Contoh Personal Letter Bahasa Inggris, dengan Arti dan Struktur Penulisannya

Personal letter biasa disebut juga sebagai surat pribadi. Sesuai namanya, personal letter merupakan surat yang berisi hal-hal yang sifatnya personal dan biasanya ditujukan untuk teman, pasangan, maupun keluarga.

Umumnya, personal letter juga bersifat lebih santai, karena hanya berisi topik seputar kabar dan cerita pribadi. Meski begitu, personal letter tetap terdiri atas beberapa struktur yang perlu diperhatikan.

kamu bisa menulis Personal letter untuk teman dan juga untuk guru. contoh Personal letter untuk teman bisa kamu dapatkan dibawah ini. sedangkan contoh Personal letter untuk guru pada prinspinya sama, kamu bisa lihat contoh dibawah dan memodifikasinya sesuai situasi dan kondisi.

Beberapa struktur dan contoh personal letter dalam Bahasa Inggris akan dijelaskan secara lengkap di bawah ini.

Struktur Personal Letter

1. Date and Address (Tanggal Surat dan Alamat)

Sama seperti surat lain, hal pertama yang perlu ditulis dalam personal letter adalah tanggal pembuatan surat dan alamat di mana surat dibuat.

2. Greetings (Salam Pembuka)

Umumnya, salam pembuka surat berisi kata-kata, seperti “Dear…”, “Dearest…”, “Sweetheart…”.

3. Introduction (Pendahuluan)

Pendahuluan biasanya berisi kata-kata pembuka seperti menayakan kabar maupun tanggapan terhadap surat sebelumnya.

4. Body (Isi)

Sama seperti surat pada umumnya, body personal letter berisi inti atau tujuan surat tersebut dibuat.

5. Closure (Penutup)

Bagian penutup biasanya berisi kata-kata penutup untuk mengakhiri surat.

6. Complimentary Close (Salam Penutup)

Jika greetings berisi salam pembuka, maka complimentary close adalah kebalikannya, yakni salam penutup. Kamu bisa menggunakan “with love”, “regards”, “sincerely yours” dan lain sebagainya sebagai salam penutup.

7. Signature (Tanda Tangan)

Tanda tangan sifatnya opsional. Kamu bisa memberikan tanda tanganmu atau cukup dengan inisial namamu saja.

Contoh Personal Letter

Apabila kamu sudah memahami struktur penulisan personal letter, maka saatnya kamu memperhatikan contoh personal letter sebelum membuatnya. Berikut adalah beberapa contoh personal letter beserta artinya yang bisa kamu tiru.

  1. Contoh Personal Letter untuk Mengucapkan Selamat Kepada Teman

Orlando, Florida

September 10, 2022

Dear Dave,

My happiness knew no bounds when I got to know that you have topped your school and achieved your dream. I felt so pleased that I wish I were there to congratulate you personally.

The result has proved that hard work, determination, and perseverance bring good results. You were so laborious and passionate about it. I know you were very nervous too, but I was always very confident that you would come out with flying colors. I apologize that I couldn’t even attend the celebration party despite my wishes.

Hope to see you soon. Please be encouraged and continue your hard work. Your future is very bright. My parents and elder sister have sent lots of love and heartiest congratulations.

With lots of love and best wishes.

With love,

Alexa

Arti dalam Bahasa Indonesia:

Orlando, Florida

10 September 2022

Untuk Dave,

Kebahagiaanku tidak mengenal batas ketika aku mengetahui bahwa kamu telah meraih peringkat terbaik dan mencapai impianmu. Aku merasa sangat senang dan berharap aku ada di sana untuk memberi selamat kepadamu secara pribadi.

Hasilnya telah membuktikan bahwa kerja keras, tekad, dan ketekunan membuahkan hasil yang baik. Kamu begitu lelah dan bersemangat tentang hal itu. Aku tahu kamu juga sangat gugup, tetapi aku selalu sangat yakin bahwa kamu akan tampil cemerlang. Aku minta maaf bahwa aku bahkan tidak bisa menghadiri pesta perayaan terlepas dari keinginanku sendiri.

Aku berharap dapat segera bertemu denganmu. Lanjutkan kerja kerasmu. Masa depanmu sangat cerah. Orang tua dan kakak perempuanku juga telah mengirimkan banyak cinta dan ucapan selamat yang paling tulus.

Dengan banyak cinta dan harapan terbaik.

Dengan cinta,

Alexa

2. Contoh Personal Letter untuk Menyatakan Kerinduan kepada Teman Lama

Hartford, Connecticut

August 8, 2022

Dear Harry,

How have you been? I hope my letter finds you in the best of health and spirits. It has been almost a month since I transferred to the boarding school. I am very happy in my new school. The classes and dormitories are very spacious. There are well-equipped science laboratories and a library with a great collection of books. The school has amazing sports facilities such as a swimming pool, horse riding track and archery range.

I believe my life here will be interesting and enjoyable. Although I have made many new friends, I still miss you and the other friends. Please, pay my regards to your parents.

Best regards,

Marianne

Arti dalam Bahasa Indonesia:

Hartford, Connecticut

8 Agustus 2022

Untuk Harry,

Bagaimana kabarmu? Aku harap suratku sampai padamu dalam kesehatan dan semangat yang terbaik. Sudah hampir sebulan aku pindah ke asrama. Aku sangat senang di sekolah baruku. Kelas dan asrama sangat luas. Ada laboratorium sains yang lengkap dan perpustakaan dengan banyak koleksi buku. Sekolah ini memiliki fasilitas olahraga yang luar biasa seperti kolam renang, jalur berkuda, dan arena panahan.

Aku percaya hidup saya di sini akan menarik dan menyenangkan. Meskipun aku telah mendapat banyak teman baru, aku masih merindukanmu dan teman-teman yang lain. Tolong, sampaikan salamku kepada orang tuamu.

Dengan hormat,

Marianne

3. Contoh Personal Letter untuk Menyemangati Teman yang Sedang Sakit

Northbrook, Illinois

October 21, 2022

Dear Johnny,

I hope this letter finds you in the best of spirits. When I visited last week, you seemed a little bit depressed.

Come on boy, you should thank God for giving you a fresh lease of life. Everything is going to be fine very soon. I even talked to your doctor this morning and he told me that you are out of danger now.

You will have to remain in the hospital for a few more days but that is not something you should be concerned about. Your family and friends are there for you.

Don’t forget that life is a mixture of joys and sorrows. By the way, all of us have decided to celebrate your recovery as soon as you come home you will be throwing a party the day you come back home from the hospital. Hope to see you soon. My parents and younger sister have sent you lots of love and wishes.

Wish you a speedy recovery!

Yours lovingly,

Summer

Arti dalam Bahasa Indonesia:

Northbrook, Illinois

21 Oktober 2022

Johnny sayang,

Aku harap surat ini sampai padamu dalam semangat terbaik. Ketika Ku berkunjung minggu lalu, kamu tampak sedikit tertekan.

Ayolah, kamu harus berterima kasih kepada Tuhan karena telah memberimu kesempatan hidup yang baru. Semuanya akan baik-baik saja segera. Aku bahkan berbicara dengan doktermu pagi ini dan dia memberi tahuku bahwa kamu sudah tidak kritis sekarang.

Kamu harus tinggal di rumah sakit selama beberapa hari lagi tetapi itu bukan sesuatu yang harus kamu khawatirkan. Keluarga dan temanmu ada untukmu.

Jangan lupa bahwa hidup adalah campuran suka dan duka. Ngomong-ngomong, kita semua telah memutuskan untuk merayakan kesembuhanmu segera setelah kamu pulang, kamu akan mengadakan pesta pada hari kamu pulang dari rumah sakit. Aku tidak sabar ingin segera bertemu denganm. Orang tua dan adik perempuanku telah mengirimkan banyak cinta dan harapan kepadamu.

Semoga cepat sembuh!

Milikmu dengan penuh kasih,

Summer

Nah, itulah beberapa contoh personal letter beserta struktur penulisannya yang dapat kamu tiru. Jadi, apakah kamu sudah siap untuk memuatnya?

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Pabrik, Lengkap dengan Cara Membuatnya

Pada dasarnya, membuat surat lamaran kerja tulis tangan di pabrik hampir sama dengan surat lamaran kerja lainnya. Perbedaannya mungkin pada suratnya yang ditulis secara manual menggunakan tangan.

Nah, berikut adalah beberapa contoh surat lamaran kerja pabrik yang ditulis tangan beserta cara membuatnya.

Struktur Surat Lamaran Kerja

Sama seperti pembuatan surat lamaran lainnya, untuk membuat surat lamaran kerja pabrik perlu memerhatikan 3 hal sebagai strukturnya, antara lain:

1. Pembukaan

Surat lamaran kerja biasanya diawali dengan nama kota dan tanggal lamaran kerja dibuat. Kemudian, jangan lupa untuk menuliskan kepada siapa surat tersebut ditujukan. Lalu, sertakan juga alamat tempat pabrik tersebut berada.

2. Isi

Isi surat lamaran kerja berisi tentang identitas dirimu sebagai pelamar. Lalu, jelaskan dari mana kamu mengetahui lowongan kerja tersebut. Beritahukan tujuan dan posisi yang ingin kamu lamar. Sertakan pula lampiran-lampiran lain jika dibutuhkan.

Biasanya, beberapa dokumen yang perlu dilampirkan bersamaan dengan surat lamaran kerja adalah:

  • Daftar Riwayat Hidup / Curriculum Vitae (CV)
  • Fotokopi Ijazah
  • Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  • Fotokopi Surat Pengalaman Kerja
  • Fotokopi KTP
  • Pas Foto 4×6 (3 lembar)

3. Penutup

Pada umumnya, penutup berisi ucapan terima kasih serta tanda tanganmu sebagai pelamar kerja. Jangan lupa juga untuk mengonfirmasi kembali mengenai kelengkapan berkas-berkas yang diperlukan.

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Pabrik

1. Format Surat Lamaran Kerja Pabrik

[Nama Tempat dan Tanggal Surat Dibuat]

Perihal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth.,

Bapak/Ibu HRD [Nama Perusahaan]

Di Tempat

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan adanya informasi lowongan yang tertera pada laman […] bahwa PT. […]  sedang mencari karyawan di bidang […].

Dengan ini saya :

Nama : [Nama Pelamar]

Tempat, Tanggal Lahir : [Tempat Tanggal Lahir Pelamar]

Pendidikan Terakhir : [Pendidikan Terakhir Pelamar]

Nomor Telepon : [Nomor Telepon Pelamar]

E-mail                              : [Email Pelamar]

Alamat                             : [Alamat Pelamar]

Mengajukan lamaran untuk mengisi posisi […]. Saya berharap kualifikasi yang saya miliki sudah cukup sesuai dengan syarat-syarat yang telah ditentukan oleh perusahaan. Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya juga melampirkan berkas pendukung sebagai berikut:

  • Curriculum Vitae
  • Fotokopi Ijazah SMK
  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  • Fotokopi Surat Pengalaman Kerja di (nama perusahaan sebelumnya)
  • Pas Photo 3×4 (3 lembar)

Saya sangat berharap bisa mendapatkan kesempatan untuk wawancara dan menjelaskan lebih rinci mengenai kemampuan saya lebih lanjut. Demikian surat lamaran permohonan kerja ini saya buat, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Saya,

[Nama dan TTD Pelamar]

2. Contoh Surat Lamaran Kerja Pabrik Tulis Tangan Bidang Produksi

contoh surat lamaran kerja pabrik tulis tangan bidang produksi
©ojolakademi

3. Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Pabrik Bidang Teknisi

contoh surat lamaran kerja tulis tangan pabrik bidang admin
©monycontohsurat

4. Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Pabrik Bidang Operator Mesin

contoh surat tulis tangan pabrik bidang operator mesin
©pintarpenjualan

5. Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Pabrik Bidang IT

contoh surat lamaran kerja pabrik bidang admin jaringan
©pinhome

Itulah penjelasan mengenai cara membuat surat lamaran kerja tulis tangan pabrik beserta contoh-contohnya. Jadi, apakah kamu siap untuk mulai mengaplikasikannya pada surat lamaran kerjamu?

Startup Web3 “Artopologi” Raih Pendanaan Pra-Awal dari Ideosource

Startup web3 Artopologi mengumumkan perolehan pendanaan pra-awal yang dipimpin Ideosource. Tidak disebutkan nominal yang diterima di putaran tersebut.

Undisclosed [untuk] pre-seed dan sedang raise di seed round saat ini,” ucap Co-Founder dan Managing Partner Ideosource Edward Chamdani saat dihubungi DailySocial.id.

Artopologi adalah pasar seni terkurasi yang terintegrasi dengan blockchain. Mereka memindahkan karya fisik, seperti lukisan, patung, dan instalasi seni, yang dipamerkan dan diperjualbelikan di platform Artopologi disertai dengan sertifikat keaslian digital yang terdaftar di blockchain.

Startup ini baru dirilis pada awal tahun 2022 dan dipimpin Intan Wibisono. Sebelumnya, ia lama melintang di dunia kehumasan untuk berbagai perusahaan, salah satunya Bukalapak.

Berbeda dengan kebanyakan pemain web3 lainnya, Artopologi ingin meregenerasi kolektor seni dan menghubungkan ekosistem seni di Indonesia, sehingga platform ini dilengkapi dengan berbagai fitur, produk, dan layanan yang sesuai untuk pecinta seni.

“Artopologi memberikan solusi atas distribusi penjualan karya yang selama ini punya masalah. Jejak karya itu penting karena selalu ada perselisihan kepemilikan, perselisihan autentisitas, dan perselisihan nilai. Kami sebagai fasilitator akan mendaftarkan karya fisik ke dalam blockchain dalam bentuk smart contract,” ujar Co-Founder dan CEO Artopologi Intan Wibisono, dalam media workshop yang digelar di Jakarta, kemarin (27/10).

Sebagai diferensiasi lainnya, Artopologi akan memverifikasi dan mengurasi setiap seniman, karya, galeri, museum, dan pelaku seni yang bergabung. Alhasil, setiap karya yang ada di platform diklaim benar-benar berkualitas dan tidak sporadis.

Nilai unik lainnya adalah fokus pada karya seni fisik, bukan karya seni digital. Artopologi bukan NFT marketplace, NFT project, ataupun launchpad; melainkan merekam jejak karya dan karier seniman. Setiap karya yang ditampilkan dijamin keasliannya dengan underlying karya fisik dan bisa dibuktikan dengan sertifikat yang terdaftar di blockchain, sehingga tidak bisa diubah dan bersifat kekal.

Artopologi juga terintegrasi dengan jaringan blockchain. Marketplace ini dapat mendaftarkan sertifikat keaslian dengan otomatis dan mudah, tanpa memerlukan mata uang kripto. Meskipun demikian, seniman tetap perlu memiliki crypto wallet untuk bisa menerima dan mentransfer sertifikat.

Artopologi ingin memanjakan para kreator dan seniman agar tetap melindungi karya-karyanya dengan cara yang lebih baik. Juga untuk kolektor dalam menikmati hasil-hasil karya seni.

“Artopologi ini punya kemiripan dengan yang lain, tapi melengkapi yang sudah ada sebelumnya. Industri ini akan jauh lebih bagus bila ada cara-cara yang baik, salah satunya lokapasar yang terkurasi, sebelumnya kayak gado-gado bercampur. Itu yang diresahkan oleh para kreator,” tambah Rain Rusidi, kurator seni rupa dan dosen di Fakultas Seni Rupa Institut Seni Indonesia.

Platform Artopologi sendiri akan diresmikan untuk umum pada hari ini (28/10) ditandai dengan diselenggarakannya pameran bertajuk “Rekam Masa” di Museum Nasional, Jakarta berlangsung hingga 6 November 2022. Makna dari tema tersebut menandai kehidupan pada masa/zaman seseorang, ditandai dengan stempel waktu yang dimiliki teknologi blockchain.

Setiap karya seni dalam pameran ini terintegrasi ke blockhain yang dinyatakan oleh kode kriptografi sebagai sebuah pernyataan autentisitas atas setiap karya yang diinput.

Pameran dan platform akan memajang lukisan, patung, instalasi seni, pertunjukan dan karya mode dari seniman senior, seperti Teguh Ostenrik, Galam Zulkifli, Dipo Andy, Mang Moel, FJ Kunting, Rinaldy Yunardi, Didi Budiardjo, Ghea Panggabean, Joshua Irwandi, dan banyak artis pendatang baru Indonesia lainnya.

Setiap karya seni yang ditampilkan akan didaftarkan di blockchain agar keaslian dan asalnya diakui. Hal ini memberikan potensi royalti dan peluang kepemilikan fraksional. “Harga ditentukan oleh seniman, tentu ada pembagian hasil dengan kami. Tapi ini sifatnya diskusi langsung dengan masing-masing seniman dan case by case,” tutup Intan.

Cara Menulis Surat Dinas Beserta Contohnya

Jika kamu bekerja pada sebuah instansi pemerintah maupun perusahaan, pastinya kamu sudah tidak asing lagi dengan surat dinas, bukan? Surat dinas merupakan surat resmi yang dikeluarkan oleh instansi pemerintah maupun perusahaan.

Biasanya, surat dinas dibuat dengan tujuan untuk memberitahukan pengumuman, izin, pemberian kuasa, hingga perintah penugasan. Surat dinas ini akan dianggap sah jika memuat tanda tangan dari pejabat yang berwenang disertai dengan stempel resmi.

Lalu, bagaimana struktur penulisan surat dinas dan apa saja contohnya? Simak artikel berikut ini.

Struktur Penulisan Surat Dinas

Dilansir dari buku Ejaan Bahasa Indonesia dalam Surat Dinas (2021), berikut adalah struktur penulisan yang digunakan dalam surat dinas.

1. Kop Surat atau Kepala Surat

Kepala surat merupakan informasi resmi mengenai instansi, yang berisi nama instansi, alamat lengkap, nomor telepon, nomor kotak pos, dan logo identitas lembaga.

2. Tanggal Surat Dibuat

Tanggal surat dibuat biasanya ditulis pada kanan atas, kiri atas, maupun kanan bawah surat.

3. Hal atau Perihal Surat

Perihal surat biasanya memuat mengenai isi surat secara ringkas.

4. Nomor Surat

Surat dinas biasanya ditandai dengan adanya nomor surat, kode, dan tahun. Biasanya, setiap instansi memiliki kode atau urutan penulisan nomor surat yang berbeda-beda.

5. Lampiran

Lampiran bisa ditulis secara singkat maupun lengkap. Lampiran juga tidak disebutkan dengan angka, melainkan huruf.

6. Alamat Surat Ditujukan

Penulisan alamat biasanya diawali dengan frasa yang terhormat, atau disingkat menjadi Yth. kemudian disusul nama jabatan atau nama orang yang dituju.

7. Isi Surat

Dalam isi surat biasanya terbagi lagi menjadi 3 bagian, yakni pendahuluan, isi, dan kalimat penutup.

8. Penutup Surat

Penutup surat biasanya terdiri atas tanggal dan tempat surat dibuat, tanda tangan, nama pejabat dan jabatannya, serta cap resmi.

9. Tembusan

Terkhir, tembusan biasanya berisi informasi kepada siapa saja surat tersebut dikirimkan. Tembusan ditulis urut berdasarkan pemegang jabatan paling tinggi terlebih dahulu.

Contoh Surat Dinas

1. Contoh Surat Dinas Pengumuman

contoh surat dinas pengumuman
Contoh Surat Dinas Pengumuman / ©DPMPTSP Denpasar

Surat dinas pengumuman memiliki struktur yang sama dengan surat dinas lainnya. Bedanya, pada bagian isi bertujuan untuk mengumumkan suatu hal.

2. Contoh Surat Dinas Perizinan

contoh surat dinas perizinan
Contoh Surat Dinas Perizinan / ©Finansialku

Umumnya, surat dinas perizinan berisi mengenai pemberian legalitas kepada seseorang atau pelaku usaha/kegiatan tertentu, baik dalam bentuk izin maupun tanda daftar usaha dari instansi terkait.

3. Contoh Surat Dinas Pemberian Kuasa

Contoh Surat Dinas Pemberian Kuasa
Contoh Surat Dinas Pemberian Kuasa / ©Wollipop

Surat dinas pemberian kuasa berisi pelimpahan wewenang dari seseorang atau pejabat tertentu kepada seseorang atau pejabat lain.

4. Contoh Surat Dinas Penugasan

contoh surat dinas penugasan
Contoh Surat Dinas Penugasan / ©Akseleran

Surat tugas adalah surat resmi yang dibuat yang dikeluarkan oleh seorang pejabat yang berkuasa di instansi atau lembaga tertentu yang mana isinya menugaskan seorang pegawai atau staf guna melakukan suatu pekerjaan.

Itulah karakteristik dalam membuat surat dinas beserta beberapa contohnya. Semoga artikel ini dapat membantu kamu memahami hal-hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan surat dinas.

Membangun Kepercayaan Pelanggan untuk UMKM yang Baru Terjun Go Digital, Bagaimana Caranya?

Istilah go digital belakangan ini mungkin sering Anda dengar di jagat dunia maya, terutama di sektor bisnis. Biasanya, go digital pada bisnis merujuk kepada perubahan aktivitas bisnis yang sebelumnya dilakukan dengan cara konvensional ke cara yang lebih modern dengan pemanfaatan teknologi digital.

Dalam bisnis, istilah go digital lebih banyak digunakan oleh bisnis skala mikro dan menengah (UKM) dimana perubahan aktivitas bisnis ke digital ini menjadi satu langkah yang penting untuk perkembangan usaha mereka. Meski terjun ke dunia digital membuka banyak kesempatan bagi sebuah usaha, namun untuk mengawalinya tidaklah mudah.

Pelaku usaha perlu melakukan banyak hal untuk membangun usaha mereka secara digital. Salah satu hal yang penting untuk dilakukan adalah membangun kepercayaan konsumen atau pelanggan sehingga UKM dapat melakukan penjualan secara online.

Tapi, bagaimana caranya? Berikut ini adalah informasi yang dibagikan oleh Trian Nugroho, selaku AVP of Regional Growth Expansion Tokopedia, mengenai kiat-kiat membangun kepercayaan pelanggan di tahap awal membangun usaha secara digital.

Pentingnya Membangun Kepercayaan Konsumen Dalam Bisnis

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, membangun kepercayaan konsumen adalah satu hal yang terbilang sulit dalam proses membangun usaha secara digital. Meskipun sulit, tapi menurut Trian, membangun kepercayaan konsumen terhadap sebuah bisnis adalah hal yang penting.

“Membangun kepercayaan dari para konsumen untuk sebuah bisnis tentunya merupakan hal yang penting. Bisnis Tokopedia sendiri merupakan bisnis kepercayaan. Sebagai perusahaan teknologi dengan platform marketplace terdepan di Indonesia, Tokopedia hari ini telah dipercaya sebagai rumah oleh lebih dari 12 juta penjual di mana hampir 100% di antaranya merupakan UMKM, yang memasarkan lebih dari 638 juta produk ke ratusan juta masyarakat Indonesia di 99% kecamatan di seluruh Indonesia. Kepercayaan ini adalah sebuah tanggung jawab yang selalu kami pegang teguh,” ujar Trian.

Meski terdengar sederhana, namun kepercayaan yang dimiliki oleh konsumen dapat membawa banyak manfaat dan dampak jangka panjang terhadap bisnis Anda. Ketika konsumen mempercayai bisnis Anda, mereka akan terdorong untuk melakukan pembelian pertama mereka atau bahkan konsumen akan melakukan pembelian ulang.

“Kepercayaan konsumen tentunya menjadi dasar dalam mendorong konsumen mengambil keputusan pembelian. Kepercayaan kepada suatu bisnis adalah salah satu faktor psikologis yang mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian ulang dan menjadi konsumen setia bisnis tersebut,” lanjut Trian.

Tips Membangun Kepercayaan Pelanggan Bagi UMKM Go Digital Pemula

Apa yang harus dilakukan UMKM yang baru terjun ke dunia digital untuk membangun kepercayaan pelanggan? Berikut ini adalah beberapa cara yang menurut Trian sebaiknya dicoba oleh UKM.

Cross-Channel Strategy

Tips pertama yang disarankan Trian adalah melakukan cross-channel strategy, yakni strategi yang memanfaatkan tidak hanya satu platform saja melainkan beberapa platform online.

“Perlu cross-channel strategy untuk mempromosikan toko dan meningkatkan penjualan. Sudah saatnya memanfaatkan platform online untuk menjangkau pasar yang lebih luas,” jelasnya.

Lalu, platform apa saja yang dapat digunakan UMKM untuk mulai membangun kepercayaan konsumen? Dalam wawancaranya, Trian menyebutkan dua platform yang cukup efektif untuk digunakan UKM di awal hingga proses pengembangan bisnis ke depan, yaitu media sosial dan marketplace seperti Tokopedia.

“Banyak saat ini penjual kami yang sukses yang fokus berjualan di Tokopedia, memanfaatkan fitur-fitur promosi atau beriklan di dalam platform kami, namun mereka juga membangun basis yang kuat di media sosial. Strateginya, mereka memperkuat brand mereka di media sosial dan aktif mengiklankan produk mereka, namun tetap mengarahkan seluruh pembelian ke platform Tokopedia.”

UKM dapat menggunakan media sosial sebagai platform untuk melakukan promosi dan membangun hubungan dengan pelanggan. Namun, karena media sosial tidak didesain untuk transaksi online, UKM dapat mengarahkan pelanggan untuk melakukan transaksi melalui Tokopedia.

“Sebagai contoh, Batik Kultur dari Semarang atau Klinik Kopi dari Yogyakarta. Mereka sangat aktif mempromosikan produk mereka lewat media sosial, namun mereka pun aktif mengarahkan transaksi lewat platform Tokopedia,” ujar Trian.

Selain memudahkan penjual dalam hal pengiriman, menggunakan marketplace seperti Tokopedia juga dapat membuat pelanggan lebih nyaman dalam melakukan transaksi, terutama dalam hal pembayaran serta melakukan komplain apabila diperlukan.

Semangat Adaptasi, Inovasi, dan Kolaborasi

Kemudian, selain cross-channel strategy, Trian juga menyarankan untuk selalu semangat adaptasi, inovasi, dan kolaborasi agar bisnis dapat berkembang dan mudah membangun kepercayaan pelanggan.

Dalam hal ini, menurut keterangan Trian, Tokopedia juga turut membantu penggunanya yang hampir 100% merupakan UMKM dengan berbagai cara, antara lain:

  • Mendorong produktivitas UMKM Indonesia melalui berbagai kampanye daring seperti kampanye Bangga Buatan Indonesia dan Waktu Indonesia Belanja.
  • Meluncurkan inisiatif Hyperlocal untuk mendukung kemajuan UMKM di daerah sekaligus mendorong pemulihan ekonomi lokal. Maka produk UMKM lokal dapat lebih diminati oleh konsumen terutama konsumen di sekitar daerahnya.
  • Berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk menggelar acara yang biasa dilakukan secara offline menjadi online seperti Big Bad Wolf, Market Museum, Jakarta Sneakers Day, Festival Santapan Lezat, dll.
  • Mengadakan ‘Obrolan Seller’ Tokopeda, sebuah acara talkshow yang membahas tips seputar bisnsi dan disiarkan di Tokopedia Play secara live.
  • Menyediakan laman Pusat Edukasi Seller Tokopedia khusus untuk mengedukasi seller seputar berjualan di Tokopedia.

Membangun Kepercayaan Pelanggan di Platform Tokopedia

Tidak hanya membangun kepercayaan bagi pelanggan di platform lainnya, seperti media sosial, UMKM juga sebaiknya memaksimalkan segala potensi bisnisnya agar memperoleh penjualan dengan membangun kepercayaan pelanggan di Tokopedia.

Untuk itu, Trian berbagi beberapa tips yang bisa dilakukan oleh UMKM guna menarik pelanggan atau mempertahankan pelanggan yang dimiliki di Tokopedia, antara lain:

  • Memberikan perhatian khusus, misalnya memberikan thank you card dengan menyertakan nama pelanggan.
  • Melakukan follow up setelah pesanan selesai, seperti menanyakan apakah suka dengan produk Anda atau tidak.
  • Menjaga kualitas produk.
  • Fast response, sebisa mungkin tanggapi pesan pelanggan dengan cepat.
  • Memberikan penawaran/promosi menarik, seperti membuat voucher toko dan mengaktifkan Bebas Ongkir Tokopedia.

Dalam berbisnis, baik bisnis berskala kecil atau besar, membangun kepercayaan pelanggan selalu menjadi hal utama. Memastikan pelanggan merasa aman, nyaman, dan puas dalam bertransaksi merupakan faktor penting yang akan membantu kepercayaan pelanggan terhadap sebuah bisnis terbentuk.

Tokopedia sendiri selalu percaya bahwa keberhasilan hanya bisa diperoleh apabila kita turut membantu orang lain berhasil. Dari situlah kini Tokopedia menjadi marketplace yang dipercaya dan berdampak kepada 12 juta Tokopedia Seller dengan hampir 100% di antaranya adalah UMKM.

Cara Bikin Toko Online Menggunakan Wix, UMKM Wajib Punya!

Di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat, pelaku usaha perlu mampu berinovasi dan berdaptasi dalam mengembangkan bisnisnya. Berbisnis online menjadi peluang bagi pelaku usaha untuk berkembang. Salah satu caranya dapat dimulai dengan membuat toko online.

Toko online dapat digunakan oleh pelaku usaha untuk menjual dan mempromosikan produk usaha secara lebih luas lagi. Dalam mewujudkan hal tersebut, pelaku usaha dapat memanfaatkan platform toko online untuk bisnis seperti Wix.

Wix merupakan sebuah platform berbasis cloud yang dapat digunakan oleh pelaku usaha untuk membuat website toko online. Tak hanya itu, Wix juga dapat digunakan untuk blog, portofolio dan lain sebagainya.

Berikut penjelasan lebih lanjut terkait Wix, mulai dari pengertian, kegunaannya bagi pelaku usaha, serta cara membuat toko bisnis online di platform tersebut. Simak selengkapnya.

Mengenal Wix, Pembuat Toko Online untuk UMKM

Platform Wix dinilai sangat cocok bagi pelaku usaha yang ingin menjalankan bisnisnya. Wix sendiri menyediakan fitur yang dapat mempermudah kegiatan bisnis online. Platform ini memiliki lebih dari 500 template yang siap pakai untuk toko online.

Selain itu, Wix juga memiliki fitur drag dan drop serta editor visual yang dapat menyesuaikan kebutuhan Anda. Platform ini didukung oleh kecerdasan buatan yang dinamakan Artificial Design Intelligence (ADI) yang membantu pelaku usaha menyusun tampilan toko.

Meski dapat digunakan secara gratis, platform ini menjamin keamanan website toko online milik pelaku usaha. Di samping itu, pelaku usaha juga dapat mengakses fitur tambahan yang premium dengan layanan berbayar.

Langkah Membuat Website Toko Online untuk Bisnis

Pelaku usaha dapat membuat website toko online-nya sendiri di platform Wix, dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  • Masuk ke laman Wix di sini. Lalu, klik ‘Get Started’ atau mulai.

  • Buat akun Wix dengan terlebih dulu mendaftarakan alamat e-mail dan password Anda.

  • Jika sudah selesai, selanjutnya Anda cukup menjawab pertanyaan yang tersedia. Apabila mengalami kesulitan mendaftar, Anda hanya perlu mengkoneksikan dengan akun Facebook atau Google.

  • Lalu, pilih jenis website. Wix menyediakan banyak pilihan jenis website. Bagi pelaku usaha yang ingin membuat toko online, silakan pilih ‘Online Store’.

  • Selanjutnya, Anda akan masuk ke dasboard toko online.

  • Lengkapi data dan informasi usaha Anda.
  • Mulai unggah produk usaha Anda.

  • Atur metode pembayaran yang digunakan oleh toko Anda.
  • Tentukan metode pengiriman dan pengantaran toko Anda.
  • Atur domain sesuai dengan identitas toko Anda.
  • Tentukan template design yang cocok bagi toko Anda.
  • Toko online selesai dibuat.

Manfaat Toko Online Wix bagi Pelaku Usaha

Dengan membuat toko online di platform Wix, pelaku usaha akan merasakan manfaat positif bagi kelangsungan bisnis. Ada pun beberapa keuntungan yang diperoleh pelaku usaha, antara lain sebagai berikut:

  • Usaha terkesan profesional. Dengan menggunakan template toko online yang dirancang secara profesional, pelaku usaha dapat merancang situs bisnisnya sendiri tanpa perlu melakukan coding.
  • Adanya jaminan pembayaran yang aman. Wix memungkinkan Anda menerima semua metode pembayaran credit/debit cards, Apple Pay, PayPal, dan lainnya.
  • Dengan Wix, pelaku usaha dapat mengelola strategi penetapan harga, listingan produk, dan kebijakan pengiriman di toko online.
  • Selain itu, Wix menyertakan fitur untuk menyederhanakan manajemen inventaris, perluasan multisaluran, analitik, dropshipping, dan pajak.

Demikian penjelasan terkait pengertian, kegunaan, serta cara membuat toko bisnis online di platform Wix.

10 Istilah Penting yang Wajib Diketahui Digital Marketer Pemula

Di zaman teknologi seperti sekarang ini, pemasaran sudah dilakukan melalui media digital. Media yang digunakan juga semakin beragam mulai dari website, media sosial, hingga menggunakan jasa selebriti media sosial.

Pembaruan media yang digunakan ini menyebabkan banyaknya istilah baru yang masuk ke dalam dunia digital marketing. Istilah baru tersebut menjadi wajib karena seiring waktu sering digunakan oleh orang-orang yang berkecimpung di dalam dunia digital marketing.

  1. Affiliate Marketing

Affiliate Marketing ini praktiknya sering kita lihat dalam video TikTok, yaitu ketika orang memberikan rekomendasi untuk suatu barang yang digunakannya dan memberikan tautan untuk membeli barangnya di keranjang kuning.

Saat ada yang membeli di keranjang kuning, orang yang memberikan rekomendasi tersebut akan mendapatkan komisi. Jadi affiliate marketing adalah sistem pembayaran komisi kepada satu pihak yang sudah berhasil menawarkan barang atau jasa yang dijual oleh suatu perusahaan.

  1. Social Media Marketing (SMM)

Banyaknya pengguna media sosial, menyebabkan perusahaan mencoba untuk promosi di media sosial. Social Media Marketing berbeda dengan bermain media sosial pada umumnya, karena ada tujuan pemasaran. Sehingga dalam pelakasanaanya melibatkan proses agar audiens tertarik (engaged) dengan konten yang dibuat di media sosial.

Selain itu konten yang dibuat juga harus memiliki karakter tertentu karena akan menjadi branding perusahaan di media sosial. Branding ini akan menjadi citra perusahaan di masyarakat melalui profil dan interaksi yang dibangun dengan audiens.

  1. Search Engine Optimization (SEO)

Bagi Anda yang sering mencari sesuatu melalui google atau mesin pencari lain, Anda akan sering melihat praktik SEO. SEO ini adalah cara memaksimalkan tulisan berbasis website untuk bisa tembus urutan paling atas di halaman pencarian dengan keyword yang dicari pengguna internet.

SEO ini berdifat oraganik dan tanpa mengeluarkan biaya apapun, tetapi SEO ini memerlukan waktu agar bisa tembus ke halaman terdepan minimal tiga bulan.

  1. Search Engine Marketing (SEM)

SEM ini konsepnya masih sama dengan SEO, tetapi memiliki perbedaan. SEO merupakan cara organik, sedangkan SEM merupakan cara berbayar. SEM ini adalah iklan yang dibayar oleh perusahaan agar tulisan atau produknya muncul di pencarian teratas mesin pencari.

  1. E-mail Marketing

Apakah Anda sering mendapatkan email yang berisi promosi di email? Nah, hal tersebut email marketing yang dibuat oleh perusahaan sebagai pendekatan promosi kepada konsumen.

Dalam prosesnya, terdapat e-mail bounce di mana e-mail marketing gagal terkirim karena berbagai faktor. Anda bisa mengetahui persentase penerima e-mail yang membuka pesan promosi dari jumlah konsumen yang masuk ke dalam database melalui proses open rate.

  1. Influencer Marketing

Apakah Anda pernah menemukan sebuah review atau iklan tertentu yang melibatkan content creator. Nah, campaign yang melibatkan content creator tersebut adalah influencer marketing yang biasa digunakan brand di media sosial untuk mencapai objektif komunikasi tertentu.

  1. Retargeting

Jika Anda pernah mencari sesuatu di website yang sedang ingin Anda beli. Setelah Anda mencari hal lain di berbagai website, dan iklan di website pertama terus muncul.

Nah, hal tersebut namnya retargeting. Strategi ini tujuannya agar audiens kembali lagi mengunjungi website tersebut. Bisa sekadar untuk melihat-lihat ilang, atau bahkan sampai membeli produk yang diiklankan.

  1. Call to Action (CTA)

Apakah Anda pernah membaca iklan atau caption yang di akhirnya Anda sebagai pembaca  melakukan sesuatu terkait pembelian ataupun mengunjungi profil media sosial yang beriklanan. Pesan singkat yang memancing melakukan sesuatu (action) tersebutlah yang disebut dengan CTA.

  1. Landing Page

Saat Anda melihat Instagram atau Facebook Ads, dan Anda klik link yang tertera yang diarahkan ke halaman website dengan menampilkan beragam produk. Jadi, landing page mengarahkan Anda ke website suatu brand untuk melihat informasi spesifik mengenai produk atau jasa yang mereka tawarkan.

  1. Engagement Rate

Engagement Rate merupakan persentase bagaimana konten yang telah Anda buat di media sosial maupun blog berinteraksi dengan pengikut Anda. Interaksi yang dibangun melalui komentar, like, dan share. Semakin tinggi engagement rate, konten yang Anda hasilkan semakin baik karena bisa memahami audiens.

Aplikasi Ringkasan Berita “KeTitik” Memperoleh Pendanaan Pra-Awal

Aplikasi ringkasan berita “KeTitik” memperoleh pendanaan pra-awal (pre-seed) dengan nominal yang dirahasiakan. Pendanaan ini disuntik oleh Evy Harjono (HiApp) dan sejumlah angel investor dari Flip, Moengage, Trusting Social, Chope, dan Brick.

Evy Harjono selaku Presiden PT Hello Kreasi Indonesia (HiApp) mengatakan bahwa KeTitik menawarkan pengalaman segar dan ringkasan berita tajam bagi pengguna di era konten snack yang identik dengan berita ringan dari media sosial.

“Nilai dan misi mereka sejalan dengan filosofi investasi kami untuk mendidik masyarakat Indonesia dengan informasi yang jelas, ringkas, dan terpercaya,” tutur Evy dalam keterangan resminya.

Resmi meluncur pada Agustus 2022, KeTitik merupakan aplikasi yang menyajikan ringkasan berita dalam maupun luar negeri dengan format pendek atau kurang dari 60 kata. Ada empat segmen utama yang dihadirkan, antara lain All News, My Feed, Top Stories, dan Trending. Saat ini, aplikasi KeTitik telah diunduh lebih dari 40.000 kali.

(Ki-ka) Presiden PT Hello Kreasi Indonesia Evy Harjono dan Co-founder KeTitik Dannis Joseph / KeTitik

Co-founder KeTitik Dannis Joseph mengatakan para investor turut terlibat dalam pengembangan bisnis di berbagai aspek. Dengan pendanaan ini, KeTitik akan memperkuat lini pengembangan produk, teknologi, dan menambah jumlah tim.

“Kami optimistis untuk mencapai target kami, terutama dengan dukungan Evy Harjono bersama angel investor yang punya keahlian serta jaringan luas. Mereka mendukung visi kami dalam memberikan pengalaman pengguna mengakses berita yang ringkas dan terpercaya di tengah aktivitas mereka sehari-hari,” paparnya.

Targetnya adalah mendorong rata-rata konsumsi berita harian masyarakat. Menurutnya, ada peluang untuk menjangkau 100 juta lebih pembaca berita setiap hari. KeTitik membidik jumlah ringkasan baru yang diterbitkan setiap hari dari rata-rata 300 menjadi 700 ringkasan berita pada akhir tahun ini.

Untuk itu, pihaknya akan membangun mesin berbasis Natural Language Processing (NLP) untuk melakukan peringkasan berita sehingga pengguna dapat mengakses berita lebih mudah dan cepat.

Sumber utama membaca berita

Berdasarkan survei Reuters Institute pada Februari 2022, mayoritas masyarakat Indonesia atau sekitar 88% memperoleh berita dari media online. Diikuti oleh media sosial (68%), televisi (57%), dan media cetak (17%).

Jika dirinci berdasarkan jenis media sosial, WhatsApp berada di urutan teratas dengan 54%, diikuti YouTube (46%), Facebook (44%), Instagram (37%), Twitter (20%), dan TikTok (16%). 

Tingginya penggunaan media sosial sebagai salah satu medium untuk memperoleh berita turut didorong faktor penetrasi smartphone yang juga besar di Indonesia. Sebanyak 83% masyarakat Indonesia mengakses berita melalui smartphone.

Application Information Will Show Up Here

Contoh Cover Letter dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris Beserta Tipsnya

Selain CV, cover letter merupakan salah satu berkas yang perlu dibawa saat hendak melamar pekerjaan. Biasanya, cover letter berisi mengenai motivasi dan alasan kamu melamar pada posisi tersebut. Selain itu, cover letter juga biasanya menekankan penjelasan kenapa kamu cocok berada di posisi tersebut.

Lalu apa saja yang perlu diperhatikan ketika membuat cover letter? Berikut beberapa tips yang sudah dirangkum oleh dailysocial.id.

Pengertian Cover Letter

Cover letter biasa disebut juga sebagai surat pengantar kerja. Cover letter dikirim bersamaan dengan CV pada saat melamar pekerjaan. Biasanya, cover letter merupakan hal pertama yang dilihat oleh perusahaan sebelum melihat berkas lainnya. Oleh karena itu, cover letter harus dibuat semenarik mungkin untuk menarik minat recruiter terhadap lamaranmu.

Cover letter juga berbeda dengan CV. CV umumnya berisi mengenai data diri pelamar, seperti riwayat pekerjaan, pendidikan, serta pengalaman yang pernah dicapai. Sementara cover letter lebih menekankan pada minat dan alasanmu untuk melamar pada posisi tersebut.

Tips Menulis Cover Letter

Sebenarnya, tidak ada aturan khusus yang harus dilakukan dalam menulis cover letter. Namun, agar cover letter-mu menarik perhatian recruiter, maka kamu perlu memerhatikan beberapa tips berikut:

  • Gunakan bahasa yang jelas dan tidak bertele-tele
  • Cari tahu kepada siapa cover letter-mu ditujukan, baik kepada recruiter maupun HRD
  • Jangan lupa sertakan data diri, seperti nama, alamat, dan nomor kontak yang bisa dihubungi
  • Tuliskan ketertarikanmu untuk melamar pada posisi tersebut pada paragraf pembuka
  • Jelaskan skill dan pengalamanmu yang dapat dimanfaatkan untuk posisi yang kamu lamar
  • Tonjolkan kelebihanmu mengapa kamu cocok di posisi tersebut
  • Jelaskan apa yang ingin kamu lakukan untuk berkontribusi pada perusahaan
  • Tinggalkan pesan penutup yang kuat pada rekruiter

Contoh Cover Letter

Apabila kamu sudah mengetahui tips-tips dalam menulis cover letter, maka sekarang saatnya kamu untuk mengaplikasikannya. Berikut adalah contoh cover letter dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris yang bisa kamu aplikasikan.

Contoh Cover Letter dalam Bahasa Indonesia

Yth.

Bapak/Ibu HRD PT Stark Industries,

Perkenalkan saya Clara, seorang Sarjana Akuntansi Universitas Asgard. Saya menemukan lowongan posisi Akuntan di portal perusahaan Anda dan tertarik untuk melamar di posisi tersebut.

Saya yakin deskripsi pekerjaan yang dicantumkan di situs Anda sesuai dengan keahlian saya. Perusahaan ini membutuhkan orang yang sangat terorganisir dan sistematis, serta dapat berkerja di bawah tenggat waktu yang ketat dengan tidak membuat kesalahan. Saya yakin saya cakap untuk peran ini.

Saya memiliki pengalaman bekerja sebagai Staf Akuntansi selama 3 tahun di Hogwarts. Saya bertanggung jawab menghimpun rekening keuangan guna menyajikan laporan kepada para pengaudit. Saya juga salah satu perwakilan dari perusahaan yang mengikuti program pelatihan 4 bulan yang diadakan oleh Kantor Bea Cukai. Saya juga familiar dengan software akuntansi seperti Oracle, NetSuite, serta QuickBooks dan juga software Ms. Office yang umum.

Saya sangat antusias dengan kemungkinan bekerja di perusahaan Anda dan menunggu kesempatan untuk melangsungkan diskusi lebih lanjut tentang kualifikasi saya. Saya telah melampirkan daftar riwayat hidup saya sebagai acuan Anda.

Terima kasih atas perhatian Anda.

Hormat Saya,

Clara Alayna

claralayna@email.com

(12)34567890

Contoh Cover Letter dalam Bahasa Inggris

October 26, 2022

Alex O’Brien

(123) 456-7891

alexobrien@email.com

Dear Hiring Manager,

I am grateful for the opportunity to apply for the Marketing position at Springfield Company. Marketing has been my lifelong passion, and I graduated with a four-year degree in Marketing from Springfield University. Marketing is a full-time commitment, and it is essential to always look for ways to improve a company’s outreach. A successful marketing campaign is crucial to the long-term success of any company, and I believe that my unique skill set is perfect for this job.

I have previously worked in the Marketing department at Hawaii Tech, and I oversaw a wide variety of successful marketing campaigns. My primary goal was to increase brand awareness and reach new clients through social media, SEO practices, and traditional advertising platforms. Each marketing campaign was successful in raising interest and interaction with potential clients. I was able to achieve each marketing goal by working with other employees in a team-focused environment.

Reaching marketing goals is always a top priority, and I am always looking out for the best interests of the company. I enjoy delivering marketing presentations to potential clients and focusing on the strengths of an organization. My marketing skills at Hawaii Tech enabled the company to experience new levels of success and a 45% increase in customer engagement. I am never satisfied with the status quo, and I believe that a company should continually look for ways to improve and reach new clients through innovative campaigns.

Thank you for taking the time to read my cover letter. I hope to speak with you soon and learn more about the opportunities for a Marketing position at Springfield Company. Working in the marketing field is a fantastic opportunity, and I believe that I am a great fit at Springfield Company with my unique skill set and prior experience.

Sincerely,

Alex O’Brien

Nah, itulah beberapa tips dan contoh cover letter yang dapat kamu aplikasikan pada cover letter-mu. Kamu juga bisa menyesuaikannya lagi dengan profil dan posisi yang kamu lamar.

Kegiatan Ekonomi: Pengertian, Tujuan, Dan Jenisnya

Dalam kehidupan manusia sejak zaman dahulu tidak pernah lepas dari kehidupan ekonomi. meskipun kegiatan ekonomi be;um di teorikan dan masih sebatas tukar meukar barang, namun secara naluriah kehidupan ekonomi melekat dengan diri manusia dan masyarakatnya. karena dimana ada masyarakat disitu juga ada kegiatan ekonomi.

Yang melakukan kegiatan ekonomi adalah pelaku ekonomi itu sendiri. Manusia memiliki banyak kebutuhan setiap harinya. Dari saat ia bangun hingga ia kembali tidur di malam hari, semua kebutuhan ini tidak dapat dipisahkan darinya.

Pengertian Kegiatan Ekonomi

Kegiatan ekonomi adalah kegiatan yang memenuhi kebutuhan manusia. Ekonomi manusia terdiri dari tiga kegiatan berkelanjutan: produksi, distribusi, dan konsumsi.

Kebutuhan ekonomi tersebut meliputi sandang, pangan, papan, kesehatan, pendidikan dan informasi. Semua kebutuhan ini diperlukan agar manusia dapat terjamin kemakmuran, kebahagiaan dan kesejahteraannya. Untuk memenuhi semua kebutuhan tersebut perlu dilakukan kegiatan berdasarkan prinsip ekonomi yang disebut kegiatan ekonomi.

Pengertian lain dari kegiatan ekonomi adalah tindakan atau perilaku manusia yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan hidup berdasarkan prinsip ekonomi. Hampir semua aktivitas manusia berkaitan dengan aktivitas ekonomi.

Tujuan Kegiatan Ekonomi

Mungkin, melihat definisi pada bagian sebelumnya, kita dapat melihat bahwa tujuan kegiatan ekonomi masyarakat adalah untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Namun, selain dari tujuan utama tersebut, tentu saja ada tujuan lain yang harus dicapai oleh seseorang atau badan hukum ketika melakukan kegiatan ekonomi.

Memperoleh keuntungan atau kekayaan

Bukan rahasia lagi bahwa setiap orang perlu sehat secara finansial untuk memenuhi kebutuhan mereka saat ini dan masa depan. Terlibat dalam kegiatan ekonomi adalah cara bagi orang untuk mendapatkan uang, keuntungan, atau kemakmuran dan menjadi sehat secara finansial.

Memanfaatkan sumber daya

Kedua, tujuan kegiatan ekonomi rakyat adalah memanfaatkan sumber daya. Sumber daya terkait seperti tanah, produk pertanian, dan kendaraan. Kegiatan ekonomi menambah nilai atau nilai pada sumber daya ini.

Aktualisasi diri

Kegiataan ekonomi juga kadang berkaitan dengan perolehan yang tidak bersifat materi, misalnya seseorang bekerja dalam rangka memanfaatkan intelektualitasnya atau sebagai bentuk aktualisasi diri.

Jenis Kegiatan Ekonomi

Para pelaku kegiatan ekonomi ada lima bagian yaitu rumah tangga, masyarakat, perusahaan, koperasi, dan negara.

Di antara kelima bagian pelaku ekonomi tersebut, ada yang melakukan peran sebagai produsen, distributor, dan konsumen.

Produksi

Produksi adalah kegiatan menghasilkan barang atau jasa. Kegiatan utama dalam perekonomian manufaktur dilakukan oleh produsen untuk memproduksi barang guna memenuhi kebutuhan konsumen. Tujuan produksi adalah untuk memenuhi kebutuhan pembeli dan konsumen serta memperoleh keuntungan dalam produksi barang dan jasa.

Contoh kegiatan manufaktur meliputi pabrik tahu yang memproduksi tahu, pengrajin celup yang memproduksi celup, dan industri pakaian yang memproduksi pakaian.

Distribusi

Setelah kegiatan produksi kemudian ada kegiatan penjualan. Distribusi adalah kegiatan menyalurkan barang dan jasa dari produsen ke konsumen. Orang yang melakukan distribusi disebut distributor. Tugas utama kegiatan distribusi adalah membeli barang dari produsen dan menjualnya kepada konsumen.

Distributor sendiri dibagi menjadi tiga jenis: grosir, distributor mikro (pengecer) dan perantara. Pedagang grosir membeli dan menjual barang dalam jumlah besar, dan pengecer membeli barang dari pedagang grosir dan menjualnya ke konsumen.

Perantara, di sisi lain, hanya menengahi kegiatan ekonomi antara produsen dan konsumen. Contoh kegiatan distribusi adalah grosir makanan yang menjual produk dari produsen ke masyarakat umum (konsumen).

Konsumsi

Manusia melakukan aktivitas konsumsi sehari-hari untuk memuaskan keinginannya. Kegiatan konsumsi adalah kegiatan ekonomi yang secara bertahap menghabiskan nilai guna barang dan jasa secara cepat.

Aktivitas konsumsi dapat terjadi ketika produsen menjual barang dan jasa secara langsung kepada konsumen. Aktivitas konsumsi juga dapat terjadi ketika konsumen membeli barang dan jasa dari pedagang.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menjumpai aktivitas konsumsi sendiri. Misalnya, anak sekolah membeli alat tulis di toko buku, anak muda membeli produk yang berhubungan dengan Internet dari lembaga keuangan, dan perusahaan mobil membeli bahan baku untuk produksi.

Itulah informasi mengenai kegiatan ekonomi yang semoga menambah wawasanmu!