Bergabung di Warung Pintar, Belanja Stok Warung Gampang!

Di zaman serba digital seperti saat ini, banyak aktivitas usaha termasuk berbelanja kebutuhan stok warung dapat dijalankan dengan mudah berkat bantuan platform digital. Membeli kebutuhan warung kini semudah belanja online dengan cara bergabung di Warung Pintar.

Sebelum masuk ke langkah-langkah daftar di Warung Pintar, alangkah lebih baik jika Anda mengenal lebih dekat dengan platform satu ini yang turut berkontribusi dalam membantu para UKM untuk go digital.

Tentang Warung Pintar

Warung pintar adalah platform digital b2b berbasis aplikasi yang menawarkan solusi lengkap bagi pemilik usaha, terutama warung, dalam menjalankan bisnisnya. Dengan aplikasi Warung Pintar, Anda bisa mendapatkan barang-barang untuk stok warung dengan harga yang kompetitif tanpa harus pergi keluar rumah.

Selain stok warung, terdapat pula produk digital untuk Anda yang ingin berjualan pulsa, paket data, hingga token listrik, sebagai alternatif usaha Anda.

Syarat Daftar Warung Pintar

Sebelum bergabung di Warung Pintar, pastikan Anda telah memenuhi syarat-syarat di bawah ini:

  • Memiliki smartphone berbasis Android. Smartphone adalah salah satu syarat penting mengingat Warung Pintar adalah app-based. Kemudian, karena saat ini Warung Pintar belum tersedia di AppStore, maka hanya smartphone berbasis Android yang dapat digunakan.
  • Menyiapkan KTP Asli. KTP asli ini akan digunakan untuk proses verifikasi pendaftaran.
  • Memiliki warung fisik. Idealnya, warung fisik yang sesuai kriteria adalah warung yang memiliki akses jalan dua mobil dan satu motor. Namun, warung yang berlokasi di gang area tertentu juga diperbolehkan mendaftar.
  • Lokasi warung berada di dalam jangkauan Warung Pintar. Saat ini, Warung Pintar telah menjangkau banyak daerah di pulau Jawa, Bali, dan Sumatera. Lihat informasinya pada gambar di bawah ini.

 

cara bergabung warung pintar
Jakarta
cara bergabung warung pintar
Jawa Barat
cara bergabung warung pintar
JawaTengah
cara bergabung warung pintar
Jawa Timur
cara bergabung warung pintar
Banten
cara bergabung warung pintar
Yogyakarta
cara bergabung warung pintar
Bali
cara bergabung warung pintar
Sumatera

Cara Bergabung ke Warung Pintar

Terdapat dua tahap yang harus Anda lalui untuk bergabung di Warung Pintar, yakni tahap Registrasi dan Verifikasi. Untuk masing-masing tahap, Anda bisa melihat caranya di bawah ini.

Tahap Registrasi Warung Pintar:

  • Unduh aplikasi Warung Pintar di PlayStore.
  • Buka aplikasi Warung Pintar dan tekan tombol Mulai/Daftar yang terdapat pada halaman pembuka aplikasi.

 

Cara bergabung warung pintar

 

  • Lalu, masukkan nomor handphone Anda dan klik Masuk.

 

Cara bergabung warung pintar

 

  • Masukkan kode OTP yang Anda terima dari Warung Pintar melalui WhatsApp.

 

Cara bergabung warung pintar

 

  • Berikutnya, akan terdapat pemberitahuan bahwa nomor Anda belum terdaftar di aplikasi Warung Pintar. Klik Daftar Sekarang untuk memulai proses registrasi.

 

Cara bergabung warung pintar

 

  • Setelah itu, Anda akan diminta untuk mengisi informasi terkait nomor WhatsApp. Centang kotak Nomor WhatsApp sama sama dengan nomor terdaftar apabila nomor WhatsApp Anda sama seperti nomor yang telah Anda masukkan sebelumnya.

 

Cara bergabung warung pintar

 

  • Selanjutnya, isi nama lengkap Anda sesuai dengan KTP.

 

Cara bergabung warung pintar

 

  • Kemudian, isi lokasi Anda (provinsi dan kota/kabupaten) dan jenis usaha yang Anda miliki.

 

Cara bergabung warung pintar

 

  • Anda juga akan diminta mengisi nama warung/toko Anda setelah Anda memilih jenis usaha.

 

Cara bergabung warung pintar

 

Cara bergabung warung pintar

 

  • Jika semua sudah terisi, klik Daftar.
  • Tahap registrasi telah selesai. Selanjutnya, Anda perlu melakukan verifikasi.

Tahap Verifikasi Warung Pintar:

  • Tekan tombol Verifikasi Akun pada halaman terakhir tahap sebelumnya.

 

Cara bergabung warung pintar

 

  • Anda akan diminta untuk mengizinkan Warung Pintar mengambil gambar dan lokasi untuk keperluan verifikasi.

 

Cara bergabung warung pintar

 

  • Selanjutnya Anda akan masuk ke Verifikasi Data Diri. Di step ini, Anda diminta untuk memasukkan nomor KTP, mengunggah foto KTP dan foto selfie dengan KTP.

