Jeff Bezos: Amazon, Kekayaan, Karir dan Bisnisnya

Sebagai pengusaha sekaligus pendiri website toko online terbesar di dunia yaitu Amazon.com. Penasarankah kamu dengan perjalanan hidup dari seorang Jeff Bezos? Pernah bekerja di salah satu brand frenchise ternama, ia berhasil berdiri dalam posisi yang luar biasa saat ini.

Maka DailySocial.id saat ini akan menyampaikan sedikit kisah dari seorang Jeff Bezos yang mungkin akan memberikan inspirasi kepadamu.

Jeff Bezos terlahir dengan nma lengkap yaitu Jeffrey Preston Bezos yang lahir pada 12 Januari 1964 di Albuquerque, kota New Mexico. Nenek moyang Jeff merupakan orang Texas dan secara turun menurun mempunyai peternakan seluas 101 km2 yang terletak di Cotulla.

Sedangkan kakeknya merupakan direktur regional pada Komisi Energi Atom Amerika Serikat yang terletak di Albuquerque. Namun kakeknya meminta pensiun lebih cepat untuk bekerja di peternakan.

Ketika masih remaja, Jeff seringkali menghabiskan musim panas dengan kakeknya, dan sejak kecil ia telah memperlihatkannya bakatnya di bidang mekanik. Bahkan, Jeff balita pernah mencoba untuk membongkar sendiri tempat tidurnya yang dimiliki menggunakan obeng.

Jeff Bezos dilahirkan oleh ibunya yang bernama Jackie Bezos ketika masih berusia belasan tahun. Pernikahan antara ayah dan ibunya hanya dapat bertahan selama setahun lebih. Namun, ibunya menikah kembali saat Jeff masih berusia lima tahun.

Ia memiliki ayah tiri yang bernama Miguel Bezos yang merupakan imigran asal Kuba.

Ketertarikan Jeff terhadap bidang elektro dan sains telah tumbuh sejak kecil. Saat dirinya masih duduk di bangku sekolah dasar, Jeff pernah membuat alarm listrik sederhana dan alarm tersebut di pasang di rumahnya sendiri.

Alarm yang mulanya difungsikan untuk mengawasi adik-adiknya supaya tidak keluar rumah. Selain itu, garasi orang tuanya juga ia jadikan sebagai laboratorium eksperimen ilmiah.

Saat orang tuanya pindah ke Miami, Jeff kembali melanjutkan sekolah Menengah Atas di Miami Palmetto. Bakat minatnya pun semakin berkembang dan pada saat itu Jeff pernah mengikuti pelatihan sains yang di Universitas Florida. Berkat prestasinya, Jeff memperoleh penghargaan Silver Knight Award.

Ketika diterima di Universitas Princeton, mulanya mengambil jurusan fisika, namun berubah pikiran dan berganti mendalami komputer. Jeff akhirnya lulus dengan meyandang gelar pada bidang ilmu komputer serta teknik listrik.

Semasa bangku kuliah pun ia telah menunjukkan prestasi yang luar biasa. Sehingga tidaklah mengherankan setelah ia selesai dari kuliahnya, Jeff cukup mudah untuk mendapatkan pekerjaan.

Bekerja di Wall Street

Karir pertamanya dimulai ketika ia mulai kerja Wall Street. Selepas lulus dari Universitas Princeton, ia bekerja di Wall Street pada bidang ilmu komputer. Ketika ia mendapatkan gelar pascasarjana dan dengan berbagai pencapaian yang telah ia lakukan, Jeff bekerja untuk membangun jaringan perdagangan internasioal pada sebuah perusahaan ternama yaitu Fitel.

Dua tahun kemudian, Jeff pindah ke perusahaan jasa keuangan, yaitu Banker Trust. Setelah itu, ia bekerja di perusahaan finansial De Shaw Company. Nah, di perusahaan terakhir inilah ia berkeinginan untuk membangun perusahaannya sendiri, yaitu Amazon.com.

Amazon.com merupakan perusahaan perdagangan elektronik multinasional yang kantor pusatnya sendiri terletak di Seattle, Washington, Amerika Serikat. Selain itu, perusahaan ini memproduksi juga barang elektronik konsumen, komputer tablet Kindle Fire, sebagai salah satu penyedia dari jasa komputasi awan besar.

Pada mulanya perusahaan ini bernama Cadabra. Jeff Bezos mendirikan perusahaan ini pada Juli 1994 dan pada tahun 1995 situsnya berganti nama sebagai Amazon.com.

Amazon adalah pengecer online terbesar di dunia. Perusahaan ini disebut Amazon karena sesuai dengan salah satu sungai terbesar di dunia, Amazon. Pemberian nama ini diharapkan dapat mendorong penjualan di internet, seperti air di Amazon. Model bisnis Amazon.com datang kepadanya saat dia mengemudi dari New York ke Seattle. Kantor pertama Amazon.com adalah garasi Jeff.

Toko Online Terbesar di Dunia

Awalnya, Amazon.com hanya digunakan untuk menjual berbagai buku secara online. Harga yang ditawarkan sangat terjangkau. Setelah itu, perusahaan ini menjadi berita di berbagai media. Dengan ketenarannya yang semakin meningkat, Jeff akhirnya memiliki kantor operasional dan enam gudang untuk inventaris buku.

Setelah lama menjual buku secara eksklusif secara online, karena permintaan meningkat, Amazon.com memperkuat dan memperluas bisnisnya untuk menjual produk lain. Fitur baru termasuk Mp3, TV, video game, CD, bahan makanan, mainan, perhiasan, elektronik konsumen, DVD, dan banyak lagi.

Perlahan tapi pasti, perusahaan yang didirikan Jeff tumbuh dari situs web e-commerce kecil menjadi perusahaan e-commerce besar yang menawarkan berbagai produk online untuk pesanan di seluruh dunia. 1,5 juta pelanggan pada tahun 1997, 14 juta pada tahun 1999 dan 25 juta pada tahun 2001.

Amazon sendiri memiliki beberapa situs web ritel untuk Kanada, Amerika Serikat, Prancis, Inggris, Italia, Jerman, Cina, Jepang, dan Spanyol, dan beberapa produknya dikirimkan secara internasional ke negara lain. Selain itu, perusahaan berencana untuk meluncurkan situs web terpisah di Swedia, Belanda, Brasil, dan Polandia.

Secara alami, berdasarkan kekuatan dan keahlian Amazon.com, beberapa perusahaan besar ingin mengajak Amazon.com sebagai mitra untuk menjual berbagai produk dalam obligasi joint venture. Karena itulah Marks and Spencer mengundang Amazon.com sebagai reseller. Konsumen berbasis jaringan virtual juga memiliki konsumen yang semakin banyak.

