Upaya “Tridi Oasis” Daur Ulang Sampah Plastik Agar Bernilai Ekonomi

Mengutip data Kementerian Kelautan dan Perikanan, Indonesia masuk urutan kedua penyumbang sampah plastik sedunia pada 2019 dengan 3,21 juta metrik ton per tahun. Posisi pertama ditempati Tiongkok dengan 8,81 juta metrik ton per tahun. Sudah produsen terbesar, Indonesia juga tidak mampu mengolah sampah. Menurut Indeks Pengelolaan Plastik, Indonesia secara umum masih kalah dari Vietnam, Thailand, dan Malaysia.

Berbagai anggapan negatif sudah pasti menonjol ketika melihat kondisi di atas. Tak heran, kalau pemerintah memberlakukan larangan pemakaian plastik sekali pakai di sejumlah daerah untuk menekan laju sampah plastik. Namun ada sisi positif yang bisa diangkat dari permasalahan di atas, yakni mengangkat sampah agar memiliki nilai ekonomi yang dapat memberdayakan masyarakat. Dengan pandangan tersebut, melandasi Dian Kurniawati (CEO) dan Dinda Utami Ishah (COO) untuk mendirikan Tridi Oasis pada 2016.

Secara personal, Dian memiliki ketertarikan untuk mengelola limbah plastik, meski ia sendiri tidak punya latar belakang di dunia sirkular. Sebelumnya, Dian bekerja sebagai konsultan di sejumlah perusahaan multinasional.

“Saya lihat sampah sebagai bahan baku, masalah yang jadi peluang di mana ada kesempatan dari segi ekonomi yang bisa menciptakan ekonomi baru punya dampak sosial dan lingkungan,” kata Dian dalam kunjungan pabrik Tridi Oasis di Tangerang, Selasa (25/10).

PT Tridi Oasis Group berfokus pada daur ulang PET (polietilen tereftalat), seperti botol plastik diubah menjadi berbagai serpihan PET daur ulang berkualitas tinggi. Serpihan tersebut dibutuhkan untuk kemasan dan tekstil berkelanjutan yang dibutuhkan oleh industri kemasan makanan dan tekstil. Seluruh proses daur ulang dilakukan di pabrik Tridi Oasis yang berlokasi di Tangerang.

Ia memilih PET karena berdasarkan potensi pasarnya yang menjanjikan. Mengutip dari berbagai sumber yang ia rangkum, secara global, bahan input diestimasi bertambah 0,7 juta ton per tahun. Kemudian, nilai pasar plastik daur ulang global diproyeksikan mencapai $50,356 juta pada tahun 2022, dengan CAGR sebesar 6,4% dari 2017 hingga 2022. Terakhir, pengemasan adalah segmen pasar plastik daur ulang yang tumbuh paling cepat, berdasarkan industri penggunaan akhir, diikuti oleh industri otomotif, listrik, dan elektronik.

Sampai saat ini, Tridi Oasis telah mengumpulkan, memilah, dan mendaur ulang lebih dari 5 ribu ton limbah botol. Secara rata-rata, perusahaan mendaur ulang 500-700 ton sampah botol per bulannya. Hasil daur ulang ini sebanyak 90% diekspor ke luar negeri, misalnya Eropa, Vietnam, dan Amerika Serikat. Diestimasi perusahaan menggunakan 20 truk kontainer berbagai ukuran per bulannya, dengan berat mulai dari 20 ton per truk untuk ekspor hasil daur ulang.

Bahkan, kini untuk memenuhi standardisasi internasional, perusahaan sudah mengantongi sertifikasi Ocean Bound Plastic (OBP), yang dikembangkan oleh Zero Plastic Oceans berbasis di Prancis. Standardisasi ini memungkinkan Tridi untuk mendistribusikan serpih PET bersertifikat polietilen tereftalat (PET) melalui jaringan perdagangan globalnya.

Tak berhenti di situ, perusahaan mulai memikirkan daur ulang limbah plastik lainnya di luar botol. Setelah meriset lebih jauh, sampah kemasan sachet (MLP/multi layered plastics) punya isu yang tak kalah besar karena sulit untuk didaur ulang sehingga tingkat pengumpulannya rendah. Ditambah lagi, sebagian besar 90% sampah jenis ini berakhir di lautan, secara global hanya 9% plastik yang didaur ulang, dan sumber bahan baku banyak dan biaya rendah.

Adapun dari segi prospeknya, pemain yang mendaur ulang di limbah jenis ini sedikit karena sebagian besar daur berfokus pada plastik keras, terutama PET dan HDPE (High-density polyethylene).

Hasil daur ulang dari limbah sachet ini adalah palet. Palet adalah alas yang digunakan dalam proses pengiriman berbagai barang, yang berfungsi sebagai pelindung dan alat bantu untuk mempermudah proses pengangkatan hingga penyusunan selama di gudang dan kontainer. Prospek penggunaan palet juga besar karena berkolerasi erat dengan industri logistik yang terus bertumbuh.

Diestimasi, pangsa pasar palet akan mencapai $110.565,7 juta pada 2027, dari $79.008,6 juta pada 2019, tumbuh pada CAGR sebesar 5,1% dari 2020 hingga 2027. Untuk menyeriusi sektor ini, perusahaan membentuk perusahaan patungan dengan ALBA Group, perusahaan spesialis daur ulang, bernama PT Tridi Plastics Recycling (ALBA Tridi).

“Baru Agustus ini pembentukan badan hukum telah selesai. Kami akan pakai fasilitas pabrik di Kendal, Jawa Tengah untuk daur ulang limbah sachet ini. ALBA akan bantu dari sisi teknologinya yang sudah mutakhir.”

Disebutkan ALBA Tridi telah mengelola sampah sachet sebanyak lebih dari 400 ton sejak Januari hingga September 2022, naik 300% dibandingkan dengan 130 ton yang dihasilkan selama tahun sebelumnya. Pihaknya didukung oleh inisiatif pengumpulan yang dibangun bersama 50 mitra, yakni warung, bank sampah, pengepul, dan warga perumahan.

Menciptakan nilai ekonomi berkelanjutan

Dian menjelaskan, dalam rangka memberdayakan ekonomi berkelanjutan, perusahaan menetapkan proses pengumpulan sampah botol yang melibatkan lingkungan sekitar, seperti pengepul dan masyarakat lokal. Khusus untuk masyarakat lokal, perusahaan membuat program edukatif “Beberes”, kolaborasi dengan CleanHub, perusahaan sejenis asal Jerman.

Program tersebut dilakukan untuk membantu proses manajemen persampahan dan memungkinkan masyarakat setempat untuk menghasilkan sampah daur ulang bernilai tinggi. Saat ini, program Beberes telah diikuti oleh lebih dari 50 mitra yang mencakup warung, bank sampah, pengepul, dan warga perumahan sekitar.

Salah satunya adalah warga di wilayah Cibodasari, Tangerang. Miftah, Ketua RT 05 Perumnas I Cibodasari, menyampaikan dirinya antusias dengan program tersebut karena kekhawatiran terhadap sampah menumpuk dan banjir yang terus terjadi bila musim hujan tiba.

Sejak awal tahun ini ia berinisiatif untuk mulai mengumpulkan limbah botol dan sachet yang ditaruh di lingkungan RT. Bersama 10 warga terpilih lainnya, secara rutin mengumpulkan sampah yang ditaruh ke dalam satu tong plastik ukuran 50 liter. Masing-masing warga diberikan satu tong tersebut di rumahnya, biasanya sampah tersebut seberat 3-5 kg.

“Satu minggu sekali sampah diambil pihak Tridi. Ada pencatatannya tiap minggu dan diukur beratnya. Dalam sebulan, setelah empat kali pengambilan sampah, warga akan dapat sembako dari Tridi. Karena itu, warga jadi semangat.”

Proses pengambilan sampah dari masyarakat ini menggunakan aplikasi sederhana dengan fitur mencatat rutin sampah yang diangkut Tridi per mingggunya. Tiap warga sudah dilengkapi dengan kode barcode tersendiri yang perlu di-scan oleh petugas Tridi.

Adapun untuk limbah botol, Miftah secara pribadi mengumpulkannya dibantu warga untuk kemudian dijual ke pengumpul di Legok. Dalam dua bulan, ia bisa mengumpulkan 50-70 kg limbah botol yang dihargai per kilonya mulai dari Rp6 ribu, tergantung jenis botolnya.

“Saya simpan hasil penjualan ini untuk kas RT karena saya tidak mau memberatkan warga harus setor uang terus. Sebelum dijual ke pengepul, saya juga berdayakan karang taruna di sini untuk bantu bersih-bersih.”

Dian mengaku, pihaknya bekerja sama dengan para pengepul di sekitar Tangerang sebagai pemasok. Adapun, tim Tridi Oasis kini berjumlah 140 orang.

Didukung dana hibah dari DBS Foundation

Dalam mendukung seluruh rencana Tridi Oasis, perusahaan ikut serta dengan program hibah yang diselenggarakan oleh DBS Group melalui DBS Foundation pada tahun lalu. DBS Foundation Social Enterprise Grant diberikan kepada Tridi untuk mendukung penerapan ekonomi sirkular.

