dibekali dengan prosesor yang mumpuni, yaitu AMD APU A9-9420.

3. Dell Inspiron 3467

Rekomendasi Laptop Editing Video
Dell Inspiron 3467

Spesifikasi laptop:

Notebook : Dell Inspiron 3467

Processor : Intel Core i3-7020U Processor (3MB Cache, 2.3 GHz)

RAM : 4GB, 2400MHz, DDR4; up to 16GB (additional memory sold separately)

Harddisk : 1000GB 5400 rpm

Hard Drive Kamera : HD Camera

VGA : Intel HD Graphics 620

Baterai : 4-Cell Battery

Layar : 14.0-inch HD (1366 x 768) Anti-Glare LED-Backlit Display

Ukuran Barang : 34.5 x 24.2 x 2.5 cm

Warna : Black Operation System

(OS) : WIN 10 Original

Dell Inspiron 3467 memberikan banyak keunggulan bagi penggunanya. Selain desainnya yang terlihat stylish, harganya terbilang murah untuk kebutuhan editing video. Dibekali dengan layar anti-glare, membuat pengguna semakin nyaman menggunakan laptopnya, karena tidak membuat mata mudah lelah.

Kapasitas penyimpanannya pun besar, yaitu 1 TB, sehingga bisa digunakan untuk menyimpan banyak data. Dell Inspiron 3467 telah dilengkapi Waves MaxxAudio jadi suara yang dihasilkan sudah pasti sangat jernih dari speakernya.

4. ASUS VivoBook 14 M415DA

Rekomendasi Laptop Editing
ASUS VivoBook 14 M415DA

Spesifikasi laptop:

Processor : AMD Ryzen 3 3250U Processor 2.6 GHz (4M Cache; up to 3.5 GHz; 2 cores)

Display :14.0″ (16:9) LED-backlit FHD (1920×1080) IPS, Anti-Glare, with 45% NTSC

Memory : 4GB DDR4 on board

Storage : 256GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD+HDD Housing for storage expansion

Graphics : AMD Radeon™ Graphics

Other : Backlit Chiclet Keyboard, FingerPrint

Networking : Wi-Fi 5(802.11ac)+Bluetooth 4.2 (Dual band) 2*2

Battery : 37WHrs, 2S1P, 2-cell Li-ion

Operating System : Windows 10 Home+Office Home Students 2019

VivoBook 14 M415DA adalah laptop editing video anggaran yang bisa kamu jadikan pertimbangan berikutnya. Laptop ini memiliki layar 14 inci dengan resolusi Full HD, yang ditingkatkan dengan kecerahan NTSC45-n hingga 250 nits.

Laptop ini dibekali prosesor AMD Ryzen 33250U dengan kecepatan maksimum 3,5 GHz, Kamu juga dapat memilih antara varian RAM 4GB atau RAM DDR4 8GB. Tersedia juga pilihan SSD dengan payload 256GB atau 512GB.

5. HP 14S DK1514AU

Rekomendasi Laptop Editing Video
HP 14S DK1514AU

Spesifikasi laptop:

Processor : AMD Ryzen™ 3 3250U (2.6 GHz base clock, up to 3.5 GHz max boost clock, 4 MB L3 cache, 2 cores, 4 threads)

Ukuran Layar : 14″ diagonal, FHD (1920 x 1080), IPS, micro-edge, BrightView, 250 nits, 45% NTSC

RAM : 8 GB DDR4-2400 MHz RAM (2 x 4 GB)

Storage : 512 GB PCIe® NVMe™ M.2 SSD

VGA : AMD Radeon™ Graphics Full-size, backlit, natural silver keyboard

Wireless : Realtek RTL8821CE 802.11a/b/g/n/ac (1×1) Wi-Fi® and Bluetooth® 4.2 combo

Webcam : HP TrueVision HD camera with integrated digital microphone

Battery : 3-cell, 41 Wh Li-ion

SIstem Operasi : Windows 10 Home + Office Home and Student 2019

HP 14S DK1514AU, laptop ini juga mampu bersaing dengan laptop lain di kelasnya. Laptop berwarna elegan berukuran 14 inci dan memiliki bezel yang cukup tipis. HP 14S DK1514AU telah dibekali prosesor AMD Ryzen 3-3250U dan didukung oleh grafis AMD Radeon Graphics yang cukup andal.

Laptop ini juga menawarkan daya tahan baterai lebih dari 4 jam untuk tuntutan berat. HP, produsen HP ini, menawarkan RAM DDR4 8 GB dalam dua pilihan SSD, 256 GB dan 512 GB. Sudah pasti spesifikasinya yang mumpuni ini bisa diandalkan untuk mendukung keperluan editing videomu.

Berikut rekomendasi 5 laptop editing video yang bisa kamu pertimbangkan sebelum membeli laptop. Kamu bisa memilih laptop dengan spesifikasi sesuai kebutuhanmu. Semoga artikel di atas bermanfaat. ya!