Hal ini terutama disebabkan oleh perkembangan yang semakin menuntut di era ketika Amazon.com semakin dikenal oleh banyak orang dan kemudahan pembayaran online. Program e-banking yang memudahkan konsumen dalam bertransaksi.

Selain itu, penerapan strategi pemasaran yang baik dan kredibel oleh Jeff Bezos memudahkan perusahaannya bekerja sama dengan distributor dalam mendistribusikan produk, memastikan keamanan, efektivitas biaya, dan akurasi dalam penjadwalan produk.

Perkiraan Kekayaan

Bisa diketahui bahwa kekayaan bersih Jeff diperkirakan berasal dari kepemilikan saham di perusahaan Amazon.com. Pada tahun 1998, Jeff memiliki 41% saham Amazon.com, tetapi pada tahun 2006 turun menjadi 24,26%.

Gajinya tidak meningkat sejak tahun 1998, $81.840 setahun ditambah tunjangan $1,1 juta. Meskipun demikian, Jeff masih menjadi salah satu orang terkaya di dunia.

Dari tahun ke tahun pendapatan yang didapatkan pada perusahaan Amazon.com terus mengalami perkembangan. Sehingga tidaklah mengherankan jika kekayaan Jeff menjadi naik berlipat-lipat. Bahkan setiap tahunnya Jeff selalu berada pada rangking orang terkaya di dunia, walaupun selalu dalam kondisi fluktuatif.

Jeff mengaku tak pernah ragu untuk melakukan aksinya. Sekalipun apa yang dikejarnya pasti tidak berhasil, ia akan terus berusaha dan berani mengambil risiko. Jeff tidak pernah ragu untuk bertindak karena ia tidak ingin menyesal di kemudian hari.

Ia memiliki prinsip bahwa sekalipun ia gagal, dia setidaknya mencoba. Dia juga percaya bahwa satu-satunya cara untuk menjadi sukses adalah dengan memberikan layanan terbaik. Dengan cara ini, konsumen secara otomatis akan melakukan word of mouth, dan Amazon.com pasti akan diuntungkan.

Dapatkan Berita dan Artikel lain di Google News

Startup SaaS Kuliner “Runchise” Umumkan Pendanaan Awal

Startup pengembang layanan SaaS untuk bisnis kuliner Runchise mengumumkan pendanaan tahap awal dengan nilai yang dirahasiakan. Putaran investasi ini dipimpin oleh East Ventures, diikuti sejumlah investor meliputi Genesia Ventures, Arise MDI Ventures, Init-6, Prasetya Dwidharma, Alto Partners, dan sejumlah angel investor.

Ini bukan kali pertama SaaS yang spesifik untuk industri kuliner hadir, sebelumnya sudah ada Esensi Solusi Buana (ESB) yang juga fokus di area tersebut. Bahkan startup yang didukung Alpha JWC dan sejumlah investor ini sudah membukukan pendanaan seri B tahun ini senilai $29 juta atau sekitar 420 miliar Rupiah.

Runchise sendiri hadir tahun ini, didirikan Daniel Witono, yang sebelumnya dikenal sebagai founder Jurnal (diakuisisi Mekari). Dalam wawancaranya bersama DailySocial.id di bulan Juni 2022 lalu, ia mengatakan bahwa Runchise dibangun sebagai sebuah “outlet management solution“.

“Perkembangan bisnis kuliner dipengaruhi oleh pengelolaan atau sistem manajemen yang baik. Dengan menggunakan teknologi, kami yakin para pengusaha akan bisa meningkatkan profit dan meningkatkan output dari usaha. Runchise hadir menjadi solusi bagi pemilik bisnis kuliner, memberi para usaha kuliner solusi yang lengkap dalam satu platform di mana kebutuhan seluruh operasional usaha kuliner bisa terpenuhi,” ujar Daniel seperti disampaikan dalam rilis resminya.

Daniel juga mengatakan, salah satu segmen pasar utama Runchise adalah pebisnis waralaba (franchise). Persoalan tentang pengelolaan hingga pembinaan franchise masih menjadi tantangan yang kerap dirasakan oleh pemilik brand F&B. Mulai dari kurangnya transparansi dari penerima waralaba hingga penggunaan bahan baku yang tidak sesuai.

Layanan Runchise

Ada tiga layanan utama yang disajikan Runchise. Pertama adalah Supply Chain Management, tugasnya memudahkan operasional restoran yang memiliki banyak outlet, mulai dari pengaturan dan pengadaan stok, bahan baku, hingga pengaturan akses data perusahaan yang fleksibel. Kedua ada Point of Sales, memudahkan proses transaksi dengan pelanggan. Dan ketiga Online Ordering, untuk memudahkan pemilik gerai mengintegrasikan dengan layanan food delivery.

Runchise akan mengalokasikan dana dari investor untuk menambah talenta dan memperkuat tim, mengembangkan produk, dan inisiatif pemasaran. “Melalui investasi dan kolaborasi dengan investor, kami akan terus melakukan inovasi dengan menggunakan teknologi untuk meningkatkan performa bisnis F&B  dan menjadi mitra teknologi terpercaya di industri ini,” kata Daniel.

General Partner Genesia Ventures Takahiro Suzuki memberikan pandangannya terhadap potensi digitalisasi industri kuliner. “Dalam beberapa tahun terakhir ini, kita telah melihat bagaimana inovasi dan digitalisasi telah memberikan peluang baru bagi UMKM, khususnya sektor kuliner pada masa pandemi. Industri consumer food menjangkau hingga $50 miliar, dengan sebagian besar masih dijalankan secara offline, hal ini membuktikan bahwa masih banyak kesempatan untuk berinovasi, digitalisasi dan pertumbuhan di sektor ini,” ujarnya.

Ia melanjutkan, “Dengan pengalaman mengoperasionalkan perusahaan yang sedang berkembang dan menjadi founder untuk yang kedua kalinya, kami yakin Daniel beserta tim dapat menangkap peluang tersebut serta membawa progres yang positif bagi industri F&B di Indonesia.”

BSU Cair, Ini Cara Mudah Cek Lewat HP!

Bantuan Subsidi Upah atau BSU tahap 3 sejumlah Rp600 ribu telah disalurkan sejak 27 September 2022 lalu. BSU tahap 3 ini dananya disalurkan kepada 1,3 juta penerima yang telah lolos verifikasi dan terdata oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Kalau kamu ingin melihat apakah namamu tertera sebagai penerima BSU, kamu bisa melakukannya dengan mudah melalui HP saja. Tersedia dua tautan yang bisa kamu kunjungi, yaitu kemnaker.go.id dan bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id.

