Buzzer: Pengertian, Peran, Fungsi dan Gajinya

Kamu mungkin sering mendengar istilah buzzer ketika berbicara tentang dunia media sosial.  Istilah buzzer akan muncul ketika berbicara tentang topik viral dan populer di media sosial. Buzzer itu sendiri dianggap memiliki pengaruh, yang menyebabkan perubahan opini publik.

Di Indonesia, istilah buzzer sudah sangat populer di kalangan masyarakat umum karena berperan penting dalam trending berbagai topik di media sosial. Buzzer adalah individu atau kelompok yang berbagi pendapat yang sama tentang masalah media sosial.

Berikut lebih jelasnya mengenai buzzer, sebuah kelompok yang memenuhi ruang media sosial.

Pengertian Buzzer

Buzzer adalah orang yang bertindak sebagai suara atau untuk menyatakan masalah atau perhatian. Buzzer itu sendiri dapat berupa individu atau kelompok yang merasakan dorongan untuk berbagi pendapat yang sama, atau orang-orang yang diatur untuk berbagi masalah.

Buzzer dapat menggunakan berbagai jenis media sosial seperti Instagram, Twitter, dan Facebook untuk mengekspresikan topik yang mereka minati. Buzzer ini dapat menggunakan identitas aslinya atau identitas palsu untuk mengekspresikan minatnya di media sosial.

Dengan kata lain, buzzer dapat digambarkan sebagai profesi di mana seseorang dibayar untuk mengatakan, menjelaskan, mempromosikan, atau membela sesuatu. Sebuah penelitian bertajuk The Global Disinformation Order 2019 Global Inventory of Organized Social Media Manipulation menyatakan bahwa Buzzer adalah seorang cybertrooper.

Buzzer berarti alat yang digunakan oleh anggota pemerintah atau partai politik untuk memanipulasi opini publik menggunakan media sosial.

Sejak pemilihan umum 2019, kata buzzer sendiri sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Selama pemilu 2019, banyak buzzer yang menyatakan dukungan, kampanye, dan mencoba mempengaruhi opini publik melalui media sosial.

Peran dan Fungsi Buzzer

Dapat dilihat buzzer merupakan individu atau kelompok yang mendukung, mengekspresikan, atau mempromosikan masalah, pendapat, atau topik yang sama di media sosial dengan tujuan yang telah ditentukan. Berdengung dapat dilakukan secara pribadi atau sebagai pekerjaan.

Buzzer menggunakan platform media sosial populer seperti Instagram, Facebook dan Twitter untuk menyuarakan pendapat mereka secara virtual atau online. Dengan hanya pengetahuan dasar tentang cara menggunakan media sosial, buzzer sebagai profesi bisa menjadi pilihan paruh waktu yang fleksibel.

Buzzer masuk ke dalam kategori berbeda berdasarkan variasi cara kerjanya. menciptakan misinformasi atau manipulasi di media; secara kolektif atau massal melaporkan konten atau akun; taktik berbasis data, trolling, doxing, atau pengalihan; dan pembuatan konten dan media online yang kuat.

Layanan Buzzer dapat digunakan di banyak bidang seperti bisnis (pemasaran buzz), politik, kepentingan kelompok atau individu. Buzzer umumnya bekerja sama, menggunakan platform media sosial untuk menyuarakan pendapat yang sama dengan tujuan untuk mendorong opini publik atau mempengaruhi opini dan perilaku audiens media sosial.

Buzzer dapat memberikan dampak positif bagi mereka yang menjalankan profesi Buzzer dan dapat membawa berbagai manfaat bagi mereka yang menggunakan layanan Buzzer. Namun, jika layanan buzzer digunakan untuk tujuan negatif dan informasi yang disebarluaskan oleh buzzer tidak berdasar dan salah, buzzer juga dapat memiliki efek yang merugikan.

Pergeseran Peranan Buzzer Bagi Negara

Saat ini, audiens sasaran Buzzer telah berubah, dengan awalnya menjual barang dagangan kepada tokoh masyarakat yang mencalonkan diri untuk posisi kepemimpinan di lembaga pemerintah dari perusahaan. Buzzer ditugaskan untuk mendapatkan dukungan umum untuk calon dari pemimpin yang berpartisipasi dalam kampanye.

Perselisihan politik Indonesia menjadikan media sosial sebagai salah satu media yang berperan penting dalam melakukan kampanye politik. Jika akun memiliki banyak pengikut dan berpartisipasi dalam kampanye politik dengan menyebarkan berbagai laporan palsu dan ujaran kebencian (Mustika, 2019; Syahputra, 2017).

Peran buzzer dalam meningkatkan kesadaran publik selama kampanye politik
mendapatkan perhatian dunia. Bradshaw & Howard (2019) menerbitkan
studi tentang penggunaan buzzer di berbagai negara. Penggunaan
buzzer dalam konteks politik terjadi di hampir semua wilayah di dunia.

Sebanyak 89% dari 70 negara yang disurvei dalam surveinya menggunakan
buzzer untuk menyerang lawan politik. Di Indonesia, politisi dan partai politik menggunakan buzzer untuk membangun opini publik dan mendukung calon pemimpin mereka.

Tren Buzzer Indonesia adalah membuat topik menggunakan akun palsu yang sangat dikontrol baik oleh manusia maupun robot untuk membuat konten disinformasi dan misinformasi. Pesan besar yang dibuat oleh buzzer menghasilkan topik pembicaraan menjadi trending topic di media sosial.

Gaji Buzzer di Indonesia

Sebenarnya gaji dan pendapatan buzzer di indonesia sangat beragam. buzzer produk yang sudah kerjasama dengan agency bisa mencapai belasan juta rupiah setiap bulannya. tergantung peran yang dijalankan. tapi ada juga buzzer politik yang bisa mendapatkan pendapatan per project.

dalam konteks umum, buzzer sebenarnya tidak masalah dan bisa bermakna positif, mereka seperti orang yang dibayar brand atau individu atau organisasi untuk mempromosikan produk atau jasanya. tapi sayang sekali di indonesia nama buzzer justru seperrti tercorengan karena kegiatan politik praktis yang menjadikan beberapa buzzer sarana menyebar hoax.

Dalam konteks Indonesia, buzzer telah digunakan oleh tokoh masyarakat untuk mempertahankan kekuasaan. Regulasi dirancang sebagai senjata pertahanan terhadap gempuran fitnah. Undang-Undang Transaksi Informasi Elektronik (UU ITE) dipandang sebagai langkah pembelaan diri bagi pemerintah untuk mengalahkan buzzer lawan politik.

Bahkan lembaga negara pun kerap menghadapi permasalahan dengan undang-undang ITE tentang pencemaran nama baik. Dari sudut pandang kritis, situasi ini dilihat tidak hanya sebagai akibat dari munculnya media sosial, tetapi juga adanya aktor yang terhubung untuk melindungi kepentingan mereka sendiri.

Dapatkan Berita dan Artikel lain di Google News

Rekomendasi 20 Game Terbaik di Indonesia, Dijamin Seru!