 

Cara bergabung warung pintar

 

  • Jangan lupa untuk centang kotak Syarat dan Ketentuan.
  • Lalu, klik Selanjutnya.
  • Pada Verifikasi Data Warung, Anda akan diminta untuk mengisi informasi mengenai lokasi warung, patokan lokasi warung, lebar akses jalan ke warung, foto warung dari seberang jalan, dan foto jalan di depan warung.

 

Cara bergabung warung pintar

 

Cara bergabung warung pintar

 

  • Anda juga diminta untuk memasukkan kode referral (jika ada).
  • Apabila semua sudah terisi, klik Kirim Data untuk verifikasi.
  • Tunggu kabar selanjutnya dari Warung Pintar mengenai proses verifikasi.

Itu dia cara bergabung di Warung Pintar untuk mendapatkan kemudahan berbelanja kebutuhan stok warung. Sekarang Anda tidak perlu khawatir dan repot bepergian mencari supplier untuk kebutuhan warung Anda. Dengan Warung Pintar, aktivitas berbelanja stok barang bisa dilakukan hanya dengan smartphone.

Introduction Video Warung Pintar

Membuat Invoice dengan Jurnal.id, Software Akuntansi Online by Mekari

Invoice merupakan dokumen penagihan penjualan yang biasanya berisi informasi pelanggan, detail pembelian, nomor transaksi, alamat penagihan, dan total penagihan. Tutorial membuat invoice dapat Anda lakukan secara mudah dengan bantuan software akuntansi seperti Jurnal.id.

Apabila Anda berencana atau baru mulai menggunakan software tersebut, pada artikel ini akan ditunjukkan tutorial membuat invoice dengan Jurnal.id.

Tutorial Membuat Invoice dengan Jurnal.id

Pada tutorial di bawah ini akan ditunjukkan cara membuat invoice dengan Jurnal by Mekari melalui perangkat komputer/laptop. Berikut ini adalah cara lengkapnya:

  • Masuk ke dashboard Jurnal.id.
  • Klik menu Penjualan > +Buat Penjualan Baru.
  • Lalu, pada halaman Buat Penagihan Penjualan, isi informasi pelanggan dan rincian transaksi.
  • Masukkan nama pelanggan dan email pelanggan.

 

tutorial membuat invoice dengan jurnal

 

  • Kemudian, centang pilihan info pengiriman apabila barang pesanan akan dikirim. Lalu, isi alamat pengiriman, ongkos kirim, jasa pengiriman, dan nomor resi.
  • Selanjutnya, masukkan alamat penagihan, tanggal terjadinya transaksi, tanggal jatuh tempo, syarat pembayaran, nomor transaksi, tag, dan gudang produk.
  • Setelah mengisi informasi-informasi di atas, kemudian Anda akan masuk ke tahap pengisian detail produk.
  • Pertama, pilih mata uang.
  • Kedua, aktifkan opsi Harga termasuk pajak apabila harga produk Anda sudah termasuk pajak.

 

tutorial membuat invoice dengan jurnal

 

  • Ketiga, pilih produk atau masukkan nama produk apabila Anda belum pernah menambahkan produk sebelumnya.
  • Keempat, isi kolom deskripsi apabila diperlukan.
  • Kelima, masukkan jumlah produk yang dipesan oleh pelanggan pada kolom kuantitas.
  • Lalu, masukkan harga satuan produk dan diskon (jika ada)
  • Kemudian, jumlah harga akan otomatis terhitung dengan mengalikan kuantitas dan harga satuan.
  • Setelah detail produk telah terisi lengkap, berikutnya isi informasi tambahan. Seperti masukkan pesan, memo, dan lampiran jika ada.

 

tutorial membuat invoice dengan jurnal

 

  • Lalu, masukkan persentase diskon yang ingin diberikan dan persentase pemotongan pajak.
  • Terakhir, masukkan nominal uang muka yang telah dibayarkan pelanggan.
  • Jika semua sudah terisi, klik tombol Buat Penjualan berwarna hijau di bagian kanan bawah halaman.

 

tutorial membuat invoice dengan jurnal

 

  • Selesai.

Nah, itu dia tutorial membuat invoice dengan software akuntansi Jurnal.id by Mekari. Setelah membuat Invoice dengan Jurnal.id, selanjutnya Anda perlu mengirimkannya ke pelanggan agar kemudian pelanggan dapat melanjutkan ke pembayaran tagihan.

Video Cara Membuat Penagihan Penjualan di Jurnal.id

Accesstrade VS Involve, Platform Afiliasi Mana yang Lebih Baik?

Pada artikel kali ini akan dibahas perbandingan dari dua platform afiliasi teratas di Indonesia, yaitu Accesstrade vs Involve.

Accesstrade dan Involve adalah platform yang sama-sama berfokus di bidang afiliasi. Dua platform ini juga merupakan platform yang sering dituju oleh para affiliate marketer atau bra di Indonesia. Lalu, apa yang membedakan keduanya?