Menurut Permenaker No.10 Pasal 3 Tahun 2022 disebutkan calon penerima BSU yaitu WNI, peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan hingga Juli 2022, dengan besaran gaji maksimal sejumlah Rp3,5 juta per bulan. Selain itu, khusus pekerja/buruh dengan upah minimum di atas Rp3,5 juta, tapi besaran setara atau di bawah ketentuan upah minimum provinsi kabupaten/kota pun tetap bisa menerima manfaat BSU. Pastikan calon penerima BSU bukan pegawai negeri sipil (PNS) atau TNI/Polri.

Cara Cek Penerima BSU Melalui HP

Cara Cek BSU
Website BSU Kemnaker

1. Jalankan browser dari HP lalu kunjungi tautan bsu.kemnaker.go.id.

2. Log in ke akun yang sudah ada, jika belum memiliki akun silahkan daftarkan diri dengan mengisi informasi yang diperlukan terlebih dahulu.

3. Lakukan verifikasi dengan mengetikkan kembali kode OTP yang dikirimkan melalui SMS. Lalu log in akun.

4. Lengkapi profil meliputi foto pribadi, data diri, dan status pernikahan.

5. Kunjungi menu pemberitahuan tentang ketetapan apakah kamu terdaftar sebagai penerima BSU 2022 atau tidak.

6. Jika terpilih sebagai penerima, kamu akan mendapatkan pemberitahuan saat dana BSU telah disalurkan.

Berikut artikel mengenai BSU. Pastikan namamu terdaftar sebagai penerima, ya. Semoga artikel di atas bermanfaat!

UU Perlindungan data Pribadi Disahkan, ini Poin Pentingnya

Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2022 tentang Pelindungan Data Pribadi (UU PDP) telah resmi disahkan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Sebelumnya, UU ini telah ditandatangani oleh Jokowi sejak 17 Oktober lalu. UU PDP resmi disahkan dengan tujuan untuk melindungi data pribadi masyarakat Indonesia agar tidak disalahgunakan oleh pihak tidak bertanggungjawab.

Pada pasal 68 memuat ketentuan pidana bagi masyarakat yang terbukti melakukan pelanggaran data pribadi seperti memalsukan data pribadi untuk kepentingan individu maupun orang lain. Berikut bunyi pasal 68 tersebut, “Yang dapat mengakibatkan kerugian bagi orang lain sebagaimana dimaksud dalam Pasal 66 dipidana dengan pidana penjara paling tama 6 (enam) tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp6.000. 000.000,00 (enam miliar rupiah).”

Kemudian pada Pasal 67 ayat 1, memuat sanksi bagi masyarakat yang mengumpulkan data pribadi orang lain dengan maksud mengumpulkan, menguntungkan diri sendiri atau orang lain dan dapat merugikan subjek, maka pelanggar dipidana penjara lima tahun dan/atau denda hingga Rp5 miliar.

Selanjutnya dimuat ayat kedua, bagi masyarakat yang dengan sengaja mengungkapkan data pribadi yang bukan miliknya ke publik, juga dapat dijerat hukuman penjara 4 tahun dan denda paling banyak sejumlah Rp4 miliar.

Lalu dimuat pada ayat 3 Pasal 67, bagi setiap orang yang menggunakan data pribadi bukan miliknya untuk melawan hukum, maka pelaku bisa dipidana penjara setidaknya lima tahun dan/atau denda berkisar Rp5 miliar.

Data yang tidak boleh disebarluaskan terbagi menjadi dua kategori, yaitu data umum dan data spesifik. Data umum yang dimaksud meliputi nama lengkap, jenis kelamin, kewarganegaraan, agama, dan status perkawinan. Sedangkan, data spesifik meliputi informasi kesehatan, data biometrik dan genetika, catatan kejahatan, data anak, data keuangan pribadi, serta data lain sesuai peraturan perundang-undangan.

Dapatkan Berita dan Artikel lain di Google News

Perkembangan Bank Syariah di Indonesia

Bank syariah merupakan penyedia layanan perbankan yang menggunakan prinsip syariah Islam dalam menjalankan operasionalnya. Keberadaan bank ini didasari atas syariah Islam yang melarang penggunaan bunga, sehingga bank syariah menekankan keuntungan dari sistem bagi hasil.

Selain menggunakan prinsip syariah, hal lain yang membedakan bank syariah dengan bank konvensional adalah adanya akad dengan menggunakan hukum Islam. Selain itu, bank syariah juga diawasi oleh Dewan Pengawas yang terdiri dari beberapa Ahli Ekonomi dan Agama yang mengerti mengenai fiqih muamalah, agar seluruh proses kegiatannya tidak menyimpang dari aturan dan prinsip perbankan syariah sesuai dengan syariah Islam.

Lantas, bagaimana perkembangan sejarah bank syariah di Indonesia?

Sejarah Bank Syariah di Indonesia

Mengutip dari website resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sejarah munculnya bank syarial berawal dari inisiatif pendirian bank syariah di Indonesia diawali dengan munculnya diskusi-diskusi mengenai bank Islam sebagai pilar ekonomi Islam. Kemudian, didirikanlah perbankan Islam di Bandung bernama Bait At-Tamwil Salman ITB dan Koperasi Ridho Gusti di Jakarta pada tahun 1980.

Pada tahun 1990, Majelis Ulama Indonesia (MUI) membentuk kelompok kerja untuk mendirikan Bank Islam di Indonesia. Pada tanggal 18-20 Agustus 1990, MUI menyelenggarakan lokakarya bunga bank dan perbankan di Cisarua, Bogor, Jawa Barat.

Hasil lokakarya tersebut kemudian dibahas lebih mendalam pada Musyawarah Nasional IV MUI di Jakarta 22-25 Agustus 1990, yang menghasilkan amanat bagi pembentukan kelompok kerja pendirian bank Islam di Indonesia. Kelompok kerja dimaksud disebut Tim Perbankan MUI dengan diberi tugas untuk melakukan pendekatan dan konsultasi dengan semua pihak yang terkait.

Bank Syariah Pertama di Indonesia

Bank syariah pertama di Indonesia didirikan 1 November 1991, yakni PT Bank Muamalat Indonesia (BMI), yang didirikan sebagai hasil dari Tim Perbankan MUI. BMI kemudian resmi beroperasi dengan modal awal sebesar Rp 106.126.382.000. Saat itu, landasan hukum mengenai perbankan syariah belum diatur secara optimal dalam Undang-Undang.

Pada tahun 1998, pemerintah dan DPR melalui UU No. 10 Tahun 1998, sistem perbankan syariah pun ditetapkan sebagai salah satu sistem perbakan yang digunakan di Indonesia (dual banking system). Hal ini kemudian disambut hangat oleh masyarakat, serta kemudian mendorong berdirinya beberapa bank syariah lainnya.

