WasteX Kantongi Pendanaan Rp7 Miliar dari P4G Partnerships

Startup climate tech WasteX mengantongi pendanaan sebesar $450 ribu (sekitar Rp7,1 miliar) dari P4G Partnerships, inisiatif yang berfokus pada solusi mitigasi dan adaptasi iklim di sektor pangan, air, dan energi.

Pendanaan ini akan digunakan untuk mengembangkan dan mengoperasikan fasilitas produksi biochar di berbagai lokasi strategis di Indonesia melalui Kemitraan WasteX-Bina Tani pada fasilitas pengolahan padi, jagung, kayu, serta peternakan ayam. Sementara, mitranya akan memasok biomassa (limbah organik) yang akan digunakan sebagai bahan baku produksi biochar.

WasteX baru memiliki dua fasilitas produksi biochar, yakni berlokasi di Tarlac, Filipina (2023), dan Pasuruan, Indonesia (2024). Saat ini, WasteX sedang memproduksi carbonizer untuk berbagai klien lokal dan internasional.

Founder dan CEO WasteX Pawel Kuznicki mengatakan, “Ini adalah pendanaan katalitik paling efektif yang ada, mengingat P4G tidak hanya menyediakan modal cukup untuk startup climate tech, tetapi juga mendukung penuh penerima funding untuk terlibat dalam proses pembuatan kebijakan nasional dan pengembangan pasar. Tujuannya adalah mendorong kondisi pasar dan regulasi yang mendukung pertumbuhan dan adopsi inovasi.”

WasteX merupakan portofolio pertama Wavemaker Impact (WMi), venture builder yang fokus pada solusi berdampak milik Wavemaker Partners. WasteX kini beroperasi di Indonesia dan Filipina. Misinya adalah mendukung petani memanfaatkan limbah pertanian menjadi produk bernilai tambah (biochar), meningkatkan pendapatan, dan mengurangi emisi karbon.

Solusi penggunaan biochar / WasteX

Penggunaan biochar diharapkan dapat mengurangi ketergantungan pada pupuk yang harganya tengah meroket di tengah kondisi menurunnya hasil panen. Biochar diyakini dapat membantu tanaman tumbuh lebih subur dan kuat.

Adapun, WasteX mengembangkan solusi untuk memudahkan penggunaan biochar di dunia pertanian dengan memanfaatkan carbonizer, aplikasi mobile, hingga insentif kredit karbon untuk petani. Teknologi yang dikembangkan WasteX bertumpu pada mesin carbonizer semi-otomatis skala kecil yang dilengkapi dengan burner berbahan bakar ganda.

Pihaknya menyebut telah melakukan percobaan penggunaan biochar pada tanaman jagung. Klaimnya, biochar telah meningkatkan hasil panen sebesar 95% dan mengurangi penggunaan pupuk hingga 50% dibandingkan tanpa pemakaian biochar. Pada percobaan tanaman padi, pihaknya mengklaim telah meningkatkan hasil panen sebesar 38% dan penggunaan pupuk 25%-50%.

“Perusahaan skala kecil dan menengah adalah mesin pertumbuhan perekonomian yang butuh modal katalitik untuk mengatasi risiko kegagalan bisnis/kebangkrutan. Kami berkomitmen mendukung bisnis seperti WasteX yang memberikan dampak positif jangka panjang bagi petani kecil dan berkontribusi dalam peningkatan ketahanan pangan dan pengurangan emisi karbon,” ujar Robyn McGuckin, Executive Director P4G dalam keterangan resminya.

Cara Menggunakan Fitur Natural Language Processing (NLP) di Chatbot Mekari Qontak

Penggunaan kecerdasan buatan (AI) dalam bisnis telah meluas dan semakin beragam seiring dengan perkembangan teknologi. Salah satu contoh yang paling menonjol adalah penerapan Natural Language Processing (NLP) atau pemrosesan bahasa alami. NLP telah menjadi komponen penting dalam berbagai solusi bisnis, membantu perusahaan dalam berbagai aspek, mulai dari komunikasi dengan pelanggan hingga analisis data besar.

NLP adalah cabang dari kecerdasan buatan yang berkaitan dengan kemampuan komputer untuk memahami, menganalisis, dan merespons bahasa manusia secara alami. Dengan teknologi ini, komputer dapat memproses teks dalam berbagai bentuk, mulai dari percakapan hingga dokumen tertulis, dan mengekstrak makna serta informasi penting dari teks tersebut. Dalam dunia bisnis, NLP digunakan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam berbagai area, terutama dalam komunikasi dengan pelanggan.

NLP memungkinkan perusahaan untuk menghadirkan pengalaman interaksi yang lebih personal dan responsif dalam komunikasi dengan pelanggan, Dengan memahami bahasa alami yang digunakan oleh pelanggan, sistem NLP dapat memproses permintaan, pertanyaan, atau keluhan pelanggan dengan cepat. Misalnya, chatbot yang menggunakan NLP dapat merespons pertanyaan pelanggan secara otomatis.

Sebagai mitra yang berfokus pada memberikan dukungan kepada bisnis untuk meningkatkan interaksi dengan pelanggan, Mekari Qontak menyadari pentingnya NLP pada sistem chatbot. Saat ini, Mekari Qontak telah menyediakan fitur NLP di dalam chatbot mereka.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menetapkan kata kunci tertentu yang akan menjadi pemicu respons khusus dari chatbot, sehingga chatbot dapat merespons pengguna sesuai dengan skenario yang telah ditentukan sebelumnya. Penggunaan fitur ini dapat mempermudah interaksi pengguna dengan chatbot, memungkinkan mereka untuk mendapatkan jawaban atau informasi secara cepat dan langsung. Fitur NLP di chatbot AI Mekari Qontak dapat diaktifkan pada saat membuat bot percakapan.