Di sini, Anda akan melihat perbandingan Accesstrade dan Involve dari tiga sisi, yakni jenis campaign yang disediakan, persentase komisi, dan sistem pembayaran. Tapi, sebelum ke sana, mari simak terlebih dahulu informasi dari masing-masing platform afiliasi ini.

Tentang Accesstrade dan Involve

Accesstrade dan Involve merupakan platform marketplace yang mempertemukan para advertiser (brand yang ingin beriklan) dengan para publisher atau content creator sebagai affiliate marketer.

Jika Anda adalah seorang brand owner yang ingin beriklan atau seseorang yang tertarik ingin menghasilkan uang melalui afiliasi, dua platform ini wajib untuk Anda kunjungi dan coba. Sebagai tambahan informasi, simak profil dari masing-masing situs afiliasi tersebut berikut ini.

Accesstrade

 

accesstrade vs involve

 

Accesstrade adalah platform afiliasi di bawah Interspace Group. Platform afiliasi asal Jepang ini telah berdiri sejak tahun 1999 untuk memberikan kesempatan untuk para content creator dan telah bekerjasama dengan puluhan ribu advertiser dan jutaan publisher.

Accesstrade memulai perjalanan sebagai platform afiliasi di Indonesia sejak 2012. Selain Indonesia, Accesstrade juga telah menjangkau China di 2012 dan Thailand di 2013.

Involve

 

accesstrade vs involve

 

Jika dibandingkan dengan Accesstrade yang telah berdiri sejak 1999, Involve dapat terbilang masih baru. Involve adalah platform afiliasi dari perusahaan tech-based, Involve Asia, yang berdiri sejak tahun 2014 dimana e-commerce mulai merajalela. Perusahaan yang mengawali perjalanannya di Kuala Lumpur, Malaysia ini kini telah memiliki kantor cabang di Indonesia dan juga Thailand.

Sejauh ini, Involve telah bekerja sama dengan ribuan brands dan juga ratusan ribu publisher, serta telah menghasilkan 1,4 miliar dolar penjualan.

Accesstrade VS Involve

Setelah melihat profil Accesstrade dan Involve, kini saatnya Anda melihat perbandingan kedua platform afiliasi tersebut dari segi jenis campaign yang disediakan, persentase komisi, dan sistem pembayaran.

Jenis Campaign

Untuk campaign, Accesstrade dan Involve memiliki jenis yang beragam. Mulai dari campaign tema fashion, kecantikan, kesehatan, elektronik, finansial, travel, hingga jasa. Keduanya telah bekerja sama dengan banyak brand yang berkutat pada bidang-bidang tersebut, seperti Lazada, Watsons, Shopee, dan masih banyak lagi.

Untuk action yang diminta pada campaign juga keduanya memiliki jenis yang beragam. Anda bisa menemukan campaign dengan action berupa pembelian, install aplikasi, hingga pengisian form.

Jadi, untuk jenis campaign, baik Accesstrade dan juga Involve tidak memiliki perbedaan yang signifikan.

Persentase Komisi

Pada platform afiliasi seperti Accesstrade dan Involve terdapat banyak sekali campaign atau program afiliasi dari berbagai brands. Setiap campaign menawarkan persentase komisi yang berbeda tergantung ketentuan dari masing-masing brand.

Sehingga, persentase komisi yang diberikan pada marketplace Accesstrade dan Involve juga beragam. Tidak ada perbedaan spesifik dari keduanya dalam hal ini karena persentase komisi berbeda-beda tergantung dari campaign dan brand.

Sistem Pembayaran

Jika Accesstrade dan Involve tidak memiliki perbedaan yang mencolok dalam hal jenis campaign dan persentase komisi, berbeda halnya dengan sistem pembayaran. Sistem pembayaran pada Accesstrade dan Involve cukup berbeda.

Pada Accesstrade, Anda sebagai publisher dapat melakukan penarikan komisi apabila komisi Anda telah mencapai Rp.200.000,-. Kemudian, Accesstrade akan melakukan pembayaran melalui metode pembayaran transfer bank ke rekening terdaftar setiap akhir bulan.

Sedangkan pada Involve, Anda bisa menarik komisi apabila komisi Anda telah mencapai RM 80 atau setara dengan Rp.273.836,-. Jika komisi Anda telah mencapai angka tersebut, Anda dapat melakukan penarikan manual melalui dashboard Involve Anda. Anda dapat memilih untuk melakukan penarikan ke rekening bank atau akun PayPal Anda.

Anda akan mendapatkan komisi Anda setelah 10 hari kerja sejak Anda melakukan request penarikan komisi.

Sistem pembayaran yang berbeda pada perbandingan Accesstrade vs Involve di atas mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan dalam memilih platform afiliasi mana yang lebih baik untuk Anda. Jika Anda ingin mengulik lebih dalam terkait dua marketplace afiliasi ini, Anda bisa mengunjungi website Accesstrade dan Involve.

Kelebihan dan Kekurangan Accesstrade sebagai Platform Afiliasi

Menjadi salah satu yang terbesar di Indonesia bukan berarti Accesstrade adalah sebuah platform affiliate yang sempurna. Masih ada kelebihan dan kekurangan tersendiri dari Accesstrade.