Produk-produk bank syariah kemudian diatur dalam UU No 21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah dan UU No 19 Tahun 2008 tentang Surat Berharga Syariah Negara. Dengan dibuatnya payung hukum tentang bank syariah, hal tersebut ikut mendorong perkembangan perbankan syariah di Indonesia menjadi semakin pesat.

Hingga pada 1 Februari 2021, dibentuklah bank syariah terbesar di Indonesia, yakni Bank Syariah Indonesia (BSI). BSI merupakan hasil gabungan 3 bank syariah BUMN, yakni PT Bank BRI Syariah, PT Bank BNI Syariah, serta PT Bank Syariah Mandiri. Selain BSI, terdapat juga beberapa bank syariah ada di Indonesia, yaitu PT Bank Aceh Syariah, PT Bank Muamalat Indonesia, PT Bank Mega Syariah dan PT Bank Syariah Bukopin.

Itulah penjelasan mengenai sejarah perkembangan bank syariah di Indonesia. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dalam menambah wawasan Anda tentang bank syariah di Indonesia.

Dapatkan Berita dan Artikel lain di Google News

Inflasi: Pengertian, Jenis, Penyebab dan Dampaknya

Akhir-akhir ini, istilah inflasi cukup sering dibicarakan di tengah kondisi ekonomi global yang sedang bergejolak. Secara umum, inflasi ditandai dengan naiknya harga barang maupun jasa. Kenaikan harga barang ini jika dibiarkan tentunya akan menimbulkan dampak lain bagi perekonomian.

Lantas, apa yang dimaksud dengan inflasi serta dampak apa saja yang dapat ditimbulkan? Berikut penjelasan lengkapnya dalam artikel berikut.

Pengertian Inflasi

Menurut Bank Indonesia, inflasi adalah sebagai kenaikan harga barang dan jasa secara umum dan terus menerus dalam jangka waktu tertentu. Pada dasarnya, kenaikan harga dari satu atau dua barang saja tidak dapat disebut inflasi kecuali bila kenaikan itu meluas (atau mengakibatkan kenaikan harga) pada barang lainnya.

Jadi, inflasi dapat diartikan sebagai naiknya harga barang dan jasa yang terjadi secara terus menerus hingga mengakibatkan kenaikan harga pada jenis barang lainnya. Jika dibiarkan, inflasi juga dapat menyebabkan berbagai hal, salah satunya adalah melemahnya nilai mata uang.

Jenis-Jenis Inflasi

Berdasarkan jenisnya, inflasi dikategorikan menjadi 3, yakni berdasarkan keparahannya, berdasarkan sifatnya, dan berdasarkan asalnya.

1. Jenis Inflasi Berdasarkan Keparahannya

Berdasarkan tingkat keparahannya, inflasi dibagi menjadi 4 jenis, yaitu inflasi ringan, inflasi sedang, inflasi berat dan inflasi sangat berat.

1. Inflasi Ringan

Inflasi ringan tidak terlalu berdampak bagi perekonomian, karena kenaikan harganya masih terjadi secara umum. Kenaikan harga pada inflasi ringan adalah tidak lebih dari 10% per tahun.

2. Inflasi Sedang

Inflasi sedang dapat membahayakan kegiatan perekonomian karena inflasi ini dapat menurunkan kesejahteraan masyarakat yang memiliki penghasilan tetap. Kenaikan harga pada inflasi sedang berkisar antara 10%-30% per tahun.

3. Inflasi Berat

Inflasi berat dapat mengacaukan kondisi perekonomian karena masyarakat tidak ingin menabung lagi di bank dikarenakan bunga bank jauh lebih kecil daripada laju inflasi. Kenaikan harga pada inflasi berat berkisar antara 30%-100% per tahun.

Inflasi Sangat Berat

Inflasi sangat berat adalah inflasi yang sudah sangat sulit dikendalikan karena kenaikan harga pada inflasi ini di atas 100% per tahun.

2. Jenis Inflasi Berdasarkan Sifatnya

Berdasarkan sifatnya, inflasi dibedakan menjadi 3 jenis, yakni inflasi merayap, inflasi menengah, dan inflasi tinggi.

1. Inflasi Merayap (Creeping Inflation)

Inflasi merayap ditandai dengan adanya laju inflasi yang rendah. Jenis inflasi ini berjalan secara lambat dalam presentase yang relatif kecil dalam jangka waktu yang lama.

2. Inflasi Menengah (Galloping Inflation)

Inflasi menengah ditandai dengan adanya kenaikan harga yang cukup tinggi yang terjadi dalam kurun waktu yang relatif cepat. Efek yang dirasakan dari inflasi jenis ini cukup berat, karena kenaikan harga terjadi secara fluktuatif dalam jangka waktu yang singkat.

3. Inflasi Tinggi (Hyper Inflation)

Inflasi tinggi ditandai dengan adanya laju inflasi yang cukup tinggi dan parah. Pada kondisi ini, perputaran uang terjadi secara cepat dan harga barang mengalami kenaikan tinggi. Kondisi ini biasanya terjadi karena pemerintah mengalami defisit anggaran belanja.

3. Jenis Inflasi Berdasarkan Asalnya

Berdasarkan asalnya, jenis inflasi dibagi menjadi 2 jenis, yaitu inflasi yang berasal dari dalam negeri dan inflasi yang berasal dari luar negeri.

1. Inflasi yang Berasal dari Dalam Negeri (Domestic Inflation)

Inflasi yang berasal dari dalam negeri biasanya disebabkan oleh meningkatnya biaya produksi dalam negeri dan meningkatnya permintaan masyarakat terhadap barang, sementara kenaikan penawaran tidak bisa mengimbanginya. Selain itu, inflasi jenis ini juga dapat terjadi akibat defisit anggaran belanja negara yang terjadi secara terus menerus dan gagal panen.

2. Inflasi yang Berasal dari Luar Negeri (Imported Inflation)

Seperti namanya, inflasi ini terjadi karena adanya inflasi dari luar negeri yang berimbas pada naiknya harga barang-barang impor. Biasanya, inflasi jenis ini lebih sering terjadi di negara berkembang yang masih menggantungkan bahan dan alat produksi dari luar negeri.

Penyebab Inflasi

Umumnya, inflasi terjadi karena ketidakseimbangan tingkat permintaan dengan penawaran barang maupun jasa. Menurut laman resmi Kementerian Keuangan, berikut adalah beberapa faktor yang menyebabkan inflasi, antara lain:

  • Permintaan lebih tinggi dari pada penawaran
  • Kenaikan bahan baku maupun biaya produksi
  • Tekanan permintaan dan dorongan ongkos
  • Peredaran uang kartal yang tidak terkendali
  • Kekacauan politik dan ekonomi
  • Tuntutan kenaikan upah

Dampak Inflasi

Dampak yang ditimbulkan oleh inflasi biasanya tergantung pada jenisnya. Semakin berat dan tinggi tingkat inflasi, maka dampak yang dirasakan juga akan semakin besar. Pada dasarnya, inflasi memiliki keterkaitan yang erat dengan kesejahteraan masyarakat di suatu negara.