Cara Menambahkan Produk untuk Dijual di Facebook Shop

Facebook Shop adalah marketplace atau layanan belanja mobile-first dari platform media sosial Facebook, yang diperuntukkan bagi pelaku usaha dalam berbisnis online. Facebook Shop menyediakan beragam layanan dan fitur yang mendukung bisnis pelaku usaha.

Pelaku usaha dapat memilih item produk atau mana yang ingin ditampilkan, menambahkan barang dagangan ke koleksi produk, dan menceritakan kisah dengan font dan warna yang dapat disesuaikan.

Selain itu, pelaku usaha juga dapat terhubung langsung dengan pelanggan melalui WhatsApp, Messenger, atau Instagram Direct untuk mengajukan pertanyaan, mendapatkan dukungan, melacak pengiriman, dan lainnya.

Berikut penjelasan lebih lanjut terkait Facebook Shop beserta cara menambahkan produk dagangannya untuk dijual oleh pelaku usaha di Facebook Shop.

Panduan Jualan di Facebook Marketplace bisa Diunduh di sini, Gratis!!

Langkah Menambahkan Produk di Facebook Shop

Sebelum menjual produk dagangan di Facebook Shop, pastikan terlebih dulu pelaku usaha telah memiliki akun Facebook dan toko online di Facebook Shop. Perlu diketahui, produk yang dapat ditambahkan di platform ini hanya dapat berupa barang fisik.

Ada pun langkah-langkah dalam menambahkan dan mengelola produk toko online di Facebook Shop ini, antara lain sebagai berikut:

  • Buka laman Commerce Manager milik toko Anda.
  • Pilih tab ‘Catalog’. Lalu, pilih ‘Items’.

  • Klik ‘Add Items’, lalu Anda dapat memilik apakah produk yang diupload hanya satu atau lebih dari satu. Jika hanya satu, pilih ‘Add One Item’, sedangkan jika lebih dari satu, pilih ‘Add Multiple Items’.

  • Lengkapi detail produk yang ingin ditambahkan. Mulai dari foto, nama produk, deskripsi produk, tautan website, harga, kondisi, kategori produk. Sebagai catatan, dalam deskripsi produk, sertakan fitur unik dan informasi yang relevan seperti ukuran, warna, bahan, dimensi, dan petunjuk perawatan.

  • Lalu, klik ‘Finish’.
  • Produk berhasil ditambahkan. Setiap produk yang telah ditambahkan akan diunggah secara otomatis ke toko Anda.

  • Jika mematuhi kebijakan Facebook Shop, biasanya produk akan muncul di toko Anda dalam waktu 24 jam. Dengan catata, beberapa produk mungkin memerlukan waktu lebih lama untuk ditinjau.

Keuntungan Jual Produk di Facebook Shop bagi UMKM

Bagi pelaku usaha, penggunaan media sosial marketplace seperti Facebook Shop tentu sangat berdampak baik bagi kelangsungan bisnis. Melalui berbagai fitur dan layanan yang diberikan Facebook, berikut keuntungan yang bisa diperoleh pelaku usaha:

  • Pelaku bisnis termasuk UMKM dapat beradaptasi dengan kemajuan bisnis digital saat ini. Bisnis dapat dilakukan secara online dan terhubung dengan pelanggan di mana pun dan kapan pun.
  • Penggunaan media sosial marketplace mempermudah calon pelanggan untuk menemukan dan berbelanja hal-hal yang mereka sukai melalui media sosial.
  • Pelaku bisnis lebih mudah dalam mengelola toko online-nya sendiri dengan dapat memilih produk yang ingin mereka tampilkan dari katalog mereka dan kemudian menyesuaikan tampilan dan nuansa toko mereka dengan gambar sampul dan warna aksen yang menampilkan merek mereka.
  • Pelaku usaha dapat menghemat anggaran usaha mereka dalam melakukan pemasaran dan penjualan.
  • Pelaku usaha dapat menjadikan merek usahanya dikenal global karena media sosial bersifat universal.

Demikian serangkaian penjelasan terkait cara menambahkan produk dagangannya untuk dijual di Facebook Shop.

Bukan Minuman, Milkshake Bikin Link Bio Jadi Lebih Profesional

Perkembangan zaman membuat fungsi media sosial tidak hanya sebagai tempat untuk berbagi foto atau video. Banyak orang yang mengembangkan portofolio untuk membuat personanya dan bisa memiliki bisnis dengan menjadi selebriti di media sosial tertentu ataupun memiliki sebuah usaha sampingan. Nah, terkadang portofolio yang dibangun tidak cukup dijelaskan melalui media sosial atau perlu ditampilkan secara lebih profesional. Nah di sinilah peran link eksternal di media sosial dibutuhkan.