Sebagai seseorang yang ingin memulai perjalanan menjadi affiliate marketer di Accesstrade, Anda tentu ingin dan perlu tahu kelebihan dan kekurangan tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Accesstrade

 

kelebihan dan kekurangan accesstrade

 

Kelebihan dalam suatu aplikasi, media, atau platform merupakan suatu keuntungan yang bisa Anda dapat sebagai penggunanya. Sedangkan kekurangan menjadi hal yang perlu Anda terima dan juga menjadi masukkan untuk pengembangnya.

Accesstrade sendiri telah berdiri lebih dari 20 tahun. Jadi, kelebihan dan kekurangan yang akan dipaparkan di bawah ini tidak menyurutkan para affiliate marketer untuk menggunakan Accesstrade dalam mencari campaign.

Kelebihan Accesstrade

Berikut ini adalah lima kelebihan dari Accesstrade yang bisa menjadi keuntungan untuk Anda:

  • Pendaftaran dan penggunaannya mudah.
  • Campaign atau program afiliasi yang tersedia sangat beragam dengan jenis action yang juga bervariasi.
  • Pembayaran pada Accesstrade dilakukan secara otomatis setiap akhir bulan, berbeda dengan platform afiliasi lainnya yang memerlukan manual withdraw dan proses berhari-hari.
  • Accesstrade menyediakan banner iklan untuk ditampilkan pada website dan custom link untuk mengarahkan pelanggan ke halaman tertentu.
  • Terdapat program referral untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari mengajak orang lain untuk mendaftar Accesstrade.

Kekurangan Accesstrade

Selain kelebihan-kelebihan di atas, Accesstrade juga memiliki sedikit kekurangan. Berikut ini adalah beberapa kekurangan dari platform afiliasi Accesstrade:

  • Proses approval pendaftaran campaign cukup lama, yakni satu hingga dua hari kerja.
  • Hanya terdapat satu metode pembayaran komisi di Accesstrade, yaitu melalui transfer bank.
  • Penarikan komisi baru bisa dilakukan jika sudah mencapai minimal Rp.200.000,-. Jumlah ini mungkin terlalu besar untuk para affiliate marketer pemula yang baru mencoba untuk menghasilkan uang di bidang affiliate marketing melalui platform afiliasi.

Demikian informasi mengenai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh Accesstrade. Di samping segala kelebihan dan kekurangan di atas, Accesstrade merupakan salah satu platform afiliasi yang bisa Anda coba untuk mulai menghasilkan uang dari bisnis afiliasi. 

3 Tips Menghasilkan Uang dengan Accesstrade, Pemula Wajib Tahu!

Jika Anda adalah seorang affiliate marketer pemula atau baru ingin menekuni bidang affiliate marketing, ada beberapa tips yang bisa membantu Anda dalam menghasilkan uang dengan Accesstrade.

Accesstrade sendiri merupakan marketplace afiliasi yang sering dituju oleh para affiliate marketer. Mengapa disebut marketplace? Karena di Accesstrade, Anda dapat menemukan berbagai program atau campaigns dimana Anda bisa mendaftar sebagai affiliate.

Tips Menghasilkan Uang dengan Accesstrade

Pada salah satu artikelnya, Accesstrade membagikan cara untuk mendapatkan penghasilan dari afiliasi melalui konten blog. Namun, cara ini juga relevan untuk media lainnya, karena kini konten bisa ditampilkan melalui berbagai media, tidak hanya blog.

Terdapat tiga tips yang bisa membantu Anda untuk mulai menghasilkan uang dari platform afiliasi Accesstrade melalui berbagai media promosi. Tips-tips yang akan dibahas di bawah ini berhubungan dengan pilihan campaign dan strategi promosi Anda.

Pilih Program Afiliasi yang Sesuai dengan Konten

Tips pertama yaitu memilih campaign atau program afiliasi yang sesuai dengan konten media promosi Anda. Di Accesstrade, terdapat banyak sekali jenis campaign yang bisa Anda apply. Mulai dari campaign bertema fashion, kecantikan, sport, finansial, hingga teknologi.

 

tips menghasilkan uang dengan accesstrade

 

Anda bisa memilih untuk berafiliasi dengan campaigns yang temanya berhubungan dengan konten Anda secara umum. Misalnya, jika Anda sering membahas tentang teknologi di Instagram, Anda bisa mendaftar campaigns yang memiliki tema serupa, seperti campaign dengan goals action berupa mengunduh aplikasi atau membeli produk teknologi tertentu.

Selain melihat tema campaign, Anda juga perlu mempertimbangkan action yang diminta dari campaign tersebut. Pastikan Anda mampu untuk melakukannya. Sebagai contoh, Anda bisa memilih campaign yang mengajak orang untuk mengunduh aplikasi apabila Anda merasa sulit untuk menjalankan campaign yang menginginkan action berupa pembelian.

Promosi Melalui Konten

Setelah tips dalam memilih campaign, selanjutnya adalah tips yang berhubungan dengan strategi promosi. Apabila Anda telah memilih campaign yang sesuai dengan tema media promosi Anda, maka Anda bisa mulai membuat konten untuk promosi. Promosi melalui konten merupakan cara yang efektif dalam bisnis afiliasi untuk menyebar link affiliate.