Kondisi inflasi akan membuat perekonomian suatu negara melemah, sehingga akan berdampak negatif bagi kondisi sosial dan ekonomi masyarakat. Inflasi yang tinggi dapat menurunkan pendapatan riil masyarakat, yang tentunya akan berpengaruh juga terhadap standar hidup masyarakat yang juga akan ikut menurun.

Selain itu, inflasi juga akan menyebabkan ketidakpastian (uncertainty) dalam pengambilan keputusan, baik konsumsi, produksi, maupun investasi yang berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi. Inflasi domestik yang tinggi dibandingkan negara-negara lainnya juga akan membuat nilai tukar mata uang melemah.

Demikian penjelasan mengenai pengertian, jenis-jenis, penyebab dan dampak inflasi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Dapatkan Berita dan Artikel lain di Google News

Deflasi: Pengertian, Jenis, Penyebab dan Dampaknya bagi Bisnis

Kamu pasti sudah sering mendengar istilah inflasi, bukan? Tapi, tahukah kamu jika inflasi merupakan kebalikan dari deflasi? Jika inflasi dapat diartikan sebagai kenaikan harga barang secara terus menerus, maka sebaliknya, deflasi ditandai dengan adanya penurunan harga barang dalam kurun waktu tertentu.

Untuk lebih jelasnya, DailySocial.id sudah merangkumkannya untuk kamu.

Pengertian Deflasi

Dikutip dari The Balance, deflasi merupakan suatu kondis di mana mata uang mengalami peningkatan, namun harga barang justru mengalami penurunan secara terus menerus. Penurunan harga barang ini sekilas terlihat sebagai hal yang positif, namun jika terjadi secara terus menerus dapat merugikan pelaku usaha barang maupun jasa.

Ketika harga barang terus menurun, para pelaku usaha terpaksa melakukan upaya agar mampu menutupi biaya produksi maupun operasionalnya. Salah satu upayanya adalah dengan menurunkan upah pekerja hingga melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK). Oleh karena itu, deflasi biasanya sering dikaitkan dengan terjadinya resesi.

Jenis Deflasi

Deflasi dibagi menjadi 2 jenis, yakni deflasi strategis dan deflasi sirkulasi. Berikut penjelasan mengenai jenis-jenis deflasi.

1. Deflasi Strategis

Deflasi strategis adalah deflasi yang terjadi sebagai akibat dari adanya suatu kebijakan. Penyebabnya adalah ketika kebijakan pemerintah tidak berhasil menekan angka konsumsi masyarakat.

Umumnya, deflasi strategis terjadi ketika harga barang di pasaran sedang tidak menentu, sehingga pemerintah perlu menekan angka konsumsi masyarakat untuk menyeimbangkannya. Namun, ketika kebijakan ini tidak berhasil harga barang justru akan mengalami penurunan yang menyebabkan semakin meningkatnya tingkat konsumsi masyarakat.

2. Deflasi Sirkulasi

Deflasi sirkulasi disebabkan karena kondisi yang tidak stabil pada perekonomian. Biasanya, kondisi ini terjadi pada masa transisi dari perekonomian yang stabil, seiring dengan menurunnya perekonomian.

Ketika tingkat produksi dan konsumsi mengalami ketidakseimbangan, harga barang pun mengalami penurunan secara signifikan. Selain itu, deflasi sirkulasi juga bisa disebabkan oleh produksi barang yang sama secara berlebihan.

Penyebab Deflasi

Ada beberapa faktor yang dapat memicu terjadinya deflasi. Faktor-faktor tersebut, antara lain:

1. Jumlah Uang yang Beredar Menurun

Deflasi biasanya terjadi ketika meningkatnya suku bunga, sehingga masyarakat berbondong-bondong untuk menabung uangnya di bank. Ketika masyarakat lebih memilih untuk menabung daripada membelanjakan uangnya, jumlah uang yang beredar pun akan menurun.

2. Produksi Barang yang Sama secara Berlebih

Ketika beberapa perusahaan memproduksi barang yang serupa, jumlah produksi barang akan mengalami peningkatan. Meningkatnya jumlah produksi jika tidak diiringi dengan meningkatnya jumlah permintaan tentunya akan membuat harga barang mengalami penurunan.

3. Permintaan Barang Mengalami Penurunan

Salah satu penyebab menurunnya jumlah permintaan barang adalah perilaku konsumen yang memilih untuk menghemat dan tidak membelanjakan uangnya ketika kondisi ekonomi sedang memburuk. Tentunya hal ini akan menyebabkan ketidakseimbangan pada jumlah permintaan dan penawaran, yang kemudian akan menyebabkan produsen terpaksa menurunkan harga produknya.

Dampak Deflasi

Bagi konsumen, deflasi merupakan kondisi yang menguntungkan, karena masyarakat dapat memperoleh suatu barang dengan harga yang terjangkau. Namun, sebenarnya deflasi cenderung menimbulkan dampak negatif terhadap bisnis dan kestabilan ekonomi.

Berikut adalah beberapa dampak deflasi bagi bisnis, yaitu:

  • Menurunnya pendapat bisnis atau usaha
  • Produksi barang menurun, karena permintaan dan daya beli masyarakat menurun
  • Beban utang semakin berat akibat bunga utang yang meningkat
  • Berkurangnya minat investasi karena kondisi tingkat jual beli sedang menurun
  • Perusahaan melakukan PHK sebagai upaya untuk mempertahankan usahanya, sehingga angka pengangguran di masyarakat semakin meningkat

Demikian penjelasan mengenai pengertian, jenis, penyebab dan dampak deflasi. Meski deflasi masih memiliki dampak positif bagi masyarakat, tetapi jika terus dibiarkan deflasi akan menyebabkan domino effect yang dapat memengaruhi kondisi ekonomi secara keseluruhan.

Dapatkan Berita dan Artikel lain di Google News

Platform Edtech “KOCO” Ingin Bantu Kelas Menengah Akses Pendidikan Berkualitas

Sebagai platform edtech, KOCO menawarkan layanan dan teknologi untuk meningkatkan kualitas guru dan performa murid di Indonesia. Didirikan di Singapura tahun 2020 lalu, saat ini Indonesia telah menjadi pasar terbesar mereka.

Kepada DailySocial.id, Co-Founder & COO KOCO Faizal Abdullah menyampaikan rencana bisnisnya untuk memberikan layanan dan fitur yang relevan, sekaligus menghadirkan edukasi berkualitas untuk kalangan kelas menengah di tanah air.