Link eksternal yang bisa ditampilkan di media sosial hanya bisa menautkan satu link, sedangkan biasanya bisnis ataupun seleb media sosial membutuhkan link tautan yang lebih dari satu untuk mengakomodir banyak kebutuhan. Mulai dari penjelasan dirinya, media sosial lain yang dia punya, rekomendasi barang untuk pengikutnya, hingga kontak bisnis yang bisa dihubungi oleh orang yang membutuhkan.

Milkshake merupakan aplikasi yang bisa membuat website portofolio yang bisa diatur sesuai dengan kebutuhan Anda. Penggunaanya yang relatif mudah menjadikan Milkshake bisa digunakan oleh siapa saja. Ditambah dengan banyak template yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan ataupun persona yang Anda bangun. Semua fitur yang ada di Milkshake bisa Anda gunakan secara gratis.

Fitur-fitur Milkshake

Tentang Kami

Anda bisa menjelaskan bagaimana persona diri Anda ataupun brand yang Anda miliki secara leluasa, dibandingkan penjelasan langsung di bio media sosial. Milkshake memungkinkan Anda menjelaskan lebih dari 150 kata.

Links

Bagi Anda yang mendaftar program afiliasi di aplikasi tertentu, pencatuman link sangat dibutuhkan untuk mempermudah audiens yang akan membeli barang atau jasa yang sama.

Melalui Milkshake Anda bisa membuat halaman website yang berisi banyak link yang mengarah ke banyak platform yang disesuaikan dengan kebutuhan dari konten kreator ataupun brand.

Top Picks

Fitur ini adalah untuk Anda yang ingin atau terbiasa membuat rekomendasi hal favorit, seperti buku, restoran, musik, atau hal yang harus dimiliki atau diketahui oleh semua orang.

Splash

Splash ini merupakan kartu atau atau fitur paling sederhana karena Anda bisa membagikan foto dan penjelasaanya. Foto ini bisa berupa promosi, quotes, atau gambar yang menarik. Fitur ini bisa menjadi alat bantu yang menunjukan portofolio bagi Anda yang suka fotografi.

Youtube

Bagi Anda yang memiliki Youtube, Anda juga bisa memanfaatkan Milkshake dengan membuat kartu khusus yang mengarahkan pengikut Anda di media sosial, mengikuti juga kanal Youtube Anda.

Anda akan diarahkan mengisi link youtube dan memilih beberapa atau semua video Youtube yang Anda miliki untuk ditampilkan di website Milkshake Anda.

Mengenal AturToko, Platform E-Commerce Enabler Bantu UMKM Kelola Usaha

Platform e-commerce enabler merupakan penyedia jasa yang memberikan layanan one-stop untuk membantu pelaku usaha termasuk UMKM dalam mengelola segala kegiatan bisnisnya. Salah satu platform e-commerce enabler yang ada di Indonesia saat ini yakni AturToko.

Dengan platform e-commerce enabler, pelaku usaha dapat mengelola toko online-nya di e-commerce secara terintegrasi, mengoptimalisasi website toko, meninjau performa bisnis digital di media sosial hingga mengatur pengiriman produk ke pelanggan.

Berikut ini penjelasan lebih lanjut terkait salah satu platform e-commerce enabler di Indonesia AturToko. Simak selengkapnya.

Apa Itu AturToko?

AturToko merupakan platform e-commerce enabler yang menawarkan teknologi dan layanan kepada UMKM, guna memperluas kanal penjualan mereka. AturToko ini memiliki misi dapat membantu UMKM untuk meminimalisir biaya pemasaran produk mereka.

Hingga kini, AturToko telah terintegrasi dengan beberapa marketplace besar di Indonesia, di antaranya Tokopedia, Blibli com, Shopee, Lazada, Bukalapak, JD ID dan lainnya. Sistem yang terintegrasi memungkinkan UMKM untuk memonitor tokonya di berbagai platform marketplace, melalui satu dashboard.

Platform yang hadir sejak 2019 lalu ini didirikan oleh Bagus Dewantara, Christiono Hendrawan, Asfar, dan Ricky Erri Thoiffur. Melansir liputan DailySocial.id awal tahun 2022 ini, AturToko telah memiliki sekitar 5 ribu merchant dan 200 brand yang tersebar di seluruh Indonesia.

Fitur dan Layanan AturToko bagi UMKM

AturToko memiliki tiga produk yang bisa dipilih oleh pengguna. Di antaranya adalah AturToko+, OmniPos dan Buat Toko. Masing-masing memiliki layanan yang bisa dimanfaatkan oleh pelaku usaha, mulai dari yang mikro, kecil, menengah hingga besar.

Berikut penjelasan terkait AturToko+, Omnipos dan BuatToko.

  • AturToko+

AturToko+ merupakan layanan AturToko yang dapat digunakan pelaku usaha untuk membantu melakukan pemasaran secara digital tanpa repot. Dengan begitu, pelaku usaha dapat lebih fokus pada kegiatan produksi dan memastikan barang berkualitas.