Tutorial menggunakan Natural Language Processing (NLP) di chatbot Mekari Qontak

  • Buka salah satu Conversations Chatbot yang sudah menggunakan fitur NLP.
  • Pilih opsi “Train Chatbot”.

 

  • Masukkan sinonim dari kata kunci yang akan menjadi pemicu, lalu masukkan respon yang diinginkan dan klik “Apply” untuk menerapkan pengaturan.
  • Kembali ke halaman chatbot dan tekan “Preview Conversation” untuk melihat hasil respons yang telah diatur.
  • Jika Anda menggunakan kata kunci yang sudah ditetapkan sebelumnya, chatbot akan merespons sesuai dengan respon yang telah Anda atur ketika melatihnya sebelumnya.

Perusahaan dapat memanfaatkan teknologi NLP untuk meningkatkan kualitas layanan dan memperkuat hubungan dengan pelanggan mereka dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas.

Dengan demikian, penggunaan NLP di chatbot bukan hanya menjadi sebuah fitur tambahan, tetapi sebuah langkah strategis dalam memenuhi kebutuhan pelanggan dan mencapai kesuksesan dalam bisnis mereka.

7 Hal yang Harus Dihindari dalam WhatsApp Marketing

Meskipun WhatsApp dapat menjadi alat marketing yang efektif, tetapi penggunaannya yang tidak tepat dapat berpotensi merugikan. Salah satu kelemahannya adalah risiko terjadinya spam yang dapat mengganggu pengalaman pengguna dan menurunkan citra bisnis.

Selain itu, jika tidak diatur dengan baik, penggunaan WhatsApp untuk pemasaran bisa berujung pada pelanggaran privasi data pelanggan yang dapat merusak kepercayaan dan reputasi bisnis. Oleh karena itu, pebisnis yang ingin menerapkan WhatsApp marketing sebagai strategi pemasaran usahanya harus memperhatikan dos and don’ts-nya terlebih dahulu.

Penting untuk memperhatikan “don’ts” dalam WhatsApp marketing lebih dari “dos”, sebab kesalahan dalam pemasaran WhatsApp dapat memiliki dampak yang lebih serius dan merugikan bagi bisnis daripada keberhasilannya.

Kira-kira, apa saja hal yang harus dihindari dalam pelaksanaan WhatsApp marketing?

Simak penjelasannya berikut ini.

Spamming tanpa henti hukumnya haram dalam WhatsApp marketing

Salah satu kesalahan terbesar yang dapat dilakukan dalam WhatsApp marketing adalah mengirim pesan secara berlebihan atau spamming. Mengirim pesan promosi tanpa henti dapat membuat pelanggan merasa terganggu dan bahkan menyebabkan mereka untuk memblokir bisnis Anda.

Selain itu, berlebihan dalam pengiriman pesan juga dapat merusak citra merek Anda dan mengurangi kepercayaan pelanggan.

Jangan mengabaikan privasi audiens

Ketika menggunakan WhatsApp untuk pemasaran, penting untuk menghormati privasi pelanggan atau calon pelanggan potensial. Mengumpulkan data pelanggan tanpa izin atau menggunakan informasi pribadi mereka tanpa persetujuan dapat melanggar regulasi privasi data dan merugikan reputasi bisnis Anda. Pastikan untuk selalu mematuhi peraturan privasi yang berlaku dan mendapatkan izin sebelum mengirim pesan promosi kepada pelanggan.

Tidak memahami target audiens

Kesalahan lain yang sering dilakukan dalam WhatsApp marketing adalah tidak memahami target audiens Anda dengan baik. Mengirim pesan yang tidak relevan atau tidak sesuai dengan minat dan kebutuhan pelanggan dapat membuat mereka kehilangan minat dan mengabaikan pesan Anda. Sebelum mengirim pesan, luangkan waktu untuk memahami siapa target audiens Anda dan apa yang mereka inginkan dari bisnis Anda.

Tidak mempersonalisasi pesan

Kekurangan personalisasi dalam pesan WhatsApp dapat mengurangi efektivitas kampanye pemasaran Anda. Pelanggan cenderung lebih responsif terhadap pesan yang dipersonalisasi dan sesuai dengan kebutuhan mereka. Gunakan fitur-fitur seperti nama pelanggan, informasi transaksi sebelumnya, atau preferensi mereka untuk membuat pesan Anda lebih personal dan relevan.

Ketahui kapan promosi harus berhenti sejenak

Hindari terus-menerus berusaha menjual produk atau layanan dalam setiap pesan yang Anda kirim. Konsumen cenderung merasa terganggu jika terus-menerus dibombardir dengan penawaran komersial. Sebelum mengirim pesan kepada kontak Anda, pertimbangkan dengan baik konten pesan tersebut.

Meskipun tujuan Anda mungkin adalah untuk menjual melalui WhatsApp, penting bagi audiens Anda untuk merasa bahwa Anda berusaha memberikan nilai tambah dan membantu mereka dengan solusi yang praktis dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, berhati-hatilah dan hanya kirim pesan yang benar-benar menarik dan bermanfaat bagi pelanggan Anda.

Jangan mengabaikan feedback dari audiens

Selalu perhatikan umpan balik atau feedback dari individu yang berinteraksi dengan Anda melalui WhatsApp. Pastikan untuk memeriksa apakah ada keluhan atau saran yang diajukan, dan selalu ingat untuk merespons pertanyaan yang mungkin timbul.