Secara total, DBS Foundation menyalurkan dana hibah sebesar SG$3 juta bagi pelaku usaha yang bisnisnya memberikan dampak bagi sosial dan lingkungan. Dari 19 penerima hibah di Asia, dua di antaranya dari Indonesia, yakni Tridi Oasis dan Waste4Change. Meski tidak bisa dirinci nominal yang didapat penerima hibah, namun nominalnya maksimal SG$250 ribu (sekitar 2,7 miliar Rupiah).

Dian bilang, dana hibah tersebut digunakan untuk melanjutkan studi kelayakan, riset pasar, dan menyelesaikan penelitian dan pengembangan terkait proses daur ulang kemasan plastik multi-lapis (MLP) atau sampah kemasan sachet, sebuah jenis plastik yang paling sedikit didaur ulang namun paling umum berakhir di lingkungan.

Berbeda dengan proses penyaluran dana hibah dengan perusahaan lainnya, DBS Group memantau secara rutin setiap perkembangan yang terbagi ke dalam beberapa milestones. Hal ini dimaksudkan bahwa DBS menginginkan perusahaan yang didukung itu dapat tetap bertumbuh dan berkembang.

“Kita ingin menumbuhkembangkan bisnis kewirausahaan ini agar mereka berkembang dan menciptakan lebih banyak dampak sosial dan lingkungan. Untuk itu dalam proposal harus disampaikan uang hibah untuk apa saja, bagaimana milestone-nya, dan butuh berapa lama capai tiap milestone-nya,” terang Head of Group Strategic Marketing & Communications Bank DBS Indonesia Mona Monika.

Dia melanjutkan, “Dukungan bagi wirausaha sosial di Indonesia ini sejalan dengan pilar sustainability ketiga kami, yakni Impact Beyond Banking atau komitmen kami dalam menciptakan dampak positif. Ke depannya, kami berharap dapat bekerja sama dengan lebih banyak wirausaha sosial yang memiliki misi sosial baik untuk lingkungan, edukasi maupun pemberdayaan masyarakat.

Ini adalah dana hibah kedua yang diterima Tridi Oasis. Sebelumnya, perusahaan mendapat dana dari Korea International Cooperation Agency (KOICA) sebesar $50 ribu pada Agustus 2020.

Pada tahun tersebut, perusahaan juga mengantongi pinjaman utang (debt financing) dari Circulate Capital, perusahaan manajemen investasi yang berbasis di Singapura. Tidak disebutkan nominal yang diterima Tridi. Selain Tridi Oasis, ada satu perusahaan asal India yang mendapat pinjaman dengan total $6 juta ini.

 

Balanced Scorecard, Sebuah Metode Pengukuran Hasil Kerja

Balanced Scorecard (BSC) adalah metode pengukuran hasil kerja yang digunakan perusahaan atau biasa disebut dengan strategi menajemen. Dikembangkan oleh Drs. Robert Kaplan dari Harvard Business School dan David Norton pada awal tahun 1990.

Berikut penjelasanya lebih jauh oleh DailySocial.id!

Pengertian Balance Scorecard (BSC)

Balance Scorecard (BSC) sendiri diambil dari dua suku kata, yaitu balance yang artinya berimbang dan scorecard yang berarti kartu skor. Berawal dari tujuan memperbaiki sistem pengukuran kinerja eksekutif.

Melalui BSC, perusahaan dimudahkan melihat sejauh mana pergerakan dan perkembangan yang telah dicapai. Adanya BSC membantu perusahaan memberikan pandangan menyeluruh mengenai kinerja perusahaan. Agar lebih efektif dan efisien, dibutuhkan sebuah informasi akurat yang mewakili sistem kerja yang dilakukannya.

BSC memberi perusahaan elemen yang dibutuhkan untuk menggeser pandangan ‘selalu tentang finansial; menuju model baru yang mana hasilnya menjadi titik awal untuk ireviewi, mempertanyakan, dan belajar tentang strategi yang dimiliki.

BSC akan menerjemahkan visi dan strategi ke dalam serangkaian ukuran koheren dalam empat perspektif yang berimbang. Sehingga membantu secara komprehensif bagi para manajer untuk mengukur finansial melalui metrik tambahan yang menimbang kinerja di berbagai bidang. Seperti kepuasan pelanggan, inovasi produk, dan lainnya.

Kerangka kerja ini dituangkan dalam makalah yang diterbitkan Harvard Business Review oleh Robert S. Kaplan dan David P. Norton pada tahun 1992. Makalah mereka kemudian dipercaya secara luas dalam dunia bisnis karena adalah dianggap telah mengembangkan sistem BSC.

Fungsi BSC

Mulanya BSC hanya digunakan untuk memperbaiki sistem pengukuran keuangan. Kemudian meluas dan digunakan untuk mengukur empat perspektif yaitu keuangan , pelanggan, proses bisnis internal serta pembelajaran dan pertumbuhan. Lebih detailnya, berikut ini:

  • Sebagai alat ukur perusahaan apakah visi misi yang dianut telah tercapai
  • Sebagai alat ukur keunggulan kompetitif yang dimiliki perusahaanmu
  • Sebagai panduan strategis untuk menjalankan bisnismu
  • Alat analisis efektifitas strategi yang telah digunakan
  • Memberikan gambaran kepada perusahaan terkait SWOT yang dimiliki
  • Sebagai alat key performance indicator perusahaan
  • Sebagai feedback terhadap shareholder perusahaan
  • Sebagai alat komunikasi, informasi, dan sistem analisis pembelajaran perusahaan

Balanced Scorecard (BSC) dianggap sebagai alat pengukuran paling sederhana di perusahaan dan memiliki banyak kelemahan. Salah satu kekurangannya adalah informasi yang disajikan terbatas dan tidak akurat. Hal ini untuk menghindari dapat melihat faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi kinerja perusahaan.

Misalnya, jika krisis, kebijakan pemerintah, atau peristiwa terjadi pada waktu tertentu. Perusahaan harus tetap memiliki metrik seperti Balanced Scorecard. Itu karena Balanced Scorecard berisi empat perspektif utama yang sangat penting dalam bisnis. Apa saja keempat perspektif tersebut?

Perspektif Balance Scorecard

Menurut Kaplan dan Norton, pendekatan Balanced Scorecard (BSC) empat perspektif memiliki dua keunggulan utama.

Kombinasi dari semua metrik operasional utama mengharuskan manajer untuk mempertimbangkan keberhasilan terhadap potensi risiko berdasarkan area atau departemen.

Mengenai hal tersebut, Kaplan dan Norton mengatakan misi atau strategi terbaik perusahaan dijalankan dengan buruk.

Misalnya, tujuan perusahaan adalah membawa produk ke pasar dengan cepat. Hal ini dicapai dengan meningkatkan pengenalan produk baru.
Perusahaan dapat menyelesaikan misinya. Namun, standar waktu berisiko pengembangan produk yang kurang optimal.

Produk yang baru diproduksi mungkin tidak berbeda secara signifikan dari produk yang sudah ada. Ini secara permanen mengurangi keunggulan kompetitif perusahaan.

Empat perspektif Balanced Scorecard (BSC) adalah:

Perspektif Keuangan

Dalam Balanced Scorecard, perspektif keuangan merupakan perspektif yang tidak boleh diabaikan.

Ukuran keberhasilan finansial menunjukkan apakah perencanaan, implementasi,  dan strategi mengarah pada perbaikan mendasar.

Peningkatan tersebut dapat berupa pendapatan operasional bruto, laba atas investasi, atau nilai ekonomi. BSC dapat menguraikan pencapaian visinya untuk mencapai pertumbuhan kekayaan:

  • Peningkatan kepuasa customer melalui peningkatan revenue
  • Peningkatan produktifitas dan komitment karyawan melalui cost effectiveness sehingga terjad peningkatan laba
  • Peningkatan kemampuan perasahaan untuk menghasilkan financial returns dengan mengurangi modal yang digunakan atau melakukan investasi daiam proyek yang menghasilkan return yang tinggi

Prinsip Balanced Scorecard Harus ada keseimbangan antara perspektif keuangan dan non-keuangan.

Ya, perspektif keuangan tidak dapat bekerja tanpa perspektif non-keuangan. Keuntungan yang diperoleh perusahaan karena produknya bermanfaat bagi konsumen atau dapat dikaitkan dengan sumber daya manusia atau proses bisnis perusahaan.

Analisis rasio keuangan dapat digunakan untuk mengukur prospek keuangan.

Rasio utang, rasio aktivitas, rasio utang, rasio laba, rasio solvabilitas, misalnya dengan menganalisis tren keuangan, rasio umum antara perusahaan dan pesaingnya, dan rasio keuangan.

Perspektif keuangan juga dapat membantu kamu menentukan seberapa menarik perusahaan atau bisnis  bagi investor. Perspektif ini sangat penting dan dapat dikatakan sebagai dasar untuk mengukur tingkat kesehatan suatu perusahaan.

Perspektif Pelanggan

Sehubungan dengan Customer Balanced Scorecard, perusahaan harus terlebih dahulu menentukan target pasar dan segmen pelanggan mereka.