Terapkan Soft-Selling

Masih berkaitan dengan strategi promosi, tips berikutnya adalah menerapkan soft-selling. Soft-selling merupakan teknik menjual yang tidak terlihat seperti sedang ‘menjual’. Teknik ini bisa Anda terapkan bersama dengan tips sebelumnya, yakni melalui konten.

Buatlah konten yang bukan merupakan konten promosi, tapi audiences tetap bisa tertarik untuk melakukan action yang diharapkan. Teknik ini bisa menjadi teknik promosi yang tepat karena umumnya orang akan lebih mudah untuk menerima konten yang bersifat informatif dibandingkan konten ajakan, terlebih lagi apabila konten promosi atau jualan.

Demikian tiga tips untuk menghasilkan uang dengan Accesstrade. Semoga tips-tips di atas dapat membantu Anda yang masih pemula dalam memulai perjalanan Anda menjadi seorang affiliate marketer.

Cara Daftar Campaign dan Ambil Link Affiliate di Accesstrade

Cara ambil link affiliate di Accesstrade sangatlah mudah. Setelah memutuskan untuk menggeluti bisnis affiliate dan mendaftar ke Accesstrade untuk mendapatkan campaign, selanjutnya Anda perlu mengambil link affiliate.

Link affiliate ini sangat penting untuk kebutuhan promosi Anda karena link inilah yang akan membantu Anda mendapatkan penghasilan melalui bisnis afiliasi.

Cara Daftar Campaign Affiliate di Accesstrade

Anda bisa mengambil link affiliate setelah Anda mendaftar campaign. Jika Anda belum pernah dan masih bingung bagaimana cara mendaftar campaign di Accesstrade, berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda ikuti.

  • Masuk ke dashboard Accesstrade.
  • Buka menu Campaign > Recommended atau Campaign > Available Campaigns untuk mencari list campaign yang bisa Anda daftarkan.

 

cara ambil link affiliate accesstrade

 

  • Pilih salah satu campaign yang Anda inginkan dan klik tombol Apply Now.

 

cara ambil link affiliate accesstrade

 

cara ambil link affiliate accesstrade

 

  • Kemudian, Anda akan mendapatkan email terkait pendaftaran campaign tersebut dimana Anda diminta untuk menunggu proses persetujuan selama satu hingga dua hari kerja.

Cara Ambil Link Affiliate di Accesstrade

Apabila pendaftaran campaign Anda telah disetujui, Anda bisa mengambil link affiliate melalui dashboard Accesstrade untuk mulai melakukan promosi. Begini caranya:

  • Login ke dashboard Accesstrade.
  • Masuk ke menu Campaign > Campaign Affiliate untuk melihat daftar campaign yang telah disetujui dan bisa Anda promosikan.

 

cara ambil link affiliate accesstrade

 

  • Klik pada salah satu campaign yang ingin Anda ambil link affiliate-nya.

 

cara ambil link affiliate accesstrade

 

  • Kemudian, untuk mengambil link affiliate, Anda dapat melihat pada informasi mengenai URL dari Affiliate Link.

 

cara ambil link affiliate accesstrade

 

  • Klik ikon link berwarna biru di samping informasi tersebut untuk menyalin link affiliate dari campaign tersebut.

Selain cara di atas, Anda juga bisa melakukan custom terhadap link affiliate Anda. Sebagai contoh, apabila Anda mengikuti campaign Shopee affiliate di Accesstrade, Anda bisa membuat link yang akan mengarahkan customer ke produk tertentu. Di bawah ini adalah langkah-langkahnya.

  • Pada salah satu halaman campaign yang telah disetujui, klik tab Custom Creatives.

 

cara ambil link affiliate accesstrade

 

  • Kemudian, masukkan link custom yang ingin Anda buat pada kolom pertama. Pastikan Anda mengikuti ketentuan pada Format URL Diterima. Sebagai contoh, gambar di bawah ini menunjukkan format URL diterima untuk link affiliate custom Shopee.

 

cara ambil link affiliate accesstrade

 

cara ambil link affiliate accesstrade

 

  • Berikutnya, masukkan nama kreasi link di kolom kedua.
  • Selanjutnya, tekan tombol Hasilkan.

 

cara ambil link affiliate accesstrade

 

  • Lalu, Anda akan mendapatkan link affiliate custom dari Accesstrade.
  • Klik ikon berwarna biru untuk menyalin link.

Setelah Anda mengikuti cara ambil link affiliate Accesstrade di atas, Anda bisa mulai membagikan link tersebut dengan melakukan promosi. Pastikan Anda memilih cara promosi yang efektif agar Anda bisa meraih pundi-pundi rupiah tambahan dari bisnis affiliate di Accesstrade. 