Tidak dapat dimungkiri bermain game merupakan hal yang menyenangkan. Saat ini sudah bermunculan game dengan berbagai genre yang bisa dimainkan baik online maupun offline. Tak terkecuali di Indonesia.

Perkembangan game pun semakin menarik, seperti kualitas grafis yang semakin meningkat. Kalau kamu merasa bosan atau suntuk main game saja sejenak. Berikut rekomendasi 20 game terbaik di Indonesia.

1. Free Fire

Rekomendasi 20 Game Terbaik di Dunia
Free Fire

Walau sering disandingkan dengan PUBG Mobile, faktanya Free Fire mampu menarik banyak peminat gamers di Indonesia. Mengusung kualitas grafis yang lebih rendah, Free Fire lebih mudah dimainkan, terlebih spesifikasi ponsel gamers di Indonesia masih kurang mumpuni. Jika ingin memenangkan game ini, kamu harus mampu mengalahkan puluhan pemain lain dan bertahan hingga pertandingan berakhir.

2. Higgs Domino Island

Rekomendasi Game Terbaik Indonesia
Higgs Domino Island

Nah, game ini sangat cocok bagi kamu pecinta permainan kartu. High Domino Island menyediakan permainan kartu, dadu, dan lotere yang bisa kamu mainkan bersama temanmu. Visualnya yang sederhana akan membuatmu ketagihan untuk memaikan game ini.

3. Onet Deluxe

onet
Onet

Kalau kamu pernah memainkan game ini di perangkat PC, kamu juga bisa memainkan gamenya di Android, lho. Game santai ini akan mengajakmu untuk menyusun gambar supaya menang dan naik level selanjutnya. Tentu saja game ini cocok dimainkan saat bosan.

4. Tahu Bulat 2

tahu bulat
Tahu Bulat 2

Pernah populer beberapa tahun lalu, kini Tahu Bulat 2 hadir dengan banyak pembaharuan serta fitur baru yang menarik. Tahu Bulat 2 sudah memungkinkan untuk membuat kota dan menghadirkan skala permainan yang kebih kompleks. Selain itu, kamu juga bisa membangun gedung hingga memproduksi tahu bulat di pabrikmu sendiri.

5. Tebak Gambar

tebak gambar
Tebak Gambar

Tebak Gambar merupakan game asah otak ringan yang bisa kamu mainkan untuk mengisi waktu luang. Kamu harus menjawab pertanyaan yang ada untuk memenangkan permainan ini.

6. Candy Crush Saga

candy crush saga
Candy Crush Saga

Candy Crush Saga merupakan game offline yang bisa kamu andalkan untuk menghilangkan rasa bosan. Telah diunduh jutaan kali, Candy Crush Saga telah menelurkan versi lain, yaitu Candy Crush Soda Saga dan Candy Crush Jelly Saga. Cara memainkan game ini pun terbilang mudah, cukup pasangkan saja permen dengan jenis yang sama. Lalu, ulangi sampai kamu naik ke level selanjutnya.

7. Chess

chess
Chess

Game catur ini bisa kamu unduh melalui Google PlayStore. Chess memiliki banyak fitur, seperti memilih tema yang kamu sukai, menentukan tingkat kesulitan, juga efek suara. Sebelum pertandingan dimulai, kamu direkomendasikan untuk menonton tutorial bermain terlebih dahulu.

8. F1 Mobile

f1 mobil
F1 Mobile

Game F1 Mobile merupakan salah satu permainan balapan yang bisa kamu mainkan di Android. F1 Mobile akan membawamu untuk memenangkan pertandingan balapan melawan pemain lain. Kamu juga bisa memilih tingkat kesulitan sesuai keinginanmu.

9. Hill Climb Racing

hill climb racing
Hill Climb Racing

Berbeda dengan F1 Mobile, Hill Climb Racing mengusung permainan balapan yang lebih ringan. Visualnya pun lebih sederhana, sehingga game ini cocok dimainkan untuk segala usia. Hill Climb Racing akan mengajakmu naik turun bukit dan melewati berbagai rintangan untuk menyelesaikan misi.

10. 8 Ball Pool

8 ball pool
8 Ball Pool

Game permainan biliar ini bisa dimainkan secara online dengan pemain yang tersebar di seluruh dunia. 8 Ball Pool bisa dimainkan dengan mode pertandingan 1 lawan 1. Kalau kamu memenangkan pertandingan, kamu akan mendapatkan koin yang bisa digunakan untuk membeli berbagai item.

11. Valorant

valorant
Valorant

Valorant tersedia secara gratis dan bisa dimainkan menggunakan perangkat Android dengan spesifikasi menengah. Valorant akan mengajakmu bertarung dengan mode 5v5 di 13 ronde. Selain itu, Valorant menghadirkan beragam senjata menarik yang bisa kamu pilih.

12. Temple Run

temple run
Temple Run

Pernah populer beberapa tahun ke belakang, Temple Run merupakan game yang cocok dimainkan saat jenuh melanda. Kamu akan dibawa berlari mengumpulkan koin dan menghindari rintangan untuk menyelesaikan misi. Jangan sampai menabrak apapun di depanmu, ya!

13. Quizoid

quizoid
Quizoid

Nah, kalau kamu senang dengan game asah otak, Quizoid bisa dijadikan pilihan. Pasalnya, Quizoid menyediakan lebih dari 7 ribu pertanyaan yang bisa kamu selesaikan secara offline maupun online. Temanya pun beragam, mulai dari seni, makanan, minuman hingga pengetahuan umum.

14. Stumble Guys

stumble guys
Stumble Guys

Stumble Guys adalah salah satu game terkenal yang sudah diunduh sebanyak seratus juta kali. Game ini dimainkan multiplayer sebanyak 32 pemain yang terdiri dari 3 ronde. Kamu harus mencapai garis finish dengan melewati berbagai rintangan untuk memenangkan ini.

15. Subway Surf

subway surfs
Subway Surf

Dikembangkan oleh SYBO Games, Subway Surf akan mengajakmu berselancar di rel kereta untuk mengumpulkan koin. Telah diunduh lebih dari satu miliar pengguna, Subway Surf bisa kamu mainkan secara gratis.

16. Genshin Impact

genshin impac
Genshin Impact

Game dengan kualitas grafis terbaik setara Nintendo Switch ini bisa kamu mainkan di Android. Jangan khawatir, kalau spesifikasi ponselmu tidak memungkinkan, kamu bisa memainkan game ini di perangkat komputer, lho. Nah, kalau kamu senang dengan game bergenre RPG, game ini wajib kamu mainkan.

17. Call of Duty

call of duty
Call of Duty

Game yang bisa dimainkan multiplayer ini akan membawamu untuk bertanding dan berkompetisi memenangkan pertandingan. Call of Duty yang kini hadir di perangkat Android memberikan pengalaman baru game FPS. Kamu juga bisa memainkan game ini dengan mode battle royale dan zombie yang penuh tantangan juga menegangkan.

