Contoh Teks Prosedur Sederhana, Protokol, Kompleks, Lengkap Beserta Strukturnya

Ketika kamu membeli sebuah alat elektronik, biasanya kamu juga akan diberikan sebuah buku petunjuk mengenai cara penggunaannya. Langkah-langkah petunjuk penggunaan inilah yang dinamakan dengan teks prosedur.

Lalu, apa saja contoh dan bagaimana struktur dari teks prosedur? Berikut penjelasan lengkapnya.

Struktur Teks Prosedur

Untuk menyusun teks prosedur, ada 4 bagian yang perlu diperhatikan. 4 bagian ini merupakan struktur teks prosedur, yakni tujuan, material, langkah-langkah pengerjaan, dan kesimpulan. Berikut adalah penjelasan lengkapnya:

1. Tujuan

Biasanya dalam teks prosedur, penulis akan memberikan penjelasan terkait tujuan yang akan dicapai dalam sebuah teks prosedur. Tujuan ini juga berperan untuk memberikan gambaran kepada pembaca mengenai hasil akhir yang akan dicapai.

2. Material

Material merupakan hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan atau dibutuhkan dalam kegiatan. Biasanya, material berisi alat-alat maupun bahan-bahan yang dibutuhkan dalam pelaksanaan kegiatan.

3. Langkah-Langkah Pengerjaan

Bagian ini berisi tentang proses maupun tahapan yang harus dilakukan dalam pelaksanaan kegiatan. Tahapan-tahapan ini harus ditulis secara berurutan agar mudah dipahami oleh pembaca.

4. Kesimpulan

Terakhir, teks prosedur biasanya juga memuat tentang kesimpulan dari suatu prosedur yang dilakukan. Namun, bagian ini biasanya bersifat opsional.

Contoh Teks Prosedur

Sebelum mengetahui contoh-contoh teks prosedur, kamu perlu mengetahui bahwa teks prosedur dibagi menjadi 3 jenis, yakni teks prosedur sederhana, teks prosedur protokol, dan teks prosedur kompleks. Berikut adalah contoh-contohnya.

Contoh Teks Prosedur Sederhana

Teks prosedur sederhana biasanya berisi mengenai beberapa langkah sederhana dalam membuat sesuatu, yang mudah untuk diikuti.

1. Cara Memasak Soto Ayam

Bahan :

1/2 ekor ayam kampung, potong dua

1.5 liter air

3 sdm minyak sayur

1 batang serai, memarkan

2 lembar daun salam

2 lembar daun jeruk

Bumbu Halus:

  • 5 butir bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 4 butir kemiri
  • 3 cm kunyit
  • 1 cm jahe
  • 1/2 sdt merica butiran
  • 2 sdt garam

Pelengkap:

  • 100 g tauge
  • 100 g suun, seduh air panas
  • 2 butir telur rebus
  • 2 sdm daun bawang
  • 4 sdm bawang merah goreng
  • 4 sdm sambal rawit
  • 2 butir jeruk nipis, potong-potong

Cara Membuat :

  • Pertama, didihkan air, rebus ayam dengan api kecil hingga daging ayam hampir lunak.
  • Kemudian, tumis bumbu halus bersama daun jeruk, daun salam, serai dan aduk hingga matang dan harum. Angkat.
  • Masukkan ke dalam rebusan ayam.
  • Rebus dengan api kecil hingga daging ayam lunak.
  • Lalu, angkat ayam, tiriskan hingga agak kering.
  • Goreng ayam sebentar hingga bagian luarnya kering. Tiriskan.
  • Suwir daging ayam kasar-kasar.
  • Susun ayam, suun, tauge dalam mangkuk saji.
  • Tuangi kaldu panas.
  • Sajikan dengan daun bawang, bawang goreng, sambal rawit dan jeruk nipis.

2. Cara Membuat Google Form

  • Jalankan browser terlebih dahulu dari ponselmu, kemudian salin dan tempel tautan berikut forms.google.com.
  • Klik ikon + untuk membuat formulir baru.
  • Setelah formulir berhasil terbuka, tambahkan judul dan deskripsi formulir.
  • Tambahkan pertanyaan yang ingin diajukan. Terdapat beberapa opsi jawaban yang bisa kamu pilih, seperti tulisan, pilihan ganda, kotak centang, skala linear dan lainnya, kamu bisa memilih opsi sesuai dengan kebutuhanmu.
  • Jika sudah, klik menu Send pada bagian kanan atas Google Form untuk mendapatkan tautan formulir.
  • Google Form selesai dibuat, kamu bisa membagikan tautan untuk mendapatkan respon.

Contoh Teks Prosedur Protokol

Hampir sama dengan teks prosedur sederhana, teks prosedur protokol berisi beberapa langkah yang singkat dan mudah diikuti.

  1. Cara Memesan Tiket Kereta Api secara Online
  • Buka browser di HP atau PC
  • Masuk ke laman booking.kai.id
  • Ketik nama stasiun asal dan stasiun tujuan
  • Pilih tanggal keberangkatan dan jumlah penumpang
  • Klik “Cari & Pesan Tiket”
  • Pilih kereta lalu klik “Pesan” Pilih kursi, lalu tentukan metode pembayaran
  • Lakukan pembayaran sesuai dengan metode yang dipilih.

2. Cara Menghubungkan HP ke TV menggunakan Chromecast

  1. Sambungkan terlebih dahulu perangkat Chromecast ke port HDMI TV.
  2. Unduh aplikasi Google Home melalui Google PlayStore. Google Home berguna untuk melakukan setting pada perangkat Chromecast.
  3. Jalankan aplikasi Google Home, kemudian pilih menu Wifi Display. Lalu, aktifkan fitur Screen Mirroring.
  4. Hubungkan perangkat HP dengan Wifi.
  5. Pastikan layar TV sudah terhubung dengan saluran HDMI.
  6. Akan terlihat kode pada layar TV. Lalu, masukkan kode pada aplikasi Google Home agar HP bisa terhubung ke TV.

Contoh Teks Prosedur Kompleks

Teks prosedur kompleks biasanya memiliki tahapan-tahapan yang lebih kompleks dibandingkan dengan jenis teks prosedur lainnya.

  1. Cara Membuat SIM atau Surat Izin Mengemudi

Berkas-berkas yang diperlukan:

  • Surat keterangan sehat
  • Salinan identitas berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dengan usia minimal 17 tahun
  • Formulir pembuatan SIM yang sudah diisi

Jika berkas sudah terpenuhi, maka lanjutkan dengan langkah-langkah berikut:

  • Serahkan seluruh berkas ke loket pendaftaran dan dapatkan nomor antrian.
  • Lakukan registrasi dengan mengisi berkas pendaftaran, mendaftarkan sidik jari, dan foto diri untuk pencetakan kartu SIM.
  • Ikuti sesi ujian teori keselamatan berkendara.
  • Pemohon akan diuji dengan materi tes berupa teori peraturan dan perundangan lalu lintas, keterampilan mengemudi, etika berkendara di jalan umum, dan teknik mengoperasikan kendaraan. Jika tidak lolos, maka mengikuti ujian ulang pada sesi ujian 7 hari kemudian.
  • Jika lolos pada sesi ujian teori, pemohon bisa lanjut mengikuti sesi ujian praktik. Pada tahap ini, pemohon akan dinilai dari kelayakan berkendara dengan secara langsung mengemudi di hadapan petugas. Materi ujian praktik, yaitu mengemudi dengan berbagai kondisi dan halang rintang yang harus dilewati dengan mulus.
  • Jika tidak lolos pada tahap ini, dapat mengikuti ujian praktik pada sesi ujian selanjutnya, yaitu 14 hari kemudian. Apabila pemohon kembali gagal pada sesi ujian ulang ketiga dan keempat, kemudian tidak mengikuti sesi ujian ulang selama 30 hari berturut-turut, maka berkas pemohon dibatalkan dan harus mendaftarkan kembali dari awal.
  • Jika pemohon lolos pada tes praktik, dapat dilanjutkan untuk proses pembayaran biaya pembuatan SIM dan pencetakan kartu SIM.