Pengertian dan Cara Menghitung CTR dalam Affiliate Marketing

CTR adalah salah satu istilah dalam affiliate marketing yang merupakan singkatan dari Click Through Rate. Cara menghitung CTR sebenarnya sangat mudah. Tapi, sebelum Anda mulai menghitung CTR, sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu pengertian CTR, tujuan Anda menghitung CTR, dan apa yang direpresentasikan oleh hasil perhitungan CTR tersebut.

Pengertian dari CTR

Istilah CTR juga merupakan istilah yang sering digunakan dalam periklanan. Secara umum, CTR atau Click Through Rate adalah istilah yang menunjukkan persentase klik pada iklan yang tayang dalam jumlah tertentu.

Sederhananya, CTR adalah rasio yang menunjukkan seberapa banyak iklan tersebut dilihat sampai akhirnya seseorang mengklik iklan tersebut.

Dalam affiliate marketing, istilah CTR bisa diartikan sebagai persentase klik pada affiliate link yang Anda bagikan sebagai affiliate marketer. Karena menunjukkan persentase jumlah klik pada affiliate link, maka CTR juga berkaitan dengan impressions calon pelanggan terhadap promosi atau iklan yang Anda bagikan.

Tujuan Menghitung CTR

Menghitung CTR tentu bukan tanpa tujuan. CTR merepresentasikan seberapa sukses sebuah iklan. Semakin tinggi nilai CTR itu artinya semakin banyak pula orang yang tertarik dengan sebuah iklan hingga akhirnya mengklik iklan tersebut.

Sebagai affiliate marketer, semakin tinggi nilai CTR maka performa Anda juga semakin bagus. Hal itu menunjukkan bahwa Anda dapat membuat promosi yang menarik dan tidak sembarangan dalam menyebarkan link.

Jadi, menghitung CTR dapat Anda lakukan jika ingin mengetahui seberapa sukses sebuah iklan, campaign, atau promosi bekerja.

Cara Menghitung CTR

Seperti definisinya, dalam menghitung CTR Anda menggunakan angka jumlah klik dan juga angka jumlah tayangan. Berikut ini adalah rumus dalam menghitung CTR:

 

cara menghitung ctr

 

Clicks merujuk pada jumlah klik, sedangkan impressions merupakan jumlah tayangan iklan tersebut.

Sebagai contoh, apabila dalam 200 tayangan iklan Anda berhasil memperoleh 5 klik, maka cara menghitungnya adalah 5 dibagi 200 dan dikalikan seratus persen yang hasilnya 2.5%.

Contoh lainnya yaitu jika Anda mendapatkan 4 klik dalam 1000 tayangan iklan, Anda bisa menghitungnya dengan membagi 4 dengan 1000 lalu dikalikan seratus persen yang menghasilkan 0.4%

 

CTR = 41000 x 100% = 0.4%

 

Cara Meningkatkan Nilai CTR

Semakin tinggi nilai CTR, maka semakin bagus pula sebuah iklan bekerja. Rendahnya nilai CTR bukan berarti Anda tidak pandai dalam membuat iklan atau promosi. Anda selalu bisa memperbaiki iklan agar menjadi lebih baik lagi.

Nilai CTR yang rendah adalah hasil dari sedikitnya jumlah klik pada iklan atau affiliate link Anda. Hal ini tentu berkaitan dengan ketertarikan calon pelanggan pada iklan Anda. 

Untuk mengatasinya, Anda bisa memperbaiki headline iklan agar lebih sesuai dengan minat audience Anda atau mengubah call to action yang lebih ‘mengajak’ dan mengarahkan calon pelanggan untuk melakukan action yang Anda butuhkan.

Itu dia informasi mengenai CTR termasuk cara menghitung CTR untuk mengukur kesuksesan sebuah iklan atau promosi dalam affiliate marketing atau periklanan secara umum. Selalu ingat bahwa semakin tinggi angka CTR maka semakin bagus pula sebuah iklan bekerja. Tapi, jika angka CTR rendah, selalu ada cara untuk memperbaikinya.

Mengenal Istilah CPA, CPS, dan CPC dalam Affiliate Marketing

Dalam affiliate marketing, terdapat banyak sekali istilah yang perlu Anda ketahui jika Anda ingin terjun menjadi seorang affiliate marketer. Diantaranya yaitu mengetahui apa yang dimaksudkan dari istilah CPA, CPS, dan CPC dalam dunia afiliasi.

Ketiga istilah tersebut adalah istilah-istilah yang digunakan dalam deskripsi program afiliasi dan akan sering Anda temui dalam platformplatform afiliasi. Untuk itu, Anda perlu mengenali definisi dan perbedaan dari ketiga istilah ini.

Apa yang Dimaksudkan CPA, CPS, dan CPC?

 

Apa yang dimaksudkan cpa cps dan cpc

 

CPA, CPS, dan CPC adalah singkatan dari Cost Per Action, Cost Per Sale, dan Cost Per Click. Ketiga istilah ini memiliki arti yang cukup mirip. Untuk mengetahui perbedaan diantara ketiganya, Anda harus memahami definisi dari masing-masing istilah ini terlebih dahulu.

Cost Per Action (CPA) adalah istilah untuk menunjukkan komisi yang akan Anda dapat sebagai affiliate marketer untuk setiap action yang dilakukan oleh customer. Action di sini bisa berupa action membeli sebuah barang, mengunduh aplikasi, atau mengisi kuesioner.