WhatsApp merupakan saluran komunikasi langsung antara Anda dan audiens Anda, sehingga penting untuk selalu responsif dan siap untuk berinteraksi tidak hanya dalam konteks penjualan, tetapi juga untuk berbicara dengan audiens Anda.

Penting juga untuk memperhatikan individu yang meminta agar Anda tidak lagi mengirim pesan kepada mereka, dan menghapus mereka dari daftar kontak atau siaran. Menekankan pengiriman pesan kepada orang-orang yang tidak tertarik dalam komunikasi ini dapat merugikan reputasi dan hubungan Anda dengan audiens Anda.

Tidak memanfaatkan platform yang berkomitmen untuk membantu bisnis dalam mengelola WhatsApp marketing

Hal lain yang perlu dihindari dalam pelaksanaan WhatsApp marketing adalah tidak memanfaatkan platform yang berkomitmen untuk membantu bisnis dalam mengelola strategi pemasaran WhatsApp, salah satunya seperti Komchat. Komchat adalah layanan teknologi dari Komerce, sebuah perusahaan yang fokus untuk membantu bisnis dan UMKM untuk mengadopsi solusi digital secara komprehensif. Platform seperti Komchat dirancang sebagai solusi untuk mengirim pesan ke sejumlah nomor WhatsApp secara massal hanya dengan sekali klik.

Komchat menawarkan berbagai fitur dan layanan yang dirancang khusus untuk memudahkan bisnis dalam melakukan pemasaran melalui WhatsApp dengan efisien dan efektif. Dengan fitur-fitur seperti balasan otomatis, pembuatan nomor WhatsApp berdasarkan kode wilayah, dan filter otomatis untuk memisahkan nomor WhatsApp yang aktif dan tidak aktif, Komchat dapat membantu bisnis untuk mengoptimalkan interaksi dengan pelanggan. Selain itu, Komchat juga dapat meningkatkan engagements serta menghasilkan hasil yang lebih baik dalam pemasaran WhatsApp yang dapat meningkatkan potensi bisnis.

Dengan menghindari kesalahan-kesalahan umum dalam WhatsApp marketing, Anda dapat meningkatkan efektivitas kampanye pemasaran Anda, memperkuat hubungan dengan pelanggan, dan mencapai tujuan bisnis Anda dengan lebih efisien.

FishLog Rampungkan Putaran Pra-Seri A, Perkuat Ekspansi di Amerika Serikat

Startup aquatech FishLog mengumumkan telah menyelesaikan pendanaan putaran ekstensi pra-seri A dengan nominal dirahasiakan. Investor yang berpartisipasi dalam putaran ini adalah Mandiri Capital Indonesia (MCI), BNI Ventures, Accel Partners, Insignia Ventures Partners, dan Saison Capital.

Putaran ini sudah berjalan sejak November 2022. Nominal yang diperoleh pada saat itu sebesar $3,5 juta dari BRI Ventures, Accel, Insignia Ventures Partners, Patamar Capital, Indogen Capital, dan Triputra Agri Group.

Dana yang terkumpul akan digunakan untuk memberdayakan dan meningkatkan bisnis perikanan dan pemangku kepentingan untuk memperkuat ekosistem rantai dingin FishLog. Fokus khususnya adalah distribusi produk perikanan yang dapat dilacak di Amerika Serikat (AS), didukung oleh inovasi milik FishLog: FishLog Trace dan FishLog Smart Contract, yang didukung oleh teknologi blockchain.

FishLog Trace menjamin makanan laut berasal dari sumber yang bertanggung jawab, memanfaatkan sistem yang dapat dilacak, dan memberikan perlindungan asuransi yang berkualitas. Sementara itu, FishLog Smart Contract menangani pembiayaan, meningkatkan transparansi, dan menumbuhkan kepercayaan global.

Dalam keterangan resmi, Co-founder dan CEO FishLog Bayu Mukti Anggara menyampaikan Amerika Serikat adalah salah satu pasar terbesar di dunia. Berdasarkan data dari Departemen Pertanian AS, angka impor makanan laut AS melebihi angka ekspor sebesar $20,3 miliar pada tahun 2023. Data ini menunjukkan terdapat potensi besar yang terbuka bagi FishLog untuk memperkuat ekosistemnya di AS.

“Hal ini dapat mempercepat profitabilitas distribusi produk, seperti kepiting biru, tuna, udang, dan masih banyak lagi karena Indonesia mengimpor produk ke pembeli internasional B2B FishLog,” ujar dia, Selasa (2/4).

FishLog sudah melebarkan sayapnya ke AS sejak 2023 dengan mendirikan perusahaan yang khusus mengimpor dan mendistribusikan merek makanan lautnya sendiri “Sea Tracer”. Terhitung, perusahaan sudah mendistribusikan lebih dari 60 ribu kg produk makanan laut. FishLog menghubungkan lebih dari 60 pembeli domestik dan internasional dan membantu mereka mengembangkan bisnis mereka.

FishLog Sea Tracer

Co-founder dan COO FishLog Abdul Halim menambahkan, pihaknya berupaya mendukung industri perikanan yang lebih kompetitif secara global di Indonesia. Caranya dengan merangkul para pemangku kepentingan perikanan untuk membuka kunci pertumbuhan global.

FishLog telah membangun solusi teknologi untuk menghubungkan fasilitas penyimpanan dingin di seluruh negeri dengan tujuan meningkatkan transparansi, stabilitas, dan kematangan rantai pasokan perikanan.