Demikian beberapa contoh dan penjelasan dari setiap jenis teks prosedur. Semoga artikel ini dapat membantumu memahami bagaimana cara membuat teks prosedur dengan baik dan benar.

Cara Mengelola Tenaga Kerja Perusahaan dengan Workmate

Workmate merupakan platform manajemen tenaga kerja yang memberi solusi terkait suplai pekerja dan manajemen tenaga kerja atau karyawan perusahaan. Workmate memfasilitasi perusahaan dengan teknologi dan data sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Platform ini mempunyai banyak fitur dan layanan yang memudahkan perusahaan. Mulai dari rekrutmen, sistem penjadwalan shift otomatis, pantau waktu dan absensi karyawan, penjadwalan otomatis, hingga data performa tenaga kerja.

Workmate yang berdiri sejak 2016 memiliki misi membantu bisnis untuk menemukan dan mengelola tenaga kerja yang andal. Selain itu, membantu para pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan yang konsisten di perusahaan terkemuka.

Berikut penjelasan terkait cara mengelola tenaga kerja atau karyawan perusahaan menggunakan fitur dan layanan dari platform Workmate.

Cara Kelola Karyawan dengan Workmate

Dalam prosesnya, Workmate memanfaatkan data yang dimiliki dalam algoritma penilaian kandidat, yang didukung oleh AI (artificial intelligence). Teknologi AI itu digunakan untuk meningkatkan kualitas pencocokan, tingkat kehadiran, retensi pekerja, serta produktivitas.

Ada pun cara kerja dari masing-masing fitur pengelolaan tenaga kerja di Workmate, antara lain sebagai berikut:

1. Pengelolaan Proses Rekrutmen

Dengan platform manajemen tenaga kerja, perusahaan dapat merekrut pekerja harian sesuai dengan kuantitas dan kualitas yang dicari. Proses rekrutmen juga dapat menjadi lebih sederhana dan cepat.

Langkah-langkah melakukan proses rekrutmen dengan Workmate adalah sebagai berikut:

  • Rekrutmen Berbasis Data

Workmate memfasilitasi perusahaan dengan memberikan data pekerja yang luas, sehingga perusahaan dapat mendapatkan rekomendasi kandidat sesuai dengan jarak lokasi terdekat, pengalaman kerja dan tingkat kepercayaan hingga keterampilan.

  • Lakukan Chat dengan Pekerja

Setelah menemukan kandidat yang tepat, perusahaan tidak perlu mengekspor dan menambah kontak baru. Fitur Workmate dapat membantu perusahaan untuk mengkoordinasikan interview secara real-time.

  • Pembayaran Tarif untuk Job Post

Proses rekrutmen di platform manajemen tenaga kerja ini memerlukan pembayaran berlangganan perbulan. Keuntungannya yakni perusahaan akan mendapat akses untuk membuat job posts dan database pekerja Workmate.

  • Kelola Tenaga Kerja

Setelah mendapatkan tenaga kerja yang sesuai, kelola tenaga kerja perusahan dan integrasikan dengan Supervisor app dan Worker app.

2. Penjadwalan Shift

Dengan layanan ini, perusahaan tak perlu lagi menggunakan spreadsheet Excel yang rumit. Workmate juga mempunyai teknologi smart scheduling untuk tingkatkan kehadiran pekerja dalam satu shift.

Ada pun langkah-langkah melakukannya adalah sebagai berikut:

  • Buat Jadwal Baru

Pertama, pihak perusahaan dapat menambahkan jadwal shift baru. Jumlah jadwal yang dapat dibuat terdiri atas 1000 shift, 100 pekerja, 10 lokasi dalam satu dashboard.

  • Fulfillment Otomatis

Kemudian, Workmate akan secara otomatis menetapkan shift pekerja dan mengirimkan notifikasi kepada pekerja, sehingga pihak perusahaan dapat mengetahui fulfillment rate sebelum shift dimulai.

  • Pastikan Berjalan Sesuai Regulasi

Sesuaikan fitur penjadwalan otomatis Anda agar dapat memenuhi standar hukum, kelola jumlah hari bekerja atau hari cuti dalam platform

  • Pastikan Tidak Ada Shift yang Kosong

Platform kami akan mendeteksi adanya shift yang kosong. Kami akan segera menotifikasi pada Anda apabila ada pekerja yang harus diganti.

3. Pemantauan Waktu dan Absensi Karyawan

Layanan Workmate satu ini membantu perusahaan untuk memonitor waktu dan absensi pekerjanya. Dengan begitu, pihak perusahaan dapat menghemat waktu dalam mengelola laporan absensi.

Ada pun langkah-langkah melakukannya adalah sebagai berikut:

  • Gunakan Sistem QR untuk Absensi Pekerja

Dengan sistem QR, pihak perusahaan dapat melakukan validasi absensi pekerja dengan lebih akurat. Sistem QR ini meminimalisir adanya kecurangan dalam absen karena dilengkapi dengan foto profil pekerja.

  • Data Terintegrasi dengan Dasbor HR

Data absensi pekerja yang telah divalidasi sebelumnya akan menjadi laporan absensi yang terintegrasi langsung dengan dasbor HR dan dapat segera disetujui setelah dikonfirmasi supervisor. Dengan begitu, pihak perusahaan dapat meminimalisir kesalahan dalam absensi.

  • Proteksi Timesheet

Meski tanpa pengecekan langsung di lapangan, sistem absensi akan memberikan proteksi kesalahan timesheet dengan menggunakan autentikasi multi-faktor. Timesheet akan menunjukkan di mana lokasi pekerja dan memperlihatkan selfie mereka untuk memverifikasi.

  • Setujui Absensi

Setujui ratusan absensi hanya dalam satu klik, sehingga pihak perusahaan dapat fokus pada hal penting lainnya. Setelah itu, Workmate secara otomatis mengkalkulasikan gaji pekerja sesuai dengan laporan absensi.

4. Analisis Data Performa Tenaga Kerja

Perusahaan dapat menggunakan layanan platform manajemen tenaga kerja untuk menganalisis data pekerjanya. Dengan begitu, perusahaan dapat menilai performa pekerja dan dapat mengidentifikasi isu krusial dengan cepat.

Ada pu beberapa hal terkait tenaga kerja yang dapat dianalisis oleh perusahaan, antara lain sebagai berikut:

  • Kondisi Manajemen Tenaga Kerja

Perusahaan dapat memonitor metrik performa pekerja, seperti absensi, tingkat kepuasan serta tingkat retensi. Dengan begitu, perusahaan dapat lebih mudah memahami kondisi para pekerjanya.