  • OmniPos

OmniPos merupakan layanan AturToko yang dapat digunakan pelaku usaha untuk mengelola bisnis online secara mudah dalam satu dashboard. Dashboard OmniPos menghubungkan pengelolaan toko di berbagai marketplace secara terintegrasi.

  • BuatToko

BukaToko merupakan layanan AturToko yang dapat digunakan pelaku usaha untuk memperkuat branding secara tepat dengan menggunakan website.

Keuntungan Platform E-commerce Enabler bagi UMKM

Beberapa keuntungan yang ditawarkan platform e-commerce enabler seperti AturToko kepada pelaku usaha termasuk UMKM, antara lain sebagai berikut:

  • Operasional Toko Terjamin

Pelaku usaha dapat menerima data penjualan, stok produk dan kegiatan menyangkut produksi dan kegiatan operasional bisnis lainnya.

  • Pemasaran Digital

Ada layanan branding yang membuat bisnis milik pelaku usaha semakin dikenali oleh target pasar. Digital marketing juga dapat memperluas kesempatan pelaku usaha agar dapat meraup keuntungan yang banyak.

  • Konsultan Brand

Pelaku usaha dapat dibantu dalam mengoptimalisasi penjualan produk untuk mengelola strategi penjualan produk di marketplace.

Demikian penjelasan terkait platform ecommerce enabler AturToko.

 

Cara Menjual Barang di Facebook Marketplace

Facebook Marketplace adalah fitur di aplikasi Facebook khusus untuk mencari dan menjajakan barang jualan. Cara jualan di Facebook Marketplace dapat Anda coba sebagai solusi untuk Anda yang ingin menjual barang secara online.

Untuk memudahkan Anda yang baru menggunakan Facebook Marketplace untuk pertama kali, artikel ini akan memberikan panduan 5 langkah mudah mulai berjualan di Facebook Marketplace. Simak sampai selesai, ya!

Panduan Jualan di Facebook Marketplace bisa Diunduh di sini, Gratis!!

Cara Menjual Barang di Facebook Marketplace

Berjualan di Facebook Marketplace sangat cocok untuk Anda yang baru pertama kali berjualan online dan tidak ingin repot membuat toko online Anda sendiri. Berikut ini langkah-langkah untuk berjualan online di Facebook Marketplace:

Login ke Akun Facebook

Langkah pertama dalam berjualan di Facebook Marketplace adalah login ke akun Facebook Anda. Anda dapat login akun Facebook via aplikasi di smartphone maupun di browser PC.

Tambahkan Barang yang Ingin Dijual

Setelah masuk ke akun Facebook Anda, selanjutnya mulai tambahkan barang yang ingin dijual ke Facebook Marketplace. Bagaimana caranya? Berikut tutorialnya:

  • Pada halaman Beranda Facebook, klik ikon Marketplace seperti pada gambar di bawah ini.

  • Kemudian, di halaman Facebook Marketplace, klik tombol Sell untuk mulai menjual barang.

  • Selanjutnya Anda akan disuguhkan beberapa pilihan listing, yakni items, vehicles, dan home for sale or rent. Pilih items untuk menambahkan produk berupa barang.

  • Setelah itu, isi semua informasi terkait produk di halaman penambahan listing. Anda harus mengunggah foto, memasukkan judul listing/nama produk, harga, kategori barang, kondisi, dan informasi lainnya di kolom deskripsi.

  • Berikutnya, Anda juga bisa mengaktifkan beberapa opsi listing yang tersedia, seperti opsi sembunyikan dari teman, opsi boost listing menggunakan ads, dan opsi membagikan listing ke grup-grup yang Anda miliki.

  • Apabila semua sudah dilengkapi, klik Publish.

Berkomunikasi dengan Pelanggan 

Selanjutnya, setelah Anda menambahkan listing ke Facebook Marketplace, Anda akan menerima pesan dari pelanggan yang tertarik dengan produk Anda melalui Messenger. Lakukan komunikasi dengan pelanggan secara responsif hingga mencapai kesepakatan.

Kirimkan Barang

Apabila pelanggan tertarik untuk membeli barang Anda dan telah mencapai kesepakatan terkait sistem pembayaran. Berikutnya, jangan lupa untuk mengirimkan barang pesanan ke pelanggan tepat waktu.

Tandai Barang Sudah Terjual

Langkah terakhir yang harus Anda lakukan ketika produk Anda telah habis terjual adalah menandai barang tersebut sudah terjual. Hal ini untuk menghindari pertanyaan dari pelanggan terkait barang yang sudah habis tersebut.

Itu dia 5 langkah cara jualan di Facebook Marketplace untuk pemula. Anda dapat berjualan di Facebook Marketplace melalui aplikasi Facebook di smartphone maupun di browser. Selamat mencoba!

Header by Pexels.