Sasar kalangan underserved

Setelah melakukan survei dan riset, KOCO saat awal kehadirannya meluncurkan KOCO School dan Learning Management System (LMS) untuk para guru dan sekolah. Mereka menilai, untuk bisa meningkatkan kualitas pendidikan yang menjadi prioritas utama adalah dengan membantu para guru meningkatkan kompetensi atau kemampuan mereka.

Melalui KOCO School para guru bisa memanfaatkan fitur dan pelajaran untuk meningkatkan kemampuan mereka. Sementara untuk LMS, didesain untuk membantu produktivitas guru. Hingga saat ini KOCO mengklaim telah memiliki sekitar 20 ribu siswa, 3500 mitra guru, dan 300 sekolah yang bergabung ke dalam platform.

Melihat masih belum adanya layanan atau platform yang memberikan pilihan belajar untuk kalangan menegah, menjadi salah satu alasan kuat pada akhirnya KOCO meluncur di Indonesia. Menurut mereka, saat ini kebanyakan platform edtech yang sudah ada hingga fasilitas bimbingan belajar, masih terlalu mahal untuk bisa diakses oleh kalangan menegah yang juga ingin memberikan edukasi berkualitas kepada anak-anak mereka.

“Strategi kami adalah menyediakan akses pendidikan berkualitas bagi kelas menengah yang sedang naik daun. Di KOCO kami mengklasifikasikan kelas menengah sebagai mereka yang memiliki pendapatan rumah tangga per bulan Rp4juta – Rp19juta,” kata Faizal.

Kembangkan fitur untuk guru dan siswa

Untuk bisa memberikan layanan menyeluruh untuk guru dan siswa, KOCO meluncurkan KOCO Star. Layanan ini memberikan akses untuk self-learning bagi siswa yang membutuhkan konten pembelajaran tambahan. Dengan begitu, siswa hanya perlu mempelajari apa yang memang dibutuhkan, sehingga bisa lebih efisien dan efektif. Saat ini KOCO memfokuskan kepada pendidikan formal untuk siswa SD hingga SMA.

Melalui KOCO Star siswa bisa mengajukan pertanyaan melalui beberapa fitur yang mereka miliki. Di antaranya adalah fitur Tanya KOCO dan Live Guru.  Tidak perlu melakukan pemesanan dengan waktu yang lama, dengan durasi singkat juga bisa diakses edukasi berkualitas dari guru di KOCO Star.

Guru yang direkrut oleh mereka kebanyakan pengajar yang sudah memiliki pengalaman dan bekerja di sekolah umum. Untuk membantu guru honorer, KOCO juga menyediakan kesempatan terbuka bagi mereka yang ingin memiliki penghasilan tambahan dengan memanfaatkan KOCO Star.

“Pandemi telah membuat para guru terbiasa melakukan kegiatan belajar online. Sangat mudah bagi mereka untuk bergabung dengan KOCO, apalagi jika sebelumnya sudah familiar menggunakan Google Classroom, bisa secara langsung menggunakan KOCO,” kata Faizal.

Tersebar di pulau Jawa, Sumatera, dan Kalimantan, persentase guru profesional dan guru honorer yang bergabung di KOCO adalah 60% untuk guru profesional dan 40% guru honorer. Untuk komisi, KOCO hanya mengambil 15% saja dari para mitra guru, sisanya diberikan kepada mereka. Untuk para guru, ke depannya perusahaan juga ingin membangun sebuah framework yang bisa membantu para guru meningkatkan jenjang karier hingga gaji mereka.

“Strategi kami adalah mengembangkan ekosistem bagi siswa dan guru untuk kebutuhan pendidikan dan pengembangan diri mereka. Kami akan meluncurkan 2 produk baru yang akan membantu siswa termotivasi untuk belajar, meningkatkan kompetensi dan guru juga para stakeholder yaitu orang tua, siswa, sekolah, dan guru,” kata Faizal.

Sebagai pasar terbesar mereka, ada beberapa target yang ingin dicapai oleh KOCO untuk Indonesia. Salah satunya adalah memiliki 1 juta siswa tahun 2023 mendatang sekaligus lebih banyak menjangkau kelas menengah untuk mengakses pendidikan berkualitas dengan harga terjangkau.

Rencana galang dana Pra-Seri A

Setelah menerima pendanaan dari angel investor dari Singapura senilai SG$700 ribu tahun 2021 lalu, para pendiri KOCO kemudian memutuskan untuk tidak melakukan penggalangan dana tahapan lanjutan di tahun ini. Salah satu alasannya adalah, tech winter yang bakal terjadi usai pandemi dan ketika kondisi sudah mulai berangsur pulih.

Namun demikian perusahaan mengklaim dengan menjalankan bisnis secara bootstrap dan memanfaatkan revenue yang telah diperoleh, perusahaan mampu untuk mendapatkan pertumbuhan pengguna yang positif demikian juga revenue.

Awal tahun depan perusahaan memutuskan untuk melakukan penggalangan dana putaran Pra-Seri A. Jika sesuai dengan rencana, bulan Juni tahun 2023 mendatang diharapkan sudah bisa diperoleh dana segar tersebut. Nilai investasi yang ingin di galang oleh KOCO adalah sekitar $3-5 juta.

“Idealnya kami ingin mendapatkan venture capital Indonesia yang mengerti benar lanskap edtech saat ini. Kami juga berharap bisa menemukan investor yang memiliki koneksi dengan sekolah, guna menambah jumlah mitra guru sekaligus murid dalam platform,” kata Faizal.

Berbeda dengan konsep yang ditawarkan oleh platform edtech pada umumnya saat ini, KOCO tetap fokus untuk membantu guru meningkatkan kompetensi sekaligus meningkatkan kemampuan para siswa. Di sisi lain perusahaan juga ingin membantu lebih banyak kelas menengah mendapatkan akses edukasi yang berkualitas dengan harga terjangkau.

“Menurut saya platform yang menawarkan edukasi dan keterampilan kognitif dan STEM akan banyak bermunculan. Namun kebanyakan platform tersebut tidak menyasar ke kelas menengah. Platform edtech lain mungkin mau menggarap pasar tersebut, tapi fokus kami adalah kelas menengah Indonesia, saat ini belum banyak platform edtech yang menyasar mereka,” kata Faizal.

Sudah Didanai Investor Lebih dari Rp600 Miliar, CoHive Alami Kesulitan Bisnis

Menurut Coworking Space Global Market Report 2022, ukuran pasar industri coworking space global akan bertumbuh dari $13,60 miliar di 2021 menjadi $16,17 miliar di 2022 dengan CAGR 18,9%. Laporan tersebut juga menggarisbawahi, pertumbuhan bisnis ini sangat dipengaruhi dengan peningkatan jumlah startup, termasuk tren ruang kerja fleksibel di kalangan pekerja muda.