18. Minecraft Pocket Edition

minecrat
Minecraft Pocket Edition

Minecraft Pocket Edition merupakan permainan yang mempunyai dunia luas untuk dijelajahi. Melalui game ini, kamu bisa mengelilingi dan menjelajahi dunia Minecraft. Bahkan, kamu jua bisa mengajak teman dekatmu untuk bermain bersama supaya permainan menjadi semakin seru.

19. Among Us

among us
Among US

Among US merupakan permainan santai yang bisa dimainkan bersama teman. Sempat viral tahun lalu, Among US akan membawamu menangkap impostor jahat. Nah, selain itu kamu juga bisa menjadi impostor, lho.

20. Pokemon Unite

pokemon unite
Pokemon Unite

Pokemon Unite merupakan game multiplayer online Android dengan karakter utama Pokemon yang dikembangkan oleh The Pokemon Company dan TiMi Studios. Untuk memenangkan game ini, kamu harus mengumpulkan pokeball dan mengalahkan pokemon lawan dan mencetak banyak poin dengan waktu yang ditentukan.

itulah game pilihan kami, apa kamu punya pilihan lain yang beda dan lebih seru ?

Dapatkan Berita dan Artikel lain di Google News

Bagaimana Cara Menarik Saldo Komisi di Shutterstock? Kontributor Pemula Wajib Tahu!

Sudahkah Anda tahu cara menarik saldo Shutterstock? Bagi kontributor pemula, informasi terkait bagaimana Anda menarik komisi mungkin membingungkan. Namun, jangan khawatir. Artikel ini akan menyuguhkan informasi mengenai ketentuan penarikan komisi di Shutterstock.

Seperti yang Anda ketahui, Shutterstock merupakan platform penyedia gambar, musik, video berlisensi yang juga dapat menjadi media untuk menghasilkan uang bagi pegiat fotografi, edit video dan foto, hingga desain grafis. Tapi, bagaimana kontributor dapat menarik komisi dari Shutterstock?

Cara Mendapatkan Komisi Dari Shutterstock

Sebagai kontributor, Anda dapat memperoleh komisi dari Shutterstock dengan mengunggah karya Anda, yang bisa berupa foto, ilustrasi, video, atau musik. Kemudian, Anda akan mendapatkan komisi untuk setiap unduhan pada karya Anda.

Kontributor juga bisa mendapatkan bayaran yang lebih tinggi apabila terdapat pengguna yang membeli karya Anda.

Selain dari karya yang Anda unggah ke Shutterstock, Anda juga dapat menghasilkan pendapatan tambahan dengan mengajak orang lain untuk bergabung ke Shutterstock menggunakan link referral Anda.

Cara Menarik Saldo Komisi Shutterstock

Setelah mendapatkan komisi dari pengguna yang mengunduh atau membeli karya Anda, selanjutnya penarikan komisi dapat dilakukan dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Penarikan komisi dapat dilakukan apabila telah memenuhi nominal minimum penarikan, yakni sebesar $35.
  • Komisi akan secara otomatis dikirimkan ke akun PayPal kontributor.
  • Penarikan komisi dilakukan satu kali dalam sebulan, yakni di antara tanggal 7 hingga 15.
  • Setelah komisi dikirimkan, nominal ‘Unpaid Earnings’ Anda akan kembali ke angka nol dan penarikan komisi tercatat dalam Payment History yang bisa Anda akses di Dashboard Shutterstock Contributor pada tab Earnings > Payment History.

Demikian informasi mengenai cara menghasilkan uang dan cara menarik saldo komisi dari Shutterstock. Semoga informasi di atas dapat membantu kontributor pemula seperti Anda yang masih bingung mengenai sistem penarikan komisi di Shutterstock.

Menjadi kontributor di Shutterstock merupakan sesuatu yang wajib dicoba bagi Anda yang memiliki kemampuan fotografi atau editing foto dan tengah mencari ide bisnis freelance.

Anda dapat memanfaatkan berbagai aplikasi edit foto, seperti Canva, untuk membuat tampilan foto Anda berkualitas dan menarik sebelum diunggah ke Shutterstock dan memperoleh komisi.

Header by Pexels.

Apa itu Cadangan Devisa : Pengertian, Fungsi, Sumber dan Macamnya

Sektor keuangan suatu negara merupakan salah satu sektor fundamental bagi pertumbuhan ekonomi negara tersebut. Sektor keuangan ibarat jantung negara. Dengan kata lain, jika sektor tersebut sehat dan stabil, pertumbuhan ekonomi akan berjalan dengan lancar.

Cadangan devisa suatu negara merupakan salah satu indikator bahwa sektor keuangan negara tersebut dalam keadaan baik dan perekonomiannya baik-baik saja.

Selain itu, cadangan devisa yang terus meningkat menciptakan citra positif bagi negara.

Pengertian Cadangan Devisa

Cadangan devisa adalah semua kekayaan luar negeri yang dikelola oleh Badan Jasa Keuangan dan dapat digunakan sewaktu-waktu untuk membiayai ketidakseimbangan neraca pembayaran, menstabilkan mata uang dengan melakukan intervensi di pasar valuta asing, dan untuk keperluan lain.

Berdasarkan definisi tersebut, keuntungan cadangan devisa suatu negara dapat digunakan untuk menjaga stabilitas nilai tukar dan membiayai defisit neraca pembayarannya.

Cadangan devisa diartikan sebagai total valuta asing yang dimiliki
pemerintah dan swasta dari suatu negara. Cadangan devisa dapat diketahui dari posisi neraca pembayaran.

Semakin banyak devisa yang dimiliki pemerintah dan penduduk suatu negara semakin besar kemampuan negara tersebut dalam melakukan kegiatan transaksi ekonomi dan keuangan internasional dan semakin kuat pula mata uang negara tersebut.

Sebuah negara yang cadangan devisanya dapat membiayai impor menunjukkan bahwa sektor keuangannya stabil, memungkinkannya untuk terlibat dalam perdagangan internasional dan memperluas pasar manufakturnya.

Sebuah negara dengan cadangan devisa rendah menunjukkan bahwa negara tersebut tidak dapat menghasilkan mata uang asing. Oleh karena itu, cadangan devisa harus dijaga dengan baik agar dapat mengesankan negara.

Cadangan devisa dan perekonomian domestik pada dasarnya saling berkaitan. Jika perekonomian domestik melemah, cadangan devisa akan berkurang.

Sebaliknya, ketika perekonomian membaik, cadangan devisa meningkat. Oleh karena itu, perekonomian domestik perlu dikelola dengan baik dan komprehensif agar cadangan devisa dalam negeri dapat terus tumbuh.

Fungsi Cadangan Devisa

Cadangan Devisa bisa dikatakan sebagai salah satu kekuatan ekonomi negara khususnya dalam sektor keuangan. Oleh karena itu, suatu negara harus bijak saat menggunakan devisa. Penggunaan devisa yang bijak akan memberikan manfaat pada negara. Adapun fungsi-fungsi devisa yang bermanfaat bagi suatu negara sebagai berikut.