“Kami bercita-cita untuk menjadi mitra bagi pengusaha perikanan dalam mendapatkan akses terhadap berbagai pemangku kepentingan seperti lembaga keuangan, pembeli dalam dan luar negeri, dan lain-lain,” kata dia.

Co-founder dan Partner Accel Partners Prashanth Prakash menyampaikan, meningkatnya kekuatan ekonomi global di Indonesia peningkatan Indonesia, terutama dalam industri perikanan, memberikan peluang sebesar $30 miliar.

“Dengan pasar ekspor yang berkembang dan konsumsi domestik yang kuat, lanskap perekonomian negara ini penuh dengan potensi dan kami sangat antusias untuk bermitra dengan FishLog dalam menjadikannya bagian penting dari pertumbuhan Indonesia,” terangnya.

Kolaborasi dengan ekosistem BUMN

Disampaikan lebih lanjut oleh CEO Mandiri Capital Indonesia Ronald Simorangkir, FishLog telah menjadi kandidat yang menonjol sejak masuk ke dalam portofolio Indonesia Impact Fund yang dikelola MCI. Mereka mampu memberdayakan nelayan dan meningkatkan penghidupan mereka, serta berintegrasi dengan lancar ke dalam ekosistem Mandiri Group.

“Selain itu, status mereka sebagai finalis Zenith Accelerator menegaskan potensi dan inovasi mereka di industri. Kami sangat senang mendukung FishLog dalam perjalanan yang berdampak ini, mengingat kontribusi signifikan dan potensi sinergi dalam ekosistem kami,” kata Ronald.

Tak hanya itu, FishLog berkolaborasi dengan program BNI Xpora untuk mendukung UKM seafood Indonesia dalam memperluas ekspor. FishLog telah menyalurkan sekitar $950 ribu untuk memberdayakan mitra usaha perikanan ekspor.

CEO BNI Ventures Eddi Danusaputro mengatakan, “BNI Ventures berinvestasi di FishLog untuk meningkatkan keuangan inklusif bagi nelayan. Melalui kegiatan investasi dan sinergi, BNI Ventures bertujuan untuk meningkatkan aktivitas transaksional dengan mengintegrasikan layanan transaksional, produk, dan jaringan BNI ke dalam ekosistem FishLog.”

Dalam kesempatan yang sama, FishLog memperkenalkan Dimas Wikan Pramudhito ke dalam tim manajemen sebagai Chief Financial Officer. Dimas memiliki latar belakang yang kaya di lembaga perbankan ternama, seperti Rabobank, Mitsubishi UFJ Financial Group (MUFG), Standard Chartered Bank, NOBEL Capital Investment, termasuk tugas penting sebagai CFO di PT Antam Tbk dari 2015 hingga 2019.

“FishLog dan para co-founder memiliki tujuan mulia, yang telah dicoba oleh banyak orang namun tidak dapat mewujudkannya. FishLog bukan hanya sekedar komersialisme, melainkan sebuah gerakan, sebuah ekosistem melalui pemasok, pedagang, pemodal, dan mitra yang saling bergantung dan percaya bahwa harus ada cara yang lebih baik dalam melakukan sesuatu, keselarasan yang mendukung untuk mencapai tujuan yang lebih tinggi. [..] Tujuan mulia ini telah membuat saya maju dan saya merasa terhormat menjadi bagian dari perjalanan besar ini,” kata dia.

Dalam rangka mendukung langkah keberlanjutan, FishLog telah membuat kemajuan signifikan, mencapai peningkatan produktivitas penyimpanan dingin sebesar 40% melalui pasokan dan teknologi yang berkelanjutan, mengelola lebih dari 4 ribu ton inventaris makanan laut per bulan. Selain itu, FishLog telah memberikan dampak positif kepada lebih dari 100 pemasok, memberdayakan lebih dari 800 pekerja, dan 38% di antaranya adalah perempuan.

Perusahaan juga baru-baru ini memperoleh dana hibah sebesar $100 ribu dari program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNDP) dan Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Dana hibah ini akan membantu meningkatkan literasi keuangan keluarga nelayan, memberikan pendidikan karakter bagi anak-anak nelayan, mendukung penanaman bakau untuk pelacakan karbon global dalam industri perikanan, dan masih banyak lagi.

Application Information Will Show Up Here

Panduan Membuat Checkout Page di OrderOnline.id

Untuk mendukung kebutuhan para business owners dalam mengoptimalkan proses checkout, OrderOnline.id menyediakan fitur yang memungkinkan mereka membuat checkout page sesuai dengan kebutuhan bisnis masing-masing. Dengan menggunakan OrderOnline.id, para pemilik bisnis dapat dengan mudah menyesuaikan tata letak checkout page.

Hal ini dapat memberikan fleksibilitas kepada mereka untuk menciptakan pengalaman pembayaran yang sesuai dengan merek dan kebijakan bisnis.

Pelajari panduan membuat Checkout Page di OrderOnline.id berikut ini.

  • Setelah selesai membuat produk, klik “Next” untuk membuat Checkout Page.
  • Isi nama halaman pembayaran di bagian Checkout Page Name.
  • Pilih template untuk Checkout Page. Terdapat tiga jenis template, yaitu Right Sidebar, Left Sidebar, dan No Sidebar. Pada Right Sidebar, form penerima akan ditampilkan terlebih dahulu. Sementara itu, pada Left Sidebar, produk akan ditampilkan paling atas sebelum rincian pesanan. Kemudian, pada template No Sidebar, form penerima akan ditampilkan setelah gambar produk.
  • Pilih background color.
  • Atur judul checkout form pada bagian Section Titles.
  • Masukkan logo, judul, dan taglines pada bagian Header.
  • Jika ingin memunculkan gambar produk, centang checkbox pada bagian Image dan masukkan gambar.
  • Pada bagian Guarantee Sales, pilih salah satu penawaran yang akan ditampilkan pada Checkout Page.