  • Evaluasi Pekerja, Fulfillment dan Lembur

Perusahaan dapat mengirimkan notifikasi apabila tingkat fulfillment pekerja tidak sesuai target bisnis atau target industri. Target tersebut dapat disesuaikan dengan strategi perusahaan.

  • Pengeluaran untuk Tenaga Kerja

Perusahaan dapat mengetahui dan menyesuaikan anggaran bagi pekerja, sesuai dengan kondisi dan kinerja perusahaan.

Demikian penjelasan terkait tata cara mengelola karyawan perusahaan dengan menggunakan platform manajemen tenaga kerja Workmate.

Insentif : Pengertian, Tujuan, dan Jenis-jenisnya

Istilah insentif tentu sudah tidak asing lagi bagi karyawan. Insentif adalah istilah yang sering disamakan dengan bonus. Hal ini benar karena menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), insentif adalah penghasilan tambahan berupa barang, uang, dll yang diberikan kepada seseorang untuk meningkatkan semangat kerja.

Insentif seringkali diberikan kepada karyawan sebagai bentuk apresiasi dari perusahaan. Oleh karena itu, penawaran insentif biasanya dikaitkan dengan kinerja karyawan yang dinilai oleh perusahaan. Jika kamu memiliki karyawan yang baik, kamu mendapatkan beberapa bentuk insentif.

Berikut DailySocial.id jelaskan lebih rinci.

Pengertian Insentif

Menurut KBBI, pengertian insentif adalah penghasilan di samping gaji yang diterima pegawai karena melakukan suatu tugas.

Jadi yang dimaksud dengan insentif adalah suatu bentuk kompensasi dari perusahaan kepada tenaga kerja sebagai tambahan penghasilan atas gaji atau gaji bulanan sebagai imbalan atas kerja keras mereka dalam bekerja.

Perbedaan Insentif dan Bonus

Sepintas, insentif mirip dengan bonus karena merupakan dana kompensasi, tetapi ada beberapa perbedaan utama antara insentif dan bonus. Tujuan pemberian insentif adalah untuk memotivasi karyawan dan memungkinkan mereka mencapai tujuan yang sesuai dengan keinginan perusahaan. Bonus adalah bagian dari keuntungan.

Perbedaan berikutnya antara insentif dan bonus terletak pada cara perusahaan menawarkannya kepada karyawannya. Insentif dan bonus diberikan untuk kinerja, tetapi tujuan pemberian kontrak dan uang insentif berbeda.

Tujuan Insentif Diberikan

Kemudian melihat apa itu insentif dan bagaimana perbedaannya dengan bonus, mari  lihat beberapa tujuan dari insentif yang ditawarkan. Pada dasarnya setiap perusahaan memiliki alasan tersendiri untuk membayarkan bonus kinerja kepada karyawannya. Tujuan dari insentif  ditawarkan adalah berikut ini.

Apresiasi Terhadap Karyawan di Luar Tugasnya

Alasan pertama perusahaan menawarkan insentif adalah untuk membuat karyawan mereka melakukan hal-hal di luar pekerjaannya. Karyawan dengan prestasi yang melebihi tujuan perusahaan biasanya menerima bonus kinerja. Inilah yang dilakukan sebagai pengakuan atas kinerja bisnis.

Karyawan Mengikuti Kegiatan Pelatihan

Dalam rangka meningkatkan kapasitasa karyawannya, perusahaan biasanya mengirimkan ebberapa delegasi karyawan untuk mengikuti kursus-kursus pelatihan.

Karyawan Menjadi Perwakilan Bisnis dalam Suatu Kegiatan

Tujuan lain dari pemberian dana insentif perusahaan adalah untuk kompensasi, karena karyawan menjadi perwakilan perusahaan dalam sebuah kegiatan. Karyawan mendapatkan insentif agar karyawan perusahaan dengan lebih semangat dan menumbuhkan citra perusahaan pada suatu acara.

Karyawan Telah Melakukan Hal Penting Bagi Keselamatan Bisnis

Karyawan yang telah melakukan hal-hal penting untuk menjaga keamanan perusahaan juga diberikan insentif untuk berterima kasih kepada perusahaan atas upayanya membawa bisnis perusahaan ke posisi yang stabil.

Manfaat Insentif bagi Karyawan dan Perusahaaan

Manfaat Insentif bagi Karyawan

Dari sudut pandang karyawan, adapun manfaat insentif adalah berikut ini.

Motivasi Kerja Meningkat

Pengaruh insentif terhadap kinerja karyawan sangat signifikan dengan adanya motivasi dan semangat kerja karyawan yang menerima dana insentif akan mencapai semangat kerja yang lebih tinggi dan akan melakukan yang terbaik untuk perusahaan.

Menerima Pendapatan Selain Gaji

Keuntungan lain dari insentif adalah bahwa karyawan menerima penghasilan tambahan di atas gaji mereka. Hal ini tentunya dapat meningkatkan pendapatan dan dimanfaatkan oleh karyawan untuk memenuhi kebutuhan lainnya.

Menumbuhkan Rasa Dihargai

Prestasi karyawan berdasarkan hasil jerih payah dan kerja kerasnya untuk memajukan perusahaan lebih dihargai melalui pemberian insentif. Insentif merupakan tanda terima kasih perusahaan atas kinerja karyawannya. Karena komitmen karyawan diukur secara kualitatif dan kuantitatif dengan insentif.

Manfaat Insentif bagi Perusahaan

Bagi perusahaan, adapun beberapa manfaat insentif diberikan kepada karyawan yaitu:

Meningkatkan Kinerja Karyawan

Insentif adalah peningkatan motivasi yang diberikan perusahaan kepada karyawannya. Pemberian insentif diharapkan dapat mendorong kinerja karyawan yang lebih baik sehingga mempengaruhi kemajuan perusahaan.

Karyawan Lebih Menghormati Pemimpin

Manfaat lain bagi perusahaan yang menawarkan insentif adalah karyawan akan lebih menghormati pemimpinan. Uang insentif membantu karyawan merasa dihargai dan meningkatkan rasa hormat mereka terhadap manajemen.

Rasa memiliki karyawan terhadap perusahaan meningkat

Mengevaluasi prestasi dan upaya karyawan dengan insentif berarti karyawan memiliki rasa memiliki yang kuat.

Turnover Karyawan Rendah

Adanya dana insentif membuat karyawan merasa lebih aman di perusahaan, yang pada akhirnya menurunkan turnover dan mempertahankan lebih banyak karyawan di perusahaan.

Karyawan yang Bersedia Bekerja di Luar Tugasnya

Selain itu, insentif bagi perusahaan mendapat manfaat dari karyawan yang bersedia melakukan pekerjaan di luar tugasnya mereka. Ketika karyawan menerima insentif, itu menambah apresiasi dan dorongan untuk bekerja keras bagi perusahaan.

Jenis-Jenis Insentif Karyawan

Perusahaan yang berbeda menawarkan insentif secara berbeda. Jenis insentif meliputi:

Insentif Finansial

Insentif finansial adalah jenis insentif yang ditawarkan perusahaan dalam bentuk digital dan tunai. Bonus kinerja dibayarkan di samping gaji. Karyawan biasanya menerimanya bersama dengan slip gaji mereka.