Alat Pembiayaan Hutang Luar Negeri

Beberapa negara, terutama negara berkembang, membayar utangnya ke negara lain untuk memenuhi kebutuhan dalam negerinya. Hal ini disebabkan karena pendapatan pemerintah tidak mampu memenuhi kebutuhan dalam negeri.

Karena kekayaan setiap negara berbeda, pendapatan setiap negara juga berbeda. Penggunaan kekayaan secara efektif dapat digunakan sebagai sumber pendapatan pemerintah dan bahkan sebagai cadangan devisa suatu negara.

Cadangan devisa ini dapat digunakan untuk membayar utang luar negeri. Setelah utang negara dilunasi, cadangan devisa digunakan untuk pertumbuhan ekonomi, pembangunan, dan keperluan lainnya.

Alat Pembayaran Perdagangan Internasional

Ada banyak negara yang ingin mengimpor produk unggulan untuk dijual di pasar dunia dan menghasilkan perdagangan internasional. Perdagangan internasional dapat meningkatkan pendapatan suatu negara.

Salah satu aspek terpenting dari perdagangan internasional adalah kegiatan impor dan ekspor. Untuk transaksi impor dan ekspor diperlukan alat pembayaran yaitu devisa. Mata uang ini sering digunakan sebagai alat pembayaran untuk perdagangan internasional karena kemudahan penggunaan dan kemampuan untuk melakukan transaksi.

Dengan demikian, devisa yang digunakan saat melakukan transaksi perdagangan internasional bisa dijadikan sebagai mata uang kedua untuk suatu negara.

Alat Pembiayaan Hubungan Internasional

Setiap negara harus menjaga hubungan baik dengan negara lain. Hubungan yang baik antara dua negara atau lebih memudahkan negara untuk menjalin kerjasama.

Untuk menjalin hubungan dengan negara lain membutuhkan biaya operasional, seperti kegiatan yang dilakukan di luar negeri, perjalanan dinas ke luar negeri, dan kegiatan diplomatik antar negara. Biaya operasional ini bisa dibiayai melalui devisa negara.

Penggunaan devisa dalam melakukan hubungan internasional harus digunakan secara bijaksana dan semaksimal mungkin agar devisa tidak terbuang percuma.

Sebagai Sumber Pendapatan Negara

Sebagian besar fungsi devisa digunakan sebagai alat pembayaran dan pendanaan. Dari membayar perdagangan internasional hingga pembiayaan untuk membangun hubungan internasional.

Berbeda dengan fungsi devisa lainnya, fungsi devisa terakhir digunakan sebagai sumber pendapatan bagi pemerintah. Devisa memungkinkan pembangunan domestik, menstabilkan sektor keuangan dan menopang pertumbuhan ekonomi.

Fungsi devisa sebagai salah satu sumber pendapatan negara harus dijaga dengan baik supaya pendapatan negara tidak berkurang bahkan diharapkan bisa bertambah.

Sumber-sumber devisa bisa didapatkan di dalam negeri. Oleh karena itu, sumber-sumber devisa yang ada di dalam negeri harus diperoleh dengan maksimal supaya fungsi-fungsi devisa bisa terlaksana.

Sumber Devisa Negara

Semua devisa yang ada di negara tersebut harus berasal dari sumber pendapatan terbesar. Dengan kata lain, negara dengan pariwisata yang kuat akan memaksimalkan pertumbuhan pariwisata, menarik lebih banyak wisatawan asing dan lokal, dan negara tersebut akan memperoleh devisa yang lebih tinggi.

Sumber devisa yang tinggi menjaga stabilitas cadangan devisa negara. Sumber devisa bukan hanya ada di sektor pariwisata, tetapi masih ada sumber-sumber devisa lainnya. Simak sumber-sumber devisa sebagai berikut.

Kegiatan Ekspor Barang dan Jasa

Kegiatan ekspor baik barang maupun jasa merupakan sumber pendapatan devisa yang dapat diandalkan karena memberikan banyak manfaat bagi negara seperti pengenalan produk unggulan yang dijual dengan harga bersaing.

Semakin banyak barang dan jasa yang diekspor, pendapatan suatu negara meningkat, sehingga cadangan devisa cenderung meningkat terus. Oleh karena itu, pemerintah negara harus memaksimalkan kegiatan ekspor ini.

Bantuan Luar Negeri

Pinjaman dan bantuan luar negeri biasanya datang dalam bentuk uang. Ini karena uang dianggap sebagai sumber devisa negara yang lebih masuk akal. Namun, beberapa negara mungkin mengirimkan bantuan dalam bentuk barang.

Bantuan dalam bentuk barang juga sangat berguna bagi negara, tetapi hanya dapat digunakan untuk menghemat devisa. Sebab, negara penerima bantuan berupa komoditas tidak perlu mengeluarkan cadangan devisa (uang) untuk membeli komoditas tersebut.

Pendanaan Swasta

Beberapa negara mungkin menggunakan dana sektor swasta sebagai sumber devisa. Sumber devisa yang disediakan dapat diberikan dalam bentuk uang atau dalam bentuk investasi pembangunan sehingga negara tidak perlu mengeluarkan dana selama pembangunan. Contoh pengembangan sektor swasta adalah Moda Rata Terpadu (MRT).

Utang Luar Negeri

Beberapa negara berkembang yang belum mampu menghasilkan cadangan devisa secara maksimal akan membutuhkan kredit luar negeri. Oleh karena itu, pinjaman dari luar negeri dicatat sebagai sumber utang pemerintah dan cadangan pemerintah.

Oleh karena itu, dana pinjaman harus digunakan secara optimal untuk memastikan peningkatan yang stabil dalam cadangan devisa untuk membayar utang-utang ini.

Pariwisata

Beberapa negara, termasuk Indonesia, mengandalkan sektor pariwisata sebagai sumber pemasukan devisa. Pariwisata di Indonesia sudah terkenal di luar negeri, sehingga banyak wisatawan yang ingin berkunjung ke Indonesia. Bali adalah daerah yang paling banyak dikunjungi di Indonesia dan memiliki keindahan alam yang luar biasa.

Ketika turis asing bepergian, mereka menukar uang untuk mereka gunakan di negara yang dikunjungi. Uang yang diperoleh wisatawan dalam perjalanan mereka digunakan sebagai mata uang asing untuk negara. Dengan kata lain, jika jumlah wisman terus bertambah, pendapatan devisa dari sektor pariwisata akan meningkat.

Bea Masuk

Jika produk datang dari luar negeri, akan dikenakan biaya impor. Biaya bea cukai ini sering disebut pajak impor. Bea masuk ini merupakan sumber devisa yang potensial.

Semakin banyak barang yang masuk ke dalam negeri, semakin besar pula pendapatan yang diterima negara tersebut dari sektor bea masuk. Oleh karena itu, negara harus mengoptimalkan sektor bea masuknya karena merupakan sumber devisa dan dapat menambah cadangan devisa.

Cara Menghubungkan Banyak Marketplace ke Satu Platform di AturToko

Saat ini, AturToko telah terintegrasi dengan beberapa marketplace besar di Indonesia, seperti Tokopedia, Blibli com, Shopee, Lazada, Bukalapak dan lainnya. Selain itu, platform ini juga terintegrasi dengan software akuntansi seperti Accurate dan Jurnal by Mekari.