  • Jika produk bervariasi, atur jenis-jenisnya di bagian Product Variation.
  • Pada bagian Requested Fields, tambahkan fields yang ingin ditampilkan, seperti email, jumlah pesanan, dan catatan.
  • Apabila ingin memunculkan opsi untuk dropship di Checkout Page, centang checkbox di bagian Dropship.
  • Kustomisasikan template Checkout Page dengan berbagai pilihan warna tombol dan call action text di bagian Buy Button.

  • Jika ingin memasukkan video produk, tambahkan url pada bagian Video. Video yang ditambahkan harus berasal dari YouTube.
  • Tambahkan deskripsi produk di bagian Content.
  • Jika ingin memunculkan kolom kupon, centang checkbox pada bagian Coupon Field.
  • Informasikan fitur produk di bagian Bullet Points.
  • Jika ingin menampilkan rincian produk, centang checkbox di bagian Orders Summary.
  • Tambahkan ulasan produk di bagian Testimonials.
  • Bagi pengguna skema paket Business dan Enterprise, jika ingin menghapus logo OrderOnline.id di bagian bawah halaman checkout, hilangkan centang di checkbox OrderOnline Logo.
  • Pada bagian Tracking, pilih salah satu jenis pelacakan. Jenis yang dapat dipilih antara lain yaitu Facebook Pixel, Google Tag Manager, dan TikTok Pixel.
  • Klik “Next” untuk mengatur Success Page.

Dengan memiliki kontrol penuh atas halaman checkout, business owners dapat meningkatkan kenyamanan dan kepercayaan pelanggan, sekaligus meningkatkan kesempatan penjualan mereka secara keseluruhan. Gunakan OrderOnline.id sekarang untuk mengatur checkout page sesuai kebutuhan bisnis.

3 Jenis AI Chatbot dari Mekari Qontak untuk Meningkatkan Efisiensi Omnichannel Bisnis

Omnichannel CRM (Customer Relationship Management) menjadi salah satu paradigma yang diadopsi secara luas untuk mengelola interaksi dengan pelanggan melalui berbagai platform. Omnichannel CRM merupakan strategi terpadu dalam mengelola hubungan dan interaksi dengan pelanggan melalui berbagai platform komunikasi yang tersedia, termasuk tetapi tidak terbatas pada telepon, email, media sosial, pesan teks, dan lainnya.

Sebagai platform omnichannel CRM yang berkomitmen untuk mendukung bisnis dalam mengelola interaksi dengan pelanggan secara efisien, Mekari Qontak menyadari seberapa besar peran dan kontribusi AI chatbot dalam manajemen hubungan antara pelanggan dan bisnis. Hal inilah yang kemudian mendorong lahirnya fitur AI chatbot dalam layanan omnichannel CRM. AI Chatbot Mekari Qontak adalah suatu asisten virtual yang memanfaatkan kecerdasan buatan untuk mengubah cara interaksi dan pelayanan pelanggan dalam manajemen omnichannel CRM.

Terdapat tiga jenis AI Chatbot Mekari Qontak yang dapat dimanfaatkan oleh bisnis dalam usaha membangun hubungan dengan pelanggan. Apa saja ketiga jenis tersebut? Simak penjabarannya berikut ini.

#1: Chatbot Basic, membangun komunikasi dengan pelanggan yang lebih praktis dan efisien

Chatbot Basic memungkinkan pengguna untuk dapat mengatur pola interaksi dengan pelanggan sesuai kebutuhan dan memberikan beragam opsi respons untuk memenuhi kebutuhan mereka. Jenis ini hadir dengan benefit layanan pelanggan yang instan, tersedia sepanjang waktu, alur obrolan yang interaktif, serta menyediakan jawaban instan melalui Tombol Obrolan.

Penggunaan Chatbot Basic merupakan solusi optimal untuk meningkatkan efisiensi dalam layanan pelanggan tanpa perlu menambahkan tim tambahan. Dengan memanfaatkan alat ini, bisnis dapat memperluas kapasitas layanan mereka dengan cara yang lebih efisien, memastikan bahwa kebutuhan pelanggan terpenuhi dengan cepat dan tanpa hambatan.

#2: Chatbot NLP, memberikan respons cerdas dan pemahaman yang lebih baik pada pelanggan

Chatbot NLP adalah inovasi baru yang lebih canggih dari Mekari Qontak. Dengan Chatbot NLP, pengguna dapat meningkatkan kualitas layanan dengan memanfaatkan kecerdasan buatan yang lebih canggih.

Chatbot NLP memiliki kemampuan untuk belajar dan beradaptasi dari interaksi pihak bisnis dengan pelanggan, sehingga dapat memberikan tanggapan yang lebih baik terhadap pertanyaan mereka. Benefit yang ditawarkan oleh Chatbot NLP hampir sama dengan Chatbot Basic, dengan tambahan fitur personalisasi interaksi.

#3: Chatbot AI, melayani pelanggan dengan keunggulan

Berbeda dengan kedua jenis sebelumnya, Chatbot AI merupakan jenis chatbot dari Mekari Qontak yang paling baru dengan fitur dan benefit yang lebih lengkap. Chatbot AI adalah inovasi terbaru dalam teknologi chatbot dari Qontak yang diperkuat oleh OpenAI.