Faktanya, bisnis ini juga mengalami turbulensi saat dampak virus corona memuncak pada pertengahan 2020. Diperkirakan jumlah penurunan permintaan coworking space melebihi 50%, ditengarai kebijakan bekerja dari rumah yang diberlakukan oleh para pegiat startup. Di era new normal ini, kemudian muncul tren kerja hybrid –memadukan remote working dan bekerja di kantor—membuat para pekerja lebih fleksibel untuk menentukan tempat.

Di tengah proyeksi optimis di atas, baru-baru ini kabar kurang sedap datang dari salah satu operator coworking space paling berkembang di Indonesia, CoHive. Startup yang dinakhodai oleh Chris Angkasa (CEO) tersebut tengah terlilit utang dan kini sedang melakukan restrukturisasi. Kasusnya juga telah sampai di meja hijau, disidangkan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Bahkan sumber DealStreetAsia mengatakan, dampak dari masalah ini berpotensi membuat CoHive menutup operasional coworking space-nya.

DailySocial.id telah menghubungi pihak perusahaan untuk meminta komentar terkait kabar yang beredar. Namun sampai pemberitaan ini terbit, pihak CoHive masih enggan memberikan tanggapan.

Ekspansi bisnis coworking space memang sangat bergantung pada biaya operasional. Dalam menyuguhkan layanan, mereka menyediakan ruang dan fasilitas kerja berkualitas tinggi, didukung dengan berbagai program-program unggulan.

Menurut laporan DSInnovate, di Indonesia ada lebih dari 300 pemain coworking space dengan berbagai skala, tersebar di 45 kota — mengikuti pertumbuhan signifikan jumlah pelaku startup.

CoHive telah didukung sejumlah investor seperti East Ventures, Insignia, Naver Corp, dan lain-lain. Terakhir, mereka mengumumkan putaran pendanaan seri B, menjadikan total dana ekuitas yang berhasil dibukukan sekitar $40 juta atau setara 623 miliar Rupiah. Menurut sumber, pendanaan ini telah melambungkan valuasi perusahaan mencapai lebih dari $100 juta.

Saat ini CoHive mengoperasikan layanannya di berbagai kota. Selain Jakarta, juga ada di Medan dan Surabaya. Layanan yang disuguhkan cukup beragam melalui keanggotaan CoHive, mulai dari workspace, coworking, private office, meeting room, sampai dengan coliving. Ekspansi terakhirnya di Surabaya pada rentang 2019-2020 menggandeng Tanrise Property dan TIFA Properti sebagai mitra strategis.

Hipotesis investor tentang coworking pasca-pandemi

Menurut data yang diinputkan ke regulator, tahun lalu dua pemain di industri coworking lokal telah mendapatkan pendanaan. Pertama ada GoWork yang dikabarkan memulai putaran pendanaan seri C1. Sejumlah investor bergabung, termasuk Gobi Partners lewat Meranti Asean Growth Fund, dan telah mengumpulkan $3,6 juta atau setara 51,8 miliar Rupiah.

CoHive juga dikabarkan mendapatkan suntikan dana tambahan dari investor sebelumnya. Namun demikian, pihak terkait yang kami konfirmasi soal pendanaan ini memilih tidak berkomentar.

Adanya pendanaan ini mengindikasikan sinyal positif dari para investor, yang masih meyakini tentang hipotesis mereka di segmen coworking. Untuk memvalidasinya, tahun lalu kami berbincang dengan sejumlah investor, salah satunya dari Indogen Capital (yang berinvestasi di GoWork).

Vice President Indogen Capital Kevin Winsen mengatakan, “Hipotesis kami melihat bahwa permintaan terhadap coworking space akan bounce back dan tetap bertumbuh secara modest. Kami melihat future of working itu akan hybrid, orang sudah terbiasa dengan produktivitas kerja yang baru selama pandemi tapi secara bersamaan tidak mau kehilangan fungsi sosial untuk bertemu tatap muka. Alhasil akses multi-lokasi dari coworking space akan menjadi strong moat dalam jangka panjang untuk address change of behavior ini.”

Sementara itu perwakilan East Ventures juga memberikan pandangannya. Mereka berinvestasi di CoHive dan CirCO (Vietnam).

Operating Partner East Ventures David Fernando Audy mengatakan, “Ruang fleksibel atau coworking telah menjadi bagian terintegrasi dari tren pasar perkantoran dan akan terus berlanjut. Diyakini akan ada permintaan yang baik untuk layanan tersebut, ketika pandemi mereda. Tentu saja dalam jangka pendek, pembatasan mobilitas memberikan banyak tekanan pada operator. Oleh karena itu, masuk akal untuk mengharapkan beberapa strategi yang bergeser ke arah konsolidasi pasar.”

Siapa Elon Musk? Karir, Bisnis dan Pasangannya

Elon Musk dinobatkan oleh Forbes sebagai orang terkaya pada tahun 2022 ini. Pendiri perusahaan mobil listrik terbesar di dunia, Tesla Inc sekaligus pendiri SpaceX itu memiliki kekayaan sebesar 219 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau Rp 3.175 triliun.

Selain mengenai kekayaannya, apakah kamu sudah tau lebih detail mengenai Elon Musk? Jika belum berikut profil singkat mengenai Elon Musk yang bisa menjadi inspirasi bagimu.

Elon Musk lahir pada 28 Juni 1971 di Afrika Selatan. Ayahnya Errol Musk adalah seorang insinyur elektromekanis, sementara ibunya bernama Myae Musk berprofesi sebagai model.

Dikenal sebagai salah satu pengusaha terkaya di dunia, Elon Musk juga dianggap inovator yang berhasil menciptakan berbagai temuan kontemporer. Di dunia teknologi, Elon Musk diketahui sebagai pendiri beberapa perusahaan sebut saja PayPal, SpaceX, hingga Tesla.

Cerdas Sejak Dini

Mulai mempelajari dasar-dasar pemrograman komputer sejak berusia 9 tahun, membuktikan kecerdasannya Elon sejak kecil. Tiga tahun kemudian atau ketika usianya mencapai 12 tahun, Musk membangun game PC bertema luar angkasa bernama lastar.

Dia kemudian menjual kode untuk Blastar seharga 500 dolar ke majalah komputer. Game yang memuat unsur pesawat ruang angkasa ini masih bisa dimainkan secara online saat ini, sebagaimana dilaporkan Clean Technica.

Elon Musk juga merupakan anak bertipe introvert dan seorang kutu buku. Saat setingkat SMA ia menojol di dua bidang yaitu fisika dan ilmu komputer.

Tahun 1990, Elon Musk masuk ke Queen’s Unversity di Ontario, Kanada. Dua tahun kemudian ia pindah ke University of Pennsylvaia dan mengejar gelar ganda. Elon Musk lulus tahun 1997 dengan gelar sarjana ekonomi dan fisika.