Layanan di AturToko memungkinkan UMKM memonitor tokonya di berbagai platform marketplace, dalam satu dashboard. Berikut penjelasan lengkapnya.

Langkah Menghubungkan Berbagai Marketplace dalam Satu Dashboard

  • Masuk ke laman AturToko pada tautan (https://www.aturtoko.id/) atau klik di sini.
  • Pilih menu ‘Masuk’ jika Anda telah memiliki akun OmniPOS di AturToko atau ‘Daftar’ jika Anda belum memiliki akun.

  • Setelah masuk ke laman utama OmniPOS, klik menu ‘Pengaturan’, lalu pilih ‘Marketplace Saya’.

  • Silakan lengkapi informasi data usaha. Lalu, ‘Simpan Data BuatToko’.

  • Selanjutnya, pilih marketplace mana yang ingin Anda hubungkan di dashboard.
  • Sebagai catatan, masing-masing marketplace memiliki syarat dan ketentuan tersendiri untuk dapat dihubungkan dengan dashboard AturToko.
  • Berikut tata cara dari beberapa marketplace agar dapat terhubung dengan AturToko:

1. Tokopedia

Cara menghubungkan toko online milik Anda di Tokopedia dengan dashboard OmniPOS di AturToko adalah dengan mengisi tautan toko Anda. Namun, pastikan toko Anda telah terdaftar sebagai Power Merchant atau Official Store di Tokopedia.

2. Shopee

Cara menghubungkan toko online milik Anda di Shopee dengan dashboard OmniPOS di AturToko adalah dengan login ke akun toko Anda di Shopee, lalu berikan izin otorisasi agar akun Shopee dapat terhubung dengan AturToko.

3. Blibli com

Cara menghubungkan toko online milik Anda di Blibli dengan dashboard OmniPOS di AturToko adalah dengan login ke akun seller Blibli, lalu lengkapi data Seller ID, API Seller Key, dan Signature Key.

4. Bukalapak

Cara menghubungkan toko online milik Anda di Bukalapak dengan dashboard OmniPOS di AturToko adalah dengan login ke akun toko Anda di Bukalapak, lalu berikan izin otorisasi agar akun Bukalapak dapat terhubung dengan AturToko.

5. WooCommerce

Cara menghubungkan toko online milik Anda di WooCommerce dengan dashboard OmniPOS di AturToko adalah dengan mengisi tautan toko Anda, lalu otentikasi dan unduh Plugin Webhook OmniPOS.

6. TiktokShop

Cara menghubungkan toko online milik Anda di WooCommerce dengan dashboard OmniPOS di AturToko adalah dengan login ke akun Tiktok toko Anda, lalu berikan izin otorisasi agar akun TiktokShop dapat terhubung dengan AturToko.

Demikian penjelasan terkait langkah-langkah menghubungkan banyak marketplace dalam satu platform di AturToko.

Kelebihan dan Kekurangan Google Chrome yang Perlu Kamu Ketahui

Saat ini, Google Chrome merupakan web browser yang paling populer digunakan oleh masyarakat dunia. Google Chrome tidak hanya dapat digunakan pada desktop saja, melainkan juga dapat digunakan baik di handphone maupun tablet.

Kepopuleran Google Chrome sebagai salah satu web browser terbaik tidak lain disebabkan oleh berbagai fitur yang terdapat di dalamnya. Fitur penting di Google Chrome mulai dari pemblokiran malware, mode gelap, bookmark, ekstensi, sinkronisasi akun Google dan masih banyak lagi. Fitur-fitur tersebut yang menjadi kelebihan dari Google Chrome.

Lantas, apa saja kelebihan dan kekurangan Google Chrome?

Kelebihan Google Chrome

Google Chrome merupakan web browser yang dikembangkan oleh Google. Beberapa kelebihan Google Chrome, antara lain:

1. Tampilan Antar-Muka yang Simpel dan Sederhana

Tampilan antar-muka yang simpel dan sederhana mungkin menjadi faktor utama mengapa web browser keluaran Google ini begitu populer di dunia. Tampilan yang simpel ini tentunya sangat penting bagi pengguna, sebab pengguna tidak akan terganggu dengan detail-detail lain yang tidak penting.

Selain itu, Google Chrome juga disertai dengan berbagai tema yang menarik yang bisa digunakan sesuai dengan keinginan pengguna. Jadi, meskipun tampilannya terkenal simpel, kamu tidak akan bosan untuk menyesuaikannya.

2. Memiliki Fitur Mode Gelap

Google Chrome memiliki fitur mode gelap yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Jadi, kamu tidak perlu lagi untuk repot-repot menyesuaikan kecerahan layar saat ingin menggunakan browser ketika kondisi ruangan sedang gelap.

3. Proteksi Keamanan yang Tinggi

Selain memiliki keunggulan di bidang tampilan, Google Chrome juga terkenal dengan sistem keamanan yang tinggi. Dengan fitur safe browsing yang diusungnya, pengguna tentunya akan merasa lebih aman karena fitur ini berfungsi mencegah malware maupun ancaman keamanan lainnya.

Selain itu, Google Chrome juga terkenal dalam memprioritaskan keamanan penggunanya. Hal itu bisa dilihat dalam setiap pembaruannya, Google Chrome juga terus melakukan pembaruan di bidang keamanan bagi penggunanya.

4. Dapat Diinstal Fitur Tambahan

Salah satu fitur Google Chrome yang paling banyak digunakan adalah penggunaan ekstensi. Ekstensi merupakan fitur tambahan atau aplikasi mini yang berisi berbagai fitur yang dapat diinstal sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Beberapa fitur yang dapat diinstal melalui ekstensi adalah pemblokiran iklan, VPN, anti-malware, dan masih banyak lagi.

5. Sinkronisasi Akun Google

Google Chrome merupakan salah satu browser yang telah terintegrasi dengan layanan Google Mail (Gmail). Namun, Google Chrome memiliki kelebihan dapat menyinkronkan berbagai akun Google dalam satu perangkat.

Hal ini tentunya akan sangat membantu jika kamu memiliki banyak akun Google untuk digunakan. Dengan sinkronisasi otomatis ini, kamu tidak perlu lagi memasukkan username dan password berulang kali, karena akun pengguna akan disimpan secara otomatis.

6. Sudah Terintegrasi dengan Google Translate

Ketika melakukan pencarian web tertentu, kamu mungkin merasa kerepotan jika situs web yang kamu cari ternyata berisi bahasa asing yang belum kamu kuasai. Sekarang, kamu tidak perlu repot-repot untuk menyalin artikel yang ingin kamu baca ke dalam Google Translate, karena Google Chrome sudah terintegrasi dengan Google Translate yang dapat menerjemahkan isi halaman secara otomatis. Hal ini memungkinkan kamu untuk menerjemahkan artikel-artikel dari berbagai bahasa dengan mudah dan cepat.