Cost Per Sale (CPS) merupakan istilah untuk komisi yang diberikan oleh advertiser atau merchant kepada affiliate marketer untuk setiap pembelian produk oleh pelanggan melalui affiliate link.

Cost Per Click (CPC) adalah istilah yang biasa digunakan untuk menunjukan komisi yang didapat oleh affiliate marketer ketika customer menekan atau klik link iklan yang Anda promosikan di media promosi Anda selaku publisher.

Dari paparan definisi di atas, dapat Anda lihat ketiga istilah tersebut merupakan istilah untuk menunjukkan komisi yang akan Anda dapatkan selaku affiliate marketer. Sedangkan perbedaannya terletak pada jenis action yang diinginkan oleh merchant selaku penyedia produk atau brand yang ingin beriklan.

Untuk CPS, fokus action ada pada pembelian barang. Pada CPC, action yang diminta hanya berupa klik pada link iklan. Sedangkan fokus action CPA cukup luas dibandingkan dua istilah lainnya, yakni mencakup pembelian barang, mengunduh aplikasi, mengisi kuesioner, atau bentuk action lainnya.

Mengenal apa yang dimaksudkan dari CPA, CPS, dan CPC berguna untuk Anda sebagai affiliate marketer dalam mencari program dengan kesepakatan komisi yang sesuai. Ketiga istilah tersebut juga dapat menjadi petunjuk mengenai action apa yang diinginkan oleh pemilik brand yang ingin beriklan.

Apa Itu Affiliate Marketing dan Tips Menjalankannya

Menjadi affiliate marketer adalah salah satu cara untuk mendapatkan uang tambahan secara online. Namun, sebelum memutuskan untuk menjadi affiliate marketer, pastikan Anda telah mengetahui apa itu affiliate marketing dan tips menjalankannya yang akan dibahas secara lengkap pada artikel ini.

Apa Itu Affiliate Marketing?

Saat ini, banyak sekali pilihan untuk memperoleh penghasilan tambahan secara online. Salah satunya adalah dengan menjadi marketer untuk program affiliate marketing.

Affiliate Marketing adalah metode pemasaran dimana bisnis akan merekrut seorang marketer untuk mempromosikan produknya dengan membagikan link. Kemudian, nantinya marketer akan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian produk oleh pelanggan melalui link tersebut.

Dengan sistem kerja tersebut, menjadi affiliate marketer bukan hanya bisa menjadi cara alternatif untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Melainkan, Anda juga bisa mendapatkan passive income dari metode ini. Pasalnya, dengan banyaknya pilihan media promosi seperti media sosial, blog, atau website memungkinkan calon pelanggan bisa mengakses ulang konten promosi Anda yang telah lalu.

Sebagai affiliate marketer, terdapat tiga istilah dasar yang wajib Anda ketahui dalam dunia affiliate marketing, yakni merchant, publisher, dan customer.

Merchant merupakan istilah untuk pemilik brand atau perusahaan penyedia jasa dan produk yang menggunakan metode affiliate marketing sebagai metode pemasarannya.

Publisher adalah istilah untuk seorang affiliate marketer yang tugasnya adalah mempromosikan produk milik merchant untuk mendapatkan komisi. Sedangkan, customer adalah istilah untuk pelanggan yang melakukan pembelian produk merchant melalui link yang dibagikan oleh publisher.

Selain ketiga istilah tersebut, masih ada istilah lainnya seperti CPA, CPS, CPC, dan CTR yang akan Anda ketahui setelah Anda terjun menjadi affiliate marketer.

Tips Menjadi Affiliate Marketer

Meski mudah, terdapat beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan saat Anda memutuskan untuk menjadi affiliate marketer. Diantaranya mempertimbangkan program afiliasi, media promosi, dan strategi.

Memilih Program Afiliasi

Memilih program afiliasi adalah hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan jika ingin menjadi affiliate marketer. Terdapat banyak program afiliasi yang dapat Anda pilih, seperti program affiliate dari Shopee, TikTok, Lazada, Bukalapak, dan masih banyak lagi.

Selain program-program tersebut, Anda juga bisa menemukan program afiliasi lainnya melalui platform afiliasi. Platform afiliasi adalah perantara yang menghubungkan Anda sebagai affiliate marketer dengan brand atau merchant yang membutuhkan marketer. Beberapa platform afiliasi di Indonesia yang terkenal adalah accesstrade, involve, dan ecomobi.

 

apa itu affiliate marketing

 

Dalam memilih program afiliasi, Anda bisa menyesuaikan produk atau jasa yang akan Anda promosikan dengan keahlian, fokus konten, atau audience Anda. Sebagai contoh, apabila Anda adalah seorang beauty content creator atau seseorang yang tertarik dengan semua hal terkait kecantikan, Anda bisa memilih program affiliasi dengan produk-produk kecantikan atau fashion untuk dipromosikan.