Awal Karir Elon Musk

Sebagai anak yang selalu tertarik dengan sains, komputer, dan hal-hal yang berkaitan dengan ruang angkasa. Elon bercita-cita menekuni bidang tersebut dan benar-benar mewujudkannya pasca kuliah.

Tahun 1995, ketika era internet mulai meningkat, Elon Musk bersama dengan adiknya yang bernama Kimbal mendirikan perusahaan Zip2. Pada 1999, perusahaan ini dijual pada perusahaan komputer Compaq dengan harga sekitar 300 juta dolar.

Elon Musk kemudian beralih mendirikan sebuah layanan keuangan online bernama X.com. Tahun 2000, X.com merger dengan perusahaan rivalnya, confinity dan berubah menjadi PayPal.

PayPal yang dikenal sebagai lyanan transfer uang digital ini kemudian dibeli oleh eBay pada tahun 2002. Elon Musk yang saat itu berusia 31 tahun tercatat sebagai pemegang saham terbesar di PayPal. Setelah PayPal diberli oleh eBay, ia pun memiliki saham eBay sebesar 165 juta dolar.

Kecemerlangan Lahirkan Terobosan Teknologi

Dikutip dari situs DW, Elon Musk memiliki tiga misi utama dalam menjalani kariernya. Ketiga misi itu berhubungan dengan resiko perubahan iklim, risiko ketergantungan pada satu planet, serta risiko usangnya umat manusia.

Atas dasar itulah ia kemudian menciptakan beberapa temuan salah satunya Tesla. Tesla Motors adalah perusahaan yang bergerak di bidang otomotif, khususnya memproduksi mobil listrik yang ramah lingkungan.

Tak hanya Tesla, Elon Musk juga memimpin perusahaan SolarCity yang bergerak di bidang teknologi tenaga surya. Semuanya merupakan perwujudan dari ambisi Elon Musk untuk mengurangi resiko perubahan iklim.

Tahun 2002, Elon Musk mendirikan SpaceX yang merupukan perusahaan transportasi khusus luar angkasa dan bekerja sama dengan NASA. Hal Ini dilatarbelakangi oleh pemikiran bahwa umat manusia mungkin akan terancam punah apabila hanya bergantung pada satu planet.

Elon Musk tak hanya duduk sebagai CEO dan mengurusi hal-hal korporat perusahaan, tapi ia juga terjun langsung dalam berbagai proyek SpaceX. Dengan ilmu fisika dan berbagai kemampuannya, Elon Musk ikut mendesain dan membangun roket sekaligus pesawat ruang angkasa.

Tak hanya itu, Elon Musk memiliki memliki sejumlah perusahaan besar lainnya termasuk The Boring Company. Perusahaan yang berfokus pada pembuatan terowong bawah tanak yang bisa digunakan untuk pejalan kaki, barang, ytilitas, atau kendaraan listrik otonom demi menghindari kemacetan.

Perusahaan yang lahir akibat rasa frustasi yang menimpanya melihat kondisi jaringan transportasi di Los Angeles.

Adapula, Neuralink Corporation, perusahaan pembuat chip untuk ditanamkan ke otak dan sebagai laboratorium penelitian kecerdasan buatan bernama OpenAI.

Inspirasi bagi Iron Man

Karakter superhero Tony Stark dan Iron Man terinspirasi oleh Elon Musk. Bahkan ada rumor bahwa aktor yang memerankannya, Robert Downey Jr., ingin bertemu Mask dan duduk bersamanya untuk inspirasi karakter. Beberapa cuplikan untuk Iron Man 2 juga diambil di SpaceX, dengan Musk menjadi cameo dalam film tersebut.

Musk yang masih lekat dengan dunia perfilman ternyata adalah pemilik Wet Nellie. The Wet Nellie adalah mobil sport merangkap kapal selam Lotus yang muncul di film James Bond tahun 1970-an The Spy Who Loved Me. Musk bahkan dikabarkan berencana membuatnya menjadi mobil sungguhan yang bisa berubah wujud menjadi kapal selam.

Kehidupan Pribadi Elon Musk

Elon Musk adalah seorang ayah dari sebuah keluarga besar. Ia memiliki tujuh anak. Anak terakhirnya lahir pada awal Mei 2020, seorang anak laki-laki dari pacarnya, musisi Kanada Grimes.

Ketujuh anak Musk tersebut adalah Nevada Alexander, anak laki-laki kembar Griffin dan Xavier, anak laki-laki kembar tiga Kai, Saxon dan Damian, dan yang bungsu baru lahir bernama X Æ A-12.

Pasangan Elon Musk beberapa kali berganti, Istrinya yang pertama adalah Justine Musk, yang sekarang lebih dikenal sebagai Justine Wilson, Keduanya menikah pada 2000. Setelah itu, Musk melabuhkan hatinya pada aktris Talulah Riley. Elon Musk kemudian pindah ke Amber Heard, Mereka dilaporkan berkencan pada akhir 2016. pada 2018 Elon Musk dilaporkan berkencan dengan Grimes dan memiliki putra bernama X A-XII. yang terbaru pendiri Tesla ini dikabarkan behubungan dengan Shivon Zilis yang merupakan direktur proyek di perusahaan Neuralink.

Elon Musk adalah seorang pekerja keras, tetapi ia juga dikenal tidak sabaran, sering memecat karyawan yang dianggapnya tidak kompeten. Elon Musk sering membuat tweet kontroversial yang akhirnya berujung pada permintaan maaf. Elon Musk di Twitter sangat aktiv, bahkan karena begitu menyukai twitter Elon Musk berencana untuk membeli twitter.

Salah satunya adalah ketika dia men-tweet dan berkomentar tentang menyelamatkan korban dalam gua di Thailand. Penyelamatan dilakukan oleh penyelam komersial Inggris Vernon Unsworth. Saat itu, Elon Musk menuduh Vernon Unsworth sebagai seorang pedofil.

Setelah Vernon mengajukan gugatan terhadap Elon Musk, kasus tersebut dibawa ke pengadilan. Kontroversi lain yang juga sempat membuat Elon Musk jadi sorotan publik adalah saat ia tersandung kasus ganja.

Pada tahun 2020, Elon Musk kembali menjadi pusat perhatian dengan keputusannya untuk membuka kembali pabrik Tesla Motors di Fremont, California.

Hal ini menimbulkan kontroversi karena Elon Musk diduga melanggar peraturan pemerintah daerah. Saat itu, pabrik Tesla Motors belum dianggap sebagai pabrik/bisnis yang esensial untuk beroperasi di masa pandemi Covid-19. Pabrik ditutup selama dua bulan selama penguncian.

Referensi:

DW

Dapatkan Berita dan Artikel lain di Google News