7. Browsing Cukup Mudah dan Cepat

Salah satu keunggulan Google Chrome lainnya adalah performanya yang cepat ketika digunakan. Tentunya, hal ini akan memudahkanmu untuk mengakses segala bentuk informasi dengan mudah dan juga cepat.

Kelemahan Google Chrome

Selain kelebihan, Google Chrome ternyata juga memiliki beberapa kekurangan. Kekurangan-kekurangan tersebut, yakni:

1. Boros RAM

Salah satu kekurangan yang paling sering dikeluhkan oleh orang-orang mengenai Google Chrome adalah aplikasi ini memakan banyak RAM dibanding dengan aplikasi lainnya. Penggunaan RAM yang tinggi ini seiring dengan layanan yang diberikan Google Chrome dalam menyajikan performa yang cepat untuk penggunanya. Jadi, jika kamu ingin memilih Google Chrome sebagai browser default, kamu juga perlu memerhatikan seberapa banyak kapasitas RAM yang kamu miliki.

2. Memiliki Masalah Privasi

Google merupakan perusahaan yang bergerak di bidang periklanan. Mungkin sudah banyak yang menyadari bahwa melalui aktivitas pencarian yang biasa dilakukan dapat memberikan gambaran yang rinci mengenai data kepribribadian penggunanya.

Beberapa data yang dikumpulkan melalui aktivitas ini meliputi riwayat penelusuran, lokasi, data interaksi produk, dan pengenal pengguna lainnya. Data-data inilah yang nantinya digunakan sebagai penargetan iklan. Meskipun hal ini tidak terlalu merugikan pengguna, namun beberapa dari pengguna merasa tidak nyaman karena berkaitan dengan masalah privasi.

Nah, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan Google Chrome yang sudah dirangkumkan untukmu. Perlu diketahui bahwa setiap hal pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Maka dari itu, bijaklah dalam memilih web browser yang paling tepat untukmu.

Google Chrome: Pengertian dan Fungsinya

Saat ini, kita sudah memasuki era di mana segala informasi dapat diakses dengan mudah dan cepat. Dengan hanya berbekal mesin pencari dan internet, setiap orang dapat mengakses informasi apapun yang diinginkannya.

Selain kedua hal tersebut, salah satu hal yang penting berperan dalam memberi kemudahan dalam mengakses segala jenis informasi adalah web browser. Web browser merupakan perangkat lunak yang berfungsi untuk menerima dan menyajikan segala jenis informasi yang ada di internet. Salah satu contoh web browser yang paling sering digunakan adalah Google Chrome.

Nah, berikut adalah penjelasan mengenai pengertian dan fungsi dari Google Chrome.

Apa itu Google Chrome?

Google Chrome merupakan perangkat lunak yang memiliki fungsi untuk mencari, mengakses, dan menampilkan segala bentuk informasi. Google Chrome pertama kali dirilis pada tanggal 2 September 2008 oleh Google.

Pada awal perkembangannya, Google Chrome hanya dapat digunakan pada sistem operasi keluaran Microsoft. Namun saat ini, Google Chrome dapat digunakan pada seluruh sistem operasi, baik Linux, MacOS, iOS, hingga Android.

Saat ini, Google Chrome masih dinobatkan sebagai web browser dengan pengguna terbanyak di dunia. Berdasarkan hasil data dari StatCounter pada tahun 2021, sebanyak hampir dari 70 persen pengguna internet dunia menggunakan Google Chrome sebagai web browser-nya.

Salah satu daya tarik yang menyebabkan kepopuleran Google Chrome adalah adanya tampilan antar-muka yang simpel dan sederhana. Selain itu, Google Chrome juga hadir dengan berbagai fungsi dan fitur yang memberi kemudahan bagi penggunanya.

Lalu, apa saja fungsi yang dimiliki oleh Google Chrome?

Fungsi Google Chrome

Google Chrome menyediakan berbagai fitur dan fungsi yang bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi penggunanya. Berikut merupakan beberapa fungsi yang dimiliki oleh Google Chrome, antara lain:

1. Menyediakan Layanan Browsing yang Cepat dan Aman

Meskipun Google Chrome merupakan salah satu produk keluaran Google, namun Google Chrome tidak hanya menggunakan Google sebagai mesin pencarinya. Selain Google, ada beberapa mesin pencari lain yang bisa digunakan sesuai dengan keinginanmu, seperti Yandex, Bing, DuckDuckGo, dan lain sebagainya.

Selain itu, Google Chrome juga dilengkapi dengan fitur Safe Browsing. Fitur ini bertujuan untuk mendeteksi adanya malware, virus, phising, serta hal-hal berbahaya lain yang terdapat pada konten, sehingga dapat membantu untuk melindungi perangkat pengguna.

2. Memudahkan Pengguna Untuk Mengunduh File dalam Waktu yang Singkat

Sama seperti web browser lain, Google Chrome juga dilengkapi oleh fitur yang berfungsi untuk mengunduh file secara cepat dan mudah. Selain itu, kamu juga bisa mengaktifkan maupun menonaktifkan fitur unduh secara otomatis di Google Chrome sesuai dengan kebutuhanmu.

3. Memiliki Sinkronisasi dengan Akun Google

Jika kamu memiliki banyak akun Google yang berbeda, mungkin kamu sering merasa kesulitan ketika harus keluar masuk untuk mengaksesnya di satu perangkat. Untuk itu, Google Chrome memiliki fungsi sinkronisasi yang dapat memudahkanmu untuk mengakses lebih dari satu akun Google dalam satu perangkat.

Sinkronisasi bertujuan untuk memudahkan pengguna yang ingin menyimpan kata sandi, email, bookmark dan lain sebagainya. Dengan begitu, kamu bisa mengakses semua akun Google-mu dengan mudah tanpa harus log in kembali.

4. Menginstal Ekstensi

Ekstensi merupakan fitur atau aplikasi mini tambahan di luar aplikasi yang dapat diinstal oleh pengguna. Ekstensi juga biasa disebut dengan Add-on Chrome. Dengan adanya ekstensi, kamu bisa mengakses lebih banyak fitur, seperti pemblokiran iklan, mempercepat proses unduhan, hingga mengakses VPN dan masih banyak lagi.

5. Mampu Membaca Berbagai Jenis Format File

Google Chrome juga berfungsi untuk membuka segala jenis format file, baik PDF, JPG, MP4, hingga MP3. Selain itu, Google Chrome juga dapat digunakan untuk mengedit dokumen dengan menggunakan Google Suites, yakni Google Docs, Google Sheets, maupun Google Slides.

6. Dapat Digunakan untuk Mengembangkan Web

Selain berfungsi sebagai web browser, Google Chrome juga banyak digunakan untuk pengembangan web. Chrome memungkinkan pengguna untuk melihat hasil compile code. Baik secara online maupun offline.

7. Melakukan Inspect Element

Jika kamu sering melakukan kegiatan coding, maka pastinya kamu sudah tidak asing lagi dengan inspect element. Inspect element merupakan salah satu fungsi Google Chrome yang dapat digunakan untuk melihat kode di balik tampilan antar-muka suatu web. Untuk mengaksesnya, kamu hanya perlu klik kanan pada area yang mana saja, lalu pilih Inspect Element.