Contoh lainnya adalah apabila Anda seorang creator yang fokus pada teknologi digital, Anda bisa memilih program afiliasi dimana Anda bisa mengajak orang lain untuk mengunduh suatu aplikasi.

Menentukan Media Promosi

Menentukan media promosi juga tidak kalah penting dari tips sebelumnya. Media promosi di sini adalah tempat atau platform dimana Anda akan memasarkan produk dan membagikan affiliate link dari merchant.

Beberapa media promosi yang dapat dipilih antara lain media sosial (seperti YouTube, Instagram, Twitter, dan TikTok), blog, dan website.

 

apa itu affiliate marketing

 

Apabila Anda seorang content creator atau influencer di media sosial, maka Anda beruntung karena dengan menjadi content creator itu artinya Anda telah memiliki audience sendiri yang dapat dijadikan sebagai target pemasaran produk afiliasi.

Strategi Pemasaran

Memasarkan suatu produk tentu memerlukan strategi. Setelah berhasil mendaftar program afiliasi dan memilih media promosi, selanjutnya Anda perlu memikirkan strategi pemasaran untuk membagikan affiliate link.

Anda bisa membuat konten dalam bentuk video, tulisan, atau gambar dengan affiliate link yang Anda sisipkan di dalamnya. Selain cara tersebut, Anda dapat mengeksplor strategi pemasaran lainnya yang dapat menarik audience Anda untuk melakukan action berupa klik pada link Anda hingga membeli produk.

Itu dia informasi mengenai apa itu affiliate marketing dan tips untuk mulai menjalani profesi affiliate marketer. Jika Anda tertarik untuk menjadi seorang affiliate marketer, jangan lupa untuk cek beberapa detail program afiliasi, seperti TikTok Affiliate dan Shopee Affiliate.

Tutorial Membuat Slip Gaji Karyawan di Aplikasi Bukugaji

Sebagai pemilik usaha yang telah memiliki karyawan, membuat slip gaji perlu dilakukan. Dengan kemajuan teknologi, membuat slip gaji kini semakin mudah. Terlebih lagi jika Anda menggunakan aplikasi Bukugaji. Pada artikel kali ini akan dibahas tutorial membuat slip gaji untuk karyawan di Bukugaji.

Tapi, sebelum masuk kesana, simak terlebih dahulu informasi mengenai apa itu slip gaji dan fungsinya agar Anda tahu mengapa Anda harus membuat slip gaji untuk karyawan Anda.

Apa Itu Slip Gaji dan Fungsinya

Slip gaji merupakan dokumen yang biasanya diberikan oleh perusahaan atau pemilik usaha seperti Anda kepada karyawan bersamaan dengan pembayaran gaji bulanan. Umumnya, slip gaji berisi informasi mengenai rincian gaji karyawan, informasi karyawan, informasi perusahaan, dan tanggal pemberian gaji.

Membuat slip gaji untuk karyawan penting untuk dilakukan karena slip gaji berfungsi sebagai bukti pembayaran gaji oleh perusahaan kepada karyawan. Selain itu, slip gaji juga merupakan bentuk transparansi penggajian karena dengan slip gaji karyawan bisa melihat detail nominal gaji, tunjangan, bonus, hingga pemotongan.

Tutorial Membuat Slip Gaji Karyawan di Bukugaji

Terdapat dua cara untuk membuat slip gaji. Cara pertama adalah cara konvensional, yaitu membuat slip gaji dengan Microsoft Excel, dicetak, lalu diberikan kepada karyawan dengan amplop. Sedangkan cara kedua merupakan cara modern dimana Anda tidak perlu mencetak apapun. Anda bisa membuat slip gaji melalui aplikasi Bukugaji Business dan mengirimkannya langsung ke WhatsApp karyawan.

Jika Anda tertarik untuk membuat slip gaji karyawan yang praktis dengan Bukugaji, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Masuk ke aplikasi Bukugaji.
  • Pada menu Salary, klik tombol Pay Now.

 

tutorial membuat slip gaji karyawan

 

  • Kemudian, pilih metode pembayaran gaji karyawan. Anda bisa melakukan pembayaran melalui Bukugaji Pay atau dengan metode lain. Jika Anda telah melakukan pembayaran dengan metode lain, Anda cukup mencatatanya di Bukugaji dengan klik I want to Record Payment only.

 

tutorial membuat slip gaji karyawan

 

  • Selanjutnya, pilih karyawan yang telah Anda bayarkan gajinya dan akan Anda buatkan slip gaji. Anda bisa memilih satu atau lebih karyawan.
  • Lalu, klik Record Payment.

 

tutorial membuat slip gaji karyawan

 

  • Pembayaran gaji Anda telah tercatat.
  • Berikutnya, Anda bisa langsung mengirimkan slip gaji karyawan melalui WhatsApp dengan menekan tombol Share Payslips.

 

tutorial membuat slip gaji karyawan

 

Dengan mengikuti tutorial membuat slip gaji karyawan di aplikasi Bukugaji, Anda bisa membuat slip gaji dengan mudah dan hemat waktu. Alih-alih mencetak slip gaji, Anda bisa langsung mengirimkannya kepada karyawan melalui aplikasi pengirim pesan.