Insentif Non-finansial

Insentif non-finansial adalah jenis insentif bisnis nonmoneter, biasanya perumahan, mobil, pendidikan, asuransi kesehatan, dana pensiun, dll.

Insentif Sosial

Insentif sosial adalah bentuk insentif yang jarang disadari oleh karyawan. Contoh dari jenis insentif ini termasuk membangun hubungan yang lebih baik dengan rekan kerja, pemimpin perusahaan, dan pelanggan.

Dapatkan Berita dan Artikel lain di Google News

Cara Pasang Harga Promosi pada Produk yang Dijual di Facebook Shop

Salah satu upaya menarik konsumen agar membeli produk milik pelaku usaha adalah dengan membuat promosi atau promo. Pelaku usaha dapat menentukan cara dan harga promo bagi produk dagangannya yang dijual di platform Facebook Shop.

Facebook Shop sendiri merupakan layanan belanja mobile-first, yang digunakan untuk membeli dan menjual suatu produk. Platform ini juga menyediakan beragam fitur yang mendukung bisnis pelaku usaha, termasuk dalam memberikan promo kepada pelanggannya.

Pelaku usaha juga dapat membuat kode promonya sendiri untuk pelanggan. Selain itu, pelaku usaha juga dapat menetapkan syarat pembelian pada semua jenis promo. Misalnya, berupa syarat minimal total pembelian, jumlah pembelian produk, hingga tingkatan minimal berdasarkan pengeluaran pembeli.

Ada pun jenis promo yang dimaksud itu dapat berupa jumlah potongan, gratis ongkos kirim (ongkir), beli A dapat B dan lainnya. Berikut penjelasannya:

  • Jumlah Potongan

Di Facebook Shop, jenis promo ini memiliki yarat pembelian meliputi subtotal minimal, jumlah minimal, dan tingkatan minimal. Promo ini hanya bisa diterapkan sekali per barang atau per pesanan. Harga dipotong berdasarkan persentase atau jumlah tetap.

  • Gratis Ongkos Kirim

Syarat penggunaan jenis promo satu ini meliputi subtotal minimal dan jumlah minimal. Pelaku usaha bisa membuat promo untuk beberapa kecepatan pengiriman. Promo gratis ongkir ini juga bisa digabung dengan promo lainnya.

  • Beli A Dapat B

Pemberlakukan promo ini adalah ketika pelanggan membeli produk A, maka produk B akan diberikan sebagai bentuk promosi. Sebagai catatan, promo jenis ini bisa digabung dengan promo lainnya.

Langkah Membuat Harga Promo di Facebook Shop

Pelaku usaha dapat memberlakukan promo untuk seluruh katalog, koleksi khusus, atau produk tertentu. Harga diskon di menu katalog adalah fitur yang bisa digunakan oleh pelaku usaha untuk menyiapkan potongan harga untuk masing-masing produk.

Berikut langkah-langkah menyiapkannya:

  • Buka Commerce Manager dan pilih toko Anda.
  • Klik Promosi atau ‘Promotion’.

  • Klik ‘Create’ atau buat promo.

  • Klik Pilih Produk dan pilih barang yang akan diberlakukan promo. Anda bisa memilih barang sekaligus atau pun satu per satu dan juga membuat set produk statis yang baru.

  • Beri nama promo yang menarik.
  • Tentukan jenis promo yang akan diberlakukan.
  • Isi informasi yang diperlukan. Misalnya, pada jenis promo jumlah potongan, silakan buat pilihan dan masukkan persyaratan serta detail pembelian; pada promo gratis ongkir, silakan masukkan persyaratan pembelian dan pilih jenis promo; serta pada promo beli A dapat A, silakan buat pilihan dan masukkan nilai promo.
  • Tentukan periode tanggal mulai dan berakhirnya masa promo. Sebagai catatan, setelah membuat promo, pelaku usaha dapat mengedit untuk mengakhiri lebih awal atau memperpanjang masa berlaku promo pada jenis promo tertentu.

  • Klik ‘Create Promotion’ atau buat promo.

Demikian penjelasan terkait langkah-langkah yang dapat dilakukan pelaku usaha dalam mengatur harga promo bagi pelanggan di Facebook Shop.

Titipku Masuk ke Segmen B2B, Mantapkan Strategi Menuju Profitabilitas

Di tengah gejolak jatuh-bangun online grocery, Titipku memantapkan strategi “path to profitability” dengan memperluas bisnisnya ke segmen B2B. Ekspansi akan dimulai pada kuartal keempat tahun ini dengan target beroperasi secara bertahap pada 2023.

Berdiri di 2017, Titipku merupakan lulusan Y Combinator batch S21. Titipku didirikan oleh Ong Tek Tjan dan Henri Suhardja dengan misi utama mendigitalkan pasar tradisional yang menjajakan kebutuhan pangan segar, seperti sayur, ayam, daging, dan ikan.

Awalnya, Titipku dirancang untuk mendigitalkan UMKM dengan target skala nasional. Ada 1.000 mitra UMKM yang berhasil digandeng saat itu. Namun, pihaknya mengaku kesulitan untuk mengelola karena mitranya datang dari berbagai kategori. Dalam perjalanan selama 2-3 tahun, Titipku mulai mengubah model bisnis ke hyperlocal, fokus pada digitalisasi pedagang pasar.

Banyak area-area kecil yang belum tergarap aksesnya. Padahal, keberadaan pasar bertempat di lokasi strategis. Dari data yang kami peroleh, tahun 2020 Titipku mencatat omzet 700%, serta merangkul lebih dari 31.000 UMKM dan 7.000 penjelajah. Sekarang Titipku, sudah bekerja sama dengan hampir 10.000 pedagang di 150 pasar.

Memperkuat posisi

Dalam wawancara terpisah dengan DailySocial.id, Co-founder dan CEO Titipku Henri Suhardja meyakini bahwa bisnis online grocery masih punya peluang besar di Indonesia. Ada banyak pasar yang dapat digarap, tak hanya sebatas menguntungkan konsumen akhir.

Berdasarkan data di “Online Grocery Report 2022” yang diterbitkan Titipku, perilaku konsumen dalam berbelanja sudah terbentuk secara stabil selama masa pandemi Covid-19. Bahkan, Titipku mencatat ada kenaikan transaksi online grocery sebanyak 4-5 kali sebelum pandemi.

Untuk mendorong efisiensi dan menjaga pertumbuhan di segmen B2C, Titipku melakukan sejumlah strategi. Misalnya, memaksimalkan channel marketing dan melakukan perbaikan aplikasi untuk meningkatkan kenyamanan pengguna. Strategi ini diyakini dapat mendorong awareness terhadap efektivitas layanan online grocery, terutama bagi kaum ibu-ibu.

Titipku juga memperluas segmen pasarnya pada akhir tahun ini. Berkat keuntungan yang diklaim telah diperoleh dari segmen B2C, pihaknya mantap untuk masuk ke bisnis B2B. Modelnya, sales Titipku akan menjual pasokan produk ke pedagang pasar, dan pesanan akan diantar sesuai kesepakatan jam pengiriman. Value proposition yang ditawarkan tetap sama, yakni pasokan produk segar dengan harga terjangkau. Dengan harga dan kualitas ini, pedagang dapat menghindari potensi fraud.

Ke depannya, Titipku berkomitmen untuk memfasilitasi pemberian modal usaha, tidak hanya membantu pada suplai produk saja. Tujuannya untuk membangun ekosistem UMKM dan pedagang pasar di Jabodetabek.

“Sejak awal, kami berkomitmen untuk tumbuh bersama pedagang pasar. Kami tidak memiliki warehouse untuk produk yang akan dijual. Kalau Titipku punya, ini akan mengerdilkan peran pasar dan justru bertolak belakang dengan visi dan misi kami. Pasar rekanan Titipku adalah warehouse terbaik yang dimiliki. Semua produk diambil langsung dari pedagang,” ujarnya.

Di sisi lain, Titipku juga mengungkap rencananya untuk melakukan fundraising dalam waktu dekat. Namun, Henri enggan mengelaborasi lebih lanjut.

Masuk ke B2B

Untuk dapat menjalankan bisnis online grocery secara berkelanjutan, Henri menilai penting untuk fokus terhadap kualitas produk dan layanan, serta unit economic. Menurutnya, yang terjadi di industri saat ini, banyak yang terlalu terpaku pada promo, bukan ketiga hal tersebut.

“Kami fokus untuk menjadi sustainable business, memastikan path to profitability. Maka itu, kami mulai masuk ke B2B pada akhir tahun. Ini bukan pivot, tetapi menjadi B2B2C secara keseluruhan,” tuturnya pada kesempatan terpisah beberapa waktu lalu.

Disampaikan Henri pada acara Titipku 6th Anniversary, operasional B2B akan dimulai pada kuartal I 2023 dengan memasok ke 27 pasar untuk tahap awal. Pihaknya akan masuk ke pasar sentral untuk melayani 60 pasar sekunder di kawasan Jadetabek pada kuartal II.

Masih di kawasan sama, jumlah tersebut akan ditambah menjadi 80 pasar di kuartal III, dan naik menjadi 100 pasar pada kuartal IV. Titipku juga akan ekspansi ke Bandung dan Surabaya.

Founder Titipku Ong Tek Tjan menambahkan, pihaknya tak menutup kemungkinan di masa depan untuk memasok produk dari para petani. Menurutnya, pasar tradisional masih dipersepsikan sebagai kaum marjinal, posisinya dinilai kalah dengan pasar modern. Pasar tradisional juga sulit mendapat pasokan berkualitas.

Titipku akan meningkatkan perannya dengan memfasilitasi pemberian akses modal usaha dari mitra lembaga keuangan. Langkah ini dapat membantu pedagang untuk mengelola rantai pasok dengan baik.

Pihaknya juga mengaku optimistis terlepas dari situasi perlambatan ekonomi saat ini. “Orang-orang akan mengalihkan pengeluaran kepada kebutuhan pokok sehingga mereka akan belanja. Ketika ini terjadi, kami ingin mitra Titipku dapat memilih pasokan barang dengan kualitas barang sehingga tak kalah dengan pasar modern.” tambahnya.

Gejolak online grocery

Bisnis online grocery, termasuk quick commerce, tak hanya terguncang di skala global saja. Sejumlah startup menutup layanannya karena tak mampu lagi menjadi bisnis berkelanjutan, khususnya di segmen B2C.

Salah satu pemain terbesar, HappyFresh kesulitan keuangan sehingga harus meracik kembali strategi bisnisnya. Brambang terpaksa menutup layanan online grocery dan langsung pivot menjadi marketplace untuk produk elektronik bekas. Sementara, kegagalan menemukan unit ekonomi yang cocok memaksa Bananas untuk melakukan hal serupa dan pivot ke bisnis lain.

Padahal, online grocery termasuk salah satu primadona layanan digital yang mengantongi akselerasi luar biasa ketika masa awal pandemi. Namun, tren ini diprediksi melandai sejalan dengan melonggarnya pembatasan sosial menuju transisi pasca-pandemi. Masyarakat sudah mulai beraktivitas keluar dan berbelanja langsung di toko sejak setahun terakhir.

Di samping itu, segmen B2C pada online grocery juga dinilai sulit untuk menjadi bisnis berkelanjutan mengingat perlu modal besar untuk infrastruktur logistik dan subsidi pada promo diskon.

Dalam analisis DailySocial.id terdahulu, potensi online grocery belum maksimal mengingat penetrasinya masih berputar di kota-kota besar, seperti Jabodetabek. Terlebih, masyarakat masih terbiasa berbelanja kebutuhan sehari-hari langsung di toko fisik. Berdasarkan laporan “The Institute of Grocery Distribution (IGD) Asia” nilai pasar online grocery akan bertumbuh 198% dari $99 miliar di 2019 jadi $295 miliar di 2023.

Application Information Will Show Up Here

Startup E-commerce B2B “Sinbad” Dikabarkan Galang Dana Seri A Dipimpin Centauri Fund

Startup e-commerce B2B Sinbad dikabarkan menggalang pendanaan seri A yang dipimpin oleh Centauri Fund, dana kelolaan patungan antara Telkom dan KB Financial Group.

Menurut sumber DailySocial.id, putaran yang bernilai $5,5 juta (lebih dari 85,9 miliar Rupiah) ini juga diikuti investor lainnya, seperti Genesia Ventures, Central Capital Ventura, dan MDI Ventures. Dua nama terakhir merupakan investor lama Sinbad yang berpartisipasi dalam putaran sebelumnya. MDI Ventures memimpin putaran tahap awal untuk Sinbad pada awal tahun 2020.

Startup yang dirintis pada 2018 oleh Emilio Wibisono dan Jabert Hachchouch ini bermain di ranah e-commerce B2B yang memiliki misi ingin menyederhanakan rantai pasok di Indonesia, mempermudah pedagang dan pemasok dalam proses pengadaan. Diklaim pemesanan produk melalui Sinbad akan langsung terhubung ke distributor utama dengan tarif terendah yang ada di pasaran.

Kategori produk yang dijual Sinbad mayoritas adalah FMCG, mulai dari makanan, minuman, susu, perawatan tubuh, perlengkapan bayi, dan hewan peliharaan. Seluruh barang ini disuplai oleh brand prinsipal utama.

Perusahaan mengklaim telah memiliki 5 ribu+ total SKU, berasal dari 80 brand. Sinbad disebutkan telah menjangkau lebih dari 150 kota untuk persebaran jaringan toko dan pemasok. Tidak banyak informasi lainnya yang bisa digali mengenai pencapaian Sinbad sejak berdiri hingga sekarang.

Tak hanya kemudahan berbelanja dengan harga kompetitif langsung dari pemasok, Sinbad juga menawarkan kemudahan belanja dengan fitur bayar nanti (paylater). Sebetulnya, solusi yang ditawarkan Sinbad bukanlah barang baru di Indonesia. Perusahaan berkompetisi langsung dengan pemain lainnya, seperti GudangAda, Credibook (CrediMart), Ula, Warung Pintar, GoToko, Dagangan, dan lainnya, untuk permudah pemilik warung berbelanja.

Potensi digitalisasi warung

Solusi untuk warung ini sebetulnya menyelesaikan isu yang sangat mendasar. Berdasarkan hasil riset bertajuk The Future of Southeast Asia’s Digital Financial Services, sekurangnya 92 juta penduduk berusia dewasa di Indonesia belum tersentuh layanan finansial perbankan (unbankable) – sehingga sulit bagi mereka untuk mengakses layanan digital transaksional secara langsung. Warung berpeluang untuk menjadi medium inklusi keuangan, khususnya lewat layanan digital.

Warung adalah sistem bisnis yang paling menjangkau – tempat ekonomi mikro di berbagai penjuru Indonesia berputar. Menurut data Sensus Ekonomi 2016 yang dirilis BPS, dari 26,4 juta unit Usaha Mikro Kecil (UMK) & Usaha Menengah Besar (UMB), sebanyak 46,38% masuk dalam kategori “Perdagangan Besar dan Eceran, Reparasi dan Perawatan Mobil dan Sepeda Motor” – warung masuk di sana. Jumlah ini sekaligus menjadi yang paling besar di antara jenis usaha lain yang ada di Indonesia.

Diestimasi, ekonomi warung informal Indonesia saat ini terdiri dari 168 juta orang yang bertransaksi $252 miliar setiap tahun. Dalam rangka menuju ekonomi digital yang inklusif, maka digitalisasi sangat penting untuk mengatasi masalah inti yang dihadapi oleh warung di lingkungan kecil ini.

Dalam wawancara dengan DailySocial.id, Co-Founder Ula Nipun Mehra menjelaskan analisisnya mengapa startupnya mantap merambah sektor ini. Menurutnya, ritel tradisional seperti warung adalah pilar utama ekonomi Indonesia. Tulang punggung dari ekonomi konsumsi, sekaligus mempekerjakan jutaan orang.

“Peritel tradisional tergolong cost-effective dan memiliki pengetahuan mendalam mengenai pasar lokal. Namun, sektor ini adalah bagian paling rentan dari value chain karena mereka biasanya bekerja secara individual dengan skala kecil,” ujarnya.

Application Information Will Show Up Here

Customer: Pengertian, Jenis, dan Cara Menghadapinya

Customer atau pelanggan secara umum berarti suatu organisasi atau individu yang membeli produk atau jasa dari toko atau perusahaan tertentu. Beberapa ahli menyatakan bahwa yang dimaksud dengan Customer yaitu pelanggan berupa individu, bisnis, atau rumah tangga yang membeli produk, jasa, atau ide dari penjual atau pemasok.

Yang dimaksud dengan customer dalam hal ini tidak hanya mengacu pada konsumen, tetapi juga dapat diartikan sebagai pelanggan yang membeli produk tidak hanya untuk dikonsumsi atau digunakan, tetapi dengan maksud untuk dijual atau dialihkan kepada orang lain.

Arti Customer Menurut Beberapa Ahli

Jerald Greenberg

Jerald Greenberg menjelaskan dalam jurnalnya bahwa arti customer adalah individu atau kelompok yang berbelanja produk dalam bentuk barang ataupun jasa dengan melakukan berbagai faktor pertimbangan, seperti kualitas, tempat, harga, pelayanan, dll. berdasarkan keputusannya sendiri.

Vincent Gaspersz

Vincent Gaspersz mengatakan bahwa arti customer adalah seluruh orang yang menuntut seseorang untuk bisa memenuhi sebuat standar kualitas tertentu dan mereka akan memberikan pengaruh pada performa orang tersebut.

Philip Kotler

Philip Kotler berpendapat bahwa arti customer adalah individu atau rumah tangga yang berbelanja atau mendapatkan produk barang atau jasa untuk bisa dikonsumsi sendiri.

Berdasarkan penjelasan dari para ahli tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa customer merupakan seluruh pihak individu atau kelompok orang yang melakukan kegiatan transaksi atas pembelian barang atau jasa untuk kebutuhan dirinya sendiri.

Perusahaan Memandang Customer

Bisnis sekarang umumnya memandang pentingnya customer mereka sebagai aset perusahaan yang harus selalu ada ketika membelanjakan uang nanti untuk membeli produk perusahaan. Dalam hal ini, customer adalah pembeli produk atau jasa. Tentu saja, fokus pembelian pelanggan terbatas pada pembelian.

Oleh karena itu customer dapat diartikan sebagai konsumen akhir. Misalnya, seorang anak telah membeli mainan yang hanya dapat digunakan olehnya atau beberapa temannya.

Tapi mengapa customer harus diklasifikasikan sebagai aset perusahaan?Jawabannya sederhana. Karena pelanggan dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan.

Keberadaan istilah pelanggan adalah raja sangat tepat. Karena tanpa pelanggan membeli produk, perusahaan pasti bisa bangkrut. Untuk alasan ini, hampir semua perusahaan manufaktur tidak diragukan lagi menjadikan pelanggan mereka sebagai aset yang berharga.

Jenis-Jenis Customer

Mengutip pendapat Vincent Gaspersz, berkut ini jenis-jenis customer dalam suatu bisnis:

Internal Customer

Maksud dari customer internal berarti mereka berasal dari dalam perusahaan Anda. Jenis pelanggan ini biasanya memiliki dampak signifikan pada cara perusahaan beroperasi. Pelanggan internal didefinisikan sebagai staf pemasaran, staf operasi, staf pengiriman, HRD, dan sebagainya.

Selama implementasi, customer internal memprioritaskan kerja tim, sistem, kinerja kualitas, dan pengiriman cepat.

Eksternal Customer

Pengertian customer eksternal adalah mereka yang berasal dari pihak luar perusahaan dan terbiasa membeli barang dan jasa dari perusahaan. Secara umum, saat membeli produk, kami memperhatikan beberapa poin penting, seperti kualitas produk, harga, cara pembayaran, kebutuhan, cara pengiriman, dll.

Pelanggan Antara

Pengertian customer pelanggan antara atau between customer adalah mereka yang memiliki peran sebagai distributor yang membeli barang untuk dijual kembali. Contoh sederhananya adalah seorang pedagang kelontong di sekitaran perumahan yang memiliki peran untuk menyalurkannya ke konsumen tingkat akhir.

Karakteristik Customer

Secara umum, semua pelanggan memiliki karakteristik yang berbeda. Ada banyak alasan untuk ini. Latar belakang pendidikan, lingkungan, latar belakang keluarga, dll. Nah, inilah 7 karakter pelanggan dan cara menghadapinya dengan benar.

Cheap Customer

Karakter pertama merupakan ciri khas konsumen yang lebih menyukai produk yang murah dan terjangkau serta mengutamakan diskon. Faktor-faktor seperti tabungan biasanya mendorong mereka untuk memilih produk atau layanan.

Konsumen tersebut menanyakan tentang promosi, bonus, atau diskon tertentu saat berbelanja. Cara terbaik untuk memasarkan adalah dengan menayangkan iklan yang paling menarik. Dengan begitu, konsumen akan lebih tertarik untuk mencoba produk yang kamu tawarkan.

Difficult Customer

Definisi difficult customer adalah orang yang secara konsisten memiliki pandangan negatif terhadap produk yang dijual. Bukan tanpa alasan, karena mereka sudah memiliki pengalaman buruk dengan produk yang sama. Selain itu, mereka juga sering membandingkan suatu produk dengan lainnya dan sulit menerima penjelasanmu.

Kamu harus lebih bersabar dengan pelanggan tipe ini. Perhatikan suasana hatinya, jangan berdebat, lebih banyak berpartisipasi dalam percakapan lain. Juga, jangan memasukkan kata-kata mereka ke hati. Jika kamu terlalu fokus pada pelanggan itu, kamu hanya membuang-buang waktu dan tidak menghasilkan penjualan.

Sophisticated Customer

Pengertian sophicticated customer adalah pelanggan dengan kecerdasan produk tingkat lanjut. Mereka biasanya melakukan riset sebelum membeli suatu barang dan banyak referensi terhadap produk kamu. Tapi mereka akan sulit untuk diatasi pada awalnya saja.

Jika mereka sudah percaya dengan produk kamu, biasanya mereka akan menjadi loyal bahkan mungkin akan mendorong rekannya yang lain untuk menggunakan produk kamu.

Affluent Customer

Affluent customer adalah pelanggan yang cenderung tidak terlalu memikirkan harga produknya. Mereka membeli produk dengan harga berapa pun karena mereka hanya menuntut yang terbaik dalam hal produk, layanan, dan kualitas produk.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menggunakan pelanggan ini sebagai aset utama bisnis kamu. Memberi kesan baik kepada pelanggan ini membutuhkan perhatian yang lebih individual untuk menarik loyalitas dan mendorong lebih banyak pembelian.

Customer Pemarah

Customer pemarah adalah pelanggan yang tidak sabaran dan emosinya tidak stabil. Cara untuk menghadapinya adalah dengan bersikap tenang, sabar, dan mendengarkan dengan seksama setiap kata yang mereka sampaikan. Kamu juga harus memahami alasan kemarahannya dan dapat memberikan penjelasan dengan cara yang ramah.

Customer Pendiam

Customer pendiam adalah pelanggan yang tidak banyak bicara dan cenderung melihat dari dekat produk. Berurusan dengannya membutuhkan cara khusus untuk mendapatkan perhatiannya. Mencoba mengenalnya, berbicara dengannya, membuatnya lebih nyaman, dan menanyakan hal apa yang dia butuhkan.

Customer Tidak Sabaran

Pelanggan yang tidak sabar merupakan pelanggan yang selalu mengutamakan kecepatan dan ketepatan pelayanan. Juga, menuntut terlalu banyak produk dalam waktu singkat. Menghadapinya membutuhkan banyak kesabaran yang tinggi pula.

Itulah beberapa penjelasan yang dapat DailySocial.id bagi mengenai customer. Semoga penjelasan ini dapat kamu pahami.

Dapatkan Berita dan Artikel lain di Google News

Diagram Batang: Pengertian, Jenis dan Cara Membuatnya

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk menyajikan data, salah satunya dengan menggunakan diagram batang. Selain mudah diterapkan, diagram batang juga efektif digunakan karena bentuk persegi panjangnya dapat mewakili frekuensi nilai tertentu. Diagram batang juga paling cocok digunakan untuk melihat fluktuasi data.

Nah, kali ini DailySocial.id akan merangkumkan penjelasan lengkap mengenai diagram batang beserta cara membuatnya melalui artikel berikut.

Pengertian Diagram Batang

Diagram batang merupakan jenis grafik yang digunakan untuk menunjukkan dan membandingkan kuantitas data dalam kategori yang berbeda. Selain itu, diagram batang juga bisa dipakai untuk membandingkan perubahan data penelitian dalam periode tertentu.

Diagram batang memiliki bentuk persegi panjang yang vertikal maupun horizontal dengan lebar yang sama. Sumbu vertikal pada diagram batang berfungsi untuk menunjukkan ukuran atau jumlah angka dari objek data yang disajikan. Sementara sumbu horizontal pada diagram batang menunjukkan nama objek data yang akan disajikan dalam diagram.

Jenis Diagram Batang

Diagram batang terbagi menjadi 4 jenis, yakni diagram batang vertikal, diagram batang horizontal, diagram batang majemuk, dan diagram batang bertingkat. Berikut adalah penjelasan mengenai jenis-jenis diagram batang secara lebih lengkap.

1. Diagram Batang Vertikal

Diagram batang vertikal
Contoh Diagram Batang Vertikal / ©edrawmax.com

Diagram batang vertikal merupakan jenis diagram batang yang paling banyak dipakai. Pada jenis ini, frekuensi data ditampilkan secara vertikal. Sementara nama atau kategori diagram ditampilkan secara horizontal.

2. Diagram Batang Horizontal

Diagram batang horizontal
Contoh Diagram Batang Horizontal / ©depictdatastudio.com

Kebalikan dari diagram batang vertikal, pada diagram batang horizontal, frekuensi data digambarkan secara horizontal. Sementara nama atau kategori diagram ditampilkan secara vertikal.

3. Diagram Batang Majemuk

Diagram batang majemuk
Contoh Diagram Batang Majemuk / ©exceljet.net

Diagram batang majemuk merupakan diagram batang yang menyajikan lebih dari satu pengumpulan data. Pada diagram jenis ini, ada dua jenis data yang ditampilkan dalam satu kategori. Untuk memudahkan dalam membacanya, diagram jenis ini digambarkan bersebelahan dengan warna yang berbeda.

4. Diagram Batang Bertingkat

Diagram batang bertingkat
Contoh Diagram Batang Bertingkat / ©exceljet.net

Diagram batang bertingkat menampilkan kegiatan dalam satu batang pada setiap datanya. Pada diagram jenis ini, ada dua jenis data yang digambarkan dalam satu batang, tetapi dengan warna yang berbeda, sehingga dapat memuat dua jenis data dalam satu batang.

Cara Membuat Diagram Batang

Diagram batang dapat dibuat dengan beberapa cara, yakni secara manual maupun dengan Microsoft Word dan Microsoft Excel. Berikut adalah langkah-langkah membuat diagram batang.

Cara Membuat Diagram Batang Secara Manual

  1. Pertama, siapkan data yang dibutuhkan untuk pembuatan diagram batang berupa tabel distribusi frekuensi.
  2. Kemudian, buat garis horizontal untuk menempatkan kategori dan garis vertikal untuk menempatkan nilai frekuensi. Pastikan semua jarak setiap kategori sama agar memudahkan dalam membacanya
  3. Tandai puncak frekuensi dalam masing-masing kategori sesuai dengan data yang dimiliki.
  4. Terakhir, gambar diagram batang masing-masing kategori dengan batasan yang telah ditandai sebelumnya.

Cara Membuat Diagram Batang di Microsoft Excel

  1. Pertama, siapkan data yang dibutuhkan untuk membuat diagram batang berupa tabel distribusi frekuensi.
  2. Blok seluruh tabel data tersebut lalu klik Chart pada menu Insert.
  3. Kemudian, pilih bentuk diagram batang yang sesuai dengan kebutuhanmu.
  4. Setelah memilih bentuk diagram batang yang diinginkan, maka data yang sebelumnya dimasukkan ke dalam sheet Excel akan disajikan dalam bentuk diagram batang.
  5. Terakhir, ganti judul diagram batang sesuai yang kamu inginkan.

Cara Membuat Diagram Batang di Microsoft Word

  1. Langkah pertama, buka Microsoft Word dan siapkan data yang dibutuhkan terlebih dahulu.
  2. Kemudian, klik tab Insert di pojok kiri atas layar.
  3. Klik Chart, lalu klik tata letak grafik di bagian kiri menu Chart.
  4. Selanjutnya, pilih gaya grafik di bagian atas pilihan tata letak kemudian klik Ok.
  5. Masukkan data pada grafik lalu tekan Enter.
  6. Diagram batangmu akan ditampilkan secara otomatis.

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai diagram batang beserta cara membuatnya. Cukup jelas dan mudah, bukan?

Mozilla Firefox: Pengertian, Sejarah dan Fungsinya

Sebagai pengguna internet, kamu pastinya sudah tidak asing menjelajah internet dengan menggunakan web browser. Web browser merupakan perangkat lunak yang menyediakan segala jenis informasi yang ada di internet. Salah satu contoh web browser yang sering digunakan oleh pengguna internet adalah Mozilla Firefox.

Nah, berikut adalah penjelasan lengkap mengenai pengertian, sejarah, dan fungsi Mozilla Firefox, yang sudah DailySocial.id rangkumkan untukmu.

Pengertian Mozilla Firefox

Mozilla Firefox merupakan aplikasi web browser yang dikembangkan oleh Mozilla Foundation. Sama seperti web browser lainnya, Mozilla Firefox juga bisa digunakan di berbagai sistem operasi, baik Windows, Linux, hingga MacOS.

Kepopuleran Mozilla Firefox sebagai web browser tentu saja disebabkan oleh berbagai fitur yang dimilikinya. Mozilla Firefox memiliki tampilan antar-muka yang sederhana, yang tentunya membuatnya nyaman untuk digunakan. Selain itu, Mozilla Firefox juga memiliki Privacy System yang lebih terjamin keamanannya.

Sejarah Mozilla Firefox

Mozilla Firefox dirilis pada tanggal 23 September 2002 oleh Mozilla Foundation beserta anak perusahaannya. Namun sebelum itu, Mozilla Firefox diciptakan oleh Blake Ross dengan nama awal Phoenix, yang kemudian dikenal sebagai Mozilla Firebird.

Pada tanggal 3 April 2003, Yayasan Mozilla menjadikan Mozilla Firefox dan klien sure Thunderbird sebagai fokus utamanya. Setahun kemudian, Mozilla Firefox pun berhasil mendapat sambutan hangat dari media, bahkan sebelum Mozilla Firefox versi 1.0 dirilis.

Kepopuleran tersebut berpengaruh terhadap kesuksesan Mozilla, di mana Mozilla Firefox berhasil mendapatkan hampir 6 juta pengunduh setelah 12 hari perilisan Mozilla Firefox 1.0. Kepopuleran tersebut nyatanya terus diraih hingga Mozilla Firefox berhasil melakukan perbaruan ke versi 7.0 pada tahun 2019 kemarin.

Fungsi Mozilla Firefox

Pada dasarnya, Mozilla Firefox memiliki fungsi yang sama seperti web browser lainnya, yakni sebagai wadah dalam menerima dan menyajikan segala jenis informasi. Namun, ada beberapa fungsi yang menjadi kelebihan dari Mozilla Firefox, yakni:

1. Ad-Blocker

Terkadang, keberadaan iklan ketika hendak membuka suatu situs memang menjengkelkan. Hal inilah yang kemudian diperhatikan oleh Mozilla Firefox. Dengan mempertimbangkan kenyamanan penggunanya, Mozilla Firefox memberikan fitur ad-blocker, yang berfungsi untuk melakukan pemblokiran iklan, sehingga penggunanya bisa melakukan browsing secara nyaman.

2. Private Browsing

Mozilla Firefox memiliki fitur private browsing yang dapat digunakan untuk mengakses situs secara privat. Dengan fitur ini, sejumlah informasi online pengguna, seperti kata sandi, cookies, serta riwayat penelusuran akan otomatis terhapus dari perangkat. Maka dari itu, fitur ini sangat bermanfaat untuk kamu yang sering mengakses di perangkat umum.

3. Ekstensi

Fitur Mozilla Firefox tidak hanya terbatas itu-itu saja, karena Mozilla Firefox menyediakan fitur ekstensi di dalamnya. Ekstensi sendiri merupakan fitur tambahan yang berisi berbagai aplikasi mini yang dapat diinstal dan ditambahkan sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Beberapa contoh dari ekstensi, seperti pemblokiran iklan, VPN, video downloader, dan lain sebagainya.

4. Tema

Meskipun Mozilla Firefox memiliki tampilan antar-muka yang sederhana, namun Mozilla Firefox juga menyediakan berbagai tema tambahan yang bisa kamu sesuaikan dengan keinginanmu. Dengan keberadaan tema yang menarik tentunya akan menambah pengalaman browsing-mu.

Itulah penjelasan lengkap mengenai pengertian, sejarah, dan fungsi yang dimiliki oleh Mozilla Firefox. Apakah kamu salah satu penggunanya?

Cara Membuat Daftar Isi di Google Docs, Mudah dan Cepat

Daftar isi merupakan salah satu elemen penting dalam penulisan buku, karya tulis ilmiah, hingga skripsi. Daftar isi bertujuan untuk memudahkan pembaca dalam mencari topik yang diinginkan.

Daftar isi biasanya berisi topik dan sub-topik dari tulisan kamu beserta nomor halamannya. Oleh karena itu, penulisan daftar isi harus rapi, agar pembaca tidak bingung saat mencari topik yang ingin mereka baca.

Nah, DailySocial.id akan menjelaskan beberapa langkah dalam membuat daftar isi di Google Docs.

Cara Membuat Daftar Isi di Google Docs

Membuat daftar isi di Google Docs bisa dilakukan secara manual maupun otomatis. Sebelum membuat daftar isi secara otomatis, kamu perlu memastikan bahwa tulisanmu sudah memiliki tipe heading yang sesuai. Heading 1 akan menjadi topik utama daftar isimu, sementara Heading 2 akan menjadi sub-topiknya, dan seterusnya.

Nah, berikut ini adalah langkah-langkah membuatnya:

  1. Pertama, klik di area mana pun yang ingin kamu tambahkan daftar isi.
  2. Selanjutnya, klik Insert pada menu bar yang berada pada atas layar.
  3. Lalu, klik pilihan Table of Contents.
  4. Pilih salah satu dari dua format daftar isi. Google Docs memiliki dua format daftar isi, yakni format With page numbers (dengan penomoran halaman), dan format With blue links (berisi link topik yang kamu buat).
cara membuat daftar isi di google docs
©customguide.com
  • Setelah itu, daftar isi akan terbentuk secara otomatis.
  • daftar isi terbentuk secara otomatis
    ©customguide.com

    Cara Memperbarui Daftar Isi di Google Docs

    Selain menambahkan daftar isi, kamu juga bisa memperbarui daftar isimu di Google Docs. Berikut adalah cara memperbaruinya:

    1. Pertama, klik Heading yang ingin kamu ubah.
    2. Klik tanda panah yang berisi kumpulan tipe penulisan.
    3. Pilih tipe heading yang kamu inginkan.
    cara memperbarui daftar isi di google docs
    ©customguide.com
  • Arahkan kembali ke bagian daftar isimu.
  • Klik bagian yang ingin kamu perbarui.
  • Selanjutnya, klik tombol Update table of contents. Daftar isimu pun sudah diperbarui secara otomatis.
  • memperbarui daftar isi
    ©customguide.com

    Nah, itulah beberapa langkah-langkah dalam membuat daftar isi di Google Docs. Cepat dan mudah, bukan?