Demikian penjelasan mengenai pengertian Google Chrome beserta fungsinya. Dengan beragam fungsi yang dimiliki oleh web browser ini, tidak perlu diragukan lagi jika Google Chrome merupakan web browser paling populer yang digunakan saat ini.

Tutorial Cara Upload Foto ke Shutterstock untuk Mulai Dapatkan Komisi

Shutterstock adalah salah satu platform penyedia gambar, video, dan musik berlisensi yang membuka peluang untuk Anda yang memiliki hobi fotografi atau editing sebagai kontributor. Apabila Anda telah terdaftar sebagai kontributor, maka cara selanjutnya untuk bisa mulai mendapatkan komisi adalah upload foto ke Shutterstock.

Tetapi, Anda sebagai kontributor pemula mungkin bingung bagaimana cara upload foto ke Shutterstock. Jangan khawatir. Artikel ini akan memberikan panduan untuk Anda.

Cara Upload Foto ke Shutterstock

Sebelum mengunggah foto atau gambar ke Shutterstock, jangan lupa untuk persiapkan terlebih dahulu file foto yang ingin diunggah dengan format (.jpg). Jika sudah, lanjutkan dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Akses Dashboard Shutterstock Contributor.
  • Lalu, login dengan akun kontributor yang telah Anda daftarkan sebelumnya.
  • Kemudian, klik tombol Upload Content berwarna merah pada laman utama dashboard untuk mulai mengunggah karya ke Shutterstock.

  • Selanjutnya, Anda akan melihat pop-up seperti pada gambar di bawah ini yang mana berisi informasi mengenai jenis file yang bisa diunggah ke Shutterstock, di antaranya file gambar, video, dan vektor. Klik Got It! apabila Anda telah memahaminya.

  • Selanjutnya, buka folder tempat file foto Anda berada dan tarik file tersebut hingga ke kotak yang disediakan.

  • Tunggu hingga proses uploading selesai. Lalu, klik Next.
  • Berikutnya, tambahkan informasi detail terkait foto yang Anda unggah. Klik pada foto dan lengkapi informasi seperti deskripsi, kategori, dan tags foto yang tersedia di sebelah kanan halaman.

  • Jika sudah, klik Submit.
  • Selesai. Foto Anda berhasil diunggah.

  • Selanjutnya tim Shutterstock akan mereview foto yang Anda unggah selama beberapa hari sebelum diterbitkan secara resmi. (Tip: Unggah banyak foto sekaligus untuk memperbesar peluang foto Anda disetujui oleh tim Shutterstock).

Itu dia langkah-langkah cara upload foto ke Shutterstock. Jangan lupa untuk pastikan foto yang Anda unggah memiliki kualitas yang baik. Kemudian, Anda juga bisa mengedit foto secukupnya menggunakan beberapa aplikasi edit foto, seperti Adobe Lightroom atau Canva, untuk menampilkan gambar dengan warna yang lebih tajam dan menarik mata. Selamat mencoba!

[Video] Modalku Jadi Platform “Beyond Financing”

DailySocial bersama Co-founder & CEO Modalku Reynold Wijaya membahas terobosan baru yang digencarkan Modalku dan bagaimana tren fintech di Indonesia ke depan.

Sebagai platform fintech, Modalku menyediakan layanan pendanaan digital yang membantu peminjam (UMKM yang berpotensi) mendapatkan pinjaman modal usaha tanpa jaminan hingga Rp2 miliar. Dana berasal dari individu atau institusi yang mencari alternatif investasi melalui pasar digital.

Bagaimana strategi Modalku mengembangkan bisnisnya ke depan? Seperti apa strategi perusahaan menghadapi situasi ekonomi yang berpotensi terjal tahun depan?

Simak pembahasannya di video wawancara berikut.

Untuk video menarik lainnya seputar strategi bisnis dan kontribusi startup di Indonesia, kunjungi kanal YouTube DailySocialTV di sesi DScussion.

Dennis Pratistha: Mandiri Capital Indonesia Bentuk “Thematic Fund” di 2023

Mandiri Capital Indonesia (MCI) terus melanjutkan misinya untuk mendorong value creation bagi induk usaha Mandiri Group. Menurut Plt. CEO MCI Dennis Pratistha, pihaknya tengah menyiapkan beberapa “thematic fund” dan menjajaki peluang investasi di sektor baru, seperti construction tech dan biotech.

Sebelum menempati posisi CEO sementara pasca-penunjukkan Eddi Danusaputro di BNI Ventures, Dennis menjabat sebagai Chief Investment Officer. Adapun, saat ini MCI mengelola tiga dana kelolaan, yakni dana kelolaan bersumber dari Mandiri Group, Indonesia Impact Fund (IIF), dan Merah Putih Fund.

Sekadar informasi, Dennis telah lama berkecimpung di industri teknologi dan telekomunikasi dengan menduduki posisi Chief Technology Officer dan Chief Operating Officer, seperti di Redkendi, Ebizu, MNC, dan Nusatel. Di bidang investasi, ia juga pernah menjadi Executive di Star Capital.

Apa ada perubahan tesis investasi MCI dengan posisi saat ini?

Jawab: Saat ini kami masih fokus berinvestasi pada portofolio yang dapat berkontribusi terhadap value creation untuk Mandiri Group. Kami harus punya pembeda sehingga lainnya bisa saling co-exist dan berkontribusi. Startup saja punya [value proposition]. Kalau semua sama, the one with the most money will win. We have to have different angles to bring to the table. Justru di cap table, kita [VC] harmonis.

Beda VC, beda pula value creation. Ada VC yang kuat pada sisi teknologi, ada juga pada aspek operasional. Kami [kuat] pada aspek pengembangan bisnis. Ini yang membuat kami bisa duduk dengan nyaman dan tetap produktif di meja yang sama.

Apa value proposition yang ditawarkan?

J: Kami memiliki lima value proposition. Pertama, kami merupakan Corporate Venture Capital (CVC) milik Mandiri Group. Kedua, Mandiri Group memiliki puluhan juta customer dan 200 ribu UMKM. Ketiga, kami menghubungkan ke ekosistem BUMN. Keempat, kami dapat mendampingi pada proses value creation di pengembangan bisnis. Kami bantu ekspansi dan sinergi dengan menghubungkan ke banyak pemangku kepentingan.

Kelima, kami menghubungkan [portofolio] ke jaringan ke anak usaha Mandiri, seperti Mandiri Sekuritas. Jaringan [anak usaha] ini dapat mendukung startup untuk melakukan fundraising, merger and acquisition (M&A), atau exit melalui IPO. Sebelumnya, Mandiri Sekuritas pernah menjadi penjamin emisi (underwriter) pada IPO GoTo dan Bukalapak.

Selain itu, kami juga memiliki program matchmaking Xponent untuk mendorong Mandiri Group agar dapat ter-expose ke digital platform yang lebih inovatif.

Apa tujuan utama dari program Xponent?