Cara Mengatur Cuti dan Reward Karyawan dengan Workmate

Workmate merupakan platform manajemen tenaga kerja yang memberi solusi terkait suplai pekerja dan manajemen tenaga kerja atau karyawan perusahaan. Workmate memfasilitasi perusahaan dengan teknologi dan data sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Platform yang berdiri sejak 2016 memiliki misi membantu bisnis untuk menemukan dan mengelola tenaga kerja yang andal. Workmate mempunyai banyak fitur dan layanan yang memudahkan perusahaan, termasuk dalam mengatur cuti dan reward karyawan.

Berikut penjelasan terkait cara mengatur cuti dan reward karyawan perusahaan menggunakan fitur dan layanan dari platform Workmate.

Langkah Atur Cuti Karyawan di Workmate

Dalam lingkungan kerja, karyawan perusahaan berhak mendapatkan cuti di waktu-waktu tertentu. Pada platform Workmate, jika pekerja tidak bisa hadir pada jadwal tertentu, mereka bisa mengajukan perubahan shift, maksimal 48 jam sebelum shift dimulai.

Dengan layanan pengajuan cuti ini, pihak perusahaan dapat memiliki cukup waktu untuk me-review pengajuan tersebut dan menghindari kekurangan pekerja di hari kerja. Ada pun langkah-langkah pengaturan cuti di platform Workmate adalah sebagai berikut:

  • Untuk mereview pengajuan perubahan, klik di kotak jadwal berwarna kuning.

  • Anda bisa melihat alasan dari pekerja dan pilihan untuk menyetujui atau menolak.

  • Jika anda menolak, pekerja akan mendapatkan notifikasi jika pengajuannya ditolak dan masih harus datang bekerja.
  • Jika anda menyetujuinya, jadwal akan berubah menjadi libur dan anda harus mempublikasikan perubahan ini agar pekerja mendapat notifikasi.

Langkah Atur Reward Pekerja di Workmate

Selain berhak memberikan cuti bagi pekerja, perusahaan juga dapat memberikan reward kepada para pekerjanya. Bentuk reward yang diberikan perusahaan dapat berupa bonus uang, barang, atau pujian sebagai apresiasi.

Dengan adanya reward, motivasi kerja karyawan akan lebih tinggi sehingga produktivitas perusahaan akan lebih meningkat. Ada pun langkah-langkah pengaturan pemberian reward di  platform Workmate adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Supervisor dari Workmate.
  • Clock-in/out pekerja melalui scan QR dalam Worker App yang secara otomatis mengkalkulasikan keterlembatan serta lembur. Supervisor juga dapat validasi kehadiran melalui profil foto pekerja.
  • Setelah supervisor mengonfirmasi laporan absensi, Anda dapat segera menyetujui absensi tersebut. Apabila ada kesalahan, Supervisor dapat langsung memperbaikinya melalui aplikasi.
  • Di akhir setiap shift, Supervisor dapat menilai setiap pekerja berdasarkan kinerja mereka hari itu, sehingga Anda dapat mengidentifikasi pekerja terbaik serta mengoptimalkan tenaga kerja Anda.

Demikian penjelasan terkait cara mengatur cuti dan reward karyawan perusahaan menggunakan fitur dan layanan dari platform Workmate.

Kewirausahaan: Pengertian, Tujuan, Jenis dan Karakteristiknya

Saat ini, banyak orang yang mulai berlomba-lomba untuk membangun usahanya. Orang-orang ini biasa disebut sebagai wirausahawan. Sementara proses membangun usaha yang dilakukan mulai dari nol biasa disebut dengan kewirausahaan.

Apa itu Kewirausahaan?

Istilah kewirausahaan merupakan padanan dari kata entrepreneurship dalam Bahasa Inggris. Kata entrepreneurship sendiri berasal dari Bahasa Prancis, entreprende yang memiliki arti petualang, pencipta, dan pengelola usaha. Jadi, kewirausaha dapat diartikan sebagai suatu kegiatan membangun usaha untuk menghasilkan barang dan jasa.

Umumnya, kewirausahaan identik dengan proses membangun usaha dari nol. Oleh karena itu, kewirausahaan dapat dijadikan sebagai solusi permasalahan di masyarakat, karena berperan dalam menciptakan lapangan kerja.

Tujuan Kewirausahaan

1. Mendukung Usaha Mikro Menengah Kecil Masyarakat (UMKM)

Saat ini, ada 64,2 juta UMKM yang tersebar di seluruh Indonesia. UMKM tersebut turut menyumbang 61,07 persen dari dana APBD dan menyerap 97 persen dari total tenaga kerja. Oleh karena itu, selain berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian Indonesia, kewirausahaan juga berhasil membantu mengatasi permasalahan di masyarakat dengan menciptakan lapangan kerja.