Dengan platform ini, pengguna dapat memasukkan semua informasi penting mengenai bisnisnya, dan Chatbot AI akan memberikan tanggapan yang sesuai dan dapat disesuaikan dengan gaya komunikasi pengguna. Chatbot AI memanusiakan interaksi, melakukan pratinjau sebelum implementasi, serta mengintegrasikan chatbot Qontak dengan fungsi diagram alur dasar dalam sistem yang sama.

Dengan menghadirkan beragam jenis AI Chatbot yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis, Mekari Qontak memberikan solusi yang komprehensif dalam meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan pelanggan dalam lingkungan omnichannel.

Dari Chatbot Basic yang praktis hingga Chatbot AI yang canggih, setiap jenis chatbot memberikan nilai tambah yang signifikan dalam mengelola interaksi dengan pelanggan secara efisien. Dengan demikian, bisnis dapat memperkuat hubungan dengan pelanggan, meningkatkan produktivitas operasional, dan meraih keunggulan kompetitif dalam pasar yang semakin kompleks dan dinamis.

Strategi Jitu Startup Founder Tahan Banting Hadapi Dinamika Bisnis di 2024

Di era yang makin kompetitif, inovasi menjadi kunci utama bagi pelaku startup untuk dapat bertahan dan berkembang. Menurut laporan Startup Report 2023 dari DSInnovate, pola investasi startup pada 2023 mengalami penurunan drastis jika dibandingkan pada 2022 dalam jumlah deal yang didapat, baik secara kuartal dan rata-rata. 

Adanya penurunan investasi ini menandakan bahwa startup di Indonesia tengah memasuki masa sulit. Para investor dan pelaku startup harus bisa mengatur langkah di lanskap yang lebih menantang dengan kesempatan funding yang semakin langka.

Untuk bisa mengatasi tantangan tersebut, startup founder perlu memiliki kualitas dan kemampuan secara karakter dan kompetensi. Beberapa aspek penting sekaligus menjadi strategi penting bagi seorang startup founder untuk bisa bertumbuh dan tahan banting di era bisnis yang penuh dinamika ini antara lain:

  1. Kemampuan beradaptasi: Mereka harus bisa dengan cepat menyesuaikan diri dengan perubahan pasar, teknologi, dan kebutuhan pelanggan. Fleksibilitas dan ketangkasan menjadi kunci untuk bertahan.
  2. Ketahanan mental: Dalam menghadapi berbagai tantangan dan ketidakpastian, founder membutuhkan mental yang kuat. Mereka harus siap menghadapi kegagalan, tekanan, dan situasi sulit.
  3. Keterampilan memimpin: Founder harus menjadi pemimpin yang bisa mengarahkan startup mereka menuju kesuksesan dan goal yang clear. Mereka harus bisa memimpin dan menginspirasi tim, mengambil keputusan strategis, serta membangun budaya kerja yang positif.
  4. Kemampuan menjalin relasi: Membangun jaringan dan kemitraan strategis adalah hal krusial bagi pertumbuhan startup. Founder harus piawai dalam menjalin hubungan dengan berbagai pihak, seperti investor, mitra bisnis, pelanggan, dan stakeholder.
  5. Visi yang kuat:  Founder juga harus memiliki visi yang jelas dan kuat tentang arah dan tujuan startup-nya. Visi ini akan menjadi kompas yang menuntun setiap langkah dan keputusan yang diambil.

Tak cuma kualitas dan kemampuan, penerapan strategi berikut ini juga sangat penting diterapkan oleh startup founder antara lain:

  • Fokus pada pengembangan produk yang memiliki unique value proposition untuk membangun competitive advantage yang sulit ditiru pesaing.
  • Membangun tim yang solid dan adaptif dengan merekrut dan mempertahankan talenta terbaik, serta menciptakan budaya kerja yang kondusif untuk inovasi dan pertumbuhan.
  • Memanfaatkan teknologi terkini untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas, serta beradaptasi dengan perubahan pasar yang dinamis.

Selain strategi di atas, startup founder juga dapat memperluas jaringan koneksi dengan mengikuti workshop atau konferensi untuk mendapatkan kesempatan berinovasi. Dalam hal ini, mereka bisa dapatkan pengalaman tersebut dengan mengikuti ajang Astranauts 2024, yang tidak hanya membuka peluang perluasan jaringan dan kolaborasi, tetapi juga kesempatan untuk memperoleh exclusive training, mentoring dari Astra secara langsung untuk mengembangkan kompetensi lebih luas lagi.

Astranauts 2024

Dengan berpartisipasi di Astranauts 2024 pula, peserta tidak hanya berkesempatan untuk memenangkan hadiah uang tunai, tetapi juga mendapatkan pengalaman untuk menginspirasi dan memfasilitasi lahirnya inovasi-inovasi baru yang dapat membawa Indonesia menuju masa depan yang lebih maju.

Tahun ini Astranauts 2024 mengusung tema “Technology and Innovation for Today and the Future of Indonesia”. Sama seperti tahun lalu, mereka hadir sebagai platform yang tepat bagi para startup founder dan mahasiswa untuk mengasah kreativitas, menjalin koneksi, dan mendapatkan insights berharga dari para ahli dan pemimpin industri.