Manajer sekarang perlu menentukan metrik terbaik untuk mengukur kinerja setiap unit bisnis untuk memenuhi tujuan keuangannya.

Untuk unit bisnis untuk mencapai kinerja keuangan jangka panjang yang sangat baik, mereka harus mengembangkan dan menawarkan produk atau layanan baru yang bernilai lebih besar kepada pelanggan mereka.

Tolok ukur pelanggan dibagi menjadi dua kelompok, kelompok pengukuran inti (core group) dan proposisi nilai pelanggan (kelompok penunjang). Kelompok inti  terdiri dari:

  • Pangsa pasar atau market share
  • Tingkat perolehan pelanggan baru atau customer acqutition
  • Kemampuan perusahaan mempertahankan para pelanggan lama atau customer retention
  • Tingkat kepuasan pelanggan atau customer satisfaction
  • Tingkat profitabilitas pelanggan atau customer profitability

Sedangkan kelompok penunjang ini dibagi menjadi tiga  kelompok yaitu:

  • Atribut-atribut produk (harga, mutu, fungsi)
  • Hubungan dengan pelanggan
  • Citra dan reputasi

Perspektif Proses Bisnis Internal

Perspektif proses bisnis internal mengungkapkan proses kunci yang memungkinkan unit bisnis untuk memberikan proposisi nilai, menarik dan mempertahankan pelanggan di segmen pasar yang diinginkan, dan memuaskan pemegang saham.

Setiap perusahaan memiliki proses dan nilai tersendiri bagi pelanggannya. Secara umum, dari segi proses bisnis internal dapat dibagi menjadi tiga prinsip dasar yaitu:

Proses Inovasi

Proses inovasi merupakan bagian terpenting dari keseluruhan proses produksi. Tetapi beberapa perusahaan menempatkan inovasi di luar proses produksi.

Proses inovasi itu sendiri terdiri dari dua komponen: identifikasi keinginan pelanggan, dan melakukan proses perancangan produk yang sesuai dengan keinginan pelanggan.

Jika hasil inovasi suatu perusahaan tidak sesuai dengan keinginan pelanggan, maka produk tersebut tidak akan diterima secara positif oleh pelanggan. Ini tidak membawa pendapatan tambahan bagi perusahaan.

Intinya adalah bahwa proses inovasi harus dapat memberikan nilai yang diinginkan konsumen.

Proses Operasi

Proses operasi adalah aktivitas yang dilakukan perusahaan. Proses operasi dilihat dari perencanaan, pembentukan bahan mentah hingga menjadi produk jadi, proses marketing, hingga proses transaksi antara perusahaan dan pembeli.

Proses operasi menekankan kepada penyampaian produk kepada pelanggan secara efisien, dan tepat waktu. Proses ini, berdasarkan fakta menjadi fokus utama dari sistem pengukuran kinerja sebagian besar organisasi.

Pelayanan Purna Jual

Layanan purna jual merupakan layanan tang diberikan oleh perusahaan atau bisnis kepada konsumen sebagai jaminan mutu produk yang telah dibeli konsumen.

Banyak bentuk layanan purna jual misalnya layanan kosultasi, perbaikan, perawatan, hingga garansi.

Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan

Perspektif Balanced Scorecard ini melengkapi tiga perspektif sebelumnya dan menyediakan infrastruktur untuk menghasilkan pertumbuhan dan peningkatan jangka panjang.

Selain berinvestasi dalam peralatan untuk menghasilkan produk dan layanan, penting juga bagi entitas untuk berinvestasi dalam infrastruktur (sumber daya manusia, sistem, dan proses).

Tolok ukur kinerja keuangan, pelanggan, dan proses bisnis internal dapat menciptakan kesenjangan besar dalam kemampuan orang, sistem, dan proses yang ada.

Untuk memperkecil kesenjangan itu, maka suatu perusahaan harus melakukan investasi dalam bentuk reskilling karyawan, yaitu: meningkatkan kemampuan sistem dan teknologi informasi, serta menata ulang prosedur yang ada.

Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan mencakup tiga prinsip kinerja yang terkait dengan kondisi internal organisasi, yaitu::

Kapabilitas pekerja

Kapabilitas pekerja adalah merupakan bagian kontribusi pekerja pada perusahaan. Sehubungan dengan kapabilitas pekerja, ada 3 hal yang harus diperhatikan oleh manajemen:

  • Kepuasan pekerja. Kepuasan pekerja merupakan prakondisi untuk meningkatkan produktivitas, tanggungjawab, kualitas, dan pelayanan kepada konsumen. Unsur yang dapat diukur dalam kepuasan pekerja adalah keterlibatan pekerja dalam mengambil keputusan, pengakuan, akses untuk mendapatkan informasi, dorongan untuk bekerja kreatif, dan menggunakan inisiatif, serta dukungan dari atasan.
  • Retensi pekerja. Retensi pekerja adalah kemampuan imtuk mempertahankan pekerja terbaik dalam perusahaan. Di mana kita mengetahui pekerja merupakan investasi jangka panjang bagi perusahaan. Jadi, keluamya seorang pekerja yang bukan karena keinginan perusahaan merupakan loss pada intellectual capital dari perusahaan. Retensi pekerja diukur dengan persentase turnover di perusahaan.
  • Produktivitas pekerja. Produktivitas pekerja merupakan hasil dari pengaruh keseluruhan dari peningkatan keahlian dan moral, inovasi, proses internal, dan kepuasan pelanggan. Tujuannya adalah untuk menghubungkan output yang dihasilkan oleh pekerja dengan jumlah pekerja yang seharusnya untuk menghasilkan output tersebut.

Kapabilitas sistem informasi

Adapun yang menjadi tolak ukur untuk kapabilitas sistem inforaiasi adalah tingkat ketersediaan informasi, tingkat ketepatan informasi yang tersedia, serta jangka waktu untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan

Iklim Organisasi

Iklim organisasi merupakan salah satu mendorong timbulnya motivasi, dan pemberdayaan adalah penting untuk menciptakan pekerja yang berinisiatif. Adapun yang menjadi tolak ukur hal tersebut di atas adalah jumlah saran yang diberikan pekerja.

Intinya dalam perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, balanced scorecard lebih menekankan pada aspek organisasi. Bagaimana perusahaan bisa memanfaatkan sumber daya manusia yang ada menjadi faktor keunggulan kompetitif.

Itulah penjelasan lengkap tentang apa itu pengertian balances scorecard (BSC), fungsi, persepktif. Semoga bermanfaat!

Laporan DSInnovate: Open Finance di Indonesia 2022

Terminologi Open Finance muncul di tengah perkembangan pesat bisnis fintech. Kapabilitas yang ditawarkan mencoba menjembatani berbagai hambatan yang selama ini masih ditemui pelaku industri, terkait efisiensi proses bisnis dan pengembangan teknologi.

Open Finance sendiri didefinisikan sebagai sebuah mekanisme berbagi data keuangan oleh pengguna. Data tersebut bisa dari mana saja, bisa dari perbankan, layanan fintech, atau lainnya (seperti data transaksi belanja, data pembelian pulsa, dan sebagainya). Faktanya, banyak data alternatif yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan analisis keuangan.

Melihat perkembangan adopsi Open Finance di Indonesia, DSInnovate dan Brick meluncurkan hasil penelitian bertajuk “Open Finance Report 2022”. Laporan ini berisi mengenai ulasan konsep, model bisnis, hingga studi kasus pemanfaatan Open Finance di Indonesia. Dilengkapi dengan temuan dari studi kualitatif dan kuantitatif yang dilakukan peneliti.

Laporan tersebut berisi empat bagian utama, sebagai berikut:

  • Pengenalan Open Finance; memberikan gambaran komprehensif tentang Open Fianance dan bagaimana teknologi ini bekerja dalam membantu industri keuangan untuk mendapatkan manfaat lebih.
  • Open Finance di Indonesia; mendalami perkembangan dan tantangan implementasi dari Open Finance di Indonesia, beserta regulasi yang saat ini memayungi konsep ini — mengingat sektor finansial diregulasi ketat oleh otoritas.
  • Pemahaman tentang Open Finance; melihat sejauh mana pelaku industri memahami tentang Open Finance dan layanan yang ditawarkan.
  • Masa Depan Open Finance; memproyeksikan bagaimana layanan Open Finance akan berkembang di Indonesia, termasuk terkait dukungan ekosistem bisnis dari sisi pelaku industri dan regulator.

Terdapat sejumlah temuan menarik dari hasil studi yang dirangkum dalam laporan tersebut. Salah satunya didasarkan pada hasil wawancara yang dilakukan kepada sejumlah pelaku industri. Dari platform We+ misalnya, di sisi industri memang ada tantangan dalam mendapatkan data yang lebih komplit untuk melakukan risk profiling guna membantu perusahaan asuransi menyesuaikan harga premi.

Pun demikian untuk industri lain seperti P2P Lending, adanya data yang lebih banyak dimungkinkan untuk menghasilkan produk yang lebih baik dan terpersonalisasi. Selain itu, juga ada pendapat dari sejumlah pelaku industri lain, termasuk dari perbankan, mengenai potensi dari implementasi Open Finance.