2. Menumbuhkan Semangat Berinovasi

Semakin banyak orang yang melakukan wirausaha, maka semakin ketat pula persaingan yang terjadi. Maka dari itu, setiap pelaku wirausaha terus berinovasi untuk menciptakan produk barang maupun jasa yang unik dan bernilai tinggi, agar tidak tenggelam dalam arus persaingan.

3. Kesejahteraan Masyarakat Terangkat

Selain memiliki dampak positif bagi ekonomi, banyaknya lapangan kerja yang tercipta berkat adanya wirausaha juga turut berdampak positif bagi sosial masyarakat. Dengan terciptanya lapangan kerja, tingkat pengangguran dan kriminalitas pun juga akan berkurang.

Jenis-Jenis Kewirausahaan

Kewirausahaan dibagi menjadi 3 jenis berdasarkan jenis usahanya, yaitu:

1. Usaha Ritel

Usaha ritel merupakan suatu usaha yang melibatkan penjualan barang dan jasa konsumen. Usaha jenis ini memiliki karakteristik Business to Consumer (B2C), yang bertujuan menjual produk ke konsumen untuk dipakai secara pribadi (tidak dijual lagi). Salah satu contoh usaha ritel yang populer adalah jaringan minimarket yang tersebar di seluruh Indonesia.

2. Industri Kreatif

Industri kreatif merupakan jenis wirausaha yang betujuan untuk menghasilkan keuntungan dengan memanfaatkan bakat maupun ide dari seorang individu maupun sekelompok orang. Beberapa macam bidang industri kreatif, seperti fashion designer, penulis, copywriter, pelukis, desainer, ghostwriter, penulis artikel, dan masih banyak lagi.

3. Startup Bisnis

Startup bisa dikategorikan sebagai bisnis yang masih mengalami perkembangan, baik dalam menentukan pasar maupun pengembangan produknya. Umumnya, startup identik dengan produk atau layanan yang berbasis teknologi. Sebuah usaha dapat dikategorikan sebagai startup jika memiliki 3 hal, yakni pendiri atau founder, investor atau pemilik dana, dan produk atau layanan.

Karakteristik Orang yang Memiliki Jiwa Kewirausahaan

Siapa saja memang bisa menjadi seorang wirausahawan. Namun, seorang wirausahawan harus memiliki beberapa karakteristik. Berikut adalah karakteristik yang dimiliki oleh orang yang memiliki jiwa kewirausahaan, yakni:

  • Selalu berpikir positif dalam mengambil keputusan
  • Visioner atau berorientasi pada masa depan
  • Memiliki keberanian dalam mengambil keputusan menghadapi risiko
  • Beorientasi pada hasil yang didapatkan
  • Memiliki kreativitas dan inovasi tinggi
  • Memiliki kepercayaan diri dan daya juang yang tinggi
  • Memiliki kemampuan kepemimpinan

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai kewirausahaan yang sudah dailysocial.id rangkumkan untukmu. Setelah mengetahui hal-hal tersebut, apakah kamu tertarik untuk menjadi seorang wirausahawan?

Ambisi Youvit Merevolusi Bisnis Vitamin Setelah Meraih Pendanaan Seri B

Gaya hidup sehat bukanlah sekadar tren yang muncul ketika pandemi Covid-19 menghantam negara ini. Pergeseran pola pikir masyarakat menuju pola hidup yang lebih sehat telah terjadi cukup lama. Di satu sisi, pandemi secara tidak langsung mempercepat laju pergeseran ini. Hal ini bisa diidentifikasi dengan kehadiran bisnis makanan sehat, ramainya pusat kebugaran, hingga perusahaan teknologi yang menyasar segmen ini.

Youvit merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan produk kesehatan berupa vitamin. Bisnis ini dimulai oleh tiga wirausahawan dengan semangat untuk membangun pengalaman kesehatan konsumen yang menyasar negara-negara berpenduduk padat di wilayah Asia.

Setelah menghabiskan waktu 18 bulan untuk penelitian dan pengembangan produk, para pendiri berhasil memproduksi vitamin berbentuk gummy atau permen kenyal. Selain itu, vitamin ini juga memiliki kandungan yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan diet dan kebiasaan konsumen di Asia Tenggara.

Co-founder & CEO Youvit Wouter van der Kolk mengungkapkan, visi di balik produk Youvit adalah untuk mendisrupsi pasar vitamin yang dianggap kuno dan tradisional. Sementara, ada potensi pasar yang besar untuk produk-produk berkualitas yang secara khusus menyasar kaum milenial dari kelas menengah di pasar berkembang seperti Indonesia.

“Kami percaya bahwa industri nutrisi sedang tidak baik-baik saja dan siap untuk disrupsi. Banyak perusahaan besar yang menyasar pasar massal melabeli diri mereka sehat, padahal produksinya tidak sehat. Sementara itu, para milenial di negara berkembang ingin sebuah merek baru dan inovatif yang menawarkan produk premium yang terjangkau, dan memiliki passion untuk konsumen,” ujar Wouter.