Melalui kompetisi inovasi dan konferensi teknologi yang dihadirkan, Astranauts 2024 memberikan kesempatan bagi para peserta untuk berkontribusi dalam memecahkan masalah-masalah besar di Indonesia melalui solusi digital yang berdampak luas. Startup founder dan mahasiswa dapat mengajukan ide dan inovasi mereka dalam delapan kategori, mulai dari Smart Manufacturing, Smart Financial Services, Smart Mining & Energy, Smart Agriculture, Smart Mobility & Logistics, Smart Infrastructure & Property, Smart Technology,  hingga Smart Healthcare,

Bagi para startup founder dan mahasiswa yang ingin mengasah potensi dan berkontribusi dalam memajukan ekosistem teknologi dan inovasi di tanah air, Astranauts 2024 menjadi kesempatan emas yang tidak boleh dilewatkan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai ajang ini, kunjungi tautan berikut ini.

 

Amar Bank Beri Fasilitas Kredit untuk Mitra Pembudidaya eFishery

PT Bank Amar Indonesia Tbk (IDX: AMAR) mengumumkan kerja sama strategis dengan eFishery untuk menyalurkan fasilitas kredit kepada UMKM akuakultur atau perikanan budidaya. Fasilitas kredit bersama ini berupa close-loop financing atau pembiayaan ekosistem dengan nilai hingga Rp100 miliar.

Kemitraan ini menjadi salah satu strategi berkelanjutan Amar Bank untuk menjangkau mitra bisnis yang dapat menjembatani penyaluran pendanaan dengan mudah. Adapun, kemitraan tersebut akan membidik pembudidaya ikan yang tergabung dalam program Kasih, Bayar Nanti (Kabayan) dari eFishery.

Program Kabayan diluncurkan pada Januari 2020 dengan tujuan untuk menjembatani para pembudidaya ikan dengan akses finansial yang dapat mendukung perkembangan bisnisnya.

“Amar Bank berkomitmen untuk menjangkau lebih banyak lagi UMKM, dan eFishery adalah mitra yang tepat untuk membantu kami mendorong pertumbuhan UMKM akuakultur di Indonesia,” ujar Digital Banking Service Function Head Amar Bank Benyamin Tampubolon dalam keterangan resminya.

Selain itu, Amar Bank akan menempel layanan keuangan dan perbankan (Embedded banking and finance) ke dalam platform eFishery untuk mendukung usaha pembudidaya ikan mitra eFishery.

Saat ini, Amar Bank melalui produk digital Tunaiku, telah melayani hampir 400 ribu UMKM dan menyalurkan lebih dari 1 juta pinjaman dengan total lebih dari Rp10 triliun.

CFO eFishery Dhianendra Laksmana menambahkan, “Kemitraan ini akan menjadi sebuah langkah yang signifikan untuk mendorong pertumbuhan industri akuakultur di Indonesia, khususnya bagi para pembudidaya ikan agar mereka dapat lebih mudah mendapatkan akses finansial untuk mengembangkan bisnisnya dengan memanfaatkan layanan perbankan digital.”

eFishery sendiri dalam beberapa tahun terakhir juga telah mendapatkan fasilitas kredit dari kemitraannya dengan sejumlah institusi, seperti:

Daftar mitra penyaluran kredit di eFishery / Diolah kembali oleh DailySocial.id

Sebagaimana diketahui, kemitraan pembiayaan untuk modal usaha banyak dilakukan oleh perbankan dengan platform digital untuk memudahkan akses yang selama ini jadi benturan utama pemilik usaha. Tidak hanya dilakukan eFishery, namun juga sejumlah fintech lainnya.

Application Information Will Show Up Here

Rugi Bersih Susut, Blibli Kejar Profitabilitas di 2024

PT Global Digital Niaga Tbk (IDX: BELI) mencatat penyusutan rugi bersih menjadi Rp3,6 triliun pada 2023 dari posisi rugi bersih tahun sebelumnya yang sempat bengkak sebesar Rp5,5 triliun. EBITDA perseroan juga tercatat menyusut 30% menjadi minus Rp3,3 triliun.

Pendapatan bersih Blibli turun 4% (YoY) menjadi Rp14,7 triliun yang disebabkan oleh strategi perseroan mengoptimalkan bauran Total Processing Value (TPV) di sepanjang 2023. Optimalisasi ini lewat fokus pada pemilihan produk yang lebih menguntungkan di seluruh kategori pada segmen Ritel 1P. Sementara, segmen Ritel 3P didorong utamanya oleh kinerja OTA.

Namun, rata-rata nilai pesanan (average order value) meningkat 39% menjadi Rp1,5 juta pada 2023. Nilai belanja per pengguna pada segmen Institusi juga naik menjadi Rp11,7 juta, dan belanja per klien institusi naik menjadi Rp64,4 juta pada 2023.

“Sepanjang 2023, kami fokus pada peningkatan kinerja profitabilitas. Hal ini dilakukan dengan merasionalisasikan baruan kategori produk kami pada segmen Ritel 1P dan menyesuaikan biaya pada marketplace. Ini mendorong perolehan laba bruto dan margin bruto yang lebih sehat,” ujar CFO Blibli Ronald Winardi dalam keterangan resminya.

  • Segmen Ritel 1P (marketplace B2C) mencatat penurunan TPV sebesar 26% (YoY) menjadi Rp7,3 triliun dan pendapatan sekitar 28% (YoY) menjadi Rp6,3 triliun; laba bruto naik 42% (YoY) menjadi Rp517 miliar.
  • Segmen Ritel 3P (pihak ketiga lewat marketplace dan OTA) mencatat kenaikan TPV sebesar 35% (YoY) menjadi Rp49 triliun dan pendapatan bersih 466% (YoY) menjadi Rp1,1 triliun. Laba bruto juga naik 51% (YoY) menjadi Rp1,9 triliun.
  • Segmen Institusi (B2B dan B2G) membukukan TPV Rp10 triliun atau turun 4% (YoY), pendapatan bersih naik 15% (YoY) menjadi Rp3 triliun, dan laba bruto melesat 114% menjadi Rp279 miliar.
  • Toko Fisik mengantongi TPV Rp4,7 triliun atau tumbuh 20%, diikuti pendapatan bersih naik 18% (YoY) menjadi Rp4,1 triliun, dan laba bruto naik 18% menjadi Rp914 miliar.

Per 31 Desember 2023, Blibli memiliki posisi kas dan setara kas sebesar Rp1,8 triliun, turun dari posisi tahun sebelumnya yang sebesar Rp3 triliun.

Strategi profitabilitas

Strategi efisiensi jadi fokus utama Blibli tahun lalu dengan memanfaatkan otomatisasi dan teknologi dalam menyederhanakan proses operasional. Perseroan menyebut terus mendorong strategi tersebut, terutama pemangkasan biaya periklanan dan pemasaran untuk menekan kerugian lebih lanjut. Blibli mengestimasi tren kinerja positif akan berlanjut pada 2024.

“Berkaca pada tahun 2023, agenda strategis kami bersifat komprehensif, menyasar perluasan ragam produk, layanan bernilai tambah, kemajuan teknologi, dan sinergi ekosistem,” tutur Co-Founder dan CEO Kusumo Martanto.

Blibli juga akan memperluas toko fisik lewat kemitraan dengan pemilik merek global dan memperkuat program loyalitas omnichannel yang terintegrasi di ekosistem layanannya. Perseroan juga tengah membangun gudang baru di Marunda, Jawa Barat, dalam rangka memperluas jaringan fulfillment dan infrastruktur logistik tahun ini.

Gudang ini ditargetkan beroperasi secara bertahap pada tahun ini, dan akan melengkapi total 15 gudang yang dimiliki Bliblib saat ini dengan total akumulasi luas 130 ribu meter persegi.

Di sepanjang 2023, Blibli telah menambah sebanyak 40 toko elektronik untuk mendorong strategi omnichannel perseroan. Per akhir 2023, perseroan telah mengoperasikan 166 toko elektronik konsumen; terdiri dari 87 toko merek-tunggal, 79 toko multi-merek, dan 65 gerai supermarket premium yang dijalankan oleh Ranch Market.

Sebagai informasi, sejumlah perusahaan teknologi masih mencatatkan kinerja merah tahun lalu. di tengah upaya mereka efisiensi habis-habisan demi mengejar profitabilitas. Kompetitornya, Bukalapak mengalami rugi bersih sebesar Rp1,36 triliun, sedangkan rugi bersih Grup GoTo bengkak hingga Rp90 triliun pada kinerjanya di sepanjang 2023.

Application Information Will Show Up Here

Tutorial Daftar Jadi Paydia Merchant

Paydia, sebuah platform inovatif dari PT Datacell Infomedia, muncul sebagai salah satu solusi dalam hal pembayaran digital yang aman dan efisien. Dengan berbagai fitur canggih seperti e-money, QRIS, dan transfer dana, Paydia tidak hanya memudahkan pengguna dalam bertransaksi, tetapi juga memberikan kemudahan dalam mengelola keuangan baik untuk keperluan personal maupun bisnis.

Fitur-fitur yang ditawarkan oleh Paydia mencerminkan respons terhadap kebutuhan yang terus berubah dalam dunia bisnis yang dinamis. Misalnya, fitur E-Money Cobranding menghubungkan platform dengan ekosistem bisnis. Hal ini menunjukkan bahwa Paydia bukan hanya menjadi solusi untuk pengelolaan keuangan personal, tetapi juga untuk bisnis. Tak hanya itu, Paydia juga mempermudah pengguna untuk melakukan pembayaran tanpa uang tunai melalui pemindaian kode QR menggunakan fitur QRIS.

Dengan demikian, mendaftar sebagai merchant di Paydia merupakan langkah strategis bagi bisnis untuk memanfaatkan peluang yang ditawarkan oleh platform pembayaran digital yang terus berkembang ini. Menjadi merchant Paydia membuka jalan untuk suatu bisnis agar dapat mengakses fitur-fitur eksklusif. Fitur-fitur inilah yang memungkinkan mereka untuk meningkatkan visibilitas dan daya saing di pasar.

Cara daftar menjadi merchant di Paydia

  • Kunjungi situs web Paydia di paydia.id
  • Klik opsi “Daftar” yang terletak di sudut kanan atas halaman.

  • Isi informasi yang diminta sesuai dengan petunjuk yang diberikan. Informasi yang diminta antara lain yaitu alamat usaha, kategori usaha atau bisnis, omzet usaha, website, serta rekening settlement.



  • Unggah dokumen pendukung yang diperlukan.

  • Pastikan untuk membaca syarat dan ketentuan dengan cermat sebelum melanjutkan.
  • Setelah yakin dengan informasi yang diisi, lakukan verifikasi yang menyatakan bahwa pendaftar bukan robot dengan mencentang kotak yang sesuai.
  • Klik tombol “Setuju & Daftar” untuk menyelesaikan proses pendaftaran.

Paydia tidak hanya sekadar menyediakan solusi pembayaran, tetapi juga berperan dalam menggerakkan transformasi digital dalam dunia bisnis. Kemampuannya untuk mengadaptasi fitur-fitur baru seiring dengan perkembangan ekosistem bisnis yang kompleks menjadikannya sebagai pilihan yang menarik bagi individu maupun perusahaan yang ingin memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan kenyamanan dalam aktivitas keuangan mereka.