J: Program ini murni ingin membantu dua pihak, yakni Mandiri menjadi inovatif dengan leveraging platform digital dan platform memanfaatkan Mandiri untuk mendorong bisnisnya. Ini murni sebuah acara matchmaking untuk menghasilkan kesepakatan bisnis. No investment involved. Kami tidak undang investor, tetapi unit bisnis dan startup.

Tentu saja, MCI sambil melihat, kira-kira mana yang bisa ditindaklanjuti. Makanya, saya garis bawahi MCI berinvestasi pada startup yang membawa valueA lot of money out there, economy is a bit slow, so good deals tidak terlalu banyak.

Kami menyadari ada shifting terjadi. Kami harus fokus pada startup yang sudah memiliki path to profitability atau profitable. Mereka harus tumbuh, tapi bukan berhenti karena sudah profitable. Startup yang sudah profitable harus mereplikasi model bisnis ke area atau produk lain. Artinya, mendorong pertumbuhan yang memiliki dampak positif ke bottom line. Kami ingin mereka menjadi a self-sustain company. Pertumbuhan tetap dikejar, bukan berarti berhenti.

Pada akhirnya, startup harus mencari model yang tepat, pahami model bisnisnya, dan lakukan ekspansi. We will help you expand.

Apakah ada portofolio baru yang akan diumumkan selanjutnya?

J: Kami akan mengumumkan dua portofolio di sektor aquaculture dan FMCG supply chain pada kuartal keempat ini. Selain itu, kami juga sedang menjajaki peluang di sektor autotech, proptech, construction tech, dan biotech. Ada banyak angle [di sektor ini], yang sedang kami lihat adalah supply chain.

Di construction tech, kami juga mencari model supply chain; dari prinsipal, toko bangunan, kontraktor, dsb. Supply chain di Indonesia masih belum efisien, tidak ada transparansi, dan prosesnya kompleks. Kami ingin empower mereka menjadi bagian dari ekosistem, tetapi memberikan margin yang lebih efisien. Teknologi memberdayakan bisnis, bukan sebaliknya. Kita harus punya bisnis dulu, baru di-empower oleh teknologi.

Kemudian, biotech. Saat ini, [biotech] di Indonesia masih di tahap awal. Kami sedang mempelajari use case dan commercial viability. Kami belajar dari pemain biotech yang sudah ada, dari startup atau perusahaan teknologi. Bukan berarti kami langsung berinvestasi, justru kami belajar dari mereka. Kami pahami dulu industri dan tantangannya. Menganalisis industri harus menyeluruh, apalagi spektrum biotech sangat luas sekali. Ada microbio hingga DNA. Kami perlu lihat, mereka bisa sustain dengan [use case] mana dulu.

Untuk autotech, ada beberapa hal menarik. Pertama, supply chain. Kedua, kami adalah bagian dari konglomerasi di bidang keuangan, Mandiri memiliki perusahaan multifinance dan bank. Bagaimana caranya, kami bisa menemukan marketplace yang fokus pada multifinance. Kami tertarik berinvestasi ke multifinance marketplace. Selama ini pengisian data lewat form harus satu-satu, sedangkan pengisian data di marketplace hanya satu kali. Marketplace lebih nyaman untuk dealer dan multifinance. Tidak perlu menghubungi satu-satu.

Bagaimana rencana pembentukan thematic fund MCI selanjutnya?

J: Kami belum bisa disclose mengenai pembentukan thematic fund ini, tetapi ini berbeda dengan Merah Putih Fund. Rencananya, kami ingin berkolaborasi dengan VC atau institusi. Kami lagi ngobrol dengan beberapa.

Mengapa memilih theme-based? Kami melihat [VC] yang fokus di semua bidang atau sektor agnostik itu sudah banyak. Kami mau fokus pada tema spesifik. Kami ingin dapat membantu ekosistem mereka. Ujung-ujungnya, kami harus create value. Semoga, [thematic fund] bisa terealisasi tahun depan.

Bagaimana Anda menanggapi industri startup Indonesia di situasi saat ini?

J: Pada dasarnya, startup adalah bisnis. [Pelaku startup] mengidentifikasi masalah dengan skala pasar yang cukup besar. Jangan mengidentifikasi masalah hanya di level kecamatan atau RT saja. Dengan itu, cobalah ciptakan solusi.

Namun, [menciptakan solusi] tidak semudah, “I have an idea, let’s develop full version”. Di antara idealism dan practicality, pasti ada disparity. Lakukan uji coba, mulai dengan skala kecil dengan sedikit modal, hingga memperoleh Minimum Viable Product (MVP). Ketika MVP jalan, baru kembangkan full-face product.

Begitu Anda punya full-face product dan mencapai product-market fit, artinya Anda sudah memvalidasi masalah. Anda tweak apa model bisnisnya, bukan hanya produk saja. Misalnya, model berbasis langganan, transaksi, atau penggunaan. Setelah Anda menemukan model bisnis, Anda menemukan kecocokan pasar-produk, Anda memiliki profitabilitas, dan keberlanjutan. Itu yang dilupakan banyak pihak.

[Mindset] dulu, ketika pelaku bisnis konvensional bertemu, mereka berdiskusi tentang EBITDA, misalnya. Sementara, startup bicara soal seberapa besar valuasinya. Sekarang, startup sudah mulai pikirkan sustainable growth, itu kata kuncinya. Bukan berarti mengerem [pertumbuhan bisnis].

Bagaimana Anda melihat founder mentality dari awal pandemi hingga sekarang?

J: Pandemi—tanpa bermaksud mendiskreditkan health issue, it’s very unfortunate—mendorong transformasi digital lebih cepat. Selama pandemi, kita banyak memanfaatkan aplikasi untuk berbagai hal, seperti memesan makanan. Pola pikir kita telah bergeser.

Para founder memanfaatkan peluang digital [untuk menciptakan solusi]. Sayangnya, banyak [startup] yang belum siap [merespons] pertumbuhan tersebut. Mereka belum mencapai product-market fit dan model bisnisnya belum ketahuan. Memang mereka bisa memperoleh angka pertumbuhan, tetapi memiliki keberlanjutan tanpa model bisnis yang tepat.

Sekarang, pertumbuhan ekonomi mulai melambat. Saya tidak mau bilang resesi atau apapun karena situasi setiap negara berbeda-beda. Saya optimistis dengan Indonesia. Pemerintah melakukannya dengan baik dalam mengendalikan perlambatan ekonomi ini. Harus disadari bahwa Indonesia adalah negara konsumtif. Ngegas dan ngerem harus balance.Anda ingin mengendalikan inflasi tetapi Anda tidak ingin menghentikan pertumbuhan.

Lalu, bagaimana upaya menghadapi perlambatan ekonomi? Ini sesuatu yang baru. Kita tidak tahu mau ke mana, apa yang perlu dilakukan. Nah, mentality harus diubah. Pada [masa awal pandemi] kemarin ada banyak peluang di mana terjadi akselerasi transformasi digital. Saat ini, dari peluang tersebut, kita harus berupaya menjadikannya sebagai bisnis yang sustainable.