Youvit telah memulai perjalanan untuk merevolusi industri vitamin di pasar Indonesia dengan membuat produk berkualitas dapat diakses oleh milenial urban kelas menengah. Produk unggulan pertama Youvit adalah gummy multivitamin untuk dewasa.

Hingga saat ini, kategori vitamin yang ditawarkan di platformnya cukup bervariasi. Mulai dari multivitamin kesehatan dewasa dan anak, hingga vitamin untuk masalah rambut rontok dan kulit. Produk-produk Youvit juga telah tersedia di lebih dari 20 ribu titik penjualan, termasuk di toko online dan e-commerce ternama.

Dalam hal distribusi, perusahaan juga mengoperasikan model omnichannel, termasuk penjualan melalui situs mereka. Berdasarkan data yang dikumpulkan, pihaknya mengungkapkan bahwa penjualan berbasis D2C (direct-to-consumer) menjadi saluran dengan pertumbuhan yang paling cepat. Nilainya telah bertumbuh 6x dari Q1 ’22 menuju Q3 ’22.

Perusahaan juga telah meluncurkan program loyalty yang disebut YOUVIT Club. Saat ini, keanggotaannya masih berbasis di grup WhatsApp.  “Tetapi kami melihat daya tarik dan minat yang sangat besar dan tengah mengupayakan untuk menciptakan ruang yang lebih permanen bagi komunitas kami,” ungkap Wouter.

Dalam komunitas ini, para anggota bisa mendapat konsultasi gratis serta saran-saran terkait kesehatan dan nutrisi dari tim yang berdedikasi, dipimpin oleh seorang ahli gizi Rachel Olsen. Komunitas ini juga secara aktif mengatur acara eksklusif untuk para anggota serta rutin memberikan penawaran khusus.

Rencana bisnis dan target pasar

Belum lama ini, Youvit berhasil membukukan pendanaan seri B senilai $6 juta atau lebih dari 93 miliar Rupiah dipimpin oleh Unilever Ventures. Putaran ini juga diikuti oleh investor sebelumnya DSG Consumer Partners dan beberapa investor baru. Perusahaan berambisi menjadi pemimpin merek vitamin untuk para “urban millennial” di wilayah Asia Tenggara.

Dana segar ini akan digunakan untuk memperluas jangkauan produknya serta meluncurkan bentuk baru dari merek vitamin yang diproduksi, seiring menambah talenta dalam timnya. Selain itu, juga untuk mendukung misi perusahaan merevolusi bisnis vitamin dalam bentuk yang lebih inovatif.

Sejalan dengan pergeseran pola hidup terkait perilaku pelanggan, Youvit bertujuan untuk memodifikasi kategori vitamin dari posisinya sebagai obat tradisional menjadi ruang gaya hidup yang lebih trendi, sembari mengubah (pivot) distribusinya dari ritel tradisional menuju omnichannel.

Perusahaan belum lama ini meluncurkan produk pertama mereka di Malaysia dan melihat adanya daya tarik yang kuat di pasar itu. Perusahaan juga akan segera meluncurkan rangkaian lengkap produknya termasuk di Guardian, Watsons, dan AEON mall serta online melalui Shopee dan Lazada Malaysia sebelum akhir tahun ini.

Disinggung mengenai target pasar, Wouter mengungkapkan bahwa milenial memiliki pandangan hidup yang berbeda dengan generasi sebelumnya. Hal ini dilihat sebagai kesempatan untuk membangun merek untuk generasi baru menuju gaya hidup yang lebih sehat dan aktif. “Kami fokus di area perkotaan karena ini merupakan poros dari perkembangan itu,” tambahnya.

Wouter juga menegaskan bahwa Indonesia akan tetap jadi pasar utama, “Kami berencana menggandakan saluran ritel dan online serta berinvestasi dalam pemasaran dan pengembangan merek untuk tumbuh menjadi merek vitamin terkemuka di wilayah ini,” ujarnya.

Di Indonesia, beberapa pemain yang juga menyasar segmen serupa termasuk Lifepack dan perusahaan farmasi asal Singapura SwipeRx.

Contoh Iklan Menarik, Lengkap dengan Tujuan dan Jenis-Jenisnya

Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar kata iklan? Iklan biasanya digunakan sebagai bagian dari pemasaran. Pada dasarnya, iklan merupakan pesan yang disampaikan dengan tujuan untuk memperkenalkan suatu produk baik barang maupun jasa dengan menggunakan platform tertentu.

Iklan bertujuan untuk mendorong dan membujuk audiens untuk membeli sebuah produk baik berupa barang maupun layanan. Maka dari itu, iklan harus bersifat persuasif, agar audiens tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan.

Lantas, apa saja jenis-jenis iklan dan contohnya? DailySocial.id akan menjelaskannya padamu melalui penjelasan berikut.

Tujuan Iklan

Iklan memiliki tujuan dasar untuk menggaet audiens agar membeli produk yang ditawarkan. Nah, berikut adalah penjelasan lengkap mengenai tujuan iklan.

1. Memasarkan Produk

Umumnya, iklan digunakan untuk memasarkan suatu produk. Iklan berperan sebagai media bagi perusahaan untuk mengenalkan produk mereka kepada audiens agar terbiasa. Oleh karena itu, iklan biasanya memuat sesuatu yang dijadikan sebagai kelebihan produk tersebut.

2. Membangun Awareness

Awareness berperan penting dalam pengenalan suatu brand kepada audiens, terutama jika brand tersebut masih baru. Iklan dapat berperan sebagai media untuk mengenalkan produk maupun brand tertentu, sebab suatu brand tidak akan dikenal oleh konsumennya tanpa ada pendekatan terlebih dahulu melalui iklan. Selain itu, awareness juga penting untuk bersaing dengan kompetitor yang lain.

3. Menghasilkan Penjualan

Pada dasarnya, iklan bertujuan untuk menarik pembeli. Oleh karena itu, perusahaan akan berusaha semaksimal mungkin untuk menarik konsumen agar membeli produk mereka, salah satunya melalui iklan yang menarik.

4. Membangun Citra

Terkadang, iklan juga dapat dijadikan sebagai media membangun citra bagi sebuah perusahaan. Hal ini dikarenakan iklan biasanya menampilkan suatu produk baik barang maupun jasa yang menjadi cerminan bagi perusahaan. Selain itu, biasanya sebuah perusahaan juga lebih mudah dikenal melalui iklan yang ditampilkannya.

Jenis-Jenis Iklan

Iklan dapat dikategorikan menjadi 2 jenis, yakni:

1. Periklanan Institusi (Institutional Advertising)

Periklanan institusi merupakan jenis iklan yang bertujuan bukan untuk mengampanyekan produk tertentu, melainkan untuk membangun citra pada suatu perusahaan. Biasanya, iklan jenis ini memiliki tujuan untuk mempengaruhi perspektif publik terhadap suatu persoalan atau menepis isu-isu tertentu yang ada di media.

2. Perikanan Produk (Product Advertising)

Jenis iklan ini bertujuan untuk mempromosikan suatu produk baik berupa barang maupun jasa kepada audiens. Iklan jenis inilah yang paling sering ditemukan di berbagai platfom, baik konvensional maupun digital.

Contoh-Contoh Iklan Menarik

1. Gojek

contoh iklan gojek
Contoh Iklan Gojek / ©Grid

Gojek merupakan salah satu perusahaan yang dikenal dengan iklan-iklannya yang menarik. Salah satu contohnya seperti gambar di atas, di mana jika diperhatikan setiap kata dalam iklan tersebut memiliki huruf yang disingkat untuk menunjukkan bahwa mereka memiliki layanan kurir barang tercepat.

2. Teh Botol Sosro

contoh iklan sosro
Contoh Iklan Sosro / ©SinarSosro

Iklan Teh Botol Sosro merupakan salah satu iklan yang sangat melekat di dalam ingatan. Apalagi dengan tagline legendarisnya, “Apapun makanannya, minumnya Teh Botol Sosro”.

3. McDonalds

contoh iklan mcdonalds
Contoh Iklan McDonalds / ©Boredpanda

McDonalds merupakan salah satu restoran cepat saji yang sering menghasilkan iklan yang unik dan menarik. Salah satu contoh iklannya adalah iklan ucapan Selamat Idul Fitri lewat gambar kentang goreng yang disusun seperti tangan yang menengadah.

4. Frontline

contoh iklan frontline
Contoh Iklan Frontline / ©Capitalwraps

Salah satu iklan yang tak kalah menarik adalah iklan Frontline. Frontline merupakan perusahaan obat kutu untuk hewan. Dalam iklan tersebut, jika dilihat sekilas tampak seperti seekor anjing yang dipenuhi oleh kutu, bukan?

5. Coca Cola

contoh iklan coca cola
Contoh Iklan Coca Cola / ©Koinworks

Tak kalah unik, coca cola juga dikenal sering menampilkan iklan yang menarik. Salah satu iklannya yang unik adalah seperti gambar di atas. Meskipun terlihat sederhana, namun iklan tersebut dapat mengekspresikan kesegaran yang dirasakan oleh penikmatnya melalui kata “brrrr”.

6. Nike

contoh iklan nike
Contoh Iklan Nike / ©Advertising-Indonesia

Terkadang, sebuah iklan bisa dibuat sederhana untuk menarik audiensnya, seperti iklan Nike ini. Meskipun hanya dengan gambar yang simpel dan tagline andalannya, tetap terlihat menarik, bukan?

Nah, itulah penjelasan dan beberapa contoh iklan yang menarik yang sudah dirangkum oleh dailysocial.id. Jadi, mana iklan favoritmu?