Untuk hasil temuan selengkapnya, unduh laporan tersebut secara gratis melalui tautan berikut ini: Open Finance Report 2022.

Disclosure: DSInnovate didukung Brick dalam penyusunan laporan ini

Digital Marketing Hacks 2022, Marketer Harus Tahu

Saat ini, pemasaran tidak hanya dilakukan dengan cara konvesional saja, melainkan juga secara digital. Digitalisasi dalam pemasaran membuat jangkauan produk menjadi lebih luas dan efisien. Salah satu bentuk pemsaran digital yang sering kita temui adalah keberadaan ads atau iklan.

Menurut data dari The Huffington Post, rata-rata ada 11.250 ads yang diterima oleh user setiap bulannya. Maka dari itu, dengan data yang cukup banyak ini, Anda bisa memanfaatkannya dengan membuat berbagai cara baru dan kreatif untuk mendapatkan atensi dan informasi audiens.

Nah, dilansir dari mtarget.co, berikut adalah beberapa digital marketing hacks yang akan berguna dalam memaksimalkan strategi digital marketing Anda.

Digital Marketing Trends

Tren digital marketing selalu menjadi topik hangat untuk dibahas setiap tahunnya. Untuk tren digital marketing pada tahun ini, pebisnis dan marketer masih harus melakukan pivot bisnis dan strategi marketing yang tidak jauh berbeda dari 2 tahun yang lalu.

Dikutip dari Gartner State of Marketing Budget Report 2022, anggaran marketing telah turun ke level terendah, dari 11% pada tahun 2020 menjadi 6,4% dari revenue perusahaan pada tahun 2021. Maka dari itu, pelaku bisnis pun terpaksa harus menghemat anggaran dan mencari strategi marketing baru yang lebih efisien.

Sebelumnya, pelaku bisnis memiliki fokus pada 3 channel, yakni paid media, own media, dan earn media. Namun, dikarenakan adanya penurunan anggaran marketing, para pelaku bisnis pun beralih strategi untuk membantu meningkatkan kembali revenue bisnis mereka dengan beralih fokus ke beberapa channel. Beberapa channel yang difokuskan pada tahun 2022 ini, seperti:

  • Content Marketing
  • Social Media
  • Organic dan Paid Search
  • Email Marketing

Peralihan strategi marketing ini tidak terlepas dari pandemi yang terjadi di tahun 2020, di mana pada saat itu hampir semua bisnis berlomba untuk menjangkau audiens dengan paid media. Selain itu, pelaku bisnis juga memaksimalkan own media sebagai strategi agar audiens tidak berpaling dari bisnis mereka. Mereka juga memanfaatkan earn media untuk membangun branding dengan mengumpulkan review dan interaksi di media sosial.

Maka dari itu, ketika semua krisis akibat pandemi sudah berangsur-angsur mereda di tahun ini, para pelaku bisnis pun kembali bangkit untuk mengatur kembali strategi marketing mereka. Saat ini, kegiatan marketing tidak hanya dimaksimalkan pada 3 channel saja, melainkan menjadi 4 channel seperti yang telah disebutkan di atas.

Digital Marketing Channel

Saat ini, kegiatan bisnis mulai kembali pulih seiring dengan pandemi yang mulai mereda. Para pelaku bisnis dan marketer pun memanfaatkannya dengan memaksimalkan beberapa marketing channel, antara lain:

  1. Content Marketing

Content marketing merupakan salah satu hal yang penting dalam digital marketing channel. Sebab, dalam suatu content biasanya juga disisipkan berbagai marketing channel lain, seperti media sosial, blog, SEO, ads, email marketing, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, optimasi content marketing merupakan langkah awal yang harus dilakukan untuk memaksimalkan marketing channel.

  1. Social Media Marketing

Saat ini, social media marketing tidak hanya berperan untuk membangun awareness, namun juga dapat digunakan sebagai channel penjualan. Bahkan, beberapa social media channel seperti Instagram dan TikTok sudah memiliki fitur commerce yang bertujuan untuk membantu penggunanya dalam melakukan kegiatan jual beli.

  1. SEO

Search Engine Optimatization (SEO) merupakan salah satu digital marketing channel yang digunakan dengan tujuan untuk mendapatkan traffic secara organik. Traffic inilah yang nantinya diolah menjadi insight untuk mengetahui informasi mengenai audiens mereka.

  1. Paid Search

Berbanding terbalik dengan SEO, paid search bertujuan untuk meningkatkan traffic secara berbayar. Selain itu, paid search juga bertujuan untuk meningkatkan visibility, leads, prospect, serta meningkatkan brand recognition dan lain sebagainya.

  1. Email Marketing

Email marketing merupakan digital marketing channel yang bertujuan sebagai channel retensi pelanggan. Sebab, dalam penggunaan email marketing, Anda perlu memiliki data email audiens Anda terlebih dahulu.

Digital Marketing Hacks

Tren digital marketing biasanya dapat berubah dengan cepat setiap waktunya. Maka dari itu, sebagai marketer perlu untuk selalu siap dalam menerima informasi dan pembaruan pada setiap digital marketing channel yang digunakan. Berikut merupakan beberapa tips digital marketing hacks untuk Anda.

  • Memaksimalkan Video Content Marketing
  • Meningkatkan Social Media Engagement
  • Meningkatkan Website Traffic
  • Meningkatkan Akuisisi dengan Email Marketing

Nah, itulah beberapa hal mengenai digital marketing hacks yang bisa Anda gunakan untuk memaksimalkan kegiatan marketing Anda. Untuk tips mengenai digital marketing lainnya, Anda bisa mendapatkannya di sini.

Tahapan Membuat YouTube Shorts untuk Promosi yang Efektif

Teruntuk Anda yang sedang memiliki usaha dan berencana promosi melalui video, YouTube bisa menjadi salah satu tempat menarik untuk Anda melakukan promosi. Namun, jika Anda memiliki target generasi Z, dan lebih mudah dalam penyebarannya Anda bisa memilih untuk mengunggah video YouTube Shorts dibandingkan YouTube biasa.

YouTube Shorts selain memiliki durasi yang lebih pendek yang disenangi oleh generasi muda karena mereka cenderung bosan dengan video berdurasi lama. Selain itu kemungkinan untuk ditonton lebih banyak di Youtube Shorts karena ada fitur tersendiri dan sangat mudah untuk berpindah dari video satu ke video yang lain. Video shorts juga cenderung lebih mudah dalam proses pengeditan karena durasinya yang singkat.

Membuat Youtube Shorts

1) Membuat brief video

Sebelum mulai untuk membuat video, pastikan Anda mengetahui konsep seperti apa yang akan Anda buat dalam video. Setelah mengetahui mengenai jenis video yang akan digunakan di dalam video, Anda bis alangsung menuangkannya ke dalam brief.

2) Take Video

Setelah brief dibuat jangan lupa untuk mengambil video untuk keperluan bisnis Anda. Pengambilan video tidak harus menggunakan kamera profesional, Anda cukup menggunakan kamera ponsel Anda. Namun, perhatikan pencahayaan dalam pengambilan videonya, agar kamera Anda bisa maksimal.

3) Membuat Channel YouTube

Jika sudah membuat brief video Anda bisa langsung membuat channel YouTube, karena sebagaimana kita ketahui bersama sebelum mengunggah video di YouTube harus memiliki channel terlebih dahulu. Jadi pastikan Anda sudah memiliki channel YouTube sebelumnya

4) Klik Tanda Tambah

 

Anda bisa buka aplikasi YouTube dan mengklik tanpa tambah yang berada di posisi tengah barisan tombol bawah. Setelah itu Anda akan diminta untuk memilih unggah video, buat video shorts, atau live streaming. Anda bisa memilih untuk buat video shorts dan akan diarahkan memilih video atau foto yang akan diunggah.

5) Edit Video

Opsi ini fleksibel, artinya bisa dilakukan atau tidak. Anda tidak perlu khawatir dengan tidak ada aplikasi khusus untuk edit video, YouTube menyediakan fitur edit video sebelum unggah video. Namun, Anda juga bisa memiliki opsi untuk mengeditnya terlebih dahulu di aplikasi yang terpisah dan nanti tinggal diunggah saja.

6) Atur Publikasi Video Short Anda

Anda bisa mengawali dengan membuat caption dan menambahkan hashtag yang relevan. Setelah selesai, Anda bisa mengatur privasi publikasi yang melihat video YouTube Anda, pastikan Anda menyetel aturannya menjadi publik agar video Anda bisa ditonton semua orang tanpa harus melalui link yang Anda bagikan.

Anda juga bisa mengatur kapan konten video Anda akan dinaikkan di Shorts apakah langsung atau diatur waktu dan jamnya terlebih dahulu. Pilihan audiens, apakah konten Anda bisa ditonton anak-anak atau tidak. Paling terakhir Anda bisa memilih bagaimana komentar ditampilkan kepada publik.

7) Unggah Video Shorts Anda

Setelah video dipastikan tidak ada yang salah, termasuk urusan pengaturan publikasinya, Anda bisa langsung klik Upload Video Shorts dan menunggu keseluruhan video bisa terunggah.

Mengulik Lebih Dalam Ambisi “airasia SuperApp” di Indonesia

AirAsia bermula dari sebuah ide untuk menghadirkan moda perjalanan udara yang terjangkau untuk semua kalangan; dan menggerakkan industri perjalanan di Asia. Bisnis dimulai dengan 2 pesawat udara, melayani 6 rute di Malaysia pada Januari 2022.

20 tahun berselang, mimpi itu telah membuahkan jutaan ide baru yang berhasil menopang pertumbuhan bisnis perusahaan. AirAsia kini berkembang menjadi sebuah maskapai yang melayani lebih dari 128 destinasi di 21 negara. Tidak hanya itu, bisnisnya kini telah merambah dunia digital, menyediakan semua kebutuhan perjalanan dan pariwisata dalam satu aplikasi yang dinamakan “airasia SuperApp”.

Transformasi digital airasia sudah dimulai sejak awal beroperasi di tahun 2002 dengan memperkenalkan layanan online booking melalui situs resminya. Kemudian, melakukan ekspansi regional ke beberapa negara tetangga, termasuk Indonesia. AirAsia Indonesia diluncurkan pada tahun 2005, ketika itu pengguna internet di tanah air ada di angka 16 juta orang.

Satu dekade berlalu, perkembangan teknologi internet turut mengakselerasi demokratisasi di berbagai industri, termasuk perjalanan. Jika sebelumnya masyarakat masih bergantung pada travel agent untuk mengatur jadwal mereka, hadirnya OTA (Online Travel Agent) memungkinkan individu untuk bisa mengatur rencana perjalanan mereka sendiri. Beberapa pemain yang sudah dikenal termasuk Traveloka, Tiket.com, Pegipegi, dan sejumlah lainnya.

Pandemi Covid-19 berdampak terhadap semua industri di dunia, perjalanan dan pariwisata termasuk yang paling parah. Pembatasan interaksi mengharuskan masyarakat untuk tidak melakukan perjalanan. Akibatnya, sejumlah penerbangan sempat ditiadakan, para penyedia akomodasi merasa kesulitan karena kamar tidak terisi, begitu pula fasilitas ride-hailing yang sepi penumpang.

Alih-alih duduk diam meratapi kerugian dan menyerah dengan situasi, maskapai ini mencoba bangkit dengan memaksimalkan potensi digitalnya. Tidak dapat dimungkiri bahwa pandemi menjadi katalis bagi konsumen untuk bermigrasi ke platform digital. Perusahaan melihat hal ini sebagai kesempatan besar untuk melanjutkan transformasi digital hingga akhir, dimulai dengan SuperApp.

airasia SuperApp Indonesia

Inisiatif aplikasi super ini dimulai di Malaysia, menawarkan lebih dari 15 jenis produk dan layanan di bawah tiga pilar utama, yaitu travel, e-commerce, dan fintech dengan airasia rewards, Unlimited, dan airasia pocket sebagai benang merah yang mengikat seluruh ekosistem menjadi satu kesatuan.

Sumber: Laporan tahunan AirAsia 2021

Dalam waktu satu tahun, aplikasi super ini telah berkembang secara fenomenal, tidak hanya meningkatkan produknya dan penawaran layanan untuk menjadi aplikasi perjalanan dan gaya hidup, tetapi juga basis pengguna dan daya tariknya dalam hal volume dan nilai transaksi. Satu per satu layanan ini mulai menggencarkan ekspansi.

Pada April 2022, perusahaan menunjuk Delly Nugraha, yang sebelumnya menjabat CEO Carsome Indonesia, untuk memimpin strategi eksekusi airasia SuperApp Indonesia. Belum lama ini, DailySocial.id diberi kesempatan untuk berdiskusi dengan Delly terkait pengembangan aplikasi super ini di Indonesia.

Delly mengakui, pada dasarnya pengembangan aplikasi super ini dimungkinkan oleh teknologi yang dimiliki perusahaan. “Dulu karena belum banyak yang berani mencoba, selalu ada resistance. Kalau sekarang, penggeraknya juga sudah banyak. Perkembangan internet semakin canggih, jangkauan semakin luas. Kita juga punya sejarah sebagai perusahaan airlines yang sukses. It is only make sense to develop this superapp, and we are optimistic to grow bigger.”

Meskipun belum resmi meluncur, masyarakat Indonesia sudah bisa menggunakan layanan airasia SuperApp secara terbatas. Dalam aplikasinya, terdapat 4 kategori yang ditawarkan yaitu Travel, Delivery, Money, dan Play. Layaknya OTA pada umumnya, layanan ini menawarkan pengalaman berwisata yang terjangkau dan terencana. Mulai dari pemesanan tiket pesawat, hotel, hingga paket liburan yang ekonomis.

Di luar perjalanan, airasia SuperApp juga dilengkapi dengan layanan digital lainnya, termasuk fintech. Pada bulan Maret 2022, layanan marketplace produk finansial airasia Money meresmikan operasional mereka di tanah air, menawarkan solusi keuangan yang terjangkau, dari asuransi, investasi, pengiriman uang, dan penggalangan dana sosial, bersama para mitra.

Selanjutnya, di kategori delivery, layanan pesan-antar makanan airasia Food yang diluncurkan pada bulan yang sama semakin memperluas jangkauannya di beberapa area seperti, Tangerang, Jawa Barat, diikuti oleh Jakarta pada bulan Juni. Saat ini, untuk armada pengantaran makanan, perusahaan bermitra dengan lini bisnis pengantaran Gojek (sekarang GoTo), GoSend.

Keterlibatan airasia dengan Gojek tidak hanya sebatas itu. Sebelumnya, airasia telah mengakuisisi 100% operasional bisnis ride-hailing dan fintech Gojek di Thailand dengan nilai $50 juta atau sekitar 700 miliar Rupiah. Pada kesempatan itu, Tony dan Kevin menyinggung potensi kemitraan bersama selanjutnya tanpa merincikan detailnya.

Dalam menyediakan solusi tersebut, perusahaan bekerja sama dengan mitra. Misalnya, PasarPolis (insurtech), Bareksa (e-investing), Rumah Zakat (lembaga sosial), dan Wise (remitansi) untuk airasia Money. Kemudian, di kategori Play bersama TrueID untuk menyediakan konten streaming audio, video, dan artikel dengan tema travel, food, dan lifestyle yang dapat diakses secara gratis.

Terkait pengembangan superapp ini, Delly juga menegaskan bahwa DNA perusahaan ada pada bisnis perjalanan. Melalui transformasi digital, airasia mencoba menjangkau semua lini bisnis terkait, dan pada akhirnya akan melengkapi bisnis inti. Superapp hadir sebagai value added business untuk bisnis penerbangan airasia.

“Di samping itu, kita melihat ada potensi cross-selling yang sangat besar dalam industri ini. Satu rencana perjalanan bisa melibatkan berbagai aktivitas, mulai dari pemesanan tiket, akomodasi, rekreasi dan lainnya. Dengan menyediakan opsi-opsi tersebut dalam satu platform, kami yakin bisa menopang kinerja SuperApp seterusnya,” ungkapnya.

Tantangan dan peluang

Setidaknya empat layanan yang ditawarkan melalui airasia SuperApp sudah memiliki kompetitornya masing-masing di pasar Indonesia. Dari sisi pengantaran makanan, duopoli GoFood dan GrabFood akan menjadi tantangan tersendiri bagi pemain baru di industri ini.

Salah satu OTA unicorn, Traveloka, mencoba peruntungan dengan layanan TravelokaEats. Menjelang dua tahun eksistensinya, perusahaan harus rela menutup lini bisnis ini dengan alasan efisiensi per 31 Oktober 2022. Salah satu yang masih bertahan adalah ShopeeFood, juga beberapa layanan pesan-antar makanan restoran tertentu.

Delly tidak melihat keberadaan layanan-layanan tersebut sebagai kompetisi. SuperApp memosisikan diri sebagai pelengkap ekosistem yang sudah ada. “Dari sisi ride hailing, kita tidak bermimpi mengalahkan Gojek atau Grab. Namun, bagaimana caranya market yang belum teredukasi, belum jadi market aktif bisa kita jangkau. Kita mengutamakan kolaborasi.

Kolaborasi dalam hal ini tidak diartikan sebagai kompetisi di dalam. “Kita dukung pihak GoSend untuk mengembangkan bisnis lebih masif, otomatis jangkauan ekspansi juga bertambah. Objektif kita untuk mengantarkan makanan ke konsumen kita juga tercapai. Prinsip kolaborasi lebih dikedepankan daripada kompetisi,” tegas Delly.

Sebagai sebuah entitas yang berbasis di Malaysia, Delly juga mengakui adanya perbedaan kondisi pasar di pusat dan wilayah ekspansi. Di Malaysia sendiri tidak ada ride hailing sepeda motor seperti di tanah air. Menurutnya, selain karena alasan regulasi, karakteristik negara dan populasi juga tidak mendukung adanya layanan ojek online.

Di Indonesia, layanan ride hailing airasia dikabarkan segera mengaspal di pusat pariwisata tanah air, Bali. Terkait armada, Delly mengungkapkan bahwa perusahaan akan bekerja sama dengan rekanan yang sudah memiliki izin. Hal ini merujuk pada regulasi dari pemerintah yang mengharuskan perusahaan memiliki lisensi untuk bisa mengoperasikan bisnis ini.

Dengan lini bisnis yang cukup beragam, perusahaan mengaku bahwa strategi ekspansi juga akan berbeda-beda. “Ride-hailing datang setelah food delivery, karena strategi kita sangat berpatokan dengan kondisi market sekarang dan juga perilaku konsumen yang kita targetkan. Ekspansinya bergantung apa yang ingin kita capai,” pungkas Delly.

Delly juga mengungkapkan bahwa kompleksitas bisnis ini dipengaruhi oleh bermacam-macam aspek, seperti kecukupan sumber daya dan finansial. Airasia melihat hal ini dengan sangat baik dan mempersiapkan semua yang diperlukan agar bisa menggerakkan bisnis.

“Kita punya sumber dayanya, kita punya teknologinya, kita punya supply dan modal. Saya melihat bahwa faktor-faktor dasar untuk sebuah korporasi melakukan aksi membangun sebuah startup dan membuat ekosistem itu sudah diperhitungkan,” ujar Delly.

Dari sisi modal, airasia SuperApp Indonesia masih menerima induksi internal dari induk perusahaan yang di awal tahun ini mengumumkan rebranding menjadi Capital A. Selain itu, perusahaan juga dikabarkan tengah dalam proses penggalangan dana dan berencana untuk segera melantai di bursa New York tahun depan.

Pada tahun 2021, airasia SuperApp diakui oleh Credit Suisse sebagai salah satu dari tiga unicorn di Malaysia, dengan perkiraan nilai lebih dari $1 miliar. Hal ini berhasil dicapai melalui inovasi produk/layanan on-demand yang ditawarkan, termasuk empat produk baru yang telah ditambahkan ke dalam platform untuk memperluas lini bisnisnya.

Disinggung mengenai target, pihaknya masih belum mau membeberkan angka yang spesifik. Saat ini perusahaan masih fokus mengembangkan SuperApp dengan tujuan untuk memberi nilai tambah tidak hanya bagi pelaku industri tetapi juga konsumen di setiap lini bisnis yang ditawarkan.

“Nilai tambah ini kita berikan untuk melengkapi ekosistem perjalanan. Itu yang ingin kita capai. Kemudian, market Indonesia secara umum masih besar sekali dan belum sepenuhnya digarap dengan optimal. Masih ada peluang secara geografis, layanan, juga dari sisi perilaku konsumen,” tutupnya.

Application Information Will Show Up Here

Startup “Coffee Chain” Jago Umumkan Pendanaan Pra-Seri A 34 Miliar Rupiah

Startup coffee chain Jago mengumumkan penyelesaian pendanaan pra-seri A senilai $2,2 juta (sekitar 34,2 miliar Rupiah) yang dipimpin Intudo Ventures dan BEENEXT, dengan partisipasi CyberAgent Capital dan Arkblu Capital. BEENEXT adalah investor sebelumnya, memimpin pendanaan tahap awal yang diperoleh Jago pada November 2021.

Lewat penggalangan ini, Jago akan memanfaatkan dana untuk perluas armada mobile cafe hingga 200 unit yang mampu menjangkau 20 area di Jakarta. Selanjutnya, memperkuat tim inti di lini operasional dan teknologi.

Jago memosisikan diri bukan sebagai bisnis ritel yang mendukung operasionalnya dengan teknologi, melainkan sebaliknya, memungkinkan siapa saja dan di mana saja memiliki akses ke kopi berkualitas dengan harga terjangkau.

Dalam keterangan resmi yang disampaikan hari ini (27/10), Founding Partner Intudo Ventures Patrick Yip menyampaikan, ada beberapa hal yang khas Indonesia daripada kopi. Jago merupakan model baru bagi masyarakat Indonesia untuk menikmati kopi, mengungguli kafe tradisional dalam hal kenyamanan dan mengalahkan kopi instan dan pre-made dalam hal kualitas.

“Kami yakin dengan tim gabungan pengusaha kopi dan teknologi Jago dan menantikan momentum lanjutan mereka di pasar kopi Indonesia yang sedang booming,” kata Yip.

Partner BEENEXT Faiz Rahman menambahkan, Jago menyeduh sesuatu yang berbeda dari secangkir kopi rata-rata, memberikan pengalaman dan layanan unik kepada konsumen melalui kopi. Perusahaan ini memanfaatkan teknologi sebagai produk intinya dan memanfaatkan infrastrukturnya untuk mendefinisikan ulang ritel last-mile.

“Oleh karena itu, kami sangat bersemangat untuk melanjutkan kemitraan jangka panjang kami dengan Jago seiring dengan percepatan ekspansi perusahaan di seluruh Jakarta dan sekitarnya,” ucap Faiz.

Model bisnis Jago

Diluncurkan pada Juni 2020, Jago adalah kafe berjalan yang memberdayakan micro mobile  retail (gerobak elektrik)—menemui pelanggan kapan pun mereka mau—di mana pun mereka mau. Dengan armada kafe keliling yang bertenaga elektrik, Jago beroperasi di lokasi-lokasi utama di Jakarta.

Perusahaan menawarkan pendekatan hiperlokal ke konsumer akhir dengan melayani lingkungan sekitar dalam radius 1-2 km untuk menyiapkan dan mengantarkan minuman segar dengan cepat dalam hitungan menit. Gerobak beroperasi di area dengan kepadatan tinggi, dengan permintaan dari area perumahan dan bisnis, dengan populasi kedai kopi yang kurang melimpah meskipun permintaan kopi kuat.

Jago menyediakan minuman kafe berkualitas yang disajikan oleh barista yang dilengkapi dengan semua alat dan bahan yang dibutuhkan untuk menyiapkan minuman segar di tempat, termasuk panas & dingin, kopi & teh, dan minuman khusus lainnya.

Jago Coffee juga menawarkan pemesanan langsung dan pesan-antar, menawarkan layanan penjemputan dan pengiriman untuk kopi segar tingkat kafe langsung ke konsumen dengan harga yang dibanderol mulai dari Rp8 ribu per cangkir. Konsumen dapat menikmati alternatif kopi kualitas yang lebih tinggi untuk kopi instan, tanpa mengurangi kenyamanan dan efektivitas biaya.

Pengguna cukup mengunduh aplikasi Jago di iOS dan Android untuk memesan minuman yang baru diseduh untuk pengambilan dan pengiriman, sehingga tidak perlu pergi ke kafe untuk menyegarkan diri.

Jago dipimpin oleh tim pengusaha Indonesia yang berpengalaman di bidang kopi dan teknologi, termasuk Yoshua Tanu (CEO) dan Christopher Oentojo (CTO). Selain Jago, Yoshua juga merupakan salah satu pendiri Common Grounds, jaringan kafe premium di Indonesia. Sementara, Christopher sebelumnya adalah Vice President of Product di Gojek, ia pernah memimpin peluncuran GoCar dan inisiatif pemetaan internal perusahaan.

Selain itu, Daniel Sidik baru-baru ini bergabung dengan Jago sebagai COO & CMO. Daniel membawa pengalaman di bisnis makanan & minuman yang luas, bergabung dengan perusahaan setelah mendirikan dan memimpin Reddog, rantai hotdog bergaya Korea yang populer di Indonesia dengan lebih dari 40 gerai ritel setelah dua tahun diluncurkan.

“Model bisnis inovatif kami, menggabungkan kafe seluler dengan aplikasi Jago kami, menciptakan akses kopi yang tak tertandingi kapan saja, di mana saja tanpa harus mengorbankan kualitas, harga, atau kenyamanan. Kami sedang membangun kemungkinan baru untuk ritel last-mile yang berkelanjutan dan memuaskan bagi konsumen Indonesia untuk memenuhi kebutuhan kopi dan penyegaran harian mereka,” kata Co-founder & CEO Jago Yoshua Tanu.

Application Information Will Show Up Here

Harga Pokok Penjualan (HPP) : Pengertian, Contoh dan Cara Menghitungnya

Harga Pokok Penjualan (HPP) merupakan keseluruhan total biaya yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan dalam memproduksi barang atau jasa untuk dijual selama satu periode tertentu. Setiap pelaku usaha pennting untuk memahami cara menghitung HPP ini.

Sebab, dari HPP pemilik bisnis akan mengetahui besaran laba rugi yang dihasilkan dalam usaha mereka.

Harga pokok penjualan juga dapat digunakan dalam menentukan harga jual produk berdasarkan keseluruhan total biaya yang dikeluarkan untuk menghasilkkan suatu barang atau jasa.

Jika suatu perusahaan tidak tau melakukan perhitungan HPP, maka perusahaan tersebut akan kesulitan untuk mengetahui kinerja perusahaan, dan mereka juga berpotensi mengalami kerugian. Maka dari itu HPP merupakan salahs atu komponen penting diketahui pelaku usaha.

Kemudian, HPP memiliki peranan dalam cara mencari modal awal. Karena dengan mengetahui besaran HPP berarti perusahaan tahu berapa besaran modal awal yang diperlukan untuk memulai produksi barang  atau jasa.

Untuk lebih jelasnya, berikut lebih jauh mengenai HPP!

Pengertian HPP

HPP adalah salah satu komponen penting perusahaan dalam mengetahui laba-rugi yng dihasilkan selam periode waktu tertentu. Dalam Investopedia. Cost of Good Sold (COGS) atau HPP adalah biaya langsung yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk memproduksi barang yang akan dijual.

Biaya yang dikeluarkan termasuk biaya bahan dan biaya tenaga kerja yang digunakan untuk memproduksi barang atau jasa tersebut.

Dalam laporan keuangan suatu perusahaan, HPP bisa ditemukan pada bagian laporan laba rugi yang menjadi salah satu bagian penting dalam akuntansi. Karena sebagai penentu laba rugi perusahaan, maka setiap perusahaan berusaha untuk menekan besaran HPP menjadi sekecil mungkin.

Untuk mengetahui besaran HPP yang dikeluarkan, perusahaan harus mengetahui terlebih dahulu HPP diperoleh dari mana saja. HPP diperoleh dari berbagai biaya yang dikeluarkan dalam proses produksi barang atau jasa yang diantaranya, yaitu:

  • Bahan baku
  • Barang yang dibeli
  • Retur dan potongan pembelian
  • Biaya pengiriman barang yang dibeli
  • Diskon perdagangan atau tunai
  • Biaya pekerja langsung
  • Biaya penyimpanan,
  • Biaya yang digunakan dalam produksi, dan
  • Biaya overhead perusahaan

Biaya Pengecualian dalam HPP

Biaya yang dikecualikan dalam HPP adalah seluruh biaya non operasional (biaya belanja modal dan bunga), biaya umum, biaya penjualan, biaya administrasi (meliputi biaya distribusi barang ke pelanggan, sewa kantor, dan biaya iklan), biaya akuntansi dan hukum, serta biaya gaji manajemen.

Selain biaya diatas, ada satu lagi biaya yang tidak kalah penting dan dikecualikan dalam HPP, yaitu biaya untuk produk yang tidak terjual pada akhir dalam satu periode tertentu.

Komponen dalam Harga Pokok Penjualan

Sebelum menentukan harga pokok penjualan, pemilik usaha harus memahami komponen-komponen yang termasuk dalam HPP.  Harga Pokok Penjualan terdiri dari tiga komponen yang digunakan untuk menghitung HPP:

Persediaan Awal Barang Dagang

Yang dimaksud dengan persediaan awal barang dagang merupakan persediaan yang tersedia di awal periode akuntansi perusahaan. Saldo persediaan awal barang ini bisa dicek di neraca saldo periode berjalan atau neraca saldo di awal perusahaan pada tahun sebelumnya.

Persediaan Akhir Barang Dagang

Persediaan akhir barang dagang adalah persediaan barang yang tersedia di akhir periode akuntansi perusahaan atau akhir tahun buku berjalan. Nilai saldo ini bisa diketahui pada data penyesuaian perusahaan di akhir periode akuntansi.

Pembelian Bersih

Pembelian bersih dalam HPP adalah semua pembelian barang dagangan yang dilakukan oleh perusahaan untuk pembelian tunai atau kredit. Untuk ini harus ditambahkan biaya pengiriman pembelian, dikurangi diskon pembelian dan pengembalian pembelian yang sedang berlangsung.

Unsur-unsur yang termasuk ke dalam pembelian bersih diantaranya adalah:

  1. Pembelian kotor
  2. Pengurangan harga
  3. Retur pembelian
  4. Potongan pembelian

Nilai pembelian bersih adalah hasil dari harga pembelian ditambah biaya pengiriman pembelian, kemudian diskon pembelian dikurangi retur pembelian.

Penjualan Bersih

Penjualan bersih adalah salah satu unsur pendapatan perusahaan. Beberapa unsur yang ada pada penjualan bersih seperti :

  1. Retur pembelian
  2. Pembelian kotor
  3. Pengurangan harga

Ongkos angkut tidak termasuk karena termasuk biaya umum.

Nilai penjualan bersih didapat dari nilai penjualan dikurangi nilai retur penjualan yang sudah dijumlahkan dengan potongan penjualan.

Cara Menghitung Harga Pokok Penjualan

  1. Hitung nilai penjualan bersih. Totalkan seluruh nilai penjualan dan kemudian kurangkan dengan retur ataupun potongan penjualan.
  2. Hitung nilai pembelian bersih. Jumlahkan pembelian dengan ongkos angkut pembelian kemudian dikurangi dari jumlah dari retur pembelian dengan potongan pembelian.
  3. Hitung persediaan barang. Jumlahkan persediaan awal barang dengan pembelian bersih
  4. Menghitung HPP. Pembelian bersih ditambah dengan persediaan awal dikurang persediaan akhir.

Rumus untuk menghitung harga pokok penjualan (HPP) adalah:

Harga Pokok Penjualan (HPP) = Pembelian Bersih + Persediaan Awal – Persediaan Akhir

Contoh Perhitungan HPP

PT Sukses Sejahtera pada Tanggal 1 Mei 2020 memiliki:

  • Persediaan barang dagangan (awal) sebanyak Rp 10 juta.
  • Pembelian sebesar Rp 20 juta.
  • Beban angkut pembelian Rp 1 juta.
  • Retur pembelian sebesar Rp 2 juta.
  • Potongan pembelian Rp1 juta.
  • Persediaan barang dagangan akhir sebesar Rp5 juta.

Untuk menghitung HPPnya adalah sebagai berikut:

Pembelian Bersih = (Pembelian + Biaya Angkut) – (Retur Pembelian + Potongan Pembelian)
Pembelian Bersih = (20.000.000 + 1.000.000) – (2.000.000 + 1.000.000)
Pembelian Bersih = 21.000.000 – 3.000.000
Pembelian Bersih = 18.000.000

Barang tersedia dijual = (Persedian awal + Pembelian bersih)
Barang tersedia dijual = (10.000.000 + 18.000.000)

Harga Pokok Penjualan = (Barang Tersedia dijual – Persedian akhir)
Harga Pokok Penjualan = 28.000.000 – 5.000.000 = 23.000.000

Itulah penjelasan mengeni harga pokok penjualan (HPP) dari DailySocial.id

Semog penjelasan ini membantumu dan mudah dipahami!

Apa itu ISO: Pengertian, Jenis, Tujuan dan Fungsinya bagi Perusahaan

Kualitas keseluruhan dan kepuasan pelanggan sangat penting dalam pembuatan semua jenis produk. Ini sangat penting untuk produk kompleks seperti kendaraan. Jaminan kualitas dapat menjadi lebih kompleks ketika komponen dan rakitan produk akhir diproduksi di berbagai pabrik di seluruh dunia.

ISO dan standar lainnya adalah prinsip panduan bagi perusahaan untuk terus mengukur, mengevaluasi, dan meningkatkan sistem yang menjamin kualitas dan keandalan produk mereka secara keseluruhan. Oleh karena itu, produsen harus memastikan bahwa semua produk terverifikasi dengan benar dan berfungsi dengan baik setiap saat.

Pengertian ISO

ISO adalah kependekan dari The International Organization for Standardization. ISO adalah lembaga non-pemerintah yang terdiri dari lebih dari 160 negara. Mereka bertanggung jawab untuk mengembang standar untuk berbagai industri yang mempromosikan kualitas, keamanan, dan efisiensi.

Meskipun tidak memaksakan bagi perusahaan untuk mematuhi standar ISO. Memilih pemasok yang terdaftar ISO memastikan bahwa mereka mengelola bisnis dengan standar yang konsisten yang mendorong kualitas produk dan pengiriman.

Melalui organisasi ini, ISO memberikan spesifikasi kelas dunia dalam beberapa cara. Perusahaan yang disertifikasi oleh ISO memiliki peluang untuk memenangkan persaingan pasar global, karena mereka memberikan jaminan kualitas produk, yang memungkinkan konsumen untuk lebih percaya pada produk mereka.

Beberapa Jenis ISO

Secara umum, ISO memiliki berbagai jenis standar yang dapat digunakan perusahaan untuk bersaing secara global. Setelah menjelaskan apa yang dimaksud dengan ISO, kamu dapat mempelajari dan memahami berbagai jenis ISO untuk perusahaan yang ingin mendaftarkan standar produk mereka ke ISO.

Berikut adalah jenis-jenis ISO yang banyak digunakan pada produk di Indonesia.

ISO 9001

Kepatuhan terhadap standar ISO 9001 memiliki banyak keuntungan bagi industri manufaktur. ISO 9001 membantu perusahaan menemukan cara yang lebih efektif untuk memecahkan masalah kualitas dan masalah terkait biaya lainnya secara permanen, dan mendorong perusahaan untuk menemukan cara kreatif untuk melampaui persyaratan yang ditentukan pelanggan.

  • Standar keamanan
  • Manufaktur ramah lingkungan
  • Efisiensi produksi yang diharapkan
  • Spesifikasi dimensi dan fungsional

Karena standar ISO memerlukan perbaikan terus-menerus, perusahaan yang terdaftar ISO 9001 cenderung membuat lebih sedikit kesalahan secara keseluruhan, hingga menekan angka pemborosan.

Perusahaan yang mematuhi standar ISO semacam ini sebagai bagian dari budaya mereka umumnya menikmati kepuasan pelanggan yang lebih tinggi, lebih sedikit kesalahan, biaya yang lebih rendah, dan keunggulan kompetitif.

ISO/IEC 17025

Pada jenis ISO ini dapat digunakan oleh perusahaan yang memiliki persyaratan lembaga pengujian misalnya laboratorium dengan jenis yang standar.

ISO/IEC 17025 memungkinkan laboratorium untuk menunjukkan bahwa mereka bekerja secara kompeten dan menghasilkan hasil yang valid, meningkatkan kepercayaan dalam pekerjaan mereka secara nasional dan internasional.

Ini juga membantu memfasilitasi kolaborasi antara laboratorium dan institusi lain dengan memastikan bahwa hasilnya diterima secara luas di banyak negara. Laporan pengujian dan sertifikat dapat dikirim dari satu negara ke negara lain tanpa pengujian lebih lanjut, sehingga memudahkan perdagangan internasional.

ISO 28000

ISO 28000 adalah standar internasional yang menetapkan persyaratan untuk sistem manajemen keamanan rantai pasokan. Standar ini mendefinisikan aspek yang dirancang untuk membantu organisasi menilai dan mengelola ancaman keamanan dalam rantai pasokan mereka.

Manajemen keamanan berkaitan dengan aspek lain dari tata kelola perusahaan. ISO 28000 membantu organisasi menentukan apakah langkah-langkah keamanan yang tepat diterapkan untuk melindungi aset mereka dari berbagai ancaman.

ISO 50001

Sebagai standar internasional, ISO 50001 menetapkan persyaratan bagi organisasi untuk mengembangkan, menerapkan, dan meningkatkan sistem manajemen energi. Ini memungkinkan organisasi untuk mengikuti kerangka kerja khusus yang membantu mereka mencapai peningkatan berkelanjutan dalam efisiensi, penggunaan, dan konsumsi energi.

Kerangka ini mendefinisikan pengukuran, dokumen, dan laporan yang memungkinkan organisasi memantau kemajuan proses dan karyawan menuju kinerja terkait energi.

ISO 50001 mengharuskan organisasi untuk menetapkan kebijakan efisiensi energi baru, menetapkan tujuan dan sasaran untuk memenuhi kebijakan tersebut, dan meninjau dampaknya. Benar-benar berusaha untuk terus meningkatkan manajemen energi.

ISO 14001

ISO 14001 adalah standar internasional yang diakui secara luas yang mendefinisikan persyaratan bagi organisasi yang ingin meningkatkan kinerja lingkungan mereka dan meningkatkan efisiensi operasional.

Kerangka kerja berdasarkan ISO 14001 membantu organisasi mengelola proses jangka pendek dan jangka panjang melalui penggunaan sumber daya yang efisien yang memiliki dampak positif terhadap lingkungan.

ISO 22000

ISO 22000 adalah standar internasional yang diterima secara global yang menetapkan persyaratan untuk sistem manajemen keamanan pangan. Didirikan pada tahun 2005, ISO 22000 berlaku untuk semua organisasi yang terlibat dalam rantai makanan yang tujuan utamanya adalah untuk memastikan keamanan pangan.

Standar ini menguraikan kerangka kerja yang mengoordinasikan semua bagian dari rantai pasokan makanan dari produsen ke konsumen untuk membantu mengurangi bahaya pangan, mengelola risiko, dan mencegah kontaminasi.

ISO/IEC 27001

ISO/IEC 27001 adalah standar internasional yang menyediakan spesifikasi untuk sistem manajemen keamanan informasi. Pendekatan praktik terbaiknya membantu organisasi mengelola keamanan informasi dengan mempertimbangkan orang, proses, dan teknologi.

Akreditasi independen terhadap standar ini diakui di seluruh dunia sebagai indikasi bahwa sistem manajemen keamanan informasi mematuhi praktik terbaik keamanan informasi.

Bagian dari seri standar keamanan informasi ISO 27000, ISO 27001 adalah kerangka kerja yang membantu organisasi menetapkan, menerapkan, mengoperasikan, memantau, meninjau, memelihara, dan terus meningkatkan sistem manajemen keamanan informasi mereka.

ISO TS 16949

ISO TS 16949 adalah persyaratan sistem mutu bersama yang dikembangkan bersama oleh industri otomotif AS, Jerman, Prancis, dan Italia untuk secara kolektif meningkatkan kualitas dan memastikan integritas pasokan ke industri. Persyaratan ini berlaku untuk semua organisasi yang memproduksi komponen, rakitan, dan suku cadang yang memasok industri otomotif.

Pengertian ISO sangat berkaitan dengan jenis jenis ISO yang telah dibahas. Dengan memahami pengertian dan jenisnya sebagai perusahaan yang akan bersaing global dapat mempersiapkan dan memperhatikan yang seharusnya dilakukan. Setiap bidang akan memiliki jenis ISO yang berbeda karena semua standar terhadap perusahaan tidak sama.

Teks Prosedur: Pengertian, Jenis, dan Strukturnya

Pernahkah kamu membaca petunjuk penggunaan saat membeli alat elektronik baru? Atau ketika hendak memasak mi instan pernahkah kamu melihat petunjuk cara memasak yang terletak pada belakang kemasannya? Kedua hal tersebut merupakan salah satu jenis dari teks prosedur.

Lantas, apa yang dimaksud dengan teks prosedur dan apa saja jenis-jenisnya? Berikut penjelasan lengkapnya untukmu.

Apa Itu Teks Prosedur?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), prosedur diartikan sebagai suatu tahap kegiatan untuk menyelesaikan aktivitas. Jadi, teks prosedur bisa diartikan sebagai jenis tulisan yang berisi langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.

Teks prosedur bertujuan untuk membantu memahami mengenai cara penggunaan mau cara pembuatan sesuatu dengan tepat. Maka dari itu, teks prosedur biasanya sering kita temukan di belakang kemasan mi instan maupun buku petunjuk penggunaan suatu alat.

Jenis-Jenis Teks Prosedur

Jenis teks prosedur dibedakan menjadi 3, yaitu:

1. Teks Prosedur Protokol

Teks prosedur protokol biasanya berisi langkah-langkah yang sederhana dan lebih mudah dipahami, misalnya cara memasak mi instan.

2. Teks Prosedur Sederhana

Teks prosedur sederhana berisikan suatu petunjuk pembuatan maupun pemakaian yang dapat dilakukan dengan dua hingga tiga langkah saja, misalnya cara mengoperasikan mesin cuci.

3. Teks Prosedur Kompleks

Teks prosedur kompleks terdiri dari banyak langkah, di mana setiap langkahnya berjenjang atau terdiri dari langkah-langkah lain, misalnya cara mengurus surat kehilangan ke kantor polisi.

Ciri-Ciri Teks Prosedur

Teks prosedur memiliki beberapa ciri-ciri yang membedakannya dengan jenis teks lainnya. Berikut adalah beberapa ciri teks prosedur dikutip dari laman penerbitdeepublish.com:

1. Berisi Petunjuk atau Panduan

Sesuai pengertiannya, teks prosedur biasanya berisi petunjuk atau panduan dalam melakukan atau menggunakan sesuatu. Misalnya, teks prosedur yang terdapat pada kemasan obat biasanya berisi tata cara pemakaian obat sesuai dosis yang dianjurkan.

2. Menggunakan Kalimat Perintah

Teks prosedur bertujuan untuk menginstruksikan pembacanya untuk melakukan atau melarang sesuatu. Maka dari itu, teks prosedur biasanya selalu menggunakan kalimat perintah atau imbauan, seperti “masukkan”, “campurkan”, “tambahkan”, dan lain sebagainya.

3. Menggunakan Kata Kerja Aktif

Penggunaan kata kerja aktif dalam teks prosedur bertujuan agar seolah-olah pembaca menjadi subjek yang melakukannya. Dengan kata kerja aktif, tentunya pembaca tidak akan kebingungan dalam memahami setiap langkah yang ada di dalam teks prosedur.

4. Menggunakan Konjungsi

Teks prosedur berisi beberapa langkah-langkah untuk melakukan sesuatu. Karena itu, di dalamnya sangat identik dengan kata penghubung untuk menghubungkan satu tahap dengan tahap lainnya, seperti “kemudian”, “selanjutnya”, “berikutnya”, dan lain sebagainya.

5. Memiliki Aturan Khusus

Teks prosedur berisi beberapa aturan khusus yang berkaitan dengan proses atau langkah-langkah yang harus diikuti untuk membuat maupun menggunakan sesuatu.

6. Berisi Kegiatan yang Sifatnya Berurutan

Karena teks prosedur berfungsi sebagai petunjuk penggunaan atau pembuatan, maka langkah-langkah yang ada dalam teks prosedur harus berurutan.

Nah, itulah penjelasan mengenai pengertian hingga ciri-ciri teks prosedur. Jadi, apakah kamu sudah siap untuk menulis teks prosedur?