Kiat Cosmart Rebut Perhatian Pasar di Tengah Tantangan Ekonomi

Awal bulan ini startup e-commerce membership “Cosmart” meresmikan kehadirannya di Indonesia lewat pendanaan tahap awal sebesar $5 juta. Cosmart baru berdiri pada kuartal kedua tahun ini, namun kehadirannya memantik sejumlah perhatian karena beririsan dengan dunia e-commerce dan e-grocery.

Pasalnya, startup digital pada umumnya dihadapi dengan tantangan ekonomi makro yang memaksa mereka harus melakukan sejumlah efisiensi. Belum lagi, pemain e-grocery belakangan juga harus kembali beradaptasi, terutama yang bergerak di layanan quick commerce, dengan melakukan pivot agar tetap bertahan karena gagal menemukan unit ekonomi.

Sebagai catatan, Cosmart memosisikan diri sebagai one stop solution untuk konsumen yang ingin membeli kebutuhan bulanan. Dengan membayar biaya keanggotaan, konsumen bisa mendapatkan akses ke produk berkualitas tinggi dengan harga lebih murah, diklaim tidak bisa ditemukan produk di platform e-commerce lain, dan berkesempatan mencoba produk sampel dari merek baru.

Lalu bagaimana strategi Cosmart agar tetap menonjol di tengah tantangan tersebut? Dalam membahas topik ini lebih jauh, edisi #SelasaStartup kali ini mengundang Co-founder & CEO Cosmart Alvin Kumarga sebagai pembicara.

Punya solusi untuk masalah yang valid

Alvin menjelaskan, di tengah tantangan ini selalu ada dua sisi yang bisa dilihat. Dari sisi positifnya, ada peluang yang bisa diselesaikan oleh startup. Khusus untuk Cosmart, kebutuhan belanja rutin untuk rumah tangga itu selalu ada dari dahulu dan harus selalu dipenuhi karena fungsinya yang penting.

Ide awal dirinya merintis Cosmart datang dari pengalaman pribadinya saat harus belanja sehari-hari di platform e-commerce. Tiap toko tidak punya barang yang lengkap sehingga ia harus mencari di lebih dari satu toko. Belum lagi promo diskon dan ongkos kirim yang ditawarkan tiap toko berbeda, yang harus dioptimalkan secara manual.

Ia pun melakukan riset lebih mendalam terkait industri ini di Indonesia. Ditemukan bahwa pemain e-commerce yang ada sekarang tidak memiliki solusi yang spesifik untuk produk consumer goods. Bila pun ada, solusinya masih tergolong tahap awal.

Pun dari sejenis pemain e-grocery, mayoritas berfokus pada sisi kenyamanan, mulai dari sisi pengiriman yang instan dan seleksi barang yang baik. Bicara potensinya saja, tentu pembelanjaan barang sehari di platform online masih begitu minim dari total belanja ritel secara nasional.

“Tapi harga dari convenience tersebut adalah harga barang yang lebih mahal. Sejauh ini tidak ada yang bermain di value brand, padahal orang Indonesia itu sangat senang dengan harga yang murah. Kami percaya bisa tackle pasar itu dan akhirnya lahirlah Cosmart,” ujarnya.

Dari target konsumen Cosmart juga berbeda, sambung Alvin, yakni keluarga yang memiliki anggota di rumahnya lebih dari tiga orang. Makanya, faktor harga jadi begitu esensial bagi kelompok tersebut. Semakin besar penghematan, maka dana bisa dialokasikan untuk kebutuhan lainnya.

Dengan membayar keanggotaan, pengguna dapat menghemat lebih banyak pengeluaran untuk memenuhi kebutuhan bulanan yang sudah pasti harus dipenuhi. Makanya, isu di konsumen di segmen seperti ini bukan soal pengiriman yang cepat, tapi seberapa besar mereka bisa berhemat.

Namun, bagi Alvin, bayar keanggotaan itu bukanlah alat untuk menyelesaikan masalah yang ingin diselesaikan Cosmart, melainkan untuk sumber pendapatan utama perusahaan. “Revenue dari penjualan barang biasanya margin tidak besar, tapi karena kita pass on cost saving yang kita dapatkan buat konsumen [kerja sama dengan prinsipal], maka revenue yang kita dapatkan itu dari membership.”

Belanja offline tetap dibutuhkan

Kendati begitu, Alvin tidak menampik tetap dibutuhkannya belanja offline di tengah digitalisasi ini. Pengalaman yang ditawarkan dari belanja offline lebih kaya karena konsumen dapat langsung melihat dan meraba produk-produk yang memang mengutamakan hal tersebut, seperti beli sayur dan buah-buahan. Kedua cara belanja ini diprediksi akan terus saling melengkapi.

“Yang kita targetkan bukan memindahkan dari purchase offline ke online karena saya percaya belanja offline ada benefit-nya buat cuci mata. Tapi apakah belanja sampo yang rutin tetap menyenangkan? Mungkin enggak, makanya kami bantu coba bantu untuk belanja yang rutin-rutin ini.”

Dengan hipotesis tersebut dan dibuktikan dengan tes awal di pasar, pihaknya berhasil membuat para investor untuk yakin dengan model bisnis Cosmart. Bahwa ada masalah yang nyata dan model bisnis melalui keanggotan untuk memastikan Cosmart tetap bertumbuh.

“Mau tech winter atau tidak, harus ada market needs dan pain point yang clear, begitu juga business model yang jelas. Ketika semua sudah ada kita bisa pitching ke investor.”

Di tengah ekspektasi ekonomi makro global yang tidak menentu, membuat para investor jadi lebih ketat dan disiplin saat menanamkan dananya. Bagi startup ini menjadi tantangan untuk membuktikan hipotesisnya benar atau tidak. “Kami dengan tim ini fokus pada solving consumer problem dan apabila model bisnis ini berhasil, pasti bisa di-tackle,” pungkasnya.

Application Information Will Show Up Here

Media: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Manfaatnya

Saat ini, mungkin setiap orang menggunakan media untuk melakukan aktivitas, terutama yang berhubungan dengan komunikasi antar manusia. Media memudahkan setiap orang untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Media adalah alat yang mendukung kebutuhan dan kegiatan, membuatnya lebih mudah bagi setiap orang yang menggunakannya. Lebih khusus lagi, konsep media dalam proses belajar  cenderung didefinisikan sebagai alat grafis, fotografi, atau elektronik untuk memperoleh, memproses, dan menata ulang informasi visual atau verbal.

Pengertian Media

Media merupakan sebuah kata yang berasal dari bahasa Latin sekaligus memiliki bentuk jamak atau sering disebut dengan medium. Sementara itu, kata media secara harfiah memiliki arti perantara.

Dalam hal ini, perantara yang dimaksud adalah adanya perantara antara sumber informasi atau pesan (a source) dan adanya penerima pesan atau informasi (a receiver).

Maka dari itu, sering sekali kita melihat media yang ada di kehidupan sehari-hari, seperti koran, artikel online, film, televisi, dan masih banyak lagi.

Dengan media di dunia ini, lebih mudah untuk membantu seseorang, jadi apa pun yang kamu lakukan lebih mudah untuk diselesaikan. Padahal, media tersebut dapat mengurangi terjadinya kesalahpahaman antara pemberi informasi dan penerima informasi.

Apalagi media bisa digunakan untuk kita belajar. Semakin banyak kita belajar, semakin banyak pengetahuan dan wawasan yang diperoleh seseorang.

Dengan media di dunia ini, lebih mudah untuk membantu seseorang jadi apa pun yang kamu lakukan lebih mudah untuk diselesaikan. Padahal, media tersebut dapat mengurangi terjadinya kesalahpahaman antara pemberi informasi dan penerima informasi.

Apalagi media bisa digunakan untuk kita belajar. Semakin banyak kita belajar, semakin banyak pengetahuan dan wawasan yang diperoleh seseorang.

Seiring berjalannya waktu, media yang semula hanya tersedia dalam bentuk kertas menjadi dapat diakses melalui perangkat elektronik seperti handphone, komputer, dan laptop, harus digunakan dengan hati-hati agar individu atau kelompok tidak ketinggalan informasi.

Fungsi Media

Media yang bisa digunakna pada berbagai bidang, mulai dari pendidikan, hingga politik, dan masih banyak lagi. Adapun beberapa fungsi media secara umum, yaitu:

Sebagai Sarana Informasi Bagi Masyarakat

Semua masyarakat pasti membutuhkan informasi. Karena dengan informasi tersebut, seseorang atau sekelompok orang dapat menambah wawasan. Fungsi media sebagai wahana informasi adalah untuk membuat informasi lebih mudah diakses oleh masyarakat.

Kamu bisa mendapatkan banyak informasi hanya dengan satu ponsel. Kamu juga bisa mendapatkan informasi di TV. Semakin banyak informasi yang dimiliki orang, semakin banyak wawasan yang mereka peroleh.

Sebagai Sarana Untuk Menyalurkan Ide dan Gagasan

Fungsi kedua media adalah untuk mengkomunikasikan ide dan gagasan. Agar seseorang dapat berpikir kreatif, setiap orang pasti memiliki ide atau gagasan dalam benaknya. Ide dan gagasan yang hanya ada di kepala kamu tidak akan dipahami oleh orang lain kecuali kamu memuntahkannya.

Saat ini, ada banyak jenis media yang dapat digunakan untuk menyampaikan ide dan gagasan, seperti film, cerpen, dan novel.

Sebagai Sarana Pendidikan Dalam Kegiatan Belajar Mengajar

Fungsi media selanjutnya adalah sebagai sarana pendidikan dalam kegiatan belajar mengajar. Dalam dunia pendidikan, media sangat penting dalam memberikan informasi kepada siswa.

Guru mencari media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa dan membuat mereka tetap terlibat selama pembelajaran. Tanpa media pembelajaran, siswa kesulitan memperoleh dan menerima informasi ilmiah.

Sebagai Sarana untuk Mendapatkan Hiburan

Media bukan hanya berfungsi untuk mendapatkan informasi atau memberikan informasi saja, tetapi bisa juga berfungsi untuk mendapatkan hiburan. Fungsi ini bisa dibilang mampu menghilangkan rasa penat sedang dialami oleh seseorang. Pada umumnya, media yang bisa menghibur seseorang ini berupa film, musik, buku, dan lain-lain.

Sebagai Sarana Pengawas Sekaligus Pengontrol Kegiatan Sosial

Fungsi media selanjutnya adalah sebagai sarana pengawas sekaligus pengontrol kegiatan sosial. Dengan adanya media, setiap anggota masyarakat tidak mudah untuk melakukan kegiatan atau tindakan yang membahayakan.

Dengan berkurangnya tindakan-tindakan yang membahayakan, maka bisa membuat suatu lingkungan masyarakat menjadi lebih sejahtera.

Sebagai Sarana Untuk Menyelesaikan Keterbatasan pada Alat Indera, Ruang, dan Waktu

Media berperan sebagai sarana untuk menyelesaikan keterbatasan indera, ruang dan waktu. Oleh karena itu, keberadaan media membuat informasi mudah diakses oleh semua orang. Karena ada banyak media yang membantu kita untuk memberikan informasi dan menerima informasi.

Jenis-Jenis Media

Media visual

Media visual adalah media yang mengandalkan penglihatan. Alat proyeksi atau proyektor biasanya digunakan sebagai perantara. Ekspresikan secara visual pesan yang ingin kamu sampaikan. Ada dua jenis media visual, yaitu media visual statis dan media visual bergerak.

Kamu dapat menggunakan keduanya secara bersamaan atau keduanya. Selain itu, fungsi media visual juga membantu untuk menarik perhatian, memperjelas materi yang disajikan, dan menjelaskan fakta yang dapat dengan mudah dicerna dan diingat dalam bentuk visual.

Media Audio

Audio Media memungkinkan kamu mengirim pesan audio dari sumber pesan ke penerima pesan. Media audio sangat erat kaitannya dengan pendengaran. Mengingat sifat pesan yang diterima, media audio dapat menyampaikan pesan verbal (kata-kata atau kata-kata yang diucapkan) dan pesan non-verbal (bunyi dan vokalisasi). Contoh media audio antara lain radio, tape recorder, telepon, dan laboratorium bahasa.

Media Audio Visual

Media audiovisual dapat menampilkan baik suara maupun gambar. Jenis media ini lebih menarik dari sekedar gambar dan suara. Kombinasi stimulasi pendengaran dan visual. Media audiovisual dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu media audiovisual statis dan media audiovisual bergerak.

Contoh media audiovisual diam adalah televisi diam, buku audio dan halaman audio. Contoh media audiovisual bergerak antara lain film televisi dan gambar suara.

Manfaat Media

Pada dasarnya media memiliki banyak manfaat yang dapat dirasakan secara langsung maupun di masa yang akan datang. Namun, keunggulan utama media adalah dapat meningkatkan komunikasi antar manusia. Berikut adalah beberapa manfaat media.

1. Orang mendapatkan informasi lebih cepat sehingga tidak ketinggalan. Informasi yang semakin diterima dipengaruhi oleh perkembangan teknologi dan internet.

2. Memberikan informasi kepada masyarakat umum dengan mudah karena dapat memberikan informasi dari handphone.

3. Memaksimalkan informasi yang diberikan untuk menghindari kesalahpahaman antara pengirim pesan dan penerima pesan.

Dapatkan Berita dan Artikel lain di Google News

Cara Paling Mudah Membuat Toko Online di Facebook

Facebook merupakan platform media sosial yang memiliki suatu layanan marketplace atau layanan belanja mobile-first bernama Facebook Shops. Facebook Shops diperuntukkan bagi pelaku usaha dalam melakukan penjualan secara online.

Facebook Shops memungkinkan pelaku usaha untuk membuat satu toko online yang dapat diakses oleh pelanggan di Facebook dan Instagram. Melalui layanan dan fiturnya, Facebook Shops dapat menunjang keberlangsungan bisnis digital pelaku usaha.

Panduan Jualan di Facebook Marketplace bisa Diunduh di sini, Gratis!!

Pelaku usaha dapat memilih item produk atau mana yang ingin ditampilkan, menambahkan barang dagangan ke koleksi produk, dan menceritakan kisah dengan font dan warna yang dapat disesuaikan.

Berikut penjelasan lebih lanjut terkait syarat dan cara mendaftar toko online di platform media sosial Facebook paling mudah bagi pelaku usaha.

Syarat Daftar Toko Online di Facebook

Bagi pelaku usaha yang akan membuat toko online di Facebook, ada beberapa persyaratan yang perlu diketahui dan dipenuhi. Antara lain sebagai berikut:

  • Pelaku usaha telah memiliki sebuah akun Facebook dan Facebook Business Page.
  • Barang yang dijual merupakan barang fisik. Artinya, Facebook tidak memperkenankan pelaku usaha untuk menjual produk digital atau yang dapat diunduh dari halaman Facebook Shop.
  • Setuju dengan Persyaratan Facebook ‘Merchant Terms’.
  • Menautkan Facebook Shop ke rekening bank yang valid.
  • Memiliki nomor induk wajib pajak (NPWP)

Langkah Membuat Toko Online di Facebook

Usai memahami dan memenuhi seluruh persyaratan, pelaku usaha dapat langsung mendaftarkan bisnisnya untuk memiliki toko online di Facebook. Ada pun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Buka laman Facebook Business milik usaha Anda.
  • Klik tab Toko atau ‘Shop’ di sebelah kiri, lalu klik mulai.

  • Baca dan setujui syarat dan ketentuan ‘Merchant Terms and Policies’, lalu klik Lanjutkan atau ‘Continue’.

  • Lengkapi detail toko.
  • Pilih metode yang dapat digunakan calon pelanggan untuk membeli produk Anda. Pilihannya yakni kirim pesan untuk beli atau beli melalui website lain.

  • Konfigurasikan pembayaran dengan menautkan bank Anda untuk pembayaran pelanggan. Lengkapi detail akun bank milik Anda, lalu klik tombol simpan atau ‘Save’.

  • Tambahkan produk ke toko online Anda di Facebook, dengan mengklik tombol tambah produk atau ‘Add Product’.

  • Lengkapi detail produk, lalu klik simpan atau ‘Save’.

  • Toko online Anda telah selesai dibuat. Silakan kelola pesanan dari pelanggan Anda. Mulai dari memeriksa detail setiap pesanan, melihat info pembeli, berkomunikasi dengan pembeli, hingga akhirnya memenuhi pesanan.

Demikian penjelasan terkait syarat dan langkah pendaftaran toko online di platform media sosial Facebook paling mudah bagi pelaku usaha.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal Startup Web3 Asal Singapura “AWST”

Startup web3 berbasis di Singapura, AWST, hari ini (25/10) mengumumkan perolehan pendanaan awal sebesar $1,7 juta (lebih dari 26,5 miliar Rupiah) yang dipimpin oleh East Ventures, dengan partisipasi dari 500 Global dan Antler. Momentum ini sekaligus dimanfaatkan AWST untuk meresmikan kehadirannya secara publik.

Dalam keterangan resmi, Principal East Ventures Devina Halim menyampaikan pihaknya percaya web3 adalah suatu perubahan paradigma dan menjadi sorotan atau tema dalam beberapa tahun mendatang. Artinya, banyak peluang yang bisa dieksplorasi di sektor ini.

“Kami mendukung entrepreneur terbaik dan cerdas seperti Arun dan Aleksandar yang membangun AWST untuk membantu berbagai brand dan kreator dalam membangun komunitas yang bermakna. Mereka dapat mewujudkan ide-idenya melalui platform NFT-nya. Kami bersemangat untuk bekerja sama dengan tim AWST,” ucap Devina.

AWST didirikan oleh Arun Sugumaran dan Aleksandar Abu Samra pada Oktober 2020. AWST menawarkan Web3 ke berbagai merek dengan menciptakan platform bagi para pengguna untuk meluncurkan koleksi NFT di berbagai protokol blockchain yang dioptimalkan untuk kebutuhan setiap proyek.

Solusi-solusi AWST dapat diintegrasikan ke dalam kerangka kerja teknologi perusahaan dengan mudah dan lancar. Keahlian AWST akan membantu dalam menggabungkan utilitas ke dalam platform-platform ini, menciptakan fondasi yang kuat bagi para klien untuk memanfaatkan ekosistem Web3 yang berkembang. Semangatnya adalah membuat Web3 dan NFT dapat diakses oleh semua orang.

Disebutkan AWST merupakan startup web3 pertama di Asia bekerja sama dengan Stripe untuk memfasilitas transaksi NFT, membantu memroses pembayaran online untuk bisnis di 46 negara. Kolaborasi kedua perusahaan adalah langkah besar dalam membuat transaksi NFT layak secara komersial untuk bisnis.

Upaya bersama ini ditujukan untuk memosisikan NFT untuk adopsi secara mainstream dengan mengikutsertakan fungsi dan utilitas seperti keanggotaan, tiket, dan pengalaman yang diperluas melalui teknologi.

“Web3 berkembang dengan pesat, dan bisnis ingin terhubung dengan pelanggan mereka dengan cara baru dan mendapatkan pelanggan baru dari komunitas NFT. Kami yakin kami memiliki infrastruktur teknologi yang tepat, dan pengalaman untuk memandu para klien kami dalam memperluas bisnis dan kemampuan engagement mereka melalui Web3 dan NFT,” kata Co-Founder & CEO AWST Arun.

Dia melanjutkan, AWST bersemangat dengan adopsi NFT di masa depan dan telah melihat bagaimana ketertarikan yang telah ada melalui vending machine NFT mereka di National Gallery yang menunjukkan meningkatnya penerimaan masyarakat umum terhadap web3. Ke depannya, AWST ingin membangun alat dan platform yang menghubungkan organisasi dengan proyek NFT untuk memfasilitasi pertukaran nilai di dunia nyata.

Mengenal Facebook Shops, Tempat Jualan Online yang Memanjakan UMKM

Facebook adalah platform media sosial yang tak hanya menghubungkan teman dan keluarga, tetapi juga produk, merek, dan bisnis. Facebook memperkenalkan layanan Facebook Shops sebagai marketplace yang diperuntukkan bagi pelaku usaha dalam berbisnis online.

Facebook berinovasi menghadirkan Facebook Shops karena melihat tren penggunanya yang banyak menggunakan platformnya untuk membeli dan menjual barang. Melalui Facebook Shops, platform ini memiliki misi untuk mempermudah pembelian dan penjualan online.

Panduan Jualan di Facebook Marketplace bisa Diunduh di sini, Gratis!!

Facebook Shops memungkinkan pelaku usaha untuk membuat satu toko online yang dapat diakses oleh pelanggan di Facebook dan Instagram. Platform ini juga menyediakan beragam layanan dan fitur yang mendukung bisnis pelaku usaha.

Berikut penjelasan lebih lanjut terkait pengertian Facebook Shops beserta fitur, layanan hingga keuntungan bagi pelaku usaha termasuk UMKM yang menggunakannya.

Apa Itu Facebook Shops?

Facebook Shops merupakan marketplace atau layanan belanja mobile-first, di mana pelaku usaha dapat membuat toko online yang terhubung dengan platform media sosial seperti di Facebook dan Instagram secara gratis.

Toko memungkinkan pelaku usaha untuk menjajakan barang dagangannya kepada pelanggan secara online. Pelaku usaha dapat memilih item produk atau mana yang ingin ditampilkan, menambahkan barang dagangan ke koleksi produk, dan menceritakan kisah dengan font dan warna yang dapat disesuaikan.

Selain itu, pelaku usaha juga dapat terhubung langsung dengan pelanggan melalui WhatsApp, Messenger, atau Instagram Direct untuk mengajukan pertanyaan, mendapatkan dukungan, melacak pengiriman, dan lainnya.

Fitur dan Layanan Facebook Shops

Facebook Shops menyediakan berbagai fitur dan layanannya untuk membantu pelaku usaha membangun, menjalankan dan mengembangkan bisnis mereka secara online. Ada pun beberapa fitur dan layanan tersebut, antara lain sebagai berikut:

  • Terhubung dengan Instagram Shops

Selain Facebook Shops, perusahaan induk Facebook yang kini bernama Meta juga memperkenalkan Instagram Shop. Konsep layanan belanja ini sama dengan Facebook Shop, tetapi tersedia di platform media sosial Instagram. Facebook Shops dan Instagram Shops dapat digunakan oleh pelaku usaha secara saling terhubung.

  • Fitur Live-Shopping

Fitur live-shopping adalah fitur yang dapat digunakan pelaku usaha untuk menawarkan produk dagangannya melalui siaran langsung. Fitur ini memudahkan pelanggan untuk berbelanja secara real-time karena pelaku usaha akan menampilkan produknya di bagian bawah video.

  • Program Loyalitas

Facebook Shops menawarkan program loyalitas, dimana pelaku bisnis dapat membuat, mengelola, dan memunculkan program loyalitas bagi pelanggannya, seperti poin yang akan ditambahkan ke akun Facebook.

  • Didukung oleh Mitra

Dalam memaksimalkan fitur dan layanan untuk memberikan dukungan bagi pelaku usaha termasuk UMKM, Facebook Shops bekerja sama dengan mitra seperti Shopify, BigCommerce, WooCommerce, Channel Advisor, CedCommerce, Cafe24, Tienda Nube, dan Feedonomics.

Keuntungan Media Sosial Markeplace bagi UMKM

Bagi pelaku usaha, penggunaan media sosial dan marketplace tentu sangat berdampak baik bagi kelangsungan bisnis. Melalui layanan marketplace yang ditawarkan oleh platform media sosial Facebook seperti Facebook Shops, berikut keuntungan yang bisa diperoleh pelaku usaha:

  • Pelaku bisnis termasuk UMKM dapat beradaptasi dengan kemajuan bisnis digital saat ini.
  • Penggunaan media sosial marketplace mempermudah calon pelanggan untuk menemukan dan berbelanja hal-hal yang mereka sukai melalui media sosial.
  • Pelaku bisnis lebih mudah dalam mengelola toko online-nya sendiri dengan dapat memilih produk yang ingin mereka tampilkan dari katalog mereka dan kemudian menyesuaikan tampilan dan nuansa toko mereka dengan gambar sampul dan warna aksen yang menampilkan merek mereka.
  • Pelaku usaha dapat menghemat anggaran usaha mereka dalam melakukan pemasaran dan penjualan.
  • Bisnis dapat dilakukan secara online dan terhubung dengan pelanggan di mana pun dan kapan pun.
  • Pelaku usaha dapat menjadikan merek usahanya dikenal global karena media sosial bersifat universal.

Cara Mudah Membuat Google Docs untuk Pemula

Google Documents atau biasa dikenal sebagai Google Docs merupakan salah satu tools pengolah kata yang populer digunakan oleh pekerja kantoran. Tidak seperti aplikasi pengolah kata lain yang mengharuskan penggunanya untuk menginstal terlebih dahulu, Google Docs menawarkan aplikasi berbasis web gratis yang dapat digunakan di mana saja dan kapan saja.

Kemudahan akses ini tentunya sangat berguna bagi kamu yang setiap harinya harus berkutat dengan berbagai macam dokumen. Sebab, dengan Google Docs kamu bisa mengakses dan mengedit dokumenmu hanya dengan sekali klik. Selain itu, Google Docs juga menawarkan berbagai kemudahan yang dapat kamu dapatkan secara gratis.

Kelebihan Menggunakan Google Docs

1. Mudah Mengakses Dokumen di Mana Saja dan Kapan Saja

Kelebihan utama Google Docs dibandingkan dengan aplikasi pengolah kata lainnya adalah kamu dapat mengakses semua dokumen yang kamu butuhkan kapan saja dan di mana saja. Google Docs sudah terintegrasi dengan Google Drive yang memungkinkan kamu untuk menyimpan semua dokumen secara otomatis tanpa perlu menyimpannya lagi ke dalam USB. Hal ini tentunya akan memperkecil risiko kehilangan dokumenmu apabila kamu lupa untuk menyimpannya.

2. Cocok Untuk Bekerja Sama dengan Tim

Selain sudah terintegrasi dengan Google Drive, Google Docs juga terintegrasi dengan Google Mail (Gmail). Dengan ini, kamu juga bisa membagikan akses dokumenmu kepada orang lain dengan cara mengirimkan URL dari Google Docs-mu, lalu beri izin orang lain untuk mengakses dan mengeditnya.

Hal tersebut tentunya akan sangat membantumu dalam memudahkan pekerjaanmu, terutama jika pekerjaanmu melibatkan kerja sama dengan tim. Hanya dengan satu akses, kamu bisa berkolaborasi dengan timmu untuk menyelesaikan pekerjaan tanpa perlu repot-repot melakukan perbaikan melalui proses pengiriman seperti email.

3. Penyimpanan Dokumen secara Otomatis

Google Docs memiliki fitur penyimpanan otomatis yang langsung terintegrasi dengan Google Drive. Selain itu, Google Docs juga dapat melihat riwayat edit dokumen, sehingga kamu bisa meninjau, mengedit, maupun mengembalikan dokumen ke versi sebelumnya sesuai kebutuhanmu.

Cara Membuat Dokumen Baru dengan Google Docs

Pada dasarnya, cara membuat dokumen baru dengan Google Docs tidak jauh beda dengan aplikasi lainnya. Berikut adalah langkah-langkah membuat dokumen baru dengan Google Docs.

  • Pertama, kunjungi situs docs.google.com, lalu klik blank page untuk membuka dokumen baru.
Buka situs google docs
  • Selain melalui situsnya langsung, kamu juga bisa membuat dokumen baru melalui Google Drive.
  • Selanjutnya, ubah nama dokumenmu sesuai dengan kebutuhanmu. Untuk mengubah nama dokumen, kamu bisa melakukannya dengan klik kolom yang berada di sudut kiri atas layar.
Ubah nama dokumen
  • Sebelum mulai menulis, kamu bisa mengatur format tulisan baik jenis huruf, ukuran huruf, lebar spasi, dan lain sebagainya menggunakan menu yang telah tersedia di bagian atas lembar kerjamu.
mengatur format penulisan
  • Nah, sekarang dokumenmu sudah siap untuk diisi sesuai dengan kebutuhanmu. Mudah, bukan?

Cara Membuka Dokumen Lama dengan Google Docs

Selain membuat dokumen baru, kamu juga bisa membuka dokumen lamamu dengan cara mengunggahnya ke Google Docs terlebih dahulu. Berikut langkah-langkah lengkapnya.

  • Pertama, kunjungi situs docs.google.com, lalu klik ikon Open file picker seperti gambar di bawah.
buka situs google docs
  • Selanjutnya, pilih dokumen yang ingin kamu buka, lalu upload. Selain dengan cara mengunggahnya, kamu juga bisa membuka dokumen lamamu melalui Google Drive.
unggah dokumen
  • Setelah proses unggah sudah selesai, dokumenmu akan otomatis terbuka dengan sendiri.

Cara Membagikan Dokumenmu dengan Akun Lain Lewat Google Docs

Google Docs memungkinkan kamu untuk membagikan dokumenmu kepada orang lain tanpa harus repot-repot mengirimkannya melalui email. Berikut adalah beberapa langkahnya.

  • Ketika dokumenmu sudah terbuka, klik Share pada pojok kanan atas layar.
klik share di pojok kanan atas
  • Ketik email orang yang kamu tuju pada kolom persegi panjang seperti gambar di bawah.
ketik email penerima pada kolom
  • Perlu kamu ketahui, kamu juga bisa mengatur perizinan akses kepada orang lain. Jika kamu menghendaki orang lain untuk dapat mengedit dokumenmu, maka pilih Editor. Jika kamu menghendaki orang lain untuk berkomentar pilih Commenter, dan jika kamu hanya menghendaki mereka hanya sekadar melihat saja, pilih Viewer.
atur perizinan akses
  • Terakhir, klik Done untuk mengirimkan dokumenmu ke orang yang ingin kamu tuju.

Nah, itulah beberapa cara membuat dokumen menggunakan Google Docs secara lengkap. Mudah, bukan?

Corel Draw: Pengertian, Fungsi, Keunggulan dan Kekurangan

Seorang desainer grafis digital tidak luput dari perangkat lunak yang digunakannya. Saat ini sudah banyak perangkat lunak yang bisa digunakan untuk mendukung pekerjaan desainer grafis. Salah satunya Corel Draw. Dengan Corel Draw, desainer grafis bisa menghasilkan banyak output desain, misalnya poster, banner, sampul buku, infografis, dan masih banyak lagi.

Untuk mengoperasikan perangkat lunak ini, seorang desainer grafis harus mampu menguasai tools yang ada. Corel Draw memiliki banyak keunggulan yang ditawarkan. Berikut artikel mengenai Corel Draw.

Pengertian Corel Draw

Corel Draw merupakan salah satu perangkat lunak desain grafis berbasis vektor. Perangkat lunak ini biasanya digunakan oleh seorang desainer grafis untuk mengerjakan pekerjaannya memproduksi berbagai hasil desain dengan basis vektor. Berdiri sejak tahun 1985, terhitung sudah lebih dari 90 juta pengguna menggunakan Corel Draw untuk memenuhi kebutuhan desainnya.

Versi pertama Corel Draw dirilis pada tahun 1989, saat itu versi pertamanya dikenal dengan Corel Draw 1.0. Corel Draw 1.0 berjalan di sistem operasi Windows 2.1. Sementara, versi terbaru Corel Draw, yaitu Corel Draw Graphic Suite 2021 telah dirilis pada Maret tahun lalu. Versi ini tersedia dalam berbagai platform, seperti Windows, Mac, iPad dan perangkat seluler.

Menggunakan Corel Draw, pengguna bisa dengan mudah membuat kombinasi teks dan gambar. Tersedia juga fitur layout untuk memudahkan pengguna Corel Draw. Perangkat lunak Corel Draw bisa diunduh melalui situs resminya. Pengguna bisa memilih uji coba gratis, membeli langganan tahunan atau membeli lisensi untuk sekali membayar.

Fungsi Corel Draw

Seperti perangkat lunak berbasis vektor pada umumnya, Corel Draw bisa digunakan untuk mengerjakan proyek desain. Banyak produk desain yang bisa dihasilkan dari Corel Draw, seperti layout, leaflet, iklan, brosur, kalender, dan masih banyak lagi. Nah, Corel Draw juga mendukung penggunanya untuk melakukan zoom dengan kualitas yang baik. Sehingga, desainer bisa menjadi lebih teliti dalam mengerjakan proyeknya.

Keunggulan Corel Draw

Perangkat lunak Corel Draw memiliki beberapa keunggulan, berikut keunggulan Corel Draw.

1. Mudah Digunakan

Corel Draw mudah dioperasikan oleh penggunanya, bahkan pemula sekalipun. Corel Draw memiliki fitur help dan bantuan online yang bisa dimanfaatkan bagi pengguna yang merasa bingung dan membutuhkan bantuan. Tampilan Corel Draw pun mudah dipelajari.

2. Memiliki Format File yang Lengkap

Sebagai perangkat lunak, Corel Draw bisa menyimpan banyak format untuk keperluan export dan import data. Perlu diketahui, Corel Draw juga menyediakan format AI untuk digunakan di perangkat lunak Adobe Illustrator.

3. Memiliki Banyak Tools

Corel Draw memiliki beragam tools yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Berikut beberapa tools yang tersedia di Corel Draw, selection, editing, effect, dan masih banyak lagi. Tentu saja dengan banyaknya tools yang tersedia membuat penggunanya semakin kreatif dalam membuat proyek desain.

Kekurangan Corel Draw

Walaupun perangkat lunak Corel Draw menawarkan banyak keunggulan, terdapat beberapa kekurangan Corel Draw yang perlu kamu ketahui. Berikut kekurangan Corel Draw.

1. Memerlukan Banyak Kapasitas

Mengingat hasil penyimpanannya besar, Corel Draw memerlukan banyak kapasitas memori pada perangkat laptopmu. Selain itu, pengguna Corel Draw harus mempunyai spesifikasi laptop yang mumpuni didukung dengan kapasitas RAM yang besar.

2. Color Space Perlu Dikoreksi

Kekurangan lain yang dirasakan pengguna Corel Draw yaitu akurasi warna. Tidak jarang, hasil cetakan warna berbeda dengan hasil proyek desain yang dikerjakan. Maka dari itu, pengguna Corel Draw harus mengoreksi color space terlebih dahulu.

Harga Lisensi Corel Draw

Corel Draw menyediakan tiga paket harga yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhanmu, antara lain: paket tahunan dengan kisaran harga sekitar Rp5.678.089, paket sekali pembayaran seharga Rp11.171.178, serta versi gratis yang bisa kamu nikmati selama 15 hari.

Beerikut artikel mengenai Corel Draw. Corel Draw bisa dijadikan pilihan untukmu saat mengerjakan proyek desain berbasis vektor. Semoga artikel di atas bermanfaat, ya!

Akhir Tahun, Siap Hitung Biaya Penyusutan Aset Anda? Caranya Seperti Ini

Perusahaan pasti memiliki aset yang digunakan untuk keberlangsungan usaha atau proses bisnisnya, perusahaan di sini mulai dari UKM hingga perusahaan besar. Aset ini terbagi menjadi dua yaitu aset likuid dan aset tetap.

Aset likuid ini adalah uang kas, piutang, dan hal lain yang mudah untuk dicairkan dalam bentuk uang. Sedangkan aset tetap adalah harta perusahaan dalam bentuk alat, bangunan, kendaraan, dan hal lain yang membutuhkan waktu dalam prosesnya menjadi uang.

Beberapa aset tetap ini harus dihitung biaya penyusutannya, hal ini dikarenakan nilai ekonomis aset tetap terus berkurang seiring waktu. Misalnya, mesin printer yang Anda gunakan dalam proses bisnis setiap hari, suatu hari akan hilang harga ekonominya dan sebaiknya diganti dengan alat yang baru. Biaya penyusutan ini akan masuk ke dalam beban perusahaan dan diperhitungkan dalam laporan keuangan.

Karakteristik dari Penyusutan atau Depresiasi

Sebelum menghitung biaya penyusutan atau depresiasi dari aset tetap, Anda harus memahami karakteristik dari penyusutan.

  1. Penyusutan merupakan penurunan dari aset tetap. Penurunan ini bersifat permanen. Setelah dilakukan pengurangan, tidak dapat dikembalikan ke nilai aslinya.
  2. Penyusutan merupakan sebuah proses bertahap dan berkesinambungan berkurangnya nilai aset, baik dengan penggunaan aset maupun karena berakhirnya waktu
  3. Bukan proses penilaian aset tetapi proses mengalokasikan biaya suatu aset untuk mengefektifkan masa penggunaannya
  4. Dapat mengurangi nilai buku dan bukan nilai pasar aset
  5. Digunakan hanya untuk aktiva tetap yang berwujud saja. Artinya tidak dapat digunakan untuk aset yang tidak berwujud.

Cara Menghitung Biaya Penyusutan

  1. Metode Biaya Penyusutan Garis Lurus (Straight-Line Method)

Metode garis lurus ini, adalah metode yang paling sering digunakan untuk melakukan perhitungan beban penyusutan. Metode ini memiliki fokus pada penyusutan menggunakan waktu bukan dari fungsi penggunaannya.

Metode garis lurus ini memiliki rumus sebagai berikut.

Rumus Biaya Penyusutan = (Biaya Perolehan Aset – Nilai Residu) / (Masa Manfaat Aset)

Penggunaan metode ini kadang dinilai kurang realistis karena penggunaan aktiva sama setiap tahunnya.

  1. Metode Biaya Penyusutan Beban Menurun (Decreasing Change Method)

Depresiasi beban menurun ini adalah metode penyusutan yang dipercepat di mana menyediakan biaya penyusutan yang lebih tinggi di awal tahun dan akan rendah pada periode selanjutnya. Fokus utama metode ini adalah beban penyusutan yang lebih banyak di awal, mengingat aktiva mengalami penurunan pada tahun tersebut.

Metode penyusutan menurun dibagi menjadi dua sebagai berikut.

Metode Biaya Penyusutan Jumlah Angka Tahun

Perhitungan penyusutan ini menggunakan pecahan yang terdiri dari pembilang dan penyebut dari tahun masa aktiva. Penyebutnya adalah tahun masa aktiva yang ditambahkan, misal aktiva tersebut masanya adalah 5 tahun maka angka tahunnya 5+4+3+2+1 yaitu 15.

Pada metode ini, pembilangnya menurun dari tahun ke tahun dan penyebutnya tetap konstan. Contoh, penyusutan akan dilakukan pada tahun pertama dengan nilai perolehan Rp.450.000.000 dan diperkirakan bisa digunakan hingga 5 tahun. Maka perhitungannya adalah sebagai berikut.

450.000.000 x 5/15 = 150.000.000

Maka dari itu, biaya penyusutan pada tahun itu sebesar 150 juta dan sisa nilai buku dari aset tersebut adalah 300 juta.

Metode Biaya Penyusutan Saldo Menurun

Dalam metode ini sebenarnya hampir sama dengan metode garis lurus. Bedanya dalam metode ini tarif saldo dinaikkan menjadi dua kali lipat. Misal aktiva 10 tahun akan memiliki tarif 20% atau dua kali biaya garis lurus.

Contoh, apabila aktiva 500 juta dengan masa ekonomis aktiva 20 tahun, maka tarif yang dikenakan adalah 40%. Pada tahun pertama biaya penyusutan yang harus dibebankan adalah 200 juta.

  1. Metode Aktivitas (Unit Pengguna atau Produksi)

Metode ini adalah metode aktivitas di mana metode ini berasumsi bahwa penyusutan atau depresiasi adalah fungsi dari produktivitas atau penggunaan dan bukan dari segi berlalunya waktu.

Penentuan umur depresiasi tidak akan memiliki masalah tertentu mengingat penggunaannya relatif mudah diukur. Namun, metode ini memiliki keterbatasan karena tidak tepat jika digunakan pada situasi penyusutan dengan berdasarkan waktu dan bukan aktivitas.

  1. Metode Depresiasi Khusus

Pada beberapa kasus, perusahaan tidak lagi dapat memilih salah satu metode penyusutan aktiva tetap yang sudah disebutkan di atas, karena aktiva memiliki karakteristik unik dan membutuhkan penerapan yang khusus. Dua metode khusus ini dapat diterapkan pada kasus-kasus tersebut, sebagai berikut.

    1. Metode kelompok dan gabungan di mana metode ini sering digunakan pada aktiva yang homogen dan memiliki fungsi yang kurang lebih sama.
    2. Metode campuran dan kombinasi yang diterapkan sesuai dengan keinginan akuntan.

Cara Upload Massal Produk ke Banyak Marketplace lewat AturToko

Di tengah ketatnya pesatnya bisnis digital saat ini, pelaku usaha seperti UMKM dapat bersaing dengan pelaku-pelaku usaha besar, melalui dukungan platform digital e-commerce enabler AturToko.

AturToko sendiri merupakan platform yang menawarkan teknologi dan layanan kepada UMKM, guna memperluas kanal penjualan mereka. Melalui platform ini, pelaku usaha termasuk UMKM dapat membuat toko online-nya sendiri, tanpa perlu mengeluarkan anggaran besar.

Saat ini, AturToko telah terintegrasi dengan beberapa marketplace besar di Indonesia, seperti Tokopedia, Blibli com, Shopee, Lazada, Bukalapak dan lainnya. Selain itu, platform ini juga terintegrasi dengan software akuntansi seperti Accurate dan Jurnal by Mekari.

Layanan di AturToko memungkinkan UMKM memonitor tokonya di berbagai platform marketplace, dalam satu dashboard. Berikut penjelasan lengkapnya.

Langkah Unggah Produk secara Massal ke Marketplace

Melalui layanan OmniPOS di platform AturToko, pelaku usaha dapat mengelola bisnis online secara mudah dalam satu dashboard. Dashboard OmniPOS menghubungkan pengelolaan toko di berbagai marketplace, termasuk dalam aktivitas unggah produk.

Berikut langkah-langkah unggah produk secara massal ke beragam markeplace yang dimiliki pelaku usaha, antara lain sebagai berikut:

  • Pastikan Anda sudah terlebih dulu menghubungkan marketplace tempat Anda berjualan dengan dashboard OmniPOS di AturToko.

  • Selanjutnya, pilih produk yang akan dikloning.

  • Lalu, pilih menu ‘Fungsi Lain’ dan pilih ‘Download Template Mass Upload’.

  • Pilih marketplace.

  • Setelah file terunduh, masuk ke lembar ‘Template’.
  • Sebagai contoh, marketplace yang dipilih adalah Shopee. Maka, silakan Anda masuk ke laman seller shopee pada tautan (https://www/seller.shopee.co.id/).
  • Pilih ‘Produk Saya’ dan ‘Edit secara Massal’.

  • Lalu, pilih ‘Mass Upload’, ‘Upload File’ dan ‘Pilih File’.
  • Pilih ‘Perubahan Atribut Massal’.
  • Berikutnya, pilih ‘Produk Belum Terupload’.
  • Lengkapi rincian produk dan merek.
  • Jika sudah, pilih ‘Tampilkan’.

  • Setelah itu, produk sudah selesai terunggah secara massal ke marketplace. Silakan kembali ke laman ‘Produk Saya’ untuk mengecek apakah produk sudah terunggah atau terkloning.

Keuntungan Platform AturToko bagi UMKM

Selain dapat mengelola produk secara terintegrasi dalam satu dashboard, beberapa keuntungan lain yang ditawarkan platform omnichannel seperti AturToko kepada pelaku usaha termasuk UMKM, antara lain sebagai berikut:

  • Operasional Toko Terjamin

Pelaku usaha dapat menerima data penjualan, stok produk dan kegiatan menyangkut produksi dan kegiatan operasional bisnis lainnya.

  • Pemasaran Digital

Ada layanan branding yang membuat bisnis milik pelaku usaha semakin dikenali oleh target pasar. Digital marketing juga dapat memperluas kesempatan pelaku usaha agar dapat meraup keuntungan yang banyak.

  • Konsultan Brand

Pelaku usaha dapat dibantu dalam mengoptimalisasi penjualan produk untuk mengelola strategi penjualan produk di marketplace.

3 Cara Download Scribd Gratis, Mudah, Cepat tanpa login

Kamu ingin mengunduh artikel ilmiah atau sekadar hanya ingin membaca e-book di Scribd namun tidak bisa dilakukan karena berbayar? Jangan khawatir, kamu hanya perlu menerapkan beberapa trik saja, lho, untuk mendapatkan akses file tersebut. Scribd menyediakan berbagai macam sumber bacaan yang bisa kamu jadikan referensi tugas.

Scribd tidak hanya menyediakan e-book saja, melainkan juga ada artikel, dokumen, hingga audio-book yang bisa kamu dengarkan. Selain bisa membaca karya orang lain, pengguna juga bisa mengunggah karyanya sendiri agar bisa tersebarluaskan. Berikut cara download file Scribd tanpa log in.

Menggunakan Situs DLSCRBD

DLSCRBD
Website – Download Scribd

Kamu bisa memanfaatkan situs ini untuk mengunduh file Scribd. Jangan khawatir, file yang kamu unduh sudah dapat dipastikan terbebas dari virus. Mengunduh melalui situs ini juga lebih cepat dan mudah. Berikut langkah-langkahnya.

1. Kunjungi situs Scribd, lalu salin tautan pada file yang ingin kamu unduh.

2. Lalu, buka jendela baru kemudian kunjungi tautan https://dlscrib.com/. Selanjutnya, tempel tautan yang tadi sudah disalin.

3. Klik Generate Download Link, lalu centang I am Human.

4. Klik Download PDF, lalu tunggu beberapa saat sampai proses selesai.

5. Selanjutnya, file akan tersimpan otomatis.

Menggunakan Situs Docdownloader

Cara Download Scribd
Website – Docdownloader

Situs ini bisa menjadi alternatif selanjutnya bagi kamu yang ingin mengunduh file di Scribd. Tentu saja, kamu tidak perlu memiliki akun Scribd untuk mengunduh file. Nah, keunggulan lainnya, selain mengunduh file Scribd, situs ini juga bisa digunakan untuk mengunduh file dari Issu, Slideshare dan Academia. Berikut langkah-langkahnya.

1. Salin tautan terlebih dahulu pada file yang ingin diunduh.

2. Kunjungi tautan https://docdownloader.com/ lalu pilih menu Scribd Downloader. Tempel tautan yang sudah disalin tadi.

3. Klik Get Link lalu masukkan Captcha.

4. Klik Download PDF untuk mengunduh file. Selanjutnya, klik Continue.

5. Selesai, file akan tersimpan secara otomatis.

Menggunakan Situs ScribdDown

Download Scribd Gratis
Website – Scribddown

Terakhir, kamu bisa memanfaatkan situs ScribDown untuk mengunduh file yang tersedia di Scribd. Berikut langkah-langkahnya.

1. Salin tautan terlebih dahulu pada file yang ingin kamu unduh.

2. Selanjutnya, kunjungi tautan https://scribddown.com/ lalu tempel tautan yang sudah disalin.

3. Klik Get Link untuk memulai proses unduh.

4. Klik centang pada kolom Captcha.

5. Tunggu selama beberapa detik sampai proses unduhan selesai. Selanjutnya, file akan tersimpan secara otomatis.

Berikut beberapa trik yang bisa kamu gunakan untuk mengunduh file dari Scribd. Kamu sudah bisa mengunduh makalah, artikel, dan file yang tersedia di Scribd tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun. Semoga artikel di atas bermanfaat, ya!