Data Pegawai Aman dengan Bantuan Pengelolaan Staff di Aplikasi Qasir

Ketika usaha Anda sudah mulai berkembang dan memutuskan untuk memiliki pegawai. Anda tentu harus memiliki sistem tersendiri untuk mengelola data kepegawaian Anda. Untuk memudahkan pengelolaan, Anda bisa menggunakan aplikasi yang terintegrasi dengan sistem khusus sehingga bisa rapi dan diakses kapanpun dan di manapun. Salah satu aplikasi yang bisa digunakan adalah Qasir.

Qasir merupakan aplikasi POS yang memungkinkan Anda untuk memiliki sistem yang terintegrasi untuk semua kebutuhan usaha Anda, mulai dari sistem penjualan, sistem keuangan, hingga sistem internal usaha yang bisa dimaksimalkan.

Mengakses Fitur Pegawai

Untuk mengakses fitur pegawai, Anda bisa menggunakan aplikasi atau website dan login menggunakan akun Qasir Anda bisa mengakses dengan mengklik ikon pegawai pada menu beranda.

Tambah Pegawai

  • Masuk ke menu pegawai, lalu klik tombol “+”

  • Akan muncul tampilan formulir dan bisa mengisi data pegawai Anda

  • Anda bisa mengunggah foto pegawai, nama pengawal, dan memilih tempat pegawai bekerja, lalu klik Simpan

Edit Pegawai

  • Masuk ke menu Pegawai, lalu pilih pegawai mana yang kamu ingin edit dengan mengklik nama pegawai di daftar pegawai

  • Setelah Anda memilih pegawai yang ingin Anda edit, Anda akan masuk ke dalam form pegawai

  • Dalam form tersebut, Anda bisa mengubah informasi pegawai yang Anda miliki dari mulai dari foto pegawai, nama pegawai, jabatan pegawai, hak akses, nomor handphone, alamat e-mail, dan password pegawai. Terdapat dua pilihan pada hak akses, yaitu Supervisor dan Operator. Supervisor berfungsi untuk mengelola akun seperti mengelola produk, pegawai, outlet, rangkuman transaksi, dan laporan transaksi lebih detail serta melakukan transaksi. Operator berfungsi hanya untuk transaksi penjualan.
  • Setelah Anda sudah selesai mengubah informasi toko, klik tombol “Simpan” yang berada di pojok kanan atas halaman

Pilih Outlet

Dalam mengelola pegawai Qasir juga memiliki fitur “Pilih Outlet” yang bisa digunakan user untuk memilih outlet yang akan di tempatkan oleh pegawai.

  • Klik icon “Pilih Outlet” yang terdapat pada form pegawai

  • Setelah Anda klik “Pilih Outlet” yang terdapat pada form pegawai
  • Pilih Outlet di mana Anda akan menempatkan pegawai

  • Setelah Anda sudah selesai memilih outlet, klik “Simpan” untuk menyimpan data Anda

Hapus Pegawai

  • Pilih pegawai yang akan dihapus pada daftar pegawai

  • Klik tombol “Hapus Pegawai” yang berada pada form pegawai
  • Setelah data pegawai di simpan, kembali ke beranda, pilih sub menu atau klik garis tiga

  • Setelah submenu dipilih, akan muncul beberapa bagian pilih “Pengaturan”

  • Setelah masuk ke pengaturan, klik “Sinkronisasi”

  • Setelah dilakukan sinkronisasi kemudian pilih “Keluar”

  • Masukkan nomor handphone dan PIN pegawai yang telah didaftarkan

  • Karyawan Anda sudah siap bertransaksi di cabang baru

Sistem ERP: Pengertian, Jenis, dan Manfaat Bagi Perusahaan

Bagi kamu yang baru pertama kali mendengar istilah ini, ERP adalah sistem manajemen informasi bisnis atau perusahaan yang banyak digunakan oleh perusahaan besar maupun kecil. Sistem ERP mampu mengumpulkan dan mengatur informasi bisnis penting dan membantu perusahaan bekerja secara efisien dan efektif.

Sebagian besar pelaku bisnis mungkin akrab dengan istilah “ERP”, tetapi hanya sedikit yang memahami fitur dan manfaat pasti yang dapat dibawa perangkat lunak ini ke bisnis mereka. Oleh karena itu, artikel ini menjelaskan apa itu ERP, cara kerjanya, apa saja jenisnya, apa keuntungannya bagi bisnis dan tipsnya.

Definisi ERP

Enterprise Resource Planning atau ERP adalah proses pengumpulan dan pengorganisasian data bisnis menggunakan perangkat lunak terintegrasi. Pada dasarnya, ERP adalah aplikasi yang mengotomatisasi dan mengontrol proses bisnis serta mengumpulkan input dari berbagai data.

Informasi ini mencakup akuntansi, manufaktur, rantai pasokan, penjualan, pemasaran, dan informasi pribadi. Saat informasi dikumpulkan di database pusat, pemimpin perusahaan tahu bagaimana memberi mereka wewenang.

Mulai dari analisis berbagai strategi, menemukan metode untuk memperbaiki proses dan mencapai keuntungan efisiensi untuk mencapai tujuan perusahaan. Ini juga membantu bisnis menghemat biaya dan produktivitas karena membutuhkan lebih sedikit waktu untuk menemukan informasi yang mereka butuhkan.

Dalam istilah awam, ERP adalah sistem yang memfasilitasi proses bisnis di semua departemen. Dengan bantuan ERP, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi sumber daya bisnisnya untuk kebutuhan produksi dan kepegawaian.

Awalnya, ERP diterapkan pada produksi menggunakan model Economic Order Quantity (EOQ). Sistem jadwal yang digunakan masih berbasis kertas. Sistem ini secara bertahap digantikan oleh sistem Material Resource Planning (MRP).

MRP dikembangkan pada tahun 1960-an dan kemudian menjadi MRP II. ERP modern digunakan di perusahaan pada 1990-an sebagai perangkat lunak yang terintegrasi ke dalam kehidupan bisnis sehari-hari.

Sistem ERP adalah alat digital baru yang memungkinkan bisnis mengelola hubungan rantai pasokan, mengelola inventaris, mengotomatiskan akuntansi, dan lainnya. Saat ini, ERP ditemukan di beberapa industri di berbagai bidang. Selain itu, perangkat lunak ERP kini tersedia di platform cloud-hosted.

Jenis ERP Berdasarkan Implementasi

Terdapat beberapa jenis ERP berdasarkan kegunaan atau implementasi dalam perusahaan. Masing-masing jenis tentu memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Berikut beberapa jenis sistem ERP, diantaranya:

ERP On Premise

Ini adalah software ERP yang digunakan secara langsung dalam perangkat di perusahaan. Sistem ini dirancang untuk semua ukuran perusahaan, meskipun mungkin lebih sesuai untuk perusahaan kecil dan menengah.

Open Source ERP

Seperti halnya software open source lainnya, jenis ERP ini memungkinkan perusahaan untuk memeriksa, memodifikasi, dan meningkatkan kode sumber ERP.

Adanya ERP open source, perusahaan mampu menyesuaikan aplikasi agar lebih sesuai dengan tempat kerja.

ERP Berbasis Cloud

Jenis ERP ini tersedia melalui layanan hosting Cloud. Opsi ini memungkinkan perusahaan untuk mengakses data secara real-time selama perusahaan memiliki akses internet. Software ERP berbasis cloud umumnya cocok digunakan dalam perusahaan besar.

Hybrid ERP

ERP ini merupakan sistem perencanaan sumber daya perusahaan yang memadukan penyebaran on-premise dan berbasis Cloud.

Manfaat Sistem erp

Ada beberapa manfaat dari penggunaan ERP dalam perusahaan. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

Visibilitas dan Efektifitas Alur Kerja

Sebelum menggunakan sistem ERP, koordinasi antara beberapa workstation membutuhkan lebih banyak usaha. Jika kamu ingin memperbarui bagian tertentu dari perusahaan, kamu harus menelepon atau mengunjungi kantor pihak terkait.

Dengan bantuan sistem ERP, perusahaan kini dapat merevolusi transparansi proses kerja di perusahaan. Bisnis dapat mengakses database ERP bersama untuk informasi transaksi real-time.

Analisis Data

Untuk menjalankan bisnis, pengambilan keputusan harus berpedoman pada informasi yang akurat. Nah, ERP adalah solusi untuk menyediakan metode pengumpulan, analisis, dan pelaporan data. Bahkan ada cara untuk menganalisis data secara real time untuk membuat perubahan langsung pada proses manufaktur perusahaan.

Solusi Penjadwalan

Manfaat selanjutnya adalah mempermudah perusahaan dalam hal penjadwalan. Perusahaan dapat mengatur shift kerja karyawan, kapan inventaris dikirim, dan kapan waktunya perusahaan menjalani pemeliharaan.

Kolaborasi Lintas Departemen

Semakin banyak departemen yang ada di perusahaan, semakin penting untuk mengontrol komunikasi internal untuk menghindari penyalahgunaan.

Itulah mengapa ERP hadir sebagai alat komunikasi yang mengelola semua dokumen, file, email, teks, dan rekaman panggilan yang dipindai. Bahkan ada saluran internal pribadi untuk komunikasi instan, seperti aplikasi CRM untuk berkomunikasi dengan pelanggan.

Manajemen Risiko dan Keamanan Data

Sistem ERP juga bermanfaat dalam melindungi bisnis dari praktik penipuan di era digital. Saat bisnis perusahaan sedang online, perusahaan dapat memberikan keamanan tambahan dengan melakukan audit otomatis dan pemantauan penipuan.

Apalagi jika perusahaan memproses banyak data sensitif. Menggunakan sistem ERP dapat memberikan keamanan dengan menyimpan semua dokumen dan komunikasi penting. Organisasi juga dapat mengurangi duplikasi data dengan menyimpan semua data dalam satu sistem terpadu.

Dapat Disesuaikan dengan Kebutuhan Perusahaan

Setiap perusahaan harus mempertimbangkan beberapa variabel unik dalam bisnis mereka. Apakah perusahaan bekerja sama dengan perusahaan internasional? Apakah perusahaan harus secara rutin menyerahkan dokumen resmi kepada pihak berwenang?

Untuk memudahkan operasional perusahaan, tersedia software ERP dengan modul khusus yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis perusahaan. Misalnya software akuntansi yang bisa kamu gunakan sesuai kebutuhan bisnis kamu dengan built-in financial management.

Sistem ERP telah menjadi solusi bagi perusahaan yang ingin menggunakan sumber daya secara bijak. ERP dapat membantu perusahaan merealokasi sumber daya manusia dan keuangan atau membangun proses yang lebih efisien tanpa mengorbankan kualitas atau efisiensi.

Selain itu, ERP juga menguntungkan dalam hal perencanaan dan koordinasi. Karyawan dapat melihat daftar detail inventaris dan pesanan pelanggan yang tersedia saat ini. Kemudian bandingkan pesanan pemasok dan perkirakan permintaan di masa mendatang. Jika perlu, mereka dapat melakukan penyesuaian untuk menghindari masalah yang tidak diinginkan.

Istilah Continuous Improvement: Pengertian, Konsep, Manfaat dan Penerapannya ke Bisnis

Di tengah perkembangan bisnis yang pesat dan persaingan pasar yang ketat, pelaku bisnis perlu menerapkan strategi untuk mempertahankan bisnisnya, sehingga dapat tetap relevan di mata konsumen.

Salah satu bentuk strategi yang dapat diterapkan perusahaan adalah dengan menjaga ketahanan dan melakukan inovasi. Maka dari itu, pelaku bisnis perlu memahami dan mengimplementasikan peningkatan berkelanjutan atau continuous improvement.

Lantas, apa sih yang peningkatan berkelanjutan atau continuous improvement itu? serta, bagaimana dampaknya bagi perusahaan? Berikut ulasannya.

Pengertian Continuous Improvement

Continuous improvement adalah upaya memperbaiki sekaligus mengembangkan suatu program secara berkelanjutan, melalui kegiatan evaluasi yang diharapkan membuahkan solusi bagi keberlangsungan bisnis.

Umumnya, peningkatan berkelanjutan ini dilakukan oleh pelaku bisnis untuk memperbaiki dan menginovasi produk, layanan dan proses kegiatan bisnis di perusahaannya. Tujuannya adalah untuk mengembangkan usaha dan menjaga ketahanan perusahaan.

Proses dalam menjalankan continuous improvement ini dapat dikatakan praktis dan fleksibel. Tak ayal peningkatan berkelanjutan ini disebut juga sebagai Kaizen atau metode praktis yang berfokus kepada perbaikan yang lebih baik dari kondisi sebelumnya.

Pada dasarnya, Kaizen merupakan filosofi kerja asal Jepang yang umumnya diimplementasikan oleh perusahaan. Dalam penerapannya, Kaizen ini akan melibatkan seluruh karyawan di perusahaan dari berbagai level, mulai dari yang paling tinggi hingga paling rendah.

Konsep PDCA dalam Peningkatan Berkelanjutan

Implementasi continuous improvement atau Kaizen ini membutuhkan sebuah alat berupa konsep PDCA (plan, do, check, art). Konsep PDCA ini dijadikan sebagai alat kendali operasional perusahaan dan proses peningkatan yang berkelanjutan.

Berikut penjelasannya:

  • P = Plan, yakni tahap perencanaan dan menentukan apa yang akan dilakukan untuk melakukan perbaikan. Caranya dapat dengan mengidentifikasi peluang dan potensi penunjang inovasi untuk merencanakan perubahan yang ditargetkan.
  • D = Do, merupakan tahap melakukan proses implementasi dengan skala kecil dari rencana yang sudah disusun di tahap sebelumnya. Selain melakukan implementasi, pada tahap ini juga perlu dilakukan kontrol pada proses implementasi.
  • C = Check, yakni tahap pemantauan serta mengukur proses dan hasil rencana yang ditentukan sebelumnya. Caranya dapat dengan melakukan pengecekan ulang pada data yang ada dalam konsep yang direncanakan.
  • A = Act, merupakan tahap implementasi skala besar yang dilakukan setelah pengecekan ulang.

Manfaat Continuous Improvement dalam Bisnis

Kegiatan peningkatan secara berkelanjutan dinilai dapat berperan penting bagi kelangsungan sebuah bisnis. Berikut ini beberapa manfaat yang dapat dituai dari penerapan continuous improvement:

  • Terhindar dari Pemborosan

Implementasi continuous improvement akan mendorong karyawan untuk terus berkembang setiap hari. Dengan begitu, perusahaan dapat terhindar dari pemborosan waktu dan biaya yang digunakan untuk melakukan perubahan secara besar-besaran.

  • Adaptif terhadap Perkembangan

Perusahaan terutama bagi yang masih merintis atau pemula (startup) perlu peka terhadap perkembangan bisnis. Adanya peningkatan berkelanjutan ini dapat meningkatkan sensitivitas perusahaan terhadap perkembangan yang ada, sehingga dapat cepat mengembangkan bisnisnya.

  • Meningkatkan Produktivitas

Penerapan continuous improvement di perusahaan akan lebih fokus pada yang hal terpenting, yaitu kebutuhan pelanggan. Dengan begitu, perusahaan akan menghasilkan produk sesuai target dan kriteria dengan pesanan pelanggan. Tarik sistem produksi dan penggunaan kartu Kanban akan mampu memfasilitasi implementasi.

  • Menumbuhkan Sikap Disiplin

Perbaikan yang dilakukan terus menerus juga dapat membentuk sikap disiplin dalam lingkungan kerja. Sikap disiplin ini akan meningkatkan etos kerja karyawan dan dapat berpengaruh pada peningkatan pencapaian target perusahaan.

Penerapan Continuous Improvement dalam Perusahaan

Saat ini continuous improvement telah banyak diterapkan oleh banyak perusahaan. Sejumlah perusahaan bahkan menjadikan peningkatan berkelanjutan ini sebagai bagian dari budaya yang ingin dibangun dalam lingkungan kerja perusahaan.

Cara yang dapat dilakukan sejumlah perusahaan dalam mengimplementasi peningkatan berkelanjutan ini dapat dengan mengadakan acara atau agenda khusus seperti pelatihan atau penilaian pekerja atau bisa juga dengan menerapkan metode lean manufacturing.

Pada dasarnya, continuous improvement sendiri merupakan bagian dari metode metode lean manufacturing, namun tidak begitu baku. Continuous improvement lebih fleksibel dalam prosesnya. Sedangkan, metode lean manufacturing bertujuan untuk meningkatkan proses dengan menghilangkan aktivitas yang tidak memiliki nilai dalam sebuah proses.

Demikian ulasan terkait continuous improvement, mulai dari pengertian, metode, manfaat hingga penerapannya bagi perusahaan.

4 Keuntungan Bergabung Menjadi Mitra GrabKios, Apa Saja?

Mengapa harus GrabKios? Pertanyaan tersebut pasti terbersit di benak Anda ketika mempertimbangkan penggunaan aplikasi GrabKios untuk berjualan pulsa. Jika Anda masih ragu daftar sebagai Mitra, mungkin daftar keuntungan gabung GrabKios yang akan dibahas pada artikel ini akan membantu Anda dalam membuat keputusan.

Tapi, sebelum masuk ke daftar keuntungan Mitra GrabKios, simak dulu yuk sedikit informasi mengenai apa itu GrabKios di bawah ini!

Apa Itu GrabKios?

GrabKios merupakan aplikasi digital dari Grab yang dibuat untuk memudahkan siapa saja yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan, baik individu atau pemilik usaha kecil, dengan menjual pulsa, paket data, dan produk-produk digital lainnya.

Mendaftar sebagai Mitra GrabKios juga sangatlah mudah. Namun, saat ini aplikasi GrabKios hanya bisa diakses melalui smartphone Android. Sehingga, calon Mitra pengguna iOS akan mengalami kesulitan untuk bergabung dengan GrabKios.

Keuntungan Gabung Mitra GrabKios

Meski saat ini telah tersedia banyak aplikasi serupa, namun GrabKios masih patut dipertimbangkan karena menyediakan banyak keuntungan bagi Mitra-nya. Apa saja? Berikut rangkuman informasinya.

Proses Pendaftaran Mudah

Pendaftaran akun Mitra GrabKios sangatlah mudah. Untuk mendaftar, Anda hanya perlu mempersiapkan dokumen berupa KTP dan nomor HP aktif yang akan digunakan untuk login.

Pilihan Produk Digital dan Layanan yang Lengkap

GrabKios menuyediakan banyak sekali layanan/produk digital yang bisa menjadi sumber penghasilan untuk Mitra GrabKios, antara lain:

  • Layanan pembayaran tagihan (listrik, PDAM, BPJS, telepon rumah, multifinance, dan internet pascabayar),
  • Isi ulang pulsa, paket data, token listrik, dan saldo pengemudi Grab,
  • Layanan kirim uang ke semua bank dan beli emas, serta
  • Layanan pendaftaran Mitra Pengemudi Grab.

Harga Awal Murah

Seluruh produk atau layanan GrabKios dapat Anda beli dengan harga yang terjangkau, sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan lebih besar ketika menjual pulsa, paket data, atau produk-produk lainnya dari GrabKios.

Bisa Transaksi Menggunakan OVO Cash

Untuk memudahkan proses transaksi Mitra di aplikasi, GrabKios kini dapat terhubung dengan OVO Cash. Sehingga, Mitra GrabKios hanya perlu top-up OVO Cash apabila ingin bertransaksi di aplikasi GrabKios.

Demikian 4 keuntungan gabung sebagai Mitra GrabKios. Bagaimana? Apakah Anda tertarik mendaftar sebagai Mitra setelah membaca informasi di atas?

Anda juga dapat mempertimbangkan aplikasi jualan pulsa lainnya untuk menemukan aplikasi yang tepat untuk Anda. Selamat mencoba!

Cara Jual Produk Jasa Freelancer secara Online di Aplikasi Fiverr

Fiverr adalah aplikasi marketplace yang mewadahi freelancer untuk menawarkan produk atau jasanya kepada klien pencari jasa freelance di seluruh dunia secara online. Platform yang berdiri sejak 2010 ini memiliki gagasan untuk mempermudah proses perekrutan pekerja lepas.

Aplikasi ini menjadi jembatan yang menghubungkan langsung pekerja lepas dengan kliennya tanpa melalui perantara. Bagi Anda seorang desainer grafis, penulis, penerjemah, progammer, editor, pengisi suara dan pekerja digital lainnya, Fiverr menjadi platform yang menjanjikan.

Para freelancer dapat menampilkan portofolio hasil kerjanya untuk dapat berlomba menarik minat calon klien. Sementara, para pencari jasa dapat memilih sendiri pekerja lepas yang sesuai dengan kriteria yang diinginkannya.

Lantas, bagaimana cara freelancer dapat menawarkan produk atau jasanya secara online di aplikasi Fiverr? Berikut ulasannya.

Langkah Menjual Produk Jasa di Aplikasi Fiverr

Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan oleh para freelancer yang ingin menawarkan dan menjual produknya di seluruh dunia secara online melalui aplikasi Fiverr. Langkah-langkahnya antara lain sebagai berikut:

1. Membuat Profil Penjual

Sebelum menawarkan jasa dan layanan Anda di aplikasi Fiverr, pastikan Anda telah membuat akun Fiverr versi penjual. Fiverr memungkinkan Anda memiliki akun pembeli dan akun penjual sekaligus. Namun, Anda hanya boleh memiliki satu akun penjual di Fiverr. Begini cara daftarnya:

  • Masuk ke situs web atau aplikasi Fiverr.

  • Klik profil akun Fiverr yang telah Anda miliki.
  • Masuk ke drop-down menu, lalu pilih ‘Become a Seller’.

  • Selanjutnya, Fiverr akan mengarahkan Anda untuk menonton video panduan menjadi penjual di Fiverr. Setelah selesai menonton, klik ‘Lanjutkan’.
  • Lengkapi bidang wajib dari jasa atau layanan yang Anda tawarkan.
  • Lalu, lengkapi informasi terkait pelatihan, pengalaman kerja dan keterampilan Anda.
  • Fiverr akan memberi opsi bagi Anda untuk menautkan akun ke platform media sosial lainnya.
  • Lalu, silakan verifikasi akun Anda melalui telepon.
  • Setelahnya, akun Fiverr versi penjual milik Anda telah berhasil dibuat. Silakan mulai tawarkan jasa dan layanan Anda dengan ‘Create Your First Gig’.

2. Unggah Produk atau Jasa

Melansir dari laman resmi Fiverr, jasa atau layanan yang ditawarkan oleh para freelancer di Fiverr disebut sebagai ‘Gig’. Sebagai catatan, Gig hanya dapat dibuat melalui desktop Anda. Saat membuat ‘Gig’, freelancer selaku penyedia jasa memiliki kesempatan untuk memamerkan bakatnya.

Penyedia jasa dapat menentukan tarif ‘Gig’-nya sendiri. Selain itu, penyedia jasa juga bisa menawarkan paket ‘Gig’ dengan harga khusus kepada kliennya. Paket tersebut dapat berisi rentang harga yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan pencari jasa.

3. Lakukan Jual Beli

Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mulai menjual:

  • Pastikan Anda telah mengaktifkan akun penjual Anda menggunakan desktop.
  • Buka aplikasi di perangkat seluler.
  • Klik ikon akun yang ada di kanan bawah layar.
  • Anda dapat switch mode pembeli dan penjual menggunakan sakelar di bagian atas halaman untuk mengaktifkan atau menonaktifkan mode penjual.

Pesanan jasa dapat diselesaikan oleh freelancer dalam rentang waktu satu hingga dua hari atau bisa lebih, tergantung pada waktu pengiriman dan antrian pesanannya. Pesanan tersebut akan dibayar di muka oleh pembeli jasa.

Lalu, ketika pesanan telah selesai, freelancer selaku penyedia jasa akan menerima 80% dari total nilai pesanan. Misalnya, jika tarif pesanan dipatok sebesar sepuluh dolar, maka freelancer akan mendapatkan delapan dolar.

Demikian tutorial menawarkan produk atau jasa freelance secara online di aplikasi Fiverr.

Pasar Monopoli: Pengertian, Contoh, Ciri-ciri dan Kelebihannya

Pernahkah kamu mendengar tentang istilah pasar monopoli? Dalam ilmu ekonomi, pasar monopoli merupakan bentuk pasar persaingan tidak sempurna. Sebab, pasar monopoli memiliki jumlah penjual yang lebih sedikit dibandingkan pembelinya.

Jumlah penjual yang lebih sedikit membuat mereka dapat menentukan sendiri harga barang yang ditawarkan tanpa takut dengan adanya persaingan harga.

Lantas, apa pengertian pasar monopoli dan apa saja ciri-ciri beserta contohnya? DailySocial.id sudah merangkumkannya untukmu.

Pengertian Pasar Monopoli

Monopoli merupakan kata yang berasal dari bahasa Yunani, yakni ‘monos’ yang berarti satu dan ‘polein’ yang berarti menjual. Maka dari itu, pasar monopoli dapat diartikan sebagai sebuah pasar di mana hanya terdapat satu penjual atau produsen tunggal yang berperan dan menguasai pasar.

Penjual atau produsen tunggal dalam pasar monopoli biasanya memiliki kuasa untuk menentukan harga, karena tidak adanya persaingan atau kompetitor. Meski begitu, penjual juga memiliki keterbatasan dalam menentukan harga, karena jika harga yang ditentukan terlalu mahal, maka pembeli akan menunda pembelian dan beralih untuk membeli barang di pasar ilegal yang lebih murah.

Ciri-Ciri Pasar Monopoli

Salah satu ciri-ciri pasar monopoli yang paling terlihat adalah sulitnya kompetitor untuk mengakses pasar yang sama. Selain itu, ada beberapa ciri-ciri lain, yakni:

1. Adanya Penjual atau Produsen Tunggal

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, hanya terdapat satu penjual atau produsen tunggal dalam monopoli. Produsen ini menawarkan barang atau jasa yang tidak diproduksi oleh produsen lain, sehingga pembeli tidak punya pilihan lain untuk menggunakan produk yang ditawarkan oleh produsen tersebut.

2. Tidak Ada Alternatif Barang Lain

Biasanya, produk yang ditawarkan dalam pasar monopoli adalah produk yang tidak dapat diganti dengan alternatif lain, sehingga pembeli tidak memiliki pilihan lain selain membelinya. Contoh produk di pasar monopoli yaitu aliran listrik dari PLN yang menjadi kebutuhan masyarakat sehari-hari.

3. Sulitnya Kompetitor untuk Mengakses Pasar Serupa

Pasar monopoli merupakan pasar yang tidak terjadi persaingan. Hal ini dikarenakan ada berbagai hambatan bagi kompetitor untuk masuk ke dalam pasar. Hambatan-hambatan tersebut bisa berupa legalitas dari pemerintah, persaingan harga yang tidak seimbang, dan lain sebagainya.

4. Bebas Menentukan Harga

Karena tidak adanya persaingan, penjual atau produsen tunggal dalam pasar monopoli memiliki kewenangan untuk menentukan harga.

5. Tidak Perlu Iklan

Barang yang dijual dalam pasar monopoli biasanya merupakan barang yang dibutuhkan oleh masyarakat dan tidak memiliki alternatif pengganti lain. Oleh sebab itu, penjual atau produsen di pasar monopoli tidak memerlukan iklan untuk mempromosikan produknya.

Contoh Pasar Monopoli di Indonesia

Indonesia merupakan salah satu negara yang telah melarang praktik monopoliberdasarkan UU Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Tidak Sehat. Meski begitu, ada beberapa praktif monopoli yang tetap diizinkan, yang biasanya terkait dengan kebutuhan vital masyarakat.

Beberapa contoh pasar monopi di Indonesia, seperti:

  1. PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), sebagai penyedia energi listrik.
  2. PT Pertamina, sebagai penyedia bahan bakar.
  3. PT Kereta Api Indonesia (KAI), sebagai penyedia layanan transportasi kereta api.
  4. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), sebagai penyedia air bersih.
  5. PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni), sebagai penyedia transportasi laut.
  6. PT Pindad, sebagai produsen alat utama sistem senjata (alutsista).

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai pasar monopoli mulai dari pengertian, ciri-ciri, hingga contohnya di Indonesia. Meski pasar monopoli kerap dianggap dapat mengakibatkan penyalahgunaan kekuatan ekonomi, namun di Indonesia pasar monopoli dibutuhkan agar negara dapat mengatur sumber daya yang menjadi kebutuhan vital masyarakat.

[Video] Membangun Komunitas “Climate Tech” bersama Ecoxyztem

DailySocial bersama Co-founder & CEO Ecoxyztem Jonathan Davy membahas bagaimana tren climate tech di Indonesia.

Menurut pria yang akrab disapa Jojo ini, Ecoxyztem memiliki cara yang cukup berbeda dibandingkan venture builder pada umumnya.

Tahun ini, Ecoxyztem telah menjadi bagian dari Climate-KIC Accelerator yang merupakan jaringan global inisiatif di isu perubahan iklim, yang awalnya diinisiasi Uni Eropa.

Bagaimana kriteria startup yang masuk di komunitas Ecoxyztem? Bagaimana cara Ecoxyztem membantu perusahaan yang fokus pada climate tech untuk bertumbuh dan bertahan di industri?

Simak pembahasannya di video wawancara berikut.

Untuk video menarik lainnya seputar program akselerasi dan ekosistem pendukung startup Indonesia, kunjungi kanal YouTube DailySocialTV dalam sesi Let’s Accelerate.

Jual dan Beli Jasa Freelance di Aplikasi Fiverr, Begini Cara Daftarnya!

Tren bekerja lepas atau freelance saat ini tengah banyak digandrugi oleh masyarakat. Salah satu platform yang dapat dimanfaatkan untuk menawarkan dan mencari jasa freelance secara global adalah Fiverr.

Fiverr merupakan aplikasi marketplace untuk layanan freelance yang telah berdiri sejak 2010. Platform ini bermisi untuk mempermudah proses bertemunya para pekerja lepas dengan pencari jasa freelancer di seluruh dunia secara online.

Jasa yang ditawarkan di Fiverr beragam, di antaranya yakni desain grafis, digital marketing, menulis dan terjemahan, video dan animasi, musik dan audio, pemrograman dan teknologi, data, bisnis hingga gaya hidup.

Lantas, bagaimana syarat dan cara mendaftar aplikasi Fiverr? Berikut penjelasannya.

Cara Daftar Aplikasi Fiverr

Perlu diketahui, layanan Fiverr mengharuskan calon penggunanya berusia minimal 18 tahun dan usia legal untuk membentuk kontrak yang mengikat. Namun, calon pengguna di bawah 18 tahun masih dapat menggunakan layanan Fiverr dengan akun orang tua dan wali sahnya.

Setelah memenuhi persyaratan tersebut, calon pengguna dapat mendaftar aplikasi Fiverr, baik sebagai pembeli maupun penjual. Berikut penjelasan terkait langkah-langkahnya:

Daftar sebagai Pembeli Jasa

Secara default, semua akun yang dibuat di Fiverr adalah akun pembeli. Perbedaan antara akun pembeli dan penjual hanya terjadi jika pembeli memutuskan untuk mulai menawarkan layanan di Fiverr sebagai penjual. Begini cara daftarnya:

  • Masuk ke laman resmi Fiverr atau dapat mengunduh aplikasinya di Google PlayStore/Apple Store.

  • Klik ‘Gabung’.

  • Masukkan alamat email Anda dan klik ‘Lanjutkan’. Sebagai catatan, Anda dapat bergabung melalui akun Facebook, Google Connect dan Apple Connect.

  • Lalu, silakan tentukan nama pengguna Anda yang akan digunakan sebagai nama tampilan dan URL Fiverr milik Anda.
  • Buat kata sandi akun Anda dan klik ‘Gabung’.
  • Akun Anda berhasil terdaftar.

Setelah mengikuti serangkaian langkah di atas, silakan periksa email Anda yang telah didaftarkan untuk mengaktifkan akun. Sebagai catatan, tautan aktivasi yang dikirim ke email Anda berlaku selama 30 hari sejak mendaftar.

Daftar sebagai Penjual Jasa

Sebelum menawarkan jasa dan layanan Anda di aplikasi Fiverr, pastikan Anda telah membuat akun Fiverr versi penjual. Fiverr memungkinkan Anda memiliki akun pembeli dan akun penjual sekaligus. Namun, Anda hanya boleh memiliki satu akun penjual di Fiverr. Begini cara daftarnya:

  • Klik profil akun Fiverr versi pembeli yang sebelumnya telah Anda buat.
  • Masuk ke drop-down menu, lalu pilih ‘Become a Seller’.

  • Selanjutnya, Fiverr akan mengarahkan Anda untuk menonton video panduan menjadi penjual di Fiverr. Setelah selesai menonton, klik ‘Lanjutkan’.

  • Lengkapi bidang wajib dari jasa atau layanan yang Anda tawarkan.
  • Lalu, lengkapi informasi terkait pelatihan, pengalaman kerja dan keterampilan Anda.
  • Fiverr akan memberi opsi bagi Anda untuk menautkan akun ke platform media sosial lainnya.

  • Lalu, silakan verifikasi akun Anda melalui telepon.

  • Setelahnya, akun Fiverr versi penjual milik Anda telah berhasil dibuat. Silakan mulai tawarkan jasa dan layanan Anda dengan ‘Create Your First Gig’.

Melansir dari laman resmi Fiverr, jasa atau layanan yang ditawarkan oleh para freelancer di Fiverr disebut sebagai ‘Gigs’. Saat membuat ‘Gigs’, penyedia jasa dapat menentukan tarif awalnya sendiri.

Selain itu, penyedia jasa juga bisa menawarkan paket ‘Gigs’ untuk jasa atau layanan tertentu dengan harga khusus kepada kliennya. Paket tersebut dapat berisi rentang harga yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan pencari jasa.

Biasanya, pesanan jasa akan diselesaikan dalam rentang waktu satu hingga dua hari atau bisa lebih, tergantung pada waktu pengiriman dan antrian pesanan dari penyedia jasa. Sebagai klien, para pencari jasa diminta untuk membayar di muka.

Lalu, ketika pesanan telah selesai, freelancer selaku penyedia jasa akan menerima 80% dari total nilai pesanan. Misalnya, jika tarif pesanan dipatok sebesar sepuluh dolar, maka freelancer akan mendapatkan delapan dolar.

Demikian penjelasan terkait cara mendaftar aplikasi Fiverr, baik bagi penjual maupun pencari jasa freelance.

Startup HR-Tech “Venteny” Segera IPO, Incar Dana Segar 422 Miliar Rupiah

Startup HR-tech Venteny akan meramaikan pasar modal dengan mencatatkan diri di Bursa Efek Indonesia pada 14 Desember mendatang dengan ticket VTNY. Venteny melepas 939,78 juta lembar saham atau 15% dari modal ditempatkan dan disetor penuh.

Menurut prospektus perseroan, harga yang ditawarkan kepada masyarakat sekitar Rp350 hingga Rp450 per saham, sehingga dana segar yang diperoleh sebanyak-banyaknya dari aksi korporasi ini adalah Rp422,9 miliar.

Perseroan merinci penggunaan dana IPO, yakni sebesar 42% atau Rp177,62 miliar akan digunakan untuk pinjaman kepada entitas anak PT Venteny Matahari Indonesia. Setelah dana dikembalikan, sebanyak 30% di antaranya digunakan untuk pengembangan aplikasi super Venteny yang bergerak pada solusi manajemen SDM, termasuk penguatan IT, produk, ekspansi bisnis di luar pulau Jawa.

Lalu, sisanya akan digunakan untuk modal kerja, termasuk perkuat tim, dan strategi pemasaran sehingga bisa mendorong aktivitas penguatan awareness brand Venteny.

Perseroan juga mengadakan program employee stock allocation (ESA) dengan jumlah sebanyak-banyaknya 1 juta saham atau 0,11% dari saham yang ditawarkan pada saat penawaran perdana saham untuk program ESA saham kepada karyawan. Juga menyetujui pelaksaaan program Management and Employee Stock Option Plan (MESOP) dengan jumlah sebanyak-banyaknya 532,5 juta saham atau 7,38% dari modal ditempatkan dan disetor setelah Penawaran Umum Perdana Saham, pelaksaaan ESA, dan MESOP.

BRI Danareksa Sekuritas, Surya Fajar Sekuritas, dan Mirae Asset Sekuritas Indonesia ditunjuk perseroan sebagai penjamin pelaksana emisi efek dalam aksi korporasi ini.

Masa penawaran awal dimulai pada hari ini sampai 29 November mendatang. Sementara untuk perkiraan tanggal pencatatan di BEI pada 14 Desember 2022.

Masih dari sumber yang sama, per Juni 2022, Venteny mencatatkan pertumbuhan pendapatan sebesar Rp29,2 miliar atau naik 71% secara year-on-year. Beban pokoknya tercatat sebesar RP18,22 miliar, naik 196%, sementara untuk laba komprehensif tahun berjalan tercatat sebesar Rp4,92 miliar, naik drastis hingga 2.005%. Kenaikan ini sejalan dengan pendapatan netto dan peningkatan penghasilan komprehensif lain atas selisih kurs.

Adapun untuk aset perseroan mencapai Rp354,52 miliar, meningkat 47% secara year-to-date dan liabilitasnya juga naik menjadi Rp273,89 miliar meningkat 31%.

Perkembangan Venteny

Venteny sendiri adalah startup HR-tech yang menyediakan teknologi untuk memenuhi kebutuhan karyawan melalui peningkatan employee happiness dan employee engagement. Pertama kali diperkenalkan di pasar Filipina pada 2015, melalui kantor operasional VENTENY Inc., layanan ini secara resmi beroperasi di Indonesia pada 2019 dan mendirikan kantor pusatnya di sini.

Venteny membangun ekosistem employee superapp melalui kerja sama dengan pihak ketiga untuk menyelenggarakan beberapa layanannya, seperti Program Teknologi Keuangan (V-Nancial), Program Asuransi Berbasis Teknologi (VENTENY Insurance & Protection Program) atau “VIP”, Program Keuntungan Karyawan (V-Merchant), dan Program Pendidikan Berbasis Teknologi (V-Academy).

Melalui fitur V-Nancial misalnya, terdapat tiga jenis employee loan, yakni Multipurpose Loan, Education Loan, dan Cash Advance yang serupa dengan kasbon yang dapat dipilih. Perseroan bekerja sama dengan perusahaan pembiayaan yang telah memiliki izin dari OJK sebagai sumber akses dana darurat karyawan.

Dalam prospektus juga disampaikan, bisnis keuangan punya prospek yang cerah di Indonesia karena adanya kesenjangan pendanaan UMKM yang tidak terpenuhi. Posisi perusahaan sebagai lender punya peluang, dapat memberikan pinjaman yang tidak terbatas selama repayment capacity tersedia. Bermitra dengan beberapa perusahaan p2p dapat mencakup lebih banyak pasar, namun tidak menutup kemungkinan untuk mengakuisisi salah satu perusahaan.

“Di mana saat mengakuisisi P2P tersebut, perseroan akan lebih dapat mengendalikan proses bisnis keuangan dan aktivitas operasional perusahaan tersebut,” tulis prospektus.

Model bisnis yang diterapkan Venteny, terdiri dari tiga segmen, yakni B2B, B2B2E, dan B2C. Kontribusi dari B2B mendominasi dengan pertumbuhan pengguna mencapai 161,61% per Maret 2022. Diklaim ada lebih dari 200 korporat yang menaungi lebih dari 200 ribu karyawan yang menjadi penerima benefit dari Venteny.

Selain B2B, Venteny juga akan terus mengoptimalkan layanannya ke segmen B2B2E pada tahun ini dan mempersiapkan program My Benefits, yang didesain khusus berdasarkan orientasi divisi HR (Human Resources) atau SDM (Sumber Daya Manusia) di perusahaan. My Benefits mengusung skema berlangganan yang dibayarkan perusahaan untuk para karyawannya, mengakses fitur-fitur eksklusif, seperti pelatihan, asuransi, hingga penyediaan fasilitas-fasilitas penunjang gaya hidup.

Dalam data terakhir, Venteny sudah beroperasi di 3 negara, yaitu Filipina, Singapura, dan Indonesia, dengan lebih dari 250.000 pengguna di Filipina dan lebih dari 220.000 pengguna di Indonesia.

Mengutip dari CNBC Indonesia, Founder & Group CEO Venteny Jun Waide mengatakan setidaknya ada dua negara yang dibidik perseroan pada 2023, yakni Vietnam dan Thailand. Menurutnya, kedua negara ini dinilai punya potensial yang sama dengan Indonesia.

Venture Capital Adalah: Contoh dan Daftarnya di Indonesia

Kamu yang saat ini sedang mengembangkan dunia startup pasti tahu apa itu venture capital. Ini adalah lembaga keuangan yang menyediakan banyak dana untuk startup. Keberadaan VC (venture capital) tentunya sangat penting untuk keberlangsungan pembiayaan start up itu sendiri.

Kali ini DailySocial.id akan memberikan rekomendasi venture capital di Indonesia terbaik!

Pengertian Venture Capital

Modal ventura sendiri merupakan pendanaan yang diberikan investor kepada usaha kecil, seperti startup, yang dinilai memiliki potensi jangka panjang yang besar. Umumnya, perusahaan modal ventura ini menghimpun dana sendiri dari berbagai kalangan seperti investor kaya, lembaga keuangan, bank investasi dan lain-lain.

Namun perlu diketahui, tidak semua perusahaan modal ventura menawarkan modal dalam bentuk dana. Terkadang bantuan juga diberikan dalam bentuk keahlian teknis atau keterampilan khusus.

Pada prinsipnya, setiap investor yang memberi VC sejumlah uang, yang kemudian mengalir kembali ke startup, mengambil risiko tinggi. Oleh karena itu, tidak semua startup mendapatkan pendanaan yang cepat dan lancar dari perusahaan modal ventura.

Beberapa Venture Capital di Indonesia

Convergence

Jika kamu berpikir ini adalah perusahaan asing, kamu salah. Padahal, ini adalah bagian dari grup Bakrie. Diketahui perusahaan ini menyiapkan dana sekitar 333 miliar rupiah untuk diinvestasikan pada startup di Indonesia.

Bagi kamu yang tertarik untuk menerima pendanaan dari VC ini sebaiknya mempelajari syarat dan besaran pendanaan yang dimiliki oleh perusahaan ini.

Fenox Ventures Capital

Ini adalah Venture Capital yang berasal dari Silicon Valley yang cukup terkenal. Ketika portofolio yang kamu miliki masuk ke dalam kategori portofolio yang perusahaan tersebut inginkan. Sudah pasti sejumlah dana akan langsung digelontorkan.

Gree Ventures

Gree Ventures juga termasuk perusahaan modal ventura yang cukup aktif berinvestasi di Asia Tenggara, khususnya Indonesia. Seperti perusahaan modal ventura lainnya, perusahaan ini memiliki beberapa kategori pendanaan.

Yang mungkin belum banyak diketahui adalah bahwa perusahaan ini berasal dari Jepang dan dipimpin oleh Yusuke Amano, Naoki Aoyagi dan juga Tatsuo Tsutsumu.

Ada beberapa perusahaan startup yang dibiayai oleh Gree Ventures seperti Urbanindo, Berrybenka, Pricearea, Back Bukalapak dan lainnya. Sementara dari negara lain ada startup LuXola (perusahaan kosmetik asal Singapura) dan lain-lain.

Rebright Partners

Ini adalah salah satu perusahaan modal ventura yang berinvestasi di kawasan Asia Tenggara termasuk Indonesia. Didirikan oleh Takeshi Ebihara, perusahaan asal Jepang ini berfokus pada startup internet dan mobile di enam negara besar Asia termasuk Indonesia.

Sebelum mendirikan firma VC, ia bekerja di Batavia Incubator, Fortune Institute dan juga di GMO Venture Partners. Rebright Partners, singkatnya RP, saat ini menawarkan berbagai jenis pendanaan.

Dalam jumlah yang berbeda tentunya. Beberapa startup yang dibiayai oleh perusahaan ini antara lain Tataduit, Indottrading, aplikasi pemesanan restoran Qraved dan lain-lain.

IMJ Investment

IMJ Investment juga merupakan salah satu pemodal ventura yang dapat membantu kamu mendapatkan modal awal. Selain pembiayaan, perusahaan ini juga menawarkan bantuan berupa layanan pengembangan produk, pengembangan relasi bisnis untuk start-up hingga akses internet.

Beberapa startup berhasil menggalang dana dari perusahaan-perusahaan tersebut antara lain iMoney, Urbanindo dan juga Bukalapak.

Ideosource

Ini adalah salah satu venture capital yang didirikan dan dikembangkan oleh anak bangsa seperti Andi S. Boediman dan juga Edward Ismawan Chamdani. Tidak seperti kebanyakan pembiayaan lainnya. Ideosource berfokus pada pembiayaan media dan e-commerce.

Sejauh ini, Indonesia memiliki cukup banyak startup yang dibiayai oleh perusahaan-perusahaan tersebut, seperti eEvent, Orori, Female Daily, Saqina, Touchten dan lain-lain.

Emtek Group

Emtek group adalah perusahaan venture capital yang cukup terkenal di Indonesia juga. Nama resminya sendiri adalah PT. Elang Mahkota Teknologi atau disingkat EMTEK.

Emtek sendiri merupakan induk perusahaan dari beberapa saluran televisi nasional seperti Indosiar, SCTV dan juga O Channel. Saat ini perusahaan telah berinvestasi di beberapa startup terkemuka di Indonesia seperti Bukalapak, Kudo, Bobobobo dan lainnya.

East Ventures

Perusahaan modal ventura ini sendiri sudah ada sejak tahun 2010 dan bisa dikatakan ini adalah perusahaan modal ventura pertama di Indonesia. Faktanya, bisa dibilang ini adalah salah satu perusahaan paling aktif dalam pendanaan startup.

Didirikan oleh Batara Eto, Chandra Tjan dan Willson Cuaca, perusahaan ini sukses mendanai berbagai startup seperti Tokopedia, BerryKitchen, Apps Foundry, Berrybenka, Traveloka dan lain-lain.

500 Durians

500 Startups adalah venture capital Indonesia yang cukup terkenal di kancah internasional. 500 Startups mulai berinvestasi di Indonesia pada tahun 2013 dengan tahap pendanaan seed funding hingga Seri D. Salah satu startup yang mendapat pendanaan dari 500 Startups adalah Bukalapak.

Alpha JWC Ventures

Alpha JWC Ventures adalah dana modal ventura tahap awal independen dan institusional pertama di Indonesia. VC ini meluncurkan dana pertamanya pada tahun 2016 sebesar US $ 50 juta. Dana tersebut telah diinvestasikan di 34 perusahaan di Asia Tenggara, sebagian besar di Indonesia, di mana lebih dari 90% di antaranya telah mendapatkan pendanaan